Kumpulan Pantun Lampung dan Artinya

Ide ini muncul saat saya sedang mencari-cari bahan di internet mengenai contoh-contoh pantun berbahasa Lampung dengan bertemakan romantis.

pantun lampung
hipwee.com

Maksudnya yaitu pantun ini di tujukan untuk sepasang suami istri untuk merayu, bisa istrinya yang merayu suami atau sebaliknya.

Kebetulan saat ini saya sedang tidak tinggal di Lampung, sekarang saya sedang berada di Jawa, jadi saya menulis sekalian untuk bernostalgia dan jugs sebagai obat rasa rindu terhadap kampung halaman tercinta.

Blog orang Lampung sih banyak tetapi sangat sulit untuk menemukan blog yang berisi mengenai pantun, apalagi pantun dengan bertemakan romantis. Padahal suku atau orang Lampung pintar-pintar di dalam membuat pantun.

Dan untuk mengatasi masalah tersebut disini saya tuliskan kumpulan pantun lampung dengan bertemakan romantis. Berikut ini berikut ini merupakan pantun-pantun yang telah berhasil di kumpulkan. Kebanyakan di sini memang pantun lepas, yang artinya tidak saling bersahutan.

Dan untuk nama-nama yang becetak tebal merupakan nama dari pembuat pentun itu sendiri. Mungkin tidak semua original, bisa saja mereka juga mengambil dari orang lain dengan copas dari sana-sini ataubisa juga pantun lampung tersebut merupakan pantun lampung yang sudah lama populer dan masih teringat oleh dirinya.

Yang jelas hal tersebut akan sangat bermanfaat bagi kita semua sebagai para pembaca. Pantun-pantun di bawah ini mulanya tidak diberikan terjemahan.

Tetapi baru terpikir untuk memberi terjemahan saat ada teman yang tak mengerti bahasa Lampung dan tertarik untuk membacanya, setelah itu bertanya-tanya mengenai artinya. Akhirnya pantun-pantung lampung yang bertemakan romantis tersebu di terjemahkan.

Baiklah mari kita simak bersama-sama mengenai pantun lampung dengan bertemakan romantis ini, berikut diantaranya:

Pantun Lampung dari Bagus Oka

pantun lampung bertema romantis
amimustafa.blogspot.co.id
pantun romantis
amimustafa.blogspot.co.id
pantun untuk suami isteri
amimustafa.blogspot.co.id

Inilah Contoh Susunan Acara Ulang Tahun yang Terlengkap

Susunan Acara Ulang Tahun – Sekarang ini acara ulang tahun kerap sekali dilaksanakan untuk memperingati hari kelahiran seseorang. Di karenakan pertumbuhan ekonomi masyarakat yang sudah mencukupi kebutuhan yang lainnya, acara ulang tahun sudah biasa untuk di laksanakan.

ulang tahun anak
sigambar.com

Sebenarnya tidak ada anjuran untuk mengadakan hari ulang tahun, tapi sesekali kita bisa melaksanaknnya untuk anak kita. Dan untuk masalah kado, kita tidak harus memberinya dalam acara tertentu, kapanpun itu bisa kita berikan, karena memang pada dasarnya manusia senang jika di beri hadiah.

Untuk itu disini kita akan membahas mengenai susunan acara ulang tahun atau contoh teks mc ulang tahun, terutama acara ulang tahun untuk anak usia 5 tahun. Kita sebagai orang tua tentu ingin menjadi yang terbaik untuk anak, jadi tak heran jika banyak orang yang mengadakan acara ulang tahun anak dengan meriah.

ulang tahun meriah untuk anak
cermati.com

Tetapi itu tidak sepenuhnya benar, karena tak perlu hal yang meriah untuk menyenangkan hati sang buah hati. Cukup kita sebagai orang tua bisa menjadi orang yang selalu memberi perhatian dan kasih sayang untuk anak kita. Kembali pada topik utama yaitu pembahasan mengenai susunan acara ulang tahun untuk anak.

Untuk kita yang sedang mencari susunan acara ulang tahun mari kita simak contoh susunan acara ulang tahun berikut ini:

1. Pembukaan oleh Master of Ceremony (MC)
2. Hiburan
3. Sambutan dari orang tua
4. Pemotongan kue (diiringi dengan lagu)
5. Istirahat dan menikmati hidangan yang disediakan
6. Do’a
7. Penutup
8. Foto-foto

Pembukaan Acara Ulang Tahun

susunan acara ulang tahun
bintangdepok.wordpress.com

Susunan acara ulang tahun yang pertama adalah pembukaan, untuk pembukaan acara ulang tahun sama dengan acara-acara yang lainnya. Dengan mengucapkan puji syukur dan di lanjutkan dengan sholawat kepada Nabi Muhammad Saw dan seterusnya.

Kemudian membaca surat Al-fatihah yang dilakukan bersama-sama. Cukup singkat memang, setalah itu dilanjutkan dengan susunan acara yang berikutnya.

Hiburan Ulang Tahun

hiburan acara ulang tahun
badutultahjogja.blogspot.com

Banyak sekali hiburan dalam acara ulang tahun anak, seperti meletuskan balon. Jadi cara mainnya dengan menduduki balon hinggga meletus. Siapa yang cepat meletuskan balon tersebut, maka dialah yang menjadi pemenangnya.

Ada lagi permainan lain yaitu, permainan tertawa. Cara mainnya yaitu dengan membentuk lingkaran kecil yang terdiri dari 4 sampai anak. Kemudia di tengah ada satu anak. Jadi di dalam permainan ini kita cukup membuat anak yang berada di tengah lingakaran tertawa. Jika kita berhasil membuat anak tersebut tertawa maka akan digantikan dengan yang lainya.

Sambutan Orang Tua di Acara Ulang Tahun

Untuk sambutan, orang tua akan memberikan sepatah dua patah kata yang tujuannya untuk menjelaskan niatnya dalam acara ulang tahun anaknya tersebut. Ya sepeti biasalah untuk masalah sambutan ini.

Pemotongan Kue Ulang Tahun

Pemotongan kue merupakan acara yang ditunggu-tunggu. Untuk pemotongan kue biasanya di iringi dengan lagu atau nyanyian. Agar acara ulang tahun anak kita menjadi berkah, maka kita bisa menggunakan lagu dibawah ini:

Lagu tersebut sangat berkah jika dinyanyikan pada acara ulang tahun anak kita, dari pada kita menyanyikan lagu ulang tahun yang tidak jelas asal-usulnya, dan mungkin juga berbahaya. Lebih baik menyanyikan lagu yang sudah jelas ini.

Istirahat dan Menikmati Hidangan

hidangan ulang tahun untuk anak
nyarikado.com

Pada sesi kali ini masuk pada susunan acara ulang tahun yang ke lima yaitu istirahat yang di temani hidangan. Ini merupakan acara inti untuk para tamu undangan. Sudah banyak anak yang menuggu acara ini karena di acara ulang tahun biasanya orang yang mengadakan ulang tahun mempunyai banyak makanan untuk di hidangkan.

Makanan yang dihidangkan semuanya gratis? ya jelaslah. Kita bisa mengambil sepuahnya kalo tidak punya malu hehe. Tapi yang pasti makanannya enak-enak.

Doa Ulang Tahun

Banyak sekali doa yang digunakan dalam acara ulang tahun ini, tetapi yang sering digunakan dalam acara ulang tahun adalah doa panjang umur. Disini kita akan berikan doa panjang umur lengkap dengan arab, latin dan juga artinya. Doanya sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُورَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

latin doa panjang umur

Artinya: 

Ya Allah! Panjangkan umur kami, sehatkan jasad juga kami, terangilah hati kami ini, tetapkanlah iman kami, baikkanlah amalan kami, luaskan rezeki kami, dekatkan kami dengan kebaikan serta jauhkanlah kami dari kejahatan, kabulkanlah semua kebutuhan kami dalam agama, dunia, serta akhirat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Penutup Acara Ulang Tahun

Kemudian di susunan acara ulang tahun yang ke tujuh ini adalah penutp. Sebelum menutup biasanya MC memberikan ulasan mengenai sejumlah rangkaian acara yang sudah dilaksanakan, barulah MC menutup semua rangkaian acara yang sudah di laksanakan tadi.

MC biasanya menutup dengan bacaan Hamdalah dan di lanjutkan dengan salam penutup.

Sesi Foto-foto

sesi foto bersama
thelunetta.com

Setelah rangkaian acara ulang tahun ditutup, biasanya anak-anak berkumpul bersama dan melakukan foto-foto sebagai hadiah kenang-kenangan. Anak akan berantusias sekali di sesi ini karena banyak anak sangat suka jika dirinya di foto.

Bahkan bukan hanya anak-anak, orang dewasapun juga demikian, termasuk dengan saya hehe.

Seperti itulah susunan acara atau rangkaian acara ulang tahun yang biasa dilakukan. Cukup sederhana dan tidak ribet. Tentu sangat cocok bagi kebanyakan orang tua. Dan anakpun sudah senang.

Tetapi acara ulang tahun jangan di lakukan terus menerus dalam setiap tahunnya. Karena nanti bisa kebiasaan jika tiba hari kelahirannya anak akan meminta untuk di adakan acara ulang tahun. Akan sangat susah lagi jika kita sedang tidak punya uang. Jadi cuckup beberapa kali saja ya!

Jual Slime Murah Meriah! Mainan Anak

jual slime ulang tahun

Pasti kamu sudah sering dengarkan dengan kata slime? Sebenarnya kalian sudah pada tau kok Slime itu apa? Jadi Slime dalam bahasa inggris itu diartikan sebagai ‘lendir’, tetapi pada masa ini slime dihubungkan dengan mainan anak – anak yang memiliki tekstur lembut, kenyal dan juga sangat asyik untuk dimainkan.

Slime ini sering digunakan dalam acara Nickelodeon dan anak-anak sangat menyukainya. Ini sangat bagus untuk kamu (orangtua) mencobanya didalam pesta ulang tahun anak tercinta.

jual slime murah
teamworld.it

Dipastikan anak kamu akan merasa senang dan bahagia dengan adanya Slime ini. Slime sangtat cocok untuk usia anak diatas 3 tahunan.

Yuk buruan di order, mumpung masih ready stock. Harganya murah kok. Untuk satu pake slime yang terdiri dari 5 toples hanya di hargai dengan Rp. 95.000 Rp. 80.000,- saja.  (Harga Promo)

Silahkan hubungin di WA: 085643604118

Untuk membahagiakan anak dengan harga Rp. 95.000 Rp. 80.000,- tentu bukanlah hal yang mahal. Buruan di Order!

Demikian pembahasan kita mengenai susunan acara ulang tahun untuk anak yang sudah kita bahas begitu lengkap. Jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan silahkan bertanya pada form komentar dibawah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Berikut Penjelasan Kesenian Kuda Lumping Secara Lengkap

Kesenian Kuda Lumping – Pernah dengar tentang kesenian kuda lumping? Kesenian khas Jawa Tengah ini memang cukup populer di Indonesia. Saking terkenalnya, kuda lumping tidak hanya populer di Pulau Jawa. Kesenian ini juga seringkali dipentaskan di Sumatera Utama, hingga ke luar daerah Indonesia, seperti Malaysia.

kesenian kuda lumping dari jawa tengah
flickr.com

Nah, ini nih tugas anak muda masa kini, menjaga kebudayaan khas Indonesia serta memeliharanya agar tetap populer dan dikenal oleh generasi anak-cucu kita nantinya. Tarian kuda lumping ini dulunya sering dipentaskan untuk menyambut tamu terhormat, atau ketika sedang berlangsung festival budaya.

Jelas saja, karena kesenian yang satu ini kelihatannya masih dikenal dengan baik dan tidak tergilas oleh waktu. Beberapa orang juga memodifikasi kesenian kuda lumping dengan berbagai kreasi. Namun begitu, unsur inti dari kuda lumping tetaplah sama, untuk melestarikan kesenian khas Jawa Tengah.

Keunikan Kesenian Kuda Lumping

keunikan kuda lumping
flickr.com

Apa sih kekhasan kesenian kuda lumping? Oh ya, jangan salah. Kuda lumping itu bukan kuda betulan kok. Kuda lumping merupakan salah satu kesenian milik Indonesia, yang terbuat anyaman bambu yang dibentuk mirip kuda, lalu dihias dengan rambut palsu dari tali plastik.

Tidak hanya itu, rambut palsu tersebut juga dikepang sehingga beberapa mengenal kesenian ini dengan nama lain ‘jaran kepang’ yang artinya kuda dikepang. Kuda lumping selalu identik dengan tarian-tariannya, bersama dengan sekelompok pemain yang seolah-olah berperan sebagai sekelompok prajurit penunggang kuda.

Unsur Magis Kesenian Kuda Lumping

unsur magis kuda lumping
karyadiskw.blogspot.com

Namun, selain tarian itu sendiri, kesenian yang satu ini terkenal dengan unsur magis karena biasanya para pemain mengalami kesurupan ketika sedang mementaskan tarian kuda lumping. Wah, seram juga ya? Yang lebih menakutkan, ada beberapa atraksi berbahaya dalam kesenian ini.

Seperti memakan beling, berjalan di atas pecahan kaca, hingga menyayat diri sendiri. Kuda lumping memang tradisional, menyenangkan, sekaligus bersifat magis!

Kostum Kesenian Kuda Lumping

kostum kesenian kuda lumping
negerikuindonesia.com

Lalu bagaimana dengan para pemainnya? Para pemain tarian kuda lumping biasanya mengenakan pakaian khas prajurit. Beberapa pakaian memiliki lengan panjang, dan yang lain berlengan pendek. Selain itu, ada juga yang mengenakan rompi, atau tidak berpakaian!

Selain pakaian, mereka pada umumnya menggunakan celana pendek di bawah lutut dengan hiasan warna-warni, bersama kain bermotif batik. Intinya, kostum yang mereka gunakan terkesan semarak dan meriah!

Selain memperhatikan kostum untuk kekhasan kesenian ini, para pemain juga menggunakan properti ketika memainkan tarian kuda lumping. Pemain-pemain wanita biasanya memakai selendang untuk menunjukkan keanggunan tariannya.

pecut kuda lumping
m.kaskus.co.id

Sedangkan para pemain lelaki tampil bersama pedang, yang menandakan seakan-akan mereka berada di medan perang. Selain pedang, properti lain yang juga digunakan adalah pecut. Alat penunjang yang satu ini berfungsi untuk menghasilkan suara yang khas, dengan memecutkannya seirama dengan musik yang diputar.

Setelah mengenai kesenian yang satu ini, kita jadi tahu soal kebudayaan ya. Oh ya, banyak sumber mengungkap mengenai asal muda kesenian kuda lumping.

Sejarah Kesenian Kuda Lumping

sejarah kesenian kuda lumping
deeadewie.wordpress.com

Beberapa sejarah mencatat bahwa kesenian kuda lumping merupakan penghargaan warga terhadap pasukan berkuda Pangeran Diponegoro ketika sedang berperang melawan penjajah Belanda.

Beberapa sumber lain menyebutkan, tarian kuda lumping lebih cenderung menceritakan tentang kehebatan Raden Patah bersama Sunan Kalijaga ketika zaman penjajahan Belanda.

Yang lain percaya bahwa kesenian yang satu ini merupakan penggambaran dari perjuangan pasukan Mataram bersama Sultan Hamengku Buwono I ketika menghadapi pasukan Belanda. Sekian banyak sumber berebut mengisahkan mengenai asal-muasal tarian yang satu ini.

Namun satu yang pasti, kesenian kuda lumping sungguh menggambarkan semangat pasukan berkuda dalam menghadapi peperangan.

Kuda Lumping, Permainan Tradisional Anak-anak

kuda lumping permainan tradisional
satujam.com

Kuda Lumping, selain menjadi kesenian, tetapi juga menjadi permainan tradisional bagi anak-anak. Karena sering sekali anak-anak jaman dulu yang bermain dengan memperagakan tarian-tarian di dalam kesenian kuda lumping. Sangat seru sekali apa lagi di iringi dengan tabuhan yang terbuat dari kaleng.

Biasanya permainan ini dimainkan oleh 5 anak sebagai penari kuda lumping dan 2 anak sebagai penabuh, di dalam penari kuda lumping ada yang menjadi pentol, ada yang menjadi celeng, dan menjadi penari biasa. Sangat asyik di mainkan setelah pulang sekolah.

Akan tetapi pada saat ini sudah sangat jarang anak-anak yang bermain kuda lumping, anak lebih suka bermain gadeget dan game online. Padahal edukasi yang ditanamkan di dalam permainan tradisional sangat bagus untuk perkembangan otak anak.

Sangat di sayangkan jika sekrang mereka lebih memilih gadget, yang mana gadget lebih banyak membawa hal negatif jika yang membawa anak-anak.

Untuk itu kita sebagai orang tua dan juga sebagai rakyat Indonesia seharus ikut serta dalam melestarikan permainan tradisional dan juga kesenian Indonesia agar anak dan cucu kita nanti dapat menikmati serta mendapatkan edukasi dari permainan tersebut.

Demikian pembahasan kita mengenai kuda lumping dan juga permainan tradisional, baca juga tulisan saya mengenai permainan tradisional yang terancam punah. Semoga apa-apa yang telah kita bahas tadi bermanfaat, terima kasih.

Macam-macam Permainan Tradisional Khas Sunda Jawa Barat

Permainan Tradisional Sunda – Hai kawan! Tahu kan kalau Negara tercinta ini paling terkenal dengan keragamannya? Ada beberapa agama, rasa, suku bangsa, hingga makanan khas. Omong-omong soal kekhasan, siapa sih yang gak suka bermain? Beberapa buku yang saya baca bahkan mengungkapkan bahwa orang dewasa pun masih menyukai kegiatan bermain.

permainan sunda jawa barat
m.galamedianews.com

Hanya saja, permainan yang mereka lakukan jelas berbeda dengan kegiatan bermain ala anak-anak. Nah, balik ke kekhasan! Indonesia memang kaya deh. Kekayaannya terlihat bukan hanya ketika kita bicara tentang ragam suku bangsa, ras, dan lain-lain.

Karena buktinya, permainan di Indonesia pun punya kekhasan daerahnya masing-masing! Keren deh! Namun begitu, hari ini kita akan fokus menyoroti soal permainan tradisional khas Sunda. Semua yang tradisional itu selalu menyenangkan deh, karena kita bisa belajar soal budaya masa lampau!

Sunda…. Mendengar kata Sunda mengingatkan kita tentang daerah-daerah di Jawa Barat. Right? Lalu, permainan tradisional apa saja sih yang khas dari suku ini?

1. Permainan Tradisional Sunda Perepet Jengkol

permainan asal sunda
twitter.com

Perepet jengkol? Jangan mengerutkan kening begitu dong, teman-teman. Tenang saja, permainan ini sama sekali tidak melibatkan makanan bernama jengkol kok. Berasal dari Jawa Barat, permainan ini dimainkan oleh setidaknya minimal tiga orang. Namun, semakin banyak pemain akan lebih seru karena suasana makin semarak. Oh ya, jangan lupa senandungkan lagu ini ya!

Perepet jengkol jajahean

Kadempet kohkol jejeretean

Eh jaja eh jaja eh jaja eh jaja

Pernah dengar lagu ini? Saya percaya teman-teman asli Sunda pasti sering mendengar lagu yang satu ini. Cara bermainnya juga sederhana kok. Para pemain saling membelakangi, lalu mengaitkan salah satu kaki dengan kaki pemain lainnya. Bisa dengan menyilangkannya, agar kaki mereka saling terikat.

Setelah itu, mulai menyanyikan lagu di atas, sambil menjaga keseimbangan. Oh ya, mereka juga harus kompak—untuk bergerak ke kiri atau ke kanan.

Sambil terus menyanyikan lagu tersebut, mereka bergerak seirama dan tetap menjaga keseimbangan. Lagu tersebut dinyanyikan dengan tempo yang makin cepat, sehingga gerakan mereka pun harus semakin cepat.

Permainan yang satu ini memang kelihatan sederhana, namun punya pesan moral yang dalam. Kita jadi tahu arti saling mendengarkan dan menjaga kekompakkan demi hubungan yang tetap kokoh.

2. Permainan Tradisional Sunda Cing Ciripit

permainan sunda cingciripit
semipalar.blogspot.com

Wah, ternyata Sunda itu kaya dengan lagu-lagu khasnya ya! Salah satunya ketika kita mengenal permainan selanjutnya, cing ciripit namanya. Permainan ini sederhana namun dapat mencairkan suasana dan menambah keakraban antara pemain.

Dimainkan oleh beberapa anak, namun tentu saja akan semakin meriah jika pemainnya bertambah banyak. Cing ciripit diawali dengan menunjuk satu orang pemain, bisa melalui suit atau menunjuk secara voting. Setelah terpilih, satu pemain tersebut harus membuka tangannya seperti orang sedang meminta sesuatu.

Then? Semua pemain meletakkan jari telunjuk mereka di atas tangan yang terbuka tersebut, sambil kesemuanya menyanyikan lagu yang satu ini. Khas Sunda banget deh!

Cing ciripit

Tulang bajing kacapit

Kacapit ku bulu paré

Bulu paré seuseukeutna

Jol, pa dalang mawa wayang, Jékjéknong!

Kalau lagu di atas diterjemahkan ke bahasa Indonesia kurang lebih seperti ini:

Cing ciripit

Tulang tupai kejepit,

Kejepit oleh bulu padi,

Bulu padi yang bagian tajam,

Jol, pak dalang bawa wayang, Jékjéknong !

Setelah lagu selesai, semua pemain harus segera mengangkat jarinya dari telapak tangan yang terbuka tersebut. Kalau tidak? Ia yang bakal jadi ‘kucing’!

3. Permainan Tradisional Sunda Kobak

permainan sunda kobak atau logak
muhammadnovri.com

Wah, nama permainannya unik ya? Permainan ini melibatkan tiga sampai lima orang pemain. Alat permainannya pun sederhana, karena para pemain hanya menyediakan beberapa gundu saja. Selain gundu, pemain juga harus menyiapkan sebuah lubang kecil yang dangkal.

Setelah itu, kobak siap dimainkan! Pemain bisa mulai melempar gundu agar dapat masuk ke dalam lubang tersebut. Sederhana ya?

Namun begitu, biasanya para pemain suka menggunakan permainan ini sebagai ajang taruhan, entah untuk mempertaruhkan uang ataupun hanya sekadar karet gelang. Positifnya, permainan ini dapat melatih para pemainnya menjadi lebih tangkas dan cermat.

4. Permainan Tradisional Sunda Congklak

permainan tradisional congklak
whatsupindonesia.com

Nah, kalau permainan tradisional yang satu ini tentunya lebih dikenal dong. Benar kan? Permainan congklak atau dakon ternyata berasal dari suku Sunda ya? Permainan ini sederhana dan bahan-bahannya pun mudah didapat, cara bermain congklak pun bisa dengan mudah kita pelajari.

Pemain hanya menyediakan congklak dan 98 butir biji-bijian. Setelah itu? Pemain sudah bisa menikmati permainan yang satu ini! selain seru, permainan congklak sangat bagus untuk mengasah logika anak-anak, patut untuk di coba.

Demikian pembahasan kita mengenai Permainan Tradisional Sunda Jawa Barat, kita sebagai rakyat indonesia haruslah melestarikan permainan tradisional yang hampir punah, agar anak cucu kita nanti bisa mendapatkan edukasi dari permainan ini dari pada harus terkena dampak buruk pemainan yang ada di gadget.

Semoga bermanfaat dan semoga permainan tradisional di daerah kalian tetap lestari sepanjang masa.

Permainan Tradisional Engklek, Permainan Edukasi yang Harus Dilestarikan

Permainan Engklek – Teknologi yang semakin berkembang pesang membuat permainan tradisional semakin tersingkir dari kancah permainan anak-anak. Saat ini sangat jarang sekali kita temukan permainan tradisional yang dimainkan oleh anak-anak yang seharusnya di lestarikan agar nantinya tidak hanya menjadi sebuah cerita saja.

permainan tradisional di Indonesia
gopena.com

Permainan tradisional saat ini sudah tergeser dengan permainan modern yang semakin harinya bisa membuat anak-anak tertarik dengan dunia digital. Padahal di Indonesia ini sangat kaya dengan permainan tradisional yang harus kita banggakan, salah satunya adalah permainan engklek.

Apa itu Permainan Tradisional Engklek?

permainan engklek permainan tradisional
meiwulandari.com

Engklek merupakan permainan tradisional yang mana cara mainnya dengan melompat-lompat pada bidang datar yang sudah kita beri garis pola kotak-kotak, setelah itu kita akan melompat dengan satu kaki pada kotak satu ke kotak berikutnya.

Engklek sendiri berasal dari bahasa jawa, di daerah lain namanya bermancam-macam ada yang menyebutnya dengan teklek, sundamanda, ingkling, lempeng, jlong jling, dampu dan masih banyak lagi sebutan engkle, tergantung dari setiap daerahnya.

Biasanya permainan engklek ini dimainkan oleh anak perempuan, akan tetapi tidak jarang anak laki-laki ikut serta dalam permainan ini. Mereka sering memainkannya di halam rumah, tanah kosong kebun dan sekolahan.

Sejarah Permainan Tradisional Engklek

sejarah permainan tradisional engklek
malang.merdeka.com

Ada dua versi mengenai sejarah permainan engklek ini.

Versi Engklek yang Pertama

Ada yang mengatakan bahwa permainan engklek pada awalnya berasal dari nama permainan “Zondag maandag” yang berasal dari bahasa belanda yang berarti sunday manday, kemudian permainan ini menyebar ke seluruh nusantara yang di sebarkan pada zaman kolonial dulu, permainan engklek ini menggambarkan perebutan petak sawah.

Versi Engklek yang Kedua

Menurut Dr. Smpuck Hur Gronje mengungkapkan bahwa permainan engklek pada awalnya berasal dari Hindustan, kemudian di bawah ke Indonesia dan menyebar di setiap daerah meskipun dengan sebutan yang berbeda-beda.

Manfaat dari Permainan Tradisional Engklek

perkembangan anak sangat pesat
Antidote

Permainan tradisional engklek ini mempunyai banyak sekali manfaat, diantaranya adalah:

1. Permainan ini akan membuat kemampuan fisik anak-anak menjadi semakin kuat karena permainan ini cara memainkannya mengharuskan untuk melompat-lompat.

2. Anak-anak akan diasah kemampuannya bersosialisasi dengan orang lain dan juga mengajarkan kebersamaan dianatara mereka.

3. Anak-anak akan di ajarkan menaati peraturan yang telah di sepakati dalam permainan engklek ini.

4. Permainan engklek dapat membantu anak mengasah logikanya, selain itu juga dapat melatih kemampuan berhitung dan menentukan langkah-langkah yang harus mereka lewati dalam permainannya.

5. Anak-anak akan lebih kreatif. Permainan tradisional engklke ini sebelum memainkannya akan dibuat dulu polanya oleh para pemain. Mereka akan menggunakan benda-benda, barang-barang, tumbuhan yang ada disekitar.

Hal inilah yang dapat mendorong mereka untuk lebih kreatif lagi dalam menciptakan alat-alat yang digunakan dalam permainan.

Cara Bermain Permainan Tradisional Engklek

cara bermain engklek tradisional
mdanimation.com

1. Yang pertama kali kita lakukan sebelum bermain engklek adalah menggambar dulu bidang engklek yang akan kita gunakan untuk bermain.

2. Kemudian para pemain harus hompimpa untuk menentukan siapa dulu yang akan bermain. Hompimpa disini menentukan siapa yang akan jalan terlebih dulu dan siapa yang jalan terakhir.

Biasanya didalam hompimpa yang paling berbedalah yang dapat jalan terlebih dulu. Hal ini dilakukan jika pemain lebih dari 2 orang tapi jika 2 orang saja maka dilakukan suit.

3. Untuk bisa bermain, setiap anak diharuskan memiliki gacuk/buah biasanya menggunakan pecahan batu datar, keramik ataupun genteng.

4. Pemain bermain engklek dengan cara melompat dengan menggunakan satu kaki yang dilakukan pada setiap kotak-kota yang telah digaris pada tanah sebelumnya.

gacuk untuk engklek
anugerahkeramik.blogspot.com

5. Gacuk tadi dilempar ke salah satu petak yang ada ditanah, kemudia petak dengan gacuk jika sudah berada diatasnya maka gacuk kita tidak boleh diinjak atau ditempati oleh para pemain. jadi pemain harus melompati petak yang ada gacuknuya.

6. Para pemain tidak boleh yang ada melempar gacuk melewati petak yang telah disediakan. Jika terdapat pemain yang melakukan hal tersebut maka pemain itu akan didiskualifikasi dan dinyatakan gugur setelah itu diganti oleh pemani selanjutnya.

7. Jika ada pemain yang menyelesaikan permainan satu putaran sampai di puncaknya, kemudian mereka akan mengambil gacuk dengan cara membelakangi dan dengan mata yang ditutup.

Jika dalam mengambil gacuk pemain tersebut menyentuh garis atau terjatuh, maka pemain tersebut dinyatakan mati dan harus mengulanginya dari awal lagi.

8. Sedangkan jika pemain berhasil mengambul gacuk di puncaknya, maka pemain tersebut harus melemparnya keluar dari bidang engklek. Kemduaian pemain harus melemparnya keluar dan engklek sesuai dengan kotak yang telah digamabar. dengan berpijak pada gajuk yang di lemparkan tadi.

9. selanjutnya jika pemain berhasil maka akan lanjut ke tahap mencari sawah dengan cara menjagling gacuk atau kereweng dengan menggunakan telapal tangan secara bolak-balik sebanyak 5 kali tanpa terjatuh. Hal ini dilakukan dengan posisi berjongkok dan membelakangi bidang engklek.

pemenang permainan engklek
i1os.com

Dia harus berada di tempat jatuhnya gacuk atau kereweng yang telah dilemparkan tadi. Setelah berhasil menjagling sebanyak 5 kali tanpa terjatuh, pemain masih dalam posisi yang sama kemudian melemparkan kembali ke dalam bidang engklek.

Apabila lemparanya tempat pada salah satu bidang engklek maka bidang tadi menjadi sawah pemain tersebut. Dan jika gagal pemain harus mengulanginya kembali dari awal permainan.

10. Pemain yang telah memiliki sawah paling banyak maka pemain tersebut dinyatakan sebagai pemenangnya.

Sangat mengasyikan permainan ini, selain asyik anak-anak akan di beri edukasi yang mempunyai banyak manfaat bagi pertumbuhan si anak. Semoga kita dapat melestarikan permainan engklek agar nantinya tidak hanya tinggal cerita.

Dan anak-anak kita nantinya dapat terselamatkan dari pesatnya perkembangan teknologi yang penggunaanya tanpa di bekali ilmu pengetahuan yang cukup. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Permainan Tradisional yang Berasal dari Jawa Tengah

Permainan Tradisional dari Jawa Tengah – Di Indonesia mempunyai banyak sekali suku budaya, sehingga disini terdapat beragam jenis permainan dalam setiap daerahnya. Salah satu yang akan kita bahas adalah permainan tradisional yang berasal dari jawa tengah.

rumah adat jawa tengah yang megah
panduanrumah.com

Dibawah ini adalah beberapa contoh permainan tradisional yang berasal dari jawa tengah, diantaranya adalah:

1. Egrang

permainan tradisional engrang
yourshot.nationalgeographic.com

Permainan tradisional Egrang/Enggrang sudah tak asing lagi bagi masyarat di Indonesia, dikarenakan sejak dulu permainan ini sudah mainkan oleh anak-anak dan juga remaja pun ikut bermain.

Sebenarnya di beberapa daerah juga memiliki permainan seperti ini, namun namanya bukanlah egrang atau enggrang, di setiap daerah memiliki nama yang berbeda-beda. Permainan egrang terbuat dari kayu atau bambu, akan tetapi kebanyakan egrang terbuat dari bahan bambu.

Cara membuatnya cukup mudah, pertama kita cukup siapkan dulu bambu yang sudah tua tapi berukuran tanggung. Siapkan 2 pasang bambu dengan ketinggian seperti tinggi badan kita.

kemudian buat pijakkan kaki yang nantinya untuk kita pijak  pada bagian bawah bambu, kira-kira tingginya di ukur mulai dari tanah sampai dengan lutut kita. Untuk bermain egrang ini cukup sulit, karena kita dituntut untuk menjaga keseimbangan saat berjalan agar tidak terjatuh.

2. Sepak Tekong

melestarikan permainan sepak sekong
hanyakatasatya.wordpress.com

Permainan sepak tekong ini adalah permainan yang sangat digemari oleh anak lak-laki, biasanya dimainkan sore hari. Untuk bermain sepak tekong ini cukup mudah, yang diperlukan adalah kegesitan dalam berlari dan juga kelincahan.

Permainan tradisional ini hampir sama denga permainan petak umpet pada umumnya, yang membedakan adalah media yang digunakan dalam bermain sepak tekong.

Jumlah pemain sepak tekong ini minimal 2 orang, tapi kalau hanya dua orang maka permainan ini tidak seru, semakin banyak pemain maka akan semakin menambah keseruan dari permainan sepak tekong.

Pertama kita buat lingkaran, di dalam lingkaran itu kita letakkan bola plastik. Kemudian kita tentukan dulu siapa yang akan berjaga, jika sudah di tentukan maka yang lainnya bersembunyi.

Jadi tugas si penjaga tadi adalah menjaga bolanya agar tidak di tendang oleh pemain yang bersembunyi, selain itu juga penjaga bola tadi mencari pemain yang bersembunyi, jika ada pemain yang bersembunyi terlihat oleh kita.

Maka kita cukup menyebutkan namanya kemudian menendang bola, Nah biasanya saat akan menendang bola ini kita dulu-duluan untuk berlari menendang bolanya.

3. Bentengan

permainan bentengan saat sekolah
youtube.com

Bentengan merupakan permainan tradisional yang berasal dari daerah jawa tengah. Bentengan dimainkan oleh dua kelompok/grup, masing-masing grup ini mempunyai  4 sampai 10 orang.

Jadi setiap grup ini mempunyai benteng, biasanya benteng berupa tiang atau pohon. Dalam bermain bentengan ini setiap anggotanya mempunyai tugas masing-masing, ada yang  jadi penyerang, bertahan ada juga yang bertugas sebagai pengalih.

Jadi tujuan akhir dari benteng ini adalah dengan menyentuh benteng lawa, jadi siapa yang menyentuh benteng lawan duluan maka grup itulah yang menang.

Selain dengan menyentuh benteng kemengan juga bisa kita raih dengan cara menangkap seluruh anggota lawan dengan cara menyentuh bagian tubuh mereka.

Jadi siapa yang banyak mangkap anggota, maka sudah di pastikan menjadi pemenangnya. Karena yang ada untuk menjaga benteng pasti cuma satu orang saja, sehingga kita bisa mengepungnya dan memenangkan pertandingan.

Demikian tadi pembahasan kita mengenai permainan tradisional yang berasal dari jawa tengah, semoga kita bisa melestarikan permainan tradisional yang terancam punah ini, semoga artikel tadi bermanfaat dan terima kasih.