Berikut Cara Stek Tanaman yang Mudah Dilakukan oleh Pemula

stek pada daun tanaman

Cara Stek Tanaman – Stek merupakan pemotongan terhadap beberapa bagian pada tanaman seperti batang, akar, daun dan juga tunas dengan tujuan agar nantinya bagian-bagian tersebut dapat membentuk akar baru.

cara stek tanaman dengan mudah
ragambudidaya.blogspot.com

Dengan dasar tersebut munculah istilah yang namanya stek batang, stek akar, stek daun dan stek yang lainnya. Definisi lain dari stek adalah suatu cara pengembang biakan tanaman tanpa memerlukan proses penyerbukan.

Tetapi melalui cara pemotongan cabang, batang, akar, pucuk dan sebagainya. Stek yang paling sering digunakan adalah stek batang, biasanya di pakai dalam bidang kehutanan.

Manfaat Stek Terhadap Tanaman

manfaat stek pada tanaman
berkahalam-nizam.blogspot.com

Ada banyak keuntungan yang kita dapatkan dari tanaman yang yang di lakukan stek, diantarany adalah:

1. Tanaman memiliki sifat yang sama dengan indukannya, terutama pada bentuk buah, warna, rasa dan juga bentuknya.

2. Tanaman stek dapat kita tanam pada tempat dengan permukaan tanahnya yang dangkal, karena tanaman stek memiliki akar tunggang.

3. Perbanyakan tanaman buah menggunakan metode stek merupakan perbanyakan yang sangat mudah dan praktis.

4. Stek bisa dikerjakan dengan cepat, mudah, murah dan juga tidak memerlukan tekhnik khusus seperti halnya dengan metode mencangkok dan juga okulasi.

Kerugian Stek Terhadap Tanaman

1. Akar dangkal dan tidak ada akar tunggang, itu dapat membuat tanaman roboh saat terjadi angin yang kencang.
2. Tanaman tidak tahan kekeringan saat terjadi musim kemarau yang panjang.

1. Akar dangkal dan tidak ada akar tunggang, itu dapat membuat tanaman roboh saat terjadi angin yang kencang.
2. Tanaman tidak tahan kekeringan saat terjadi musim kemaru yang panjang.

Teknik Stek pada Tanaman

Ada banyak sekali teknik stek batang, diantaranya seperti teknik stek pada batang, stek pada akar dan stek pada daun.

1. Cara Stek Tanaman pada Batang

stek batang tanaman
Infoagribisnis.com

Calon stekan kita ambil dari cabang, batang indukan yang akan kita perbanyak dan untuk pemotongan sebaiknya kita lakukan pada pagi hari. Gunting steknya pun harus tajam agar bekas potongannya nanti rapi.

Jika gunting kurang tajam nanti tanaman akan rusak. Hal ini dapat mengundang penyakit kemudian masuk bagian yang rusak tadim sehingga dapat membuat pangkal stek menjadi busuk.

Syarat Batang yang akan di Stek
  • Pangkal cabang adalah pilihan bagian tanaman yang bagus untuk di stek.
  • Pemotongan cabang kira-kira 0.5 cm di bawah mata tunas paling bawah dan untuk bagian ujung sejauh 1cm dari mata tunas.
  • Kondisi daun yang akan kita ambil harus berwarna hijau tua. Dengan demikian di harapkan seluruh bagian nantinya dapat berfotosintesis dan menghasilkan zat karbohidrat. Karena karbohidrat pada batang sangatlah penting untuk sumberenegeri yang di butuhkan pembentukan akar baru.
Kondisi atau Pengambilan Batang Tanaman
pemilihan batang untuk distek
gaintron.com

Ada beberapa kondisi dan penamgbilan batang tanaman harus kita ketahui, diantaranya adalah:

1. Batang yang akan kita ambil mempunyai besar sebesar kelingking saja.

2 . Bantang mempunyai diameter 1 cm saja, dan panjangnya antara 10-15 cm. Cabang dari batang tersbut memiliki 3-4 mata tunas.

3. Untuk bantang yang masih mudah, karbohidrat rendah akan tetapi hormonnya sangat tinggi. Biasanya stekan akan tumbuh tunas terlebih dahulu.

4. Kondisi pengambilan terhadap batang biasanya saat warna sudah coklat tua, dengan warna batang coklat muda.

2. Cara Stek Tanaman pada Akar

teknik stek pada akar tanaman
jatidirimandiri.blogspot.com

Untuk menyetek tanaman pada akar kita harus menggunakan bagian akar yang berfungsi untuk memperbanyak tanaman. Pada saat stek batang, tunas akan muncul dari mata tunas.

Ada beragam jenis tanaman yang dapat kita perbanyak dengan cara menyetek. Seperti suku, kesemek, jambu biji dan jeruk. Bahan stek akar diambil dari menggali lubang di sekeliling pohon indukan.

Pada akar yang terpotong akan tumbuh lagi dengan akar baru yang mengarah ke atas sejajar dengan permukaan tanah.

Kita harus memilih akar dengan diameter sekitar 1 cm. Setelah akar berhasil kita ambil, lubang kita tutup kembali. Pada saat memotong akar, kita harus memperhatikan agar bagian akar yang dekat dengan pangkal di potong secara serong. Sedangkan bagian ujung akar dipotong secara mendatar dan lurus.

Untuk penyemaian stek tanaman kita menggunakan media pasir. Penyemaian ini dapat dilakukan di dalam kotak kayu . Stek disemaikan dengan di tegakan atau berdiri, atau bisa kita dapat membaringkannyua.

Untuk penyemaian dengan posisi tegak, jarak yang di tentukan adlaj 5×5 cm. Bagia pangkan harus dibenamkan ke dalam sekitar 3 cm setengah.

Jika penyemaian dengan posisi dibaringkan, maka stek tadi kita susun dalam barisan. Jarak antar barisan kurang lebih 5 cm, kemudian stek tadi kita tutup dengan pasir sehingga stek mempunyai kedalama 1-3 di bawah permukaan media pasir.

Setelah 3-5 minggu stek akan bertunas dan memiliki akar. Stek bisa kita pindahkan ke dalam polybag setelah berumur 2 bulanan. Setelah itu di simpan di naungan sampai umur 6 bulan.

3. Cara Stek Tanaman pada Daun

stek pada daun tanaman
bundaberkebun.blogspot.com

Stek daun digunakan untuk memperbanyak tanaman yang memiliki batang sukulen. memiliki kandungan air yang tinggi, berdaun tebal. Misalnya seperti Sansevieria, Wijayakusuma, Begonia, Sosor bebek, Violces dan Zame curcas.

Bahan stek yang digunakan dapat berupa daun utuh atau hanya potongan-potongan daun saja, tergantung denga jenis tanamannya. Untuk violces dan zamea curcas menggunakan daun lengkap.

Untuk begonia sp menggunakan daun lengkap atau bisa juga berupa irisan-irisan daun. Sementara itu untuk lidah mertua kita bisa menggunakan potongan daun sepanjang 10 cm. Daun yang akan kita stek sebaiknya berwarna hijau dan berumur cukup tua.

Sebelum disemai, tanaman yang akan kita stek harus di beri hormon pertumbuhan yang berguna untuk memepercepat pertumbuhan pada akar. Setelah itu baru disemai dengan menggunakan media bersama campuran kompos, pupuk kandang, tanah kebun dan pasir.

Perbandungannya adalah 2:2:1:2, kemudian setelah itu kita siram dengan air secukupnya. tutup persemaian tadi menggunakan plasti transparan agar menjaga kelembapan tetap tinggi.

Biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memunculkan tunas baru bisa sampai 2 hingga 3 minggu, setelah akarnya muncul banyak bisa kita pindahkan ke polybag.

Pengetahuan Seputar Batang Tanaman

evolusi batang tanaman
tanamanbawangmerah.blogspot.com

Kata batang sendiri berasal dari bahasa latin dari kata caulis, batang merupakan bagian dari organ pada tumbuhan berpembuluh. Batang sering juga disebut dengan sumbu tumbuhan, karena batang ini menjadi suatu tempat dimana semua organ yang lain tumbuh dan bertumpu.

Daun dan juga akar hanya dianggap sebagai perkembangan lanjutan dari batang yang telah menjalankan fungsi khususnya pada tanaman.

Ciri-ciri Batang dan Fungsi Batang

fungsi batang tanaman
donnameylinda.wordpress.com

Tanpa adanya batang, tanaman berpembuluh tidak bisa hidup, hal ini disebabkan batang mempunyai peran yang sangat penting dalam sebuah tanaman. Adapun batang pada umumnya memiliki sifat-sifat sebagai berikut ini:

1. Batang mempunyai bentuk silinder yaitu panjang dan bulat serta dapat mempunyai bentuk lain, akan tetapi mempunyai sidat simetri radial.

2. Batang terdiri dari ruas-ruas yang masing-masing ruang di batasi oleh buku-buku serta buku-buku inilah yang akan menjadi tunas yang membentung daun, cabang batang atau akar.

3. Batang tumbuh ke atas menuju cahaya matahari

4. Ujung batang selalu bertambah panjang, sebab itulah batang sering dikatakan mempunyai pertumbuhan yang tidak memiliki batas.

5. Batang pada umumnya tidak berwarna hijau, kecuali pada tumbuhan yang mempunyai umur pendek, misalnya seperti rumput dan juga sewaktu batang masih muda.

6. Batang dapat menggandakan percabangan selama dia masih hidup, tidak digugurkan, kecuali dengan cabang atau ranting yang kecil.

Evolusi yang Terjadi pada Batang

evolusi yang terjadi pada batang
kwikku.com

Seperti halnya dengan teori yang kita pegang sekarang bahwa tumbuhan yang berpembuluuh merupakan perkembangan lanjutan dari satu kelompok tumbuhan talu yang berklorofil (zat tumbuhan hijau).

Seperti Charophyta, Batang adalah perkembangan dari talus yang setelah itu kemudian terdirensasikan oleh jaringannya dan membentuk jaringan pembuluh.

Akar merupakan salah satu perkembangan dari batang yang berada di dekat permukaan tanah yang mengalami spesialisasi yang digunakan sebagai alat penyerap air.

Daun sejati, yang sebagian besar tumbuhan pembuluh memilikinya, dianggap bahwa bentuk dari penyatuan ranting-ranting yang kecil saling bersandingan dan kemudian membawa klorifil serta pigmen-pigmen yang lainnya.

Teori inilah yang kemudian dikenal dengan teori megaphyll. Daun Lycophyta sering juga dianggap terbentuk dari evolusi yang lain, yaitu terbentuk dari sporangium yang mana evolusi ini dikenal dengan teori microphyll.

Demikian tadi pembahasan kita mengenai cara stek tanaman sampai pengenalan mengenai seputar batang, kita juga bisa membaca artikel yang lainnya mengenai cara mencangkok mangga yang benar, semoga dapat bermanfaat dan terima kasih.

You may also like

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *