Pengertian Pelayaran Hongi dan Pelaksanaannya

Pelayaran Hongi – Pernahkah kamu mendengar mengenai “Pelayaran Hongi” saat di sekolah? Mungkin kebanyakan dari kamu mengetehauinya saat di bangku SMP, teteapi yang menjadi pertanyaan sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan pelayaran hongi?

sejarah pelayaran hongi
mediasejarahchoy.blogspot.co.id

Mungkin hanya sedikit dari kita yang tahu mengenai hal ini, karena memang materi serta sumber sejarah dari pelayaran hongi sangat minim sekali, bahkan materi di internetpun hanya beberapa saja yang membahas mengenai pelayaran hongi.

Di dalam pembelajaran kali ini kita akan mempelajari mengenai sejarah pelayaran hongi, pengertian pelayaran hongi serta apa yang dimaksud dengan pelayaran hongi dan juga tujuan dari pelayaran hongi. Baik kita mulai saja materi mengenai pelayaran hongi di bawah ini:

Sejarah Lengkap Pelayaran Hongi

pelayaran hongi dan sejarahnya
eduspensa.com

Later belakang dan awal mula terbentuknya Pelayaran Hongi di prakarsai oleh VOC, pada saat itu cengkeh serta pala merupakan komoditas yang unik. Keduanya sangat dibutuhkan tetapi lama kelamaan menjadi langka dikarenakan sulitnya akses ke daerah penghasil rempah-rempah yaitu Malaka.

Karena itulah rempah-rempah menjadi barang yang bisa di bilang setara dengan emas. Karena itulah Indonesia menjadi buruan para bangsa Eropa untuk di jajah.

Dari hal diatas VOC (Vereenigde Oostindiche Compagnie) telah sadar. Mereka pun berinisiatif untuk melakukan monopoli terhadap rempah-rempah serta membatasi produksinya.

Secara otomatis banyak yang melawan kebijakan dari VOC ini. Tetapi VOC tidak mau diam, mereka mengancam jika para penguasa setempat ada yang tidak mau menjual rempah-rempahnya kepada mereka, maka akan dibunuh.

Kemduain pada Tahun 1621, Gubernur Jendral Jan Pieterzoon Coen mengirimkan armada dari Batavia menuju ke Banda untuk menghancurkan masyarakat disitu karena mereka tidak mau menerima kebijakan VOC.

Tujuan Pelayaran Hongi Bangsa Belanda (VOC)

tujuan belanda
edpulungan.blogspot.co.id

Colonialism and its Aftermath in the Nutmeg Islands, Williard A Hanna dalam Indonesia Banda (1991) telah menyebutkan jika pasukan VOC yang terdiri atas 1.655 orang Eropa (150 meninggal dalam perjalanan) kemudian ditambah dengan 250 orang dari garnisun di Banda.

Jadi sebanyak 286 orang Jawa dijadikan pengayuh kapal. Selain itu juga, terdapat hingga 80-100 orang Jepang, beberapa di antaranya merupakan algojo pemenggal kepala.Tetapi, perlawanan rakyat Banda dapat dipatahkan.

Kemudian semua pimpinan Banda dibunuh dan sebagian rakyat dibawa ke Batavia untuk kemudian dijual sebagai budak. Jumlah seluruh dari warga Banda yang dibawa ke Batavia mencapai lebih dari 800-an orang, terdiri dari 287 pria, dan 356 perempuan, serta 240 anak-anak. Sebanyak 176 orang meninggal saat perjalanan.

Belanda juga menyingkirkan pesaing-pesaing mereka dari Eropa, seperti Portugis, Spanyol, serta Inggris dengan kejam. Pada 1623, 2 tahun setelah pembantaian rakyat Banda, para pedagang dari Inggris juga dibantai oleh serdadu bayaran VOC.

Setelah kejadian tersebut, Belanda semakin menjadi saja, mereka kemudian mengirimkan armada laut yang dilengkapi dengan senjata yang bertujuan untuk menghancurkan tanaman cengkeh warga.

Pengertian dan Tujuan Pelayaran Hongi

tujuan dari pelayaran hongi
sejarahindonesiasmp5pati.blogspot.co.id

Dari latar belakang yang telah dijabarkan diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa pelayaran hongi merupakan suatu sistem keamanan khusus yang telah dibentuk dan dilakukan oleh Belanda (VOC).

Yang bertugas untuk menjaga, mengawasi serta mencegah adanya pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh pedagang yang mencari rempah-rempah di nusantara.

Tujuan Pelayaran Hongi

  1. Menjadi pengawas jalannya perdagangan monopoli
  2. Mengawasi perdagangan rempah – rempah di Nusantara khusunya Maluku
  3. Memusnahkan produksi dari rempah-rempah yang berlebihan
  4. Mempertahankan jalanya sistem monopoli agar terus berjalan

Dampak Pelayaran Hongi

dampak positif dan negatif pelayaran hongi
mahasiswa.ung.ac.id

Pelayaran hongi mempunyai dampak positif serta negatif. Dampak negatif pelayaran hongi ini diantaranya adalah menjadikan VOC Belanda semakin berkuasa serta mendapatkan keuntungan yang berlipat-lipat.

Selain itu juga jumlah pohon yang berada di maluku semakin berkurang karena pembakaran (ekstirpasi) yang telah dilakukan oleh belanda saat pelayaran hongi, serta monopoli perdagangan yang semakin menggila.

Dampak positif dari pelayaran hongi adalah masyarakat Nusantara semakin mengetahui dari kelicikan bangsa Belanda serta mulai tumbuh rasa kebersamaan untuk melawan bangsa Belanda (VOC).

“Oh seperti itu sejarah pelayaran hongi” Ya, entah bagaimana mengenai gambaran keadaan bangsa Indonesia saat diterapkanya pelayaran hongi tersebut. Tetapi sekarang kita dapat mempelajarinya serta menjaga kemerdekaan Indonesia.

Demikian tadi pembahasan secara singkat mengenai pelayaran hongi (VOC), semoga bermanfaat. Sekian dari kami dan terima kasih.

Penjelasan Tujuan dan Alasan Jepang Membentuk BPUPKI Secara Singkat

Alasan Jepang Membentuk BPUPKI – Di awal tahun 1944, kedudukan Jepang di dalam perang Pasifik semakin terdesak. Pada saat itu Angkatan Laut Amerika Serikat yang dipimpin Laksamana Nimitz berhasil menduduki wilayah penting yang berada di Kepulauan Mariana seperti Saipan, kemudian Tidian dan Guan.

alasan jepang membentuk BPUPKI
itoksoebrata.blogspot.com

Yang mana hal tersebut memberikan kesempatan Sekutu untuk melakukan serangan langsung ke Kepulauan Jepang. Sementara itu posisi dari Angkatan Darat Amerika Serikat yang saat itu dipimpin oleh Jendral Douglas Mac Arthur.

Alasan Jepang Membentuk BPUPKI

penguasaan wilayah di indonesia
alifrafikkhan.blogspot.co.id

Dengan siasat loncat kataknya telah berhasil menduduki pantai Irian, kemudian mereka membangun markasnya di Holandia (Jayapura). Setelah dari Holandia kemudian Mac Arthur berencana untuk menyerang Filipina demi memenuhi janjinya.

Di sisi lain kekuatan dari Angkatan Laut Sekutu yang pusatnya berada di Biak dan Morotai telah berhasil menghujani bom ke pusat pertahanan militer Jepang yang berada di Maluku, Sulawesi, Surabaya dan Semarang.

Kondisi ini telah menyebabkan jatuhnya pusat pertahanan Jepang, selain itu pasukan jepang semangat juangnya merosot. Kekuatan tentara Jepang yang pada awalnya ofensif atau menyerang, kemudian berubah menjadi defensif atau bertahan.

Tetapi saat itu Jepang masih saja menggembar-gemborkan atau meyakinkan jika jepang akan menang di dalam perang Pasifik ini. Kemudian pada tanggal 18 Juli 1944, Perdana Menteri Jepang yang beranama Hideki Tojo terpaksa mengundurkan diri dan kemudian digantikan oleh Perdana Menteri Koiso Kuniaki.

Strategi untuk Menarik Simpati

strategi penarikan pasukan
klikbagikan.blogspot.co.id

Di dalam rangka untuk menarik simpati bangsa Indonesia agar nantinya lebih meningkatkan bantuannya baik itu berupa bantuan moril ataupun materiil, maka di dalam sidang istimewa yang ke-85 Parlemen Jepang (Teikoku Ginkai)

Yang bertepatan pada tanggal 7 September 1944 (sebagian ada yang menyebutkan 19 September 1944), Perdana Menteri Koiso telah mengumumkan jika Negara-negara yang berada di bawah kekuasaan Jepang akan diperkenankan merdeka “kelak di kemudian hari”.

Janji kemerdekaan ini sering juga disebut dengan istilah “Deklarasi Kaiso”. Saat itu, Koiso dianggap telah menciptakan perdamaian dengan Sekutu, tetapi ia tak dapat menemukan solusi yang bisa untuk menenteramkan militer Jepang atau Amerika.

Kesempatan yang Pertama dari Jepang

pengibaran bendera yang pertama
waliyuallahliveforever.blogspot.co.id

Sejak saat itulah pemerintah Jepang memberikan kesempatan terhadap bangsa Indonesia untuk mengibarkan bendera merah putih yang berdampingan dengan Hinomaru atau bendera Jepang, begitu juga dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang boleh dinyanyikan setelah lagu Kimigayo.

Di sisi lain ada suatu kebebasan, tapi di sisi lain juga pemerintah Jepang semakin meningkatkan jumlah tenga pemuda yang digunakan untuk pertahanan.

Selain itu juga ari organisasi pertahanan yang telah ada kemudian ditambah lagi dengan organisasi lainnya misalnya seperti: Barisan Pelajar (Suishintai), kemudian Barisan Berani Mati (Jikakutai) yang beranggotakan 50.000 orang .

Yang kemudian di ilhami juga oleh pasukan Kamikaze Jepang dengan jumlah 50.000 orang (pasukan berani mati saat melakukan penyerangan ke Pearl Harbour).

Jepang Semakin Terjepit

jepang semakin terjepit
sinarharapan.co

Kemudian di akhir 1944, posisi Jepang semakin terjepit di dalam Perang Asia Timur Raya yang mana Sekutu saat itu berhasil menduduki wilayah-wilayah yang berada pada kekuasaan Jepang, seperti Papua Nugini, Kepulauan Solomon, dan Kepulauan Marshall.

Bahkan juga dengan Kepulauan Saipan yang berada sangat dekat dengan Jepang yang berhasil juga diduduki oleh Amerika pada bulan Juli 1944. Setelah itu sekutu lagnsung melakukan serangan di Ambon, Makasar, Manado, Tarakan, Balikpapan, serta Surabaya.

Awal Persidangan BPUPKI

persidangan pertama BPUPKI
daerah.sindonews.com

Ir. Soekarno yang saat itu juga dicalonkan sebagai ketua, menolak pencalonannya dikarenakan ingin memperoleh kebebasan yang lebih besar lagi di dalam perdebatan, karena biasanya peranan dari ketua sebagai moderator ataupun pihak yang menegahi di dalam memberi keputusan tidaklah mutlak.

Pada tanggal 28 Mei 1945 telah dilangsungkanlah upacara peresmian BPUPKI yang bertempat di Gedung Cuo Sangi In. BPUPKI mulai melakukan tugasnya dengan memulai persidangan yang bertujuan untuk merumuskan undang-undang dasar untuk Indonesia kelak.

Hal utama yang akan dibahas dalam persidangan ini adalah dasar negara bagi negara Indonesia merdeka Jalan Pejambon Jakarta, yang dihadiri oleh Panglima Tentara Jepang pada Wilayah Ketujuh Jenderal Itagaki serta Panglima Tentara Keenam Belas yang berada di Jawa Letnan Jenderal Nagano.

Peresmian BPUPKI

peresmian anggota BPUPKI
ppkn-smp.blogspot.co.id

Menghadapi situasi yang sangat kritis itu, maka di tanggal 1 Maret 1945 pemerintah pendudukan Jepang yang berada di Jawa yang dipimpin oleh Panglima tentara ke-16 yaitu Letnan Jenderal Kumakici Harada yang mengumumkan pembentukan Dokuritsu Junbi Cosakai.

Atau sering disebut dengan Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia “BPUPKI”. Tujuan dari pembentukan badan tersebut adalah untuk menyelidiki dan mengumpulkan bahan-bahan penting mengenai ekonomi, politik serta tata pemerintahan yang digunakan sebagai persiapan untuk kemerdekaan Indonesia.

Penyusunan Keanggotaan BPUPKI

soekarno
bintang.com

Meskipum saat dalam penyusunan keanggotaan yang berlangsung lama dikarenakan terjadi tawar menawar diantara pihak Indonesia dengan Jepang, tetapi akhirnya BPUPKI berhasil untuk dilantik pada tanggal 28 Mei 1945 yang bertepatan dengan hari kelahiran Kaisar Jepang, yaitu Kaisar Hirohito.

Adapun dari keanggotaan yang terbentuk yang berjumlah 67 orang dengan ketua Dr. K.R.T. Radjiman Widiodiningrat serta R. Suroso dan juga seorang Jepang sebagai wakilnya Ichi Bangase kemudian ditambah dengan 7 anggota Jepang yang tidak memiliki suara.

Demikian tadi pembahasan kita mengenai Alasan Jepang Membentuk BPUPKI, semoga dengan sejarah ini kita bisa memahami bagaimana Negara ini  terbentuk. Sekian dari saya semoga artikel Alasan Jepang Membentuk BPUPKI bermanfaat dan terima kasih.

Ibu … Jika Aku Belum Pulang Dari Perantauan Untuk Menemuimu Bukan Berarti Aku Tak Rindu

Hal seperti inilah yang selalu membuat anak rantau sedih. Saat mereka sedang berada di perantauan pasti akan merindukan kasih sayang dari seorang ibu dan khususnya masakan seorang ibu yang pastinya akan membuat. Siapa sih ibu yang tidak rindu terhadap anaknya?

pahitnya anak merantau
edusiana.com

Apalagi jika kamu anak paling kecil,yang paling di manja oleh. Bisa buat Ibu nangis saat melihat foto anak nya. Yang pasti, saat kamu merantau pasti kamu punya alasan kenapa kamu belum juga pulang ke rumah yang kamu cintai.

Di bawah ini adalah  bebrapa hal yang membuat perantau tidak kunjung pulang ke kampung halamannya:

1. Punya Prinsip Tidak Pulang Sebelum menjadi Orang Sukses

Poin yang pertama ini sangat benar sekali, banyak orang sebelum pergi merantau mempunyai prinsip ini, termasuk saya juga. Memang susah saat mempertahankan prinsip ini, dalam hati saat berada di perantauan selalu ada pertanyaan ‘Gimana kalau gak sukses-sukses ya?

Tetapi kita harus tetap optimis untuk sukses. Jadi berdoalah dan pastinya selalu bekerja keras. Karena yang baik akan mendatangkan kebaikan . Cukup itu yang harus kamu pegang.

2. Ongkos Pulang Sebaiknya Ku Kirim ke Kampung Saja

Ini merupakan masalah ekonomi, pasti ada saja anak rantau yang mengalami hal ini. Sebenarnya dalam hatinya ingin pulang, tetapi melihat keadaan ekonomi di kampung belum juga stabil.

Jadi anak perantau lebih memilih untuk tetap bertahan di perantauan meski sangat rindu dengan kampung halamannya.

3. Sudah Terlalu Betah di Perantauan

Hal ini sangat masuk akal bagi para perantau, khususnya wanita.Biasanya mereka sudah betah di perantauan karena memiliki keluarga baru (Menikah).

Apapun itu tidak ada yang tidak mungkin, semuanya bisa terjadi. Tetapi jangan sampai hubungan anatara anak dan orang terputus.

4. Tidak punya Ongkos Pulang

Jika kesuksesanlah yang dapat membuat perantau pulang kampung, maka ketidakcukupan biaya juga yang membuat mereka tidak mau ataupun tidak bisa pulang kampung. Kita tahu bahwa ongkos pulang kampung tidaklah murah.

Apalagi, biaya untuk pulang kampung bukan hanya masalah ongkos pesawat saja, tetapi juga pemberian uang untuk orangtua serta sanak saudara. Bahkan, pemberian ini jumlahnya lebih besar dari sekedar uang transport.

5. Belum Punya Model Buat Nikah

Ini adalah salah satu alasan terbesar dari perantau kaum pria, mereka tidak bisa pulang kampung karena sudah mempunyai target untuk menikah. Jadi mereka mengumpulkan uang untuk modal nikah meski harus menahan sakitnya rindu kampung halaman.

Yah itu lah namanya perjuangan, tetep semangat aja, jangan lupa untuk selalu beribadah dan berdoa agar di permudah segala urusannya. Semoga cepet nikah ya.

6. Kontrak Belum Habis

Nah ini yang biasa sering di alami oleh perantau yang berada di luar negeri, pasti semua pernah merasakan? Kontrak masih panjang, tetapi rasa kangen kita kepada orang tua sudah tidak bisa terbendung lagi.

Tentu rasanya perih banget tidak bisa kumpul dengan keluarga. Terlebih saat hari raya idul fitri. Pasti di antara perantau ada yang menangis karena hal tersebut. Tetap semangat ya? Kalian para perantau pasti bisa ngumpul bareng keluarga lagi kok, sabar aja.

Legenda Sangkuriang Dayang Sumbi

Pada zaman dahulu, dikisahkan terdapat seorang puteri raja dari salah satu kerajaan di Jawa Barat yang mana putri tersebut bernama Dayang Sumbi. Dia memiliki seorang putra yang diberi nama Sangkuriang.

kisah legenda sangkuriang
suara.com

Sangkuriang merupakan seorang anak lelaki yang mempunyai hobi berburu. Dalam melakukan hobinya tersebut, Sangkuriang selalu ditemani oleh anjing kerajaan yang bernama Tumang.

Konon dikisahkan bahwa Tumang merupakan jelmaan dewa dan juga merupakan ayah dari Sangkuriang, namun Sangkuriang tidak mengetahui hal tersebut. Pada suatu hari, ketika Sangkuriang sedang berburu bersama Tumang, Tumang bersikap tidak seperti biasanya.

Anjing tersebut tidak mau melaksanakan perintah Sangkuriang untuk mengejar binatang yang diburu olehnya. Sehingga karena kesal dan marah, Sangkuriang pun mengusir Tumang ke dalam hutan tempat ia berburu.

Sekembalinya dari berburu, Sangkuriang langsung menceritakan kejadian tersebut kepada ibunya, Dayang Sumbi. Mendengar cerita anaknya, Dayang Sumbi langsung naik pitam. Dan tanpa disengaja karena saking marahnya, Dayang Sumbi memukul kepala Sangkuriang dengan menggunakan sendok nasi yang saat itu sedang ia pegang.

Karena pukulan Dayang Sumbi yang begitu keras, sehingga membuat kepala Sangkuriang terluka dan luka tersebut meninggalkan bekas yang tidak bisa dihilangkan. Setelah kejadian tersebut, Sangkuriang merasa kecewa dengan perlakuan ibunya tersebut dan menganggap ibunya lebih menyayangi Tumang daripada anaknya sendiri.

Tentunya hal ini didasari ketidaktahuan Sangkuriang bahwa Tumang itu adalah ayahnya sendiri. Hal itu dikarenakan Dayang Sumbi terus merahasiakannya dan tidak mau anaknya mengetahui bahwa ayahnya telah dikutuk menjadi seekor anjing.

Akhirnya karena kekecewaan yang sangat mendalam terhadap ibunya, Sangkuriang pun memutuskan untuk keluar dari istana untuk pergi mengembara. Dengan kepergian sang anak, membuat Dayang Sumbi menyesali perbuatannya dan semenjak itu ia selalu mendoakan Sangkuriang dan mulai rajin bertapa.

Sehingga pada suatu ketika, para dewa memberinya hadiah berupa kecantikan yang abadi dan akan selamanya dalam keadaan muda. Sementara itu, setelah bertahun-tahun pergi mengembara, Sangkuriang akhirnya memutuskan untuk kembali ke tanah kelahirannya.

Dia terkejut sesampainya di sana, kerajaan tersebut sudah berubah total. Dan di saat yang sama, dia menjumpai seorang gadis yang cantik jelita yang mana gadis tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah ibunya sendiri, Dayang Sumbi.

Sangkuriang yang tidak mengenali bahwa gadis tersebut adalah ibunya, langsung terpesona kepada gadis tersebut pada pandangan pertama. Dan setelah berpikir matang, dia memutuskan untuk meminang gadis jelita tersebut.

Sementara Dayang Sumbi juga tidak mengenali Sangkuriang dan karena menurutnya pemuda tersebut sangat tampan, maka dia pun terpesona kepadanya dan menerima pinangan Sangkuriang. Sehingga akhirnya pada suatu hari Sangkuriang minta izin untuk pergi berburu kepada calon istrinya, Dayang Sumbi.

Dan dia meminta calon istrinya tersebut untuk membantu merapikan ikat kepala Sangkuriang. Dan betapa terkejutnya Dayang Sumbi ketika ikat kepala calon suaminya itu dilepas. Ternyata nampak di kepalanya bekas luka yang sangat mirip dengan bekas luka anaknya yang pergi mengembara.

Dan setelah diteliti lebih lanjut, ternyata wajah calon suaminya itu memang sangat mirip dengan anaknya, Sangkuriang. Dayang Sumbi menjadi sangat ketakutan, kemudian dia mencari cara agar proses pernikahannya dibatalkan.

Sehingga pada akhirnya dia menemukan ide yang cemerlang. Dia mengajukan dua syarat kepada Sangkuriang sebelum dia menikahinya.

Yang pertama dia meminta Sangkuriang agar membendung sungai Citarum dan yang kedua dia meminta Sangkuriang membuat sebuah perahu besar yang bisa dipakai untuk menyeberangi sungai tersebut. Dua syarat tersebut harus dipenuhi sampai sebelum terbitnya fajar.

Dan dengan kesaktiannya, Sangkuriangpun mengerahkan makhluk-makhluk halus untuk membantunya menyelesaikan permintaan Dayang Sumbi.

Melihat pekerjaan anaknya hampir selesai sebelum waktu fajar tiba, dia pun berinisiatif untuk memerintahkan pasukannya menggelar kain sutra warna merah di sebelah timur kota, sehingga pada akhirnya Sangkuriang menganggap bahwa hari sudah pagi.

Melihat hal tersebut, Sangkuriang marah besar karena tidak bisa memenuhi syarat yang diberikan oleh Dayang Sumbi. Dan dengan kesaktiannya dia lalu menjebol bendungan yang dibuatnya dan terjadilah banjir yang melanda seluruh kota.

Kemudian dia menendang perahu besar yang dia buat. Perahu tersebut melayang, lalu jatuh ke tanah dan berubah menjadi sebuah gunung yang dinamakan Gunung Tangkuban Perahu.

Cerita Masa Kecil, Membuat Layang-layang Bapangan

Bermain layang-layang adalah hal yang menyenangnkan, layang-layang termasuk kedalam permainan tradisional yang hampir punah saat ini. Kemajuan teknologi yang pesat serta kemudahan yang diberikan membuat anak-anak lebih suka dengan permainan virtual.

bermain layangan masa kecil
udinnews.wordpress.com

Dulu aku bermain layang-layang tiap bulan mei hingga bulan agustus karena pada saat bulan itu angin mengarah ke barat dan timur, jadi sangat cocok bagi yang ingin bermain layang-layang.

Pada saat taman kanak-kanak aku belum bisa menerbangkan layang-layang, jadi aku hanya berlari-lari sambil membawa layang-layang, tak lama kemudian aku diajari kakakku bagaimana cara bermain layang-layang sehingga sedikit demi sedikit aku bisa melakukannya.

Mencoba Membuat Layang-layang

jago menerbangkan layangan
youtubeku.com

Barulah pada saat sekolah dasar aku sudah jago menerbangkan layang-layang, setelah bisa menerbangkkanya aku mulai membuat layang-layangku sendiri. Pertama aku membuat layang-layang yang kecil, atau sering disebut dengan layang-layang petekan.

Awalnya gagal, karena bambu yang gunakan terlalu tebal sehingga tidak bisa terbang, untuk percobaan berikutnya dan berikutnya lagi barulah aku tahu seberapa tebal dan seberapa tipis bambu untuk layang-layang agar bisa terbang dengan baik.

Membuat Layang-layang Gapangan

layangan gapangan super besar
kimsariwarto.com

Setelah berhasil membuat layang-layang petekan, aku mencoba mebuat layang-layang besar yang biasa disebut dengan Layang-layang Bapangan. Cara membuat layang-layang yang satu ini cukup sulit walaupun hanya untuk membuat layang-layang Bapangan yang sederhana.

Bahan yang diperlukan:
  1. Bambu
  2. Golok dan pisau
  3. Sampul
  4. Tali
  5. Lem
Cara Membuat Layangan Gapangan:

Pertama kita belah bambu menjadi kecil-kecil , kemudian kita tipiskan sampai dengan ukuran yang sesuai, disini kita harus pandai menentukan seberapa tipis, karena ini sangat mempengaruhi layangan bisa terbang atau tidak, jika terlalu tipis layangan bisa patah, jika terlalu tebal maka layangan tidak akan bisa terbang.

menghaluskan bambu kerangka layangan
kaskusboneng.blogspot.com

buatlah sembilan bagian dengan ukuran yang berbeda-beda, dan jangan lupa bambunya di haluskan agar terlihat rapi dan juga tidak melukai kita. Setelah terkumpul kesembilan bambu tadi kemudian kita rangkai kerangkanya, satukan satu persatu dan diikat dengan menggunakan tali.

kerangka layangan gapangann
azhies49.blogspot.com

Kita rangkai mulai dari yang teratas kemudian baru yang kebawah, jika kerangkainya sudah jadi maka tinggal memberi sampul dan menempelkannya dengan lem. Untuk memberi sampul kita bisa membuatnya seunik mungkin, jadi kita harus mengkombinasikan warna-warna sampul agar terlihat bagus.

Setelah selesai menghiasi layanganya barulah kita coba untuk menerbangkan layangan, kita coba dilapangan karena luas untuk percobaan.

Jika layangan kita ingin diberi bunyi-bunyian atau yang biasa saya sebut dengan “Sendaren”, maka kita terlebih dulu cari serabut kantung beras atau pita kaset dan juga bambu yang sudah di serut tipis dengan lebar 1 cm. Lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini:

bunyi-bunyian pada layangan
p4honjean.wordpress.com

Jika sudah selesai membuat sendarennya maka kita tinggal pasang pada bagian atas layangan yang berbentuk segitiga, kita tinggal memasukkannya saja.

Pada saat pertama kali buat layangang gapangan, layanganku tidak bisa terbang karena memang babmbu yang digunakan terlalu tebal, setelah itu mencoba untuk yang kedua kalinya dan lagi-lagi gagal juga karena bambu terlalu tipis.

Sehingga saat di udara karena angin terlalu kencang membuat layangan patah dan jatuh. Tapi aku tidak menyerah disitu saja. Aku membuat layangan yang ketiga kalinya.

Pada layangan yang aku buat untuk ketiga kalinya ini berhasil diterbangkan, mungkin karena belajar dari pengalaman sebelumnya atau memang kebetulan saja hehehe 😀

Layangan pun berhasil terbang dengan tinggi, rasa senang dan bangga menjadi satu. Tapi sayang layangan yang aku buat bukan layangan yang super besar, jadi tarikannya kurang begitu kuat.

Biasanya kalau layangan yang super besar itu untuk menerbangkkannya membutuhkan lebih dari satu orang, jika cuma satu orang saja yang menerbangkan bisa-bisa orang itu terbawa oleh layangan. Karena memang layangan seperti itu tarikannya sangat kuat sekali.

Aku juga sering menerbangkan layangan sampai 1 hari 1 malam, biasanya melakukan hal itu saat angin mengarah keutara, karena angin yang mengarah keutara anginnya kencang dan bertahan lama.

Karena kalau tidak kencang di biarkan terbang 1 hari 1 malam kita tidak tahu apakah layangan masih terbang atau sudah jatuh, karena kita kan juga tidur.

Pertama kali Mengenal Komponen Komputer

Ini ceritaku saat pertama kali mengenal perangkat komputer, sebelumnya aku sudah bisa mengoperasikannya tapi belum mengerti komponen-komponen apa saja yang dipakai untuk membuat komputer. Pada tahun 2012 aku sekolah di Smk Muhammadiyah 1 Marga Tiga mengambil jurusan Teknik Komputer dan Jaringan.

Di situlah awal mula aku mengenal komputer secara mendalam, sebelum diterima di sekolah tersebut aku melakukan tes, salah satu tesnya adalah interview seputar komputer. Aku di tanya mengenai Sistem operasi itu apa, prosesor, aplikasi-aplikasi komputer dan masih banyak lagi.

personal computer
warungtechnology.blogspot.com

Dari pertanyaan diatas hanya sedikit yang bisa aku jawab karena memang kurangnya pengetahuan mengenai ilmu komputer. Tapi saya tetap lulus tes karena hasil tes yang lain Alhamdulillah bagus, selanjutnya masuk ke tahap orientasi sekolah.

Setelah orientasi usai beberapa hari kemudian ada materi mengenai perangkat komputer, nama mata pelajarannya Perawatan Peripheral pada Komputer.  Seorang guru membawa komponen komputer dan menjelaskan satu-persatu komponen komputer.

Setelah di jelaskan ada tugas untuk para siswa, yaitu menjelaskan ulang komponen komputer. Terus terang saat itu saya sangat deg-degan sekali, tak beberapa lama namaku di sebut dan aku maju ke depan, aku tidak bisa menjelaskan komponen yang sedang ku pegang.

Bagaimana mau menjelaskan jika nama dari komponennya saja tidak tahu, jadi saat cuma bisa cengar cengir didepan kelas. Tapi dari situ aku tahu bahwa aku harus belajar dengan sungguh-sungguh, jika tidak maka aku hanya bisa cengar cengir.

Aku mulai browsing-browsing mencari tahu apa-apa saja perangkat komputer, sering baca-baca dan lama-lama aku terbiasa dengan semua itu. Di tambah lagi dengan kegiatan praktik merakit komputer, bukan hanya tahu kompone-komponennya tapi aku juga bisa merakitnya dengan benar.

Sebenarnya ada banyak komponen komputer, tapi yang menjadi komponen pokok hanya ada beberapa, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Motherboard

Komponen komputer motherboard
pexels.com

Motherboard atau yang sering disebut dengan mainboard ini adalah perangkat utama dari kompunen komputer, karena disini lah sistem input outpun berjalan, jika mainboard ini mati akan susah untuk membenarkannya.

Kebanyakan teknis jika mempunyai service-an komputer yang mainbboardnya mati, maka mereka lebih memilih langsung menggantinya saja.

Di karenakan untuk membenarkan mainboard selain susah, harapan kembali normalnya juga kecil, saya dulu pernah mengservice mainboard tapi juga gagal, sudah berbagai cara digunakan bahkan sampai aku cuci menggunakan deterjen, tapi tetap tidak bisa dipakai lagi.

Processor

komponen komputer processor
jonooit.com

Processor bisa disebut juga dengan otaknya komputer, semua data dari input mau pun output aku di proses di processor ini. Semakin bagus processor dalam artian mempunyai kapasitas tinggi maka kecepatan komputer akan semakin gesit dalam mengolah data.

RAM (Random Acces Memory)

ram komputer
patartambunan.com

Merupakan tempat untuk melakukan penyimpanan sementara saat komputer sedang di jalankan dan dapat di akses secara acak atau random. Funsi dari Ram sendiri adalah untuk menyimpan program yang sedang kita olah sementara.

Jika komputer kita mati, maka data yang tersimpan di RAM akan hilang, memori ini penyimpanannya bersifat sementara dengan kapasitas tidak terlalu besar.

VGA Card

komponen komputer vga card
pcadvisor.co.uk

VGA Card merupakan bagian komputer yang terletak di dalam CPU yang mempunyai peran penting untuk menampilkan output proses ke dalam monitor. Tanpa adanya VGA card, layar komputer tidak bisa menampilkan gamba alias blank.

Komponen VGA card sendiri ada yang berupa slot tambahan ataupun bawaan dari motherboard atau sering disebut juga dengan VGA on board. Bagi yang suka main game VGA ini bagian penting karena termasuk dalam spesifikasi yang di perlukan

Harddisk Drive

harddisk komponen komputer
lifehacker.com

Harddisk Drive atau disingkat dengan HDD ini merupakan sebuah komponen perangkat keras yang digunakan untuk menyimpan data. Fungsi Harddisk sendiri adalah sebagai tempat penyimpan data yang dilakukan secara permanen terutama untuk penyimpanan OS (Operating System).

Monitor

monitor
lifehacker.com

Monitor merupakan sebuah komponen komputer yang fungsinya untuk menampilkan gambar output dari video card. Monitor komputer ada 2 bentuk yaitu monitor CRT (monitor tabung) dan monitor LCD.

Heatsink/Fan Processor

heatsink-fan
gizmodo.com

Heatsing merupakan komponen yang penting, fungsinya untuk mengurangi panas komputer yang diletakkan diatas processor. Panas dari komputer dapat berpotensi memperlambat kinerja komputer bahkan bisa mengakibatkan kerusakkan.

Power Supply

power supply
tech.dbagus.com

Power supply mrupakan perangkat keras berbentuk kotak yang isinya berupa kabel-kabel untuk menyalurkan tegangan ke dalam perangkat keras lainnya. Fungsi Power Supply adalah untuk menyuplai tegangan listrik secara langsung ke dalam komponen komputer.

Keyboard

keyboard komponen komputer
tokopedia.com

Keyboard adalah sebuah komponen komputer inputan yang berfungsi sebagai alat untuk mengetikkan sesuatu

Mouse

mouse
fjb.kaskus.co.id

Mouse merupakan bagian dari komponen komputer berupa inputan yang fungsinya untuk pointer atau menggerakan cursor di layar monitor.

Nah itu tadi sedikit pengalaman dariku mengenai awal mula pengenalanku terhadap komponen komputer, yang awalnya tidak tahu apa-apa sekarang alhamdulillah sudah bisa merakit sendiri.

Baca Juga: Cara Belajar Huruf Hiragana dengan Mudah