membuat cv daftar riwayat hidup

Contoh CV Lamaran Kerja yang Menarik Perhatian HRD

Contoh CV Daftar Riwayat Hidup – CV atau yang sering kita sebut dengan daftar riwayat hidup, atau pun dalam versi singkatnya biasa kita sebut resume. Sesuai namanya, maka di dalam CV terdapat isian berupa data diri yang ada kaitannya dengan hal-hal penting dan patut untuk diketahui oleh orang yang dituju.

cv lamaran kerja menarik
hongkiat.com

CV yang akan kita kirim ke sebuah institusi ataupun perusahaan untuk melamar kerja maka isi dari CV tersebut akan dinilai. namun, kebanyakan orang hanya terfokus pada isi CV biasa saja (umum) tanpa mempertimbangkan daya tarik dari CV tersebut.

Untuk mahasiswa yang telah lulus, dan sudah sangat sering kirim CV ke perusahaan, tetapu satu pun masih belum ada yang berhasil. Sepertinya CV yang kamu buat ada yang salah. Coba sesekali kamu bayangkan setiap kali melamar dan menaruh CV.

Berapa banyak orang yang melakukan hal yang sama dengan apa yang kamu lakukan dan berharap jika CV mereka diterima. Sedangkan perusahaan tersebut hanya membutuhkan 1 atau 2 orang saja.

Nah, untuk mendapatkan posisi yang terbatas tersebut, kamu harus mampu bersaing dengan ratusan bahkan ribuan orang.

Jadi kuncinya, CV yang kamu buat haruslah menarik, kalo bisa, buat orang HRD perusahaan tersebut melotot dengan CV yang kamu buat dan tidak sanggup untuk menolak.

Berikut ini adalah contoh CV atau contoh daftar riwayat hidup yang digunakan untuk lamaran kerja yang paling umum digunakan.

Contoh Curriculum Vitae atau Daftar Riwayat Hidup 1

Giovani Al Afusy

  • Nama: Giovani Al Afusy
  • Tempat/tanggal lahir: Lampung, 28 Agustus 1989
  • Jenis kelamin: Laki-Laki
  • Status: Belum Kawin
  • Agama: Islam
  • Kewarganegaraan: Indonesia
  • Tinggi: 177 cm
  • Berat: 60 kg
  • Alamat: Jl. Garuda No. 24, Lampung Timur

Ringkasan Tujuan Karier

Untuk mengembangkan karier dalam bidang Informatika, yang mana saya dapat memanfaatkan keahlian saya seperti pemrograman, internet marketing, design, diagnosis jaringan dan sebagainya dengan maksimal guna keberhasilan perusahaan.

Kemampuan

Pemrograman, diagnosis jaringan, instalasi komputer, setting mikrotik, setting debian server, microsoft office, photosop, corel draw, problem solving, sopan dan bersemangat.

Pengalaman Kerja

Engineering, Pondok lawas June 2015 – May 2016

Riwayat Pendidikan

Universitas Lampung, Sarjana (S1) – Teknik Informatika, Mei 2004-2009

Kemampuan Berbahasa

Bahasa German. Tertulis: cukup. Lisan: cukup

Contoh Curriculum Vitae atau Daftar Riwayat Hidup 2

Elan Monica Sari

  • Nama: Elan Monica
  • Tempat/tanggal lahir: Jakarta, 9 April 1992
  • Jenis kelamin: Perempuan
  • Status: Belum Kawin
  • Agama: Islam
  • Kewarganegaraan: Indonesia
  • Tinggi: 175 cm
  • Berat: 56 kg
  • Alamat: Jl. Gajah Duduk No. 21, Jakarta Timur

Ringkasan Tujuan Karier

Untuk mengembangkan karier di dalam bidang Marketing, yang mana saya mampu untuk memanfaatkan keahlian saya seperti Simulasi Digital, Analisa dan Riset Pasar, Strategi Pemasaran, Komunikasi Bisnis, Administrasi Barang dan sebagainya secara maksimal dengan tujuan untuk keberhasilan perusahaan.

Kemampuan

Analisis dan riset pasar, Microsoft office, photosop, , problem solving, Cash Register, Kalkulator Elektronik Casio, Komunikasi Bisnis, Administrasi Barang.

Pengalaman Kerja

Marketing Executive, Melamun April 2015 – May 2016

Riwayat Pendidikan

Universitas Lampung, Sarjana (S1) – Bisnis dan Manajemen, May 2005 – 2010

Pengalaman Organisasi

  • 2006  Sekretaris divisi Hubungan Masyarakat dan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Bisnis dan Manajemen
  • 2007 Bendahara divisi Hubungan Masyarakat dan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Bisnis dan Manajemen

Kemampuan Berbahasa

Bahasa Italy. Tertulis: cukup. Lisan: cukup

Sertifikat

Search Advertising Certificate, exp: June 2009
Google Analytics Individual Qualification, exp: August 2010

Kalau CV yang kamu buat bentuknya seperti di atas, maka tidak ada bedanya kamu dengan ribuan pelamar kerja yang lain. Karena CV yang lainnya berbentuk seperti itu juga! Jadi hal tersebut mengurangi kesempatan kamu dipanggil HRD untuk Interview.

Solusinya adalah kamu harus membuat CV yang menarik dan berbeda dengan yang lainnya agar kemungkinan besar kamu bisa di panggil HRD untuk melakukan Interview.

Saatnya Membuat CV Lamaran Kerja Beda Dengan yang Lainnya!

Contoh CV atau Daftar Riwayat Hidup Lamaran Kerja 14
behance.net

Singkatnya, CV atau resume ini harus jelas, efektif dan tidak ada unsur penipuan. Isi CV Lamaran Kerja jangan sampai berlembar-lembar dan juga jangan sampai isinya menjelaskan mengenai hal yang tida penting untuk perusahaan yang kita tuju.

Jika kamu membuat CV Lamaran Kerja seperti itu, maka yang ada HRD dari perusahaan itu akan bosan dan parahnya CV kamu tidak dilirik sama sekali.

Sering kali kita dapati, CV Lamaran Kerja kamu ditolak karena isi dan desain CV yang dibuat tidak menarik atau tidak enak dilihat.

Meskipun secara isi CV kamu lumayan bagus, latar pendidikan juga tinggi, dan pengalaman organisasi yang bisa dibilang oke banget. Tapi CV lamaran kerja kamu akan terlihat sama dengan pelamar kerja yang lainnya yang mungkin juga belum tentu lebih baik dengan CV kamu.

Contoh CV atau Daftar Riwayat Hidup Lamaran Kerja 15
creativemarket.com

Untuk itulah CV yang menari, beda dengan yang lainnya perlu di utamakan. Jika kamu tidak jago dan sudah berusaha mati-matian dalam mengupayakan CV yang menarik tetapi masih saja gagal.

Tak usah khawatir, karena menarik itu tidak mesti bagus serta berwarna. Jika biasanya CV itu dibuat formal dan kaku. Rasanya itu seperti zaman dulu saja. Ya, sebelum pencari pekerjaan membludak seperti sekarang ini.

Jika kamu sekarang masih memakai fomat CV seperti itu, bisa-bisa HRD-nya malas untuk baca CV kamu. Nah, kunci untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa mengatur dari segi tata letak tulisanmu, asalkan jangan sampai acak-acakan.

Tata letak yang bagus akan membuat format CV terlihat berbeda. Meskipun isi serta kontennya sama saja. Selain itu juga, tata letak sapat mengoptimalkan jumlah dari halaman yang akan kita pakai. Kurang lebih, pengaturan dari tata latak kita bisa contoh CV Lamaran Kerja yang pertama tadi.

Dan untuk membuat tata letak atau format CV Lamaran Kerja kamu terlihat lebih menarik, kamu bisa melihat contoh-contoh format CV Lamaran Kerja disini http://www.tidyform.com/resume-template.html

Contoh CV atau Daftar Riwayat Hidup untuk Lamaran Kerja yang Menarik

Contoh CV atau Daftar Riwayat Hidup Lamaran Kerja 2
id.pinterest.com

Belum cukup tertantang untuk membuat CV yang seperti contoh tadi? Jika kamu ingin kerja di bidang desain grafis, maka CV akan menjadi nilai jual untuk dirimu.

Caranya yaitu kamu harus bisa desain sendiri CV yang unik dan menarik sesuka hatimu. Bisa juga kamu memilih warna yang menarik agar terlihat beda dengan yang lainnya.

Contoh CV atau Daftar Riwayat Hidup Lamaran Kerja 3
hongkiat.com

Sebenarnya ada beragam cara agar CV kamu dapat dilihat oleh HRD. Jika CV Lamaran Kerja yang kamu buat menarik dan kreatif, maka itu akan menjadi perkenalan pertama dengan perusahaan.

Dan perusahaan tersebut akan mengira jika kamu ini adalah tipe orang yang kreatif serta memiliki banyak ide. Nah, untuk membuat CV Lamaran Kerja dengan desain.

Disini kamu jangan membuat dengan desain yang terlalu meriah, karena hal tersebut dapat terlihat norak. Cukup yang sederhana, tetapi menarik untuk diperhatikan.

Jika kamu memiliki rencara untuk melamar kerja di posisi desainer untuk membuat suatu produk, kamu bisa juga memakai CV yang seperti ini. Bisa-bisa HRD perusahaan tersebut akan lagsung menjadikanmu direktur utamanya.

Contoh CV atau Daftar Riwayat Hidup Lamaran Kerja 4
anakui.com

Bisa juga memakai desain sederhana seperti kartu undanga yang satu ini, meski sederhana tetapi terlihat elegant.

Contoh CV atau Daftar Riwayat Hidup Lamaran Kerja 5
hongkiat.com

Selanjutnya, kamu juga bisa menggunakan grafik yang digunakan sebagai tolak ukur kemampuanmu. Dengan begitu CV lamaran kerja akan terlihat lebih menarik.

Perusahaan yang kamu tuju akan cepat memahami kemampuanmu. Ya seperti yang dikatakan orang, kalo gambar itu lebih mudah untuk diingat dari pada tulisan.

Contoh CV atau Daftar Riwayat Hidup Lamaran Kerja 6
hongkiat.com
Contoh CV atau Daftar Riwayat Hidup Lamaran Kerja 7
hongkiat.com
Contoh CV atau Daftar Riwayat Hidup Lamaran Kerja 8
hongkiat.com

Tak Bisa Desain? Gunakan Pembuat CV Online Ini

Contoh-contoh CV Lamaran Kerja di atas mungkin membuatmu bingung, mmungkin bingung mengenai cara desain, sedangkan kamu sendiri tidak bisa mendesain.

Sekarang kamu jangan bingung lagi, karena ada beberapa website yang dapat memudahkan kamu dalam membuat CV Lamara Kerja secara online dengan mudah dan hasilnya pun keren! Cobalah untuk menggunakan Website dibawah ini dalam pembuatan CV Lamaran Kerja:

Contoh Desain atau Template CV Lamaran Kerja Minimalist

Setelah tahu website yang digunakan untuk membuat CV Lamaran kerja, sekarang kamu bisa membuatnya. Kalau bingung mengenai Desain CV nya, kamu bisa mencontoh Desain atau Template CV Lamaran Kerja di bawah ini:

1. Desain CV Minimalist (Perusahaan BUMN, Perbankan, Hukum atau Sejenisnya)

Contoh CV atau Daftar Riwayat Hidup Lamaran Kerja 10
kampusunj.com

2. Desain CV Minimalist 2 (Perusahaan di Bidang Pemasaran, FMCG, Telekomunikasi dan Sejenisnya)

Contoh CV atau Daftar Riwayat Hidup Lamaran Kerja 11
kampusunj.com

3. Desain CV Clean Minimalist 3 (Perusahaan Multinasional atau Agensi Desain)

Contoh CV atau Daftar Riwayat Hidup Lamaran Kerja 9
designshack.net

4. Desain CV Minimalist Modern (Perusahaan Teknologi, Startup atau Agensi Digital)

Contoh CV atau Daftar Riwayat Hidup Lamaran Kerja 12
designshack.net

Kesalahan saat membuat CV Lamaran Kerja

Dalam membuat CV yang kreatif dan menari, kita memang harus mengeksplor bakat dalam mendesain CV sehingga nantinya tampak berbeda dengan yang lainnya. Tapi, bukan berarti bebas dalam mendesain tanpa ada aturan. Karena kreatifnya, sebagian orang membuat kesalahan pada CV yang sedang dikerjakannya.

Nah, agar tidak mengalami kesalahan yang serupa, kamu bisa membaca tips dibawah ini:

1. Font tidak nyaman dibaca

Jenis serat ukuran dari font yang digunakan jangan sampai membuat pembaca menjadi lelah. Agar CV kamu nantinya dibaca sampai selesai, tulislah dengan menggunakan jenis dan ukuran font yang umum sehingga tidak CV yang kamu buat tidak membuat mata lelah saat dibaca.

Untuk ukuran, font kamu bisa menggunakan ukuran 11 cukup untuk dapat dibaca tanpa membuat mata sipembaca lelah.

Sedangkan dari jenis font, kamu bisa menggunakansaja jenis yang lazim digunakan seperti Arial artau Calibri. Disini kita tidak boleh bermain-main dengan jenis font , karena jenis font sangat mempengaruhi pembaca.

2. Warna terlalu mencolok

Selain jenis dari ukuran font dan jenis font, hal lain yang dapat membuat mata pembaca lelah adalah mengenai pemilihan warna. Kamu harus menghindari penggunaan warna yang terlalu mencolok tajam sampai menimbulkan kesan yang kontras.

3. Layout terlalu penuh

Selalu sediakan white space ataupun ruang kosong pada lembar CV Lamaran Kerja agar tidak membuat kesan bahwa kertas yang kita gunakan penuh. Kurangnya ruang kosong atau padding juga dapat membuat beberapa informasi penting dalam CV dari pada terlewat begitu saja oleh seorang HRD.

4. Menggunakan mesin pembuat CV otomatis

Saat ini kita menemui banyak sekali situs yang menawarkan jasa mengenai pembuatan desain CV otomatis. Nantinya kita semua bisa memanfaatkan informasi mengenai dirimuyang akan terngkan CV

Tak ada salahnya jika kamu menggunakan mesin ini memang, namun hal ini tidak boleh dilakukan oleh seorang desainer. Bagi desainer, membuat CV Lamaran Kerja yang kreatif merupakan sebuah ujian tersendiri.

Jadi disinikah sinilah kemampuanmu dalam mendesain, seberapa jago dirimu dalam menciptakan CV kreatif sendiri.

Jika kamu hanyamengandalkan mesin pembuat CV, maka ada kemungkinan hasilnya poin yang tidak tak jauh berbeda dengan CV orang lain.

5. Typo

Kamu akan nyesel saat CV sudah dikirim ke perusahaan, namun baru menyadari ada beberapa typo di dalamnya. Untuk mengatasinya, maka minta bantuan kepada orang lain untuk meng-review CV Lamaran Kerja Kreatifmu, terutama saat kamu menulis CV di dalam Bahasa Inggris.

Tips mengirim CV ke HRD

Contoh CV atau Daftar Riwayat Hidup Lamaran Kerja 13
designshack.net

Kalau kamu ingin mengirimkan CV Lamaran Kerja melalui email, maka kamu jangan sampai lupa untuk menyesuaikan format dokumen yang telah diberikan. Dan harus dihindari untuk mengirimkannya dalam bentuk .doc karena ini bisa saja desain dari CV Lamaran Kerja menjadi berantakan.

Jika orang dari HRD itu membukanya menggunakan versi Microsoft Word yang berbeda. Untuk mengatasinya makan simpan CV dengan menggunakan format PDF atau JPG sehingga desain dari CV Lamaran Kerja aman dantak akan berubah ataupun berantakan.

Demikian tadi pembahasan kita mengenai CV atau Daftar Riwayat Hidup yang digunakan untuk melamar pekerjaan. Sekian dari saya, jika ada yang kurang paham silahkan tanya di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tag: cv lamaran kerja, contoh cv terbaru, membuat cv, contoh cv lengkap, curriculum vitae contoh, contoh cv online, contoh cv lamaran pekerjaan 

Published by

hendratno

Karena cinta ampas berubah jadi sari murni, karena cinta pedih menjadi obat. Karena cinta kematian berubah jadi kehidupan, karena cinta raja berubah menjadi hamba. ~Jalaluddin Rumi~

2 thoughts on “Contoh CV Lamaran Kerja yang Menarik Perhatian HRD”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *