Inilah Keuntungan Mencangkok Tanaman yang Belum Kamu Ketahui

cara mencangkok pohon mangga yang benar

Keuntungan Mencangkok Tanaman – Halo! Bicara soal tanaman memang selalu menyenangkan ya. Dan menyegarkan, tentu saja. Tanaman-tanaman hijau yang tumbuh di sekitar kita selalu membawa kesan rindang sekaligus adem di hati. Bagaimana menurut teman-teman?

metode okulasi tanaman
infoagribisnis,com

Mencangkok Merupakan Program Go Green

penghijauan dengan mencangkok
fernandes244.blogspot.com

Apapun komentar kalian, kita akan coba memulai program go green dari hal-hal kecil yang bisa kita lakukan di rumah. Sederhana kok, tapi selalu membawa dampak sekecil apapun tindakan kita, asal dibarengi niat yang baik untuk mengubah Indonesia menjadi lebih hijau.

Program go green bisa dimulai dengan proses mencangkok. Eh? Gak salah nih? Tentu saja tidak. Mencangkok kan bertujuan untuk menghasilkan tanaman baru. Teman-teman paham soal proses mencangkok? Kalau belum, ayo ikut saya berkelana di blog ini! Kita akan bahas tuntas soal proses mencangkok, hingga manfaat mencangkok itu sendiri.

Tujuan Mencangkok Tanaman

cara mencangkok pohon mangga yang benar
gopena.com

Ayo deh, para pecinta tumbuhan mari merapat! Mencangkok merupakan salah satu jenis vegetatif buatan. Eh, stop dulu. Vegetatif buatan? Apa itu? Oke deh, vegetatif buatan merupakan proses pengembangbiakan tumbuhan secara tidak kawin dengan melibatkan bantuan manusia.

Jadi, usaha kita untuk membuat suatu tananam agar dapat tumbuh dan berkembang. Mencangkok termasuk salah satunya. Proses cangkok itu sendiri dimulai dengan memilih tananam yang menurut kita memiliki kualitas yang unggul—tentu saja—untuk mendapatkan tanaman baru yang akan mewarisi sifat unggul tanaman induknya.

Cermati Sebelum Mencangkok

mencermati batang
Topsy.fr

Setelah itu, mulailah mencermati tumbuhan tersebut. Karena metode cangkok melibatkan ranting tanaman, silakan pilih ranting yang sehat, lurus, dan terkesan tidak rapuh. Beberapa sumber menyarankan untuk memilih ranting dengan diameter sekitar 5-10 sentimeter.

Oh ya, jangan pilih ranting yang terlalu tua atau terlalu muda ya. Done? Kita bisa mulai dengan menyayat ranting sepanjang lima sentimeter. Next, tutup hasil sayatan dengan tanah yang subur dan siram tanah agar dalam keadaan lembab. Oh ya, tanah harus menutupi semua bagian sayatan ya.

Teknik Mencangkok Tanaman

teknik mencangkok tanaman
resepmasakanhani.blogspot.com

Setelah itu, bungkus tanah yang menutupi bagian sayatan dengan plastik, dan ikatlah. Selain tanah, kita juga bisa menggunakan serabut kelapa sebagai gantinya. Usahakan sering menyiram tanah di dalam plastik tersebut agar selalu lembab untuk membantu proses cangkok berjalan dengan baik.

Terakhir, kita tinggal menunggu selama kurang lebih tiga bulan untuk mendapatkan hasilnya. Apa hasilnya? Cermati hasil cangkokan. Jika mulai tumbuh akar-akar di bagian cangkok, selamat! Berhasil! Hasil cangkokan kita telah menghasilkan.

Tips Mencangkok Tanaman

Mulailah memotong pangkal ranting pada posisi sebelum cangkokan, dan hasil cangkokan siap ditanam. Setelah ngobrol panjang lebar tentang cangkok-mencangkok nih, omong-omong apa sih keuntungan mencangkok itu sendiri? Tepat! Kita harus mengetahui tujuan dan manfaatnya terlebih dahulu sebelum melakukan sesuatu kan?

Mencangkok memiliki beberapa manfaat kok. Salah satu yang paling menonjol adalah untuk mendapatkan hasil tanaman yang memiliki sifat unggul sama persis seperti tanaman induknya. Jadi, sejak awal pilihlah tumbuhan yang berkualitas ya, yang memiliki sifat unggul agar tanaman hasil cangkokan juga memiliki kualitas yang sama.

Manfaat Mencangkok Tanaman

manfaat mencangkok tanaman
berkahalam-nizam.blogspot.com

Selain keuntungan itu, kita juga bisa mendapatkan manfaat lain dari metode yang satu ini. Dibandingkan dengan menanam bijinya, proses mencangkok memakan waktu yang relatif lebih singkat untuk mendapatkan hasil tumbuhan. Rasa buah yang dihasilkan pun sama seperti citra rasa buah tanaman induknya.

Jadi kita tidak perlu menunggu waktu lama hingga bertahun-tahun untuk menikmati buah hasil cangkokan kita. Bagaimana? Berminat mencangkok sesuatu? Oh ya, beberapa tanaman yang bisa dicangkok adalah tumbuhan berkambium yang memiliki biji berkeping dua, seperti jambu air, rambutan, mangga, sawo, dan durian.

Intinya mencangkok  ini dapat membantu pekerjaan kita dalam mengembang biakan atau memperbanyak tanaman dalam waktu yang lebih cepat dari pada kita menanam seperti biasa yang dapat menghabiskan waktu tiga kali lipatnya.

Motivasi Mencangkok Tanaman

motivasi mencangkok tanaman
warasfarm.wordpress.com

Cara untuk mencangkok ini sangatlah mudah, kamu bisa mengikuti pembahasan kita diatas tadi, atau bisa juga dengan  membaca tutorial yang telah saya tulis kemarin mengenai cara mencangkok tanaman mangga. Tutorial tersebut saya tulis dengan lengkap, sehingga kita bisa megikutinya dengan baik.

Jika kita membicarakan mengenai cangkok tanaman ini tidak ada habisnya, apalagi kalau sudah menyambung dengan vegetatif buatan, maka pembahasan kita akan sangat panjang. Karena didalam vegetatif buatan terdapat bebeerapa penjabaran yang menarik untuk dibahas.

Tetapi untuk sekarang kita fokus terlebih dahulu mengenai cara mencangkok pada tanaman beserta keuntungan mencangkok itu sendiri. Baru kita mebahas yang lainnya.

Demikian pembahasan kita mengenai keuntungan mencangkok dan di lanjutkan dengan contoh mencangkok tanaman. Semoga apa yang telah kita pelajari dapat kita terapkan sehingga ilmu yang kita dapatkan dapat bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

You may also like

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *