bahaya rumput fatimah

Inilah Manfaat dan Bahaya Rumput Fatimah yang Belum Anda Ketahui

Rumput Fatimah – Halo kawan GoPena, apakah disini ada yang tahu tentang rumput fatimah? Beberapa orang yang sedang mengandung dan akan melahirkan biasanya kental dengan isu-isu mengenai rumput fatimah.

rumput fatimah
manfaat.co.id

Oh ya, orang tua juga kerapkali sangat paham soal rumput ini. Apa sih rumput fatimah itu sebenarnya? Mari kita berkenalan lebih intim lagi dengan rumput fatimah ini, yuk kita simakn penjelasannya dibawah ini:

Penyebaran dan Manfaat Rumput Fatimah

khasiat dari rumput fatimah
bungaasia.com

Konon, rumput ini datang dari Timur Tengah dan mendapat sebutan Kaf Mariyam dalam bahasa Arab, yang berarti ‘telapak tangan mariyam’. Beberapa orang Barat juga menyebut rumput ini dengan sebutan Mawar Jericho. Kabarnya, rumput fatimah ini lebih banyak dijumpai di negara-negara Asia seperti Malaysia dan Arab.

Nah, apa sih kegunaan dan manfaat rumput fatimah hingga namanya seolah sangat populer? Salah satu manfaat paling fenomenal tentang rumput fatimah adalah untuk melancarkan persalinan! Eh? Yang benar saja? Mari kita simak lebih mendalam lagi.

Penelitian Mengenai Rumput Fatimah

penelitian rumput fatimah
news.okezone.com

Ada penelitian di Malaysia pada tahun 1998, yang membuahkan hasil bahwa ditemukan hormon oksitosin di dalam rumput fatimah. Hormon oksitosin? Apa itu? Dengar-dengar, hormon inilah yang berkhasiat merangsang kontraksi pada wanita yang akan melahirkan.

Nah, itulah sebabnya rumput fatimah seolah sangat populer di kalangan wanita hamil. Namun begitu, ilmu kedokteran melarang para wanita hamil yang akan melahirkan untuk meminum air rendaman rumput fatimah.

Bahaya Rumput Fatimah

bahaya rumput fatimah
youtube.com

Menurut kacamata medis, sebuah sumber menegaskan bahwa takaran yang tidak tepat justru akan menimbulkan bahaya yang menyedihkan. Maksudnya? Jadi, menurut ahli medis, jika seorang wanita hamil meminum rendaman air rumput fatimah dengan takaran yang benar, hal tersebut tentu akan membantunya melalui proses kelahiran sang buah hati dengan lancar.

Tapi…. Jika dengan kadar yang berlebih? Beberapa fakta menyebutkan bahwa meminum redaman air rumput fatimah dengan takaran berlebih bisa berbahaya untuk janin karena menyebabkan kontraksi yang hebat.

Sebagai orang awam, tentu kalian tidak paham soal takaran air rumput fatimah yang tepat untuk wanita yang akan menghadapi persalinan kan? Jika direndam dengan air panas, khasiatnya akan bekerja dengan sangat hebat. Jadi bagi kita yang masih awam mengenai rumput fatimah ini harus berhati-hati.

Khasiat Hebat Rumput Fatimah

keseimbangan reproduksi
merdeka.com

Namun bila hanya menggunakan air biasa atau dingin, khasiat yang ditimbulkannya pun tidak akan terlalu hebat sehingga tidak menimbulkan kontraksi berlebih. Intinya, ilmu kedokteran tidak menyarankan para wanita hamil yang akan melahirkan untuk meminum air rendaman rumput fatimah.

Namun begitu, bukan berarti rumput Fatimah buruk untuk dikonsumsi. Ada beberapa manfaat yang terkandung dalam rumput fatimah, salah satunya untuk mengganti hormon estrogen dalam diri para wanita sehingga memperoleh keseimbangan reproduksi.

Selain itu, rumput fatimah dipercaya dapat melancarkan menstruasi bagi para wanita yang biasanya mengalami PMS (pre menstrual syndrome). Ketika memasuki masa PMS, para wanita biasanya merasakan beberapa gejala tidak menyenangkan, seperti pusing kepala, beberapa bagian tubuh terasa sakit, dan lemas.

Mengonsumsi rendaman air rumput fatimah dapat memberikan khasiat agar darah mengalir lancar sehingga haid tidak terasa terlalu menyebalkan. Oh ya, lalu bagaimana bila seorang wanita sudah terlanjut mengonsumsi rendaman air fatimah menjelang persalinannya?

Menghentikan Khasiat Rumput Fatimah

kontraksi hebat
helath.liputan6.com

Gimana dong jika kontraksinya terlalu hebat sehingga membahayakan kondisi janin di dalam perut? Dokter mengungkapkan, bisa saja menghentikan khasiat air rumput fatimah dengan obat. Namun begitu, hal lain yang perlu dicemaskan adalah kondisi sang bayi itu sendiri.

Bagaimana jika si jabang bayi dalam kandungan justru kekurangan oksigen? Beberapa sumber medis lebih menyetujui penggunaan induksi untuk merangsang persalinan daripada mengonsumsi air rendaman rumput fatimah.

Intinya, persalinan itu sebuah proses yang perlu disiapkan dengan baik demi menyambut kehadiran sang buah hati. Jangan salah langkah! Silakan konsultasi dengan dokter kandungan untuk memperoleh saran terbaik! dan jangan mengambil tindakan yang beresiko terhadap bayi yang ada di kandungan.

persiapan untuk bayi
sigambar.com

Jangan lupa untuk  memberikan kasih sayang pada kandungan anda, sering-seringlah untuk berinteraksi kepadanya, karena bayi yang ada di kandungan bisa merasakan dan juga mendengarkan kita. Maka dari itu berikanlah kasih sayang dengan setulus hati agar si bayi tidak ngambek dan persalinannya berjalan dengan lancar.

Tidak hanya rumput fatimah yang dapat memperlancar persalinan, tapi interaksi kita terhadp bayi juga. Jadi saya ingatkan kembali untuk ajak terus bayi untuk berinteraksi. Karena itu sangat berpengaruh dalam perkembangan bayi.

Demikian tadi pembahasan kita mengenai rumput fatimah. Sangat panjangan dan juga penuh dengan Pro dan Kontra karena Rumput fatimah Mempunyai banyak khasiat hebat tetapi disisi lagi juga sangat berbahaya. Untuk itu kita harus bisa menyikapi dan mengambil tindakan yang benar. Sekian dari saya, dan terima kasih.

Published by

hendratno

Karena cinta ampas berubah jadi sari murni, karena cinta pedih menjadi obat. Karena cinta kematian berubah jadi kehidupan, karena cinta raja berubah menjadi hamba. ~Jalaluddin Rumi~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *