Cara Mudah dan Lengkap Membuat Pakan Kambing untuk Penggemukan

pakan ternak kambing bergizi

Cara Membuat Pakan Kambing – Saat ini ternak kambing hanya dijadikan sebagai usaha sampingan saja, dengan pengetahuan seadaanya para peternak melakukan kegiatan ternak dari tahun ke tahun hanya begitu-begitu saja.

Kambing jumbo bisnis sampingan
manicorganicfarm.ca

Kebanyakan dari mereka hanya memanfaatkan dedaunan serta rerumputan sebagai pakan kambing, dan saat ini jenis pakan tersebut mulai susah untuk dicari karena semakin langka.

Pengetahuan terhadap ilmu ternak yang masih kurang ini membuat hasil dari ternak kambing ini kurang maksimal. Memang kesukseesan ternak kambing itu faktor terbesar adalah dari pakan.

peluang usaha ternak kambing
sciencemag.org

Untuk itu disini kita akan membahas cara membuat pakan kambing dengan modal yang terjangkau yang dapat membuat kambing menjadi gemuk, sehingga bisnis sampingan kita, ternak, bisa kita jadikan bisnis utama. Berikut ini macam-macam pakan kambing dan cara membuatnya, diantaranya adalah:

Membuat Pakan Kambing dari Jerami

pakan kambing dari jerami
3gindonesia.id

Ternyta jerami bisa kita manfaatkan untuk pakan kambing yang bergizi dan baik untuk penggemukkan kambing. Kita akan membuat pakan kambing dari jerami yang akan kita fermentasikan dengan bantuan SOC (Suplemen Organik Cair).

Kenapa kita menggunakan SOC? karena SOC memiliki banyak manfaat yang menguntungkan kita, diantaranya:

suplemen prebiotik pakan kambing
cairanfermentasipakanternak.wordpress.com

Manfaat Suplemen Prebiotik SOC:

– Dapat membantu memperbaiki pencernaan ternak
– Meningkatkan kualitas serta jumlah susu ternak (Kambing Etawa)
– Penggemuk yang bagus
– Miningkatkan system imune atau kekebalan bagi ternak
– Mengurangi bau dari kotoran ternak

Berikut ini adalah cara membuat pakan ternak kambing dari jerami yang diberi SOC:

Bahan yang Diperlukan untuk Membuat Pakan

– SOC 1 botol
– Jerami yang kering 1 ton
– Terpal
– Molase (tetes tebu)
– Ember
– Alat penyiram
– Air secukupnya

Proses Pembuatan Pakan Kambing

  • Pertama kita cari tempat yang terlindung dari panas dan juga hujan
  • Kemudian siapkan alas dari plastik atau yang lainnya agar air adonan nanti tidak meresap ketanah.
  • Kita siapkan padi yang telah kering
  • Barulah kita campurkan SOC, molase dengan air secukupnya dengan ember
  • Kemudian kita siapkan jerami lapis pertama dengan ketinggian 15-20 cm, semprotlah dengan adonan tadi (SOC, molase dan air), setelah itu kita injak-injak dan pastikan bahwa kita menyemprotnya dengan rata.
  • Setelah itu kita tutup jerami tadi dengan terpal
  • Upayakan jangan sampai ada udara yang masuk, diamkan jerami tadi selam 12-15 hari agar proses fermentasi berjalan maksimal. Memang membutuhkan waktu yang cukup lama agar jerami-jerami tadi lapuk, namun semakin lapuk maka nutrisnya akan semakin bertamah dan juga bagus untuk pencernaan kambing.
  • Setelah waktu fermentasi selesai, maka pakan bisa kita gunakan. Untuk memberi pakan kambing maka selalu siapkan minum agar proses metabolisme si kambing lancar.

Membuat Pakan Kambing dari Gedebog

pelepah pisang sebagai pakan kambing
praneesthaikitchen.com

Gedebog atau pelepah pisang bisa kita manfaatkan menjadi pakankambing, jadi kita tidak direpotkan dengan mencari rumput tiap hari, cukup dengan memanfaatkan pelepah pisang. Cara membuat pakan kambing menggunakan gedebog ini cukup mudah, caranya sebagai berikut:

Bahan yang Diperlukan untuk Membuat Pakan

– Tong
– pelepah pisang yang sudah dicacah
– Bekatul dan dedak
– Gula pasir dan garam
– Suplemen prebiotik (SOC)

Sebelum kita membuat pakan fermentasi, terlebih dulu kita larutkan gula pasir, garam dengan air di tambah dengan suplemen prebiotik SOC, kemudian kita diamkan kurang lebih selama 15 menit.

Proses Pembuatan Pakan Kambing

  • Siapkan tong untuk pembuatan pakan kambing
  • Kemudian kita masukkan gedebog atau pelepah pisangnya tadi yang sudah dicacah
  • Setelah itu kita tambahkan bekatul dan dedaknya
  • Jika semua bahan sudah dimasukkan ke dalam tong, barulah kita siram dengan cairan prebiotik SOC yang sudah di campur dengan larutan gula pasir dan garam.
  • Setelah di siram, saatnya untuk mengaduk semua bahan tadi sampai merata. Jika sudah merata kita tutup tong dengan rapat, jangan sampai udara masuk.

Untuk proses fermentasi pelepah pisang ini tidak memakan waktu yang lama seperti jerami, cukup 1-2 hari pakan ini bisa kita berikan kepada kambing.

Sedangkan cara pemberian pakannya, sebelum kita berikan kita angin-anginkan dulu selama 10-15 menit, maksudnya di biarkan di tempat terbuka dulu. Setelah itu barulah kita berikan kepada kambing.

Membuat Pakan Kambing dari Biostarter

biostarter pakan ternak
bnsolutions.com.auf

Kandunga yang terdapat pada Biostarter sangat berguna untuk meningkatkan gizi dan membantu mempermudah pencernaan pada kambing. Untuk cara pembuatan pakan dari biostarter ini cukup mudah, caranya sebagai berikut:

Bahan yang Diperlukan untuk Membuat Pakan

– Kita siapkan 5 cc Biostarter
– Kemudian siapkan 5 cc Molasses
– 1 liter air bersih

Proses Pembuatan Pakan Kambing

  • Ketiga bahan tadi kita campurkan sampai merata dalam satu wadah
  • Jika sudah tercampur, kemudian kita tutup dengan rapat, jangan sampai ada udara yang masuk
  • Diamkan ditempat yang teduh selama 3 hari

Setelah 3 hari barulah Biostarter turunan ini bisa dipakai, walau Biostarter ini menjadi banyak namun untuk masalah kualitas sama dengan biostarter indukan.

Membuat Pakan Kambing dari Biostarter Turunan

pakan dari biostarter turunan
ozarkbeerco.tumblr.com

Cara membuat pakan dari biostarter turunan ini sama dengan membuat pakan dengan jerami dan juga pelepah pisang, yang membedakan hanya pada suplemen prebiotik (SOC) kita ganti dengan menggunakan Biostarter turunan yang sudah kita buat di atas tadi.

Demikian tadi pembahasan kita mengenai Cara membuat pakan kambing, sangat mudah bukan? Kambing dan domba kita tidak mau makan pakan fermentasi ? Sabar , hampir semua orang yang baru saja memberikan ternak kambing atau domba nya mengalami hal yang sama.

Akan tetapi secara perlahan kambing atau domba akan terbiasa dengan pakan yang diberikun, jadi hanya memerlukan waktu untuk penyesuaian saja, terus latihlah kambing kita dengan pakan seperti itu.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *