Pengertian, Manfaat dan Jenis-jenis Tanaman Palawija yang Perlu Diketahui

macam macam tanaman palawija

Jenis Tanaman Palawija – Palawija merupakan kata yang berasal dari bahasa Sansekerta yaitu phalawidja yang artinya adalah tanaman kedua. Dari arti tersebut dapat kita pahami bahwa palawija adalah tanaman hasil kedua yang berarti tanaman pokok/pangan hasil panen yang kedua setelah padi.

macam macam tanaman palawija
myjawabarathariini.blogspot.com

Istilah palawija sendiri pertama kali berkembang dikalangan petani di Pulau Jawa untuk menyebutkan tanaman pangan selain padi. Palawija sangat cocok diterapkan dalam sistem pertanian yang berkelanjutan yang berfungsi untuk melakukan rotasi tanaman.

Palawija mampu hidup di tanah yang kering sehingga tidak terlalu membutuhkan air, apalagi ketika irigasi sulit untuk memberikan air ke sawah. Palwija juga sangat bagus di tanan di dataran tinggi, yang mana di dataran tinggi padi sangat sulit untuk tumbuh, jadi bisa di jadikan sebgai alternatif.

Palawija berfungsi untuk melakukan rotasi terhadap tanaman padi untuk memutuskan siklus dari hama tikus. Rotasi tersebut telah terbukti menignkatkan produktivitas hasil panen.

Akan tetapi tanaman palawija ini sangat rentan terhadap serangan hama, untuk mengatasinya dibituhkan banyak penggunaan pestisida. Palawija sering juga terkena hama besar, seperti halnya dengan babi hutan. Saat ini tanaman palawija sebagai alternatif untuk mempertahankan ketahanan pangan di Indonesia.

memanfaatkan lahan kosng hutan
lostinparadise.web.id

Lahan yang tidak di garap, seperti lahan bekas kehutanan bisa kita tanami dengan tanaman palawija karena tanaman palawija tak membutuhkan air yang banyak.

Beberapa petani yang mengalami penurunan hasil panen pada komoditas utamanya, kemudian beralih ke tanaman palawija karena selalu dicari dan perawatannya cukup mudah.

Keuntungan Menanam Palawija

keuntungan menanam tanaman palawija
liputankarawang.blogspot.com

Banyak sekali keuntungan yang bisa kita dapatkan dari tanaman palawija seperti yang sudah kita bahas diatas tadi. Dan untuk lebih detail kita akan membahasnya lagi, diantaranya sebagai berikut:

1. Memelihara Keasaman tanah

Tanah yang memiliki unsur H+ dengan jumlah berlebihan, sehingga lebih banyak dari unsur OH-, maka akan terjadi ketidak seimbngan antara H+ dan OH-.

Itulah yang membuat kadar keasamaan pada tanah tinggi, sehingga tidak bagus untuk bercocok tanam. Pada dasarnya ketika kita hanya menanaam satu jenis tanaman saja pada satu lahan, itulah yang menyebabkan ketidak seimbangan diantara 2 zat tersebut yang mengakibatkan tingginya kadar asam pada tanah.

Cara mengatasinya yaitu dengan menanam tanaman palawija yang bagus dilakukan sebagai alat diversifikasi tanaman yang kita tanam, sehingga perlahan-lahan membuat kadar asam pada tanah seimabang.

2. Tak Butuh Banyak Air

Keuntungan lain yang dapat kita rasakan dari menanam tanaman palawija ini adalah tidak membutuhkan banyak air. Sehingga kita dapat dengan mudah untuk memeliharanya ketika air sedang sulit untuk didapatkan, karena tanaman ini tidak seperti tanaman padi yang memerlukan banyak air.

3. Sebagai Alternatif Bisnis

Tanaman palawija bisa kita jadikan sebagai alternatif bisnis yang sangat menguntungkan, dikarenakan setiap harinya tidak ada penurunan permintaan masyarakat terhdap tanaman palawija, yang ada malah terus meningkat.

Hal ini perlu dijadikan sebagai pertimbangan untuk menanam palawija. Contohnya saja kita menjual kacang panjang, pagi-pagi kita bawa ke pasar maka akan jadi buruan para pengecer, kacang tersebut akan habis kurang dari 30 menit.

Jadi bisa kita pertimbangkan untuk menjadikan tamana palawija sebagai bisnis, mengingat perawatannya yang tidak terlalu sulit.

Jenis-jenis Tanaman Palawija yang Sering Ditanam

Banyak sekali jenis tanaman palawija yang sering ditanam oleh petani untuk merotasikan tanaman padi mereka disawah. Selain disawah tanaman disawah, tanaman palawija juga di tanaman di pekarangan rumah. Berikut ini jenis-jenis tanaman palawija yang sering ditanam, diantaranya sebgai berikut:

1. Tanaman Palawija – Kacang Tanah

tanaman palawija kacang tanah
tanamanbawangmerah.blogspot.com

Kacang tanah berasalah dari Amerika selatan dengan nama latin Arachis Hypogea, kacang ini merupakan satu jenis spesies kacang-kacangan dari famili fabaceae.

Kacang tanah tumbuh setinggi 30 cm samapi 50 cm dengan daun-daun yang kecil. Di Indonesia sendiri kacang tanah menjadi tanaman yang terpenting nomor 2 setelah kacang kedelai dalam jenis kacang-kacangan. Iklim di Indonesia sangat cocok di tanami kacang tanah.

Untuk saat ini harga kacang tanah yang sudah di kupas perkilo sekitar 17 ribu samapi 20 ribu rupiah. Sangat bagus untuk dibudidayakan.

2. Tanaman Palawija – Kacang Hijau

tanaman palawija kacang hijau
berrykitchen.com

Kacang hijau merupakan tanaman yang termasuk kedalam jenis polong-polongan. Tanaman palawjiwa yang satu ini terkenal di daerah tropika.

Di dalam kacang hijau terdapat sumber protein yang sangat tinggi. Tanaman jenis ini tidak terlalu suka dengan air, sehingga sering dibudidayakan di lahan yang kering.

Selain mempunyai kandungan protein tinggi, kacang juga menjadi sumber mineral bagi kalsium dan fosfor, kacang juga memiliki kandungan lemah tak jenuh sehingga baik untuk tubuh.

Di dalam kacang juga terdapat kandungan multi protein yang bermanfaat sebagai pengganti sel mati dengan sel yang baru. Sehingga kacang hijau ini sangat bagus untuk di konsumsi ntuk wanita yang baru melahirkan.

3. Tanaman Palawija – Kedelai

kacang kedelai tanaman palawija
mitalom.com

Kedelai merupakan jenis tumbuhan yang tumbuh merambat, kedelai juga termasuk dalam tanaman jenis polong-polongan sama halnya dengan kacang hijau.

Kacang hijau ini biasa dijadikan bahan dasar untuk membuat makanan, seperti halnya tempe dan tahu.

Di dalam kedelai terdapat sumber protein nabati dan juga minyak nabati. Selain itu juga tanaman kedelai ini kaya dengan vitamin B, asam folat, zat besi, potasium, kalsium, serta.

4. Tanaman Palawija – Kacang Panjang

kacang panjang tanaman palawija
menatapaceh.com

Kacang panjang merupakan tanaman palawija yang memiliki nilai jual yang cukup tinggi, maka tidak kaget jika banyak petani kita yang menanam tanaman palawija yang satu ini.

Walaupun keadaan tanah yang masih di tanami padi ,biasa nya para petani ini suka memanfaatkan tanah yang ada di pinggiran sawah untuk dijadikan sebagai lahan menanam kacang panjang.

Untuk hasil dari kacang panjang pun bisa digunakan untuk mengurangi anggaran dan resiko dari menanam padi. Apalagi jika kita menanam kacang panjanga ini di lahan yang luas, sangat bagus untuk kita coba.

5. Tanaman Palawija – Ubi Jalar

ubi jalar tanaman palawija
jagakesehatan.com

Ubi jalar atau yang sering kita sebut dengan ketela ini mempunyai nama latin Ipomoea batatas L, yang merupakan sejenis tanaman budidaya.

Bagian yang bisa kita manfaatkan dari ubi ini adalah akarnya, akarnya yang membentuk umbi akan berukuran besar ketika sudah cukup umur. Di dalamnya mengandung kadar gizi (karbohidrat) yang sangat tinggi.

Jadi bagus untuk mengisi energi kita. Di Afrika sana, umbi atau ubi jalar sudah dijadikan sebagai salah satu makanan pokok yang wajib. Selain akarnya kita juga bisa memanfaatkan daunnya sebagai sayur, biasanya di jadikan tumis di temani dengan sayur kangkung.

6. Tanaman Palawija – Talas

talas tanaman palawija
tokomesin.com

Talas merupakan tanaman palawija dimana hampir semua jenis dan bagian talas ini bisa kita konsumsi. Mulai dari daun, pelepah, umbi induk, tangkai daun,  dan juga umbi anakannya dapat kita makan. hanya dibagian serabut akarnya lah yang tidak dapat kita makan.

Sedangkan, untuk manfaat utama dari umbi talas ini adalah untuk bahan pangan yang berkarbohidrat, sehingga bagus juga untuk sarapan.

Tanaman palawija yang satu ini selain memiliki daya jual yang tinggi, talas juga dapat kita olah sendir untuk dijadikan sebagai olahan masakkan dan juga bisa kita makan sebagai talas rebus, talas goreng dan talas kukus. Maka dari itu banyak yang memanfaatkan pinggiran sawahnya di tanaman tanaman talas ini.

7. Tanaman Palawija – Singkong

singkong tanaman palawija
jejakwaktu.com

Tanaman Singkong berasal dari Amerika, Tanaman ini tergolong kedalam genus Manihot, yang mempunyai akar tunggang dan juga akar yang bercabang untuk dijadikan sebagai umbinya. Tinggi tanaman ini bisa mencapai tinggi 5-7 meter.

Singkong merupakan tanaman palawija yang bandel, tanaman palawija dapat tumbuh di mana saja dan jika mau ditanam, cara menanamnya pun cukup mudah, yaitu hanya dengan menancapkan batang singkong ke dalam tanah.

Banyak petani sekarang ini beralih untuk mengganti tanamannya untuk di tanami singkong karena cara merawatnya mudah dan juga harganya cukup tinggi. Daun singkongnya pun juga bisa di jual untuk dijadikan pakan ternak.

8. Tanaman Palawija – Kentang

kentang tanaman palawija
gayahidup.republika.co.idq

Kentang yang memiliki nama latin sulanum tuberasum ini tergolong daalam famili Solanaceae. Kentang memiliki ciri-ciri batang berongga dan juga berkayu, serta daun majemuk yang terdiri atas tangkai daun dan anak daun serta mempunyai sistem bunga hermafrodit.

Di Indonesia sendiri, tanaman palawija ini dibudidayakan untuk dijual seja tahun 1811, masa tanam kentang sendiri selama 90 hingga 180 hari barulah kentang bisa dipanen, tapi itu tergantung dengan cara perawatan dan juga jenis varietas yang kita tanam.

Kandungan yang terdapat dalam kentang diantaranya seperti karbohidrat tinggi, asam amino, protein, esensial, mineral dan sumber vitamin. Kentang sering dimanfaatkan untuk industri makanan.

9. Tanaman Palawija – Mentimun

tanaman mentimun tanaman palawija
mentimun.com

Tanaman palawija selanjutnya adalah mentimun, mentimun banyak sekali di tanam karena mudahya dalam melakukan perawatan, selain itu timun juga memiliki daya jual yang stabil, sehingga bagus untung para petani.

Mentimu sering digunakan untuk pelengkap pecel, rujak, pempek dan masih banyak lagi makanan yang menggunakan mentimun.

Mentimun juga memilki banyak kandungan yang bermanfaat di dalamnya, seperti kandungan vitamin A, B, dan juga vitamin C, serta kalium dan magnesium.

10. Tanaman Palawija – Oyong

oyong atau gambas
guruilmuan.blogspot.co.id

Oyong atau gambas merupakan tanaman palawija yang dapat kita tanam dengan sangat mudah dan juga dapat di tanam di semua tempat, baik itu dataran rendah ataupun pada dataran tinggi.

Syarat yang harus dipenuhi  untuk menanam oyong adalah pada tanahnya harus memiliki cukup air. Untuk cara penanaman oyong sendiri sangat mudah. Tanah yang mau kita tanami oyong ini tidak perlu dicangkul, cukup dengan buat lubang dengan diamer sekitar 25 cm dan kedalaman 20 cm.

Untuk jarak antar lubang satu dnegan yang launnya kira-kira 50-70 cm. Sebelum biji oyong kita tanam, berilah terlebih dulu pupuk pada lubang yang kita buat, kita bisa menggunakan pupuk kandang atau pupuk kompos.

11. Tanaman Palawija – Jagung

jagungtanaman palawija jagung
acehonline.info

Jagung merupakan tanaman palawija terpenting selain gandum dan juga padi. Jagung adalah sumber karbohidrat yang utama di belahan Amerika Tengah dan Amerika Selatan, jagung juga sebagai sumber pangan alternatif di Amerika serikat.

Pemanfaatan tanaman palawija ini juga tidak terbatas sebagai olahan pangan saja, namun bisa juga sebagai pakan ternak, bahkan akhir-akhir ini tanaman jagung memasuki pasar industri, yang mana jagung di olah sebagai bahan kimiawi dan farmasi.

12. Tanaman Palawija – Gandum

tanaman palawija gandum
pixabay.com

Ganfun yang mempunya nama latin Triticum spp ini tergolong dalam famili Poaceae yang mempunyai akar serabut, berbatang beruas dan juga berongga,d serta daun tumbuh dengan tegak atau melengkung, kemudian berbunga majemuk. Untuk penyebrukannya dengan cara self polination.

Tanaman palawija yang satu ini sangat kaya akan nutrisi diantaranya, Serat pangan, vitamin B1, B2, B3, B6, protein, asam folat, tembaga, magnesium, fosfor, seng, selenium, lemak essensial dan masih banyak lagi.

Demikian tadi pembahasan kita mengenai jenis-jenis tanaman palawija, semoga dapat bermanfaat dan terima kasih.

You may also like

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *