Lomba Kompetensi Siswa Teknik Komputer dan Jaringan

netwoking support

Pada awal kelas 3 saya di percaya sekolah untuk mengikuti LKS (Lomba Kompetensi Siswa) teknik komputer dan jaringan mengenai konfigurasi Debian server, yang pada saat itu akan di selenggarakan di Kampus STIE Way Jepara, Lampung Timur.

Padahal saat itu saya belum pernah menggunakan sistem operasi linux, khususnya Debian Server, tapi karena sudah di beri amanah sekolah mau tidak mau harus saya lakukan. Di situ saya mulai belajar dari nol, dan yang pertama saya lakukan adalah mencari tahu apa itu Debian Sever.

Debian Membuatku Bingung

debian
shutterstock.com

Setelah saya mencari tahu apa itu debian server, bagaimana fungsi-fungsinya, itu membuatku kebingunan karena di situ saya menemukan permasalahan, permasalahannya adalah mengkonfigurasi server menggunakan Linux berbasis text. tidak seperti windows server yang mudah mengkonfigurasinya karena menggunakan GUI.

Di tambah lagi dengan script yang memang belum saya kenal sebelumnya, itu membuatku semakin kebingungan. Harus aku mulai dari mana untuk mengkonfigurasi server ini, kenapa ada kata Sudo, Nano, Etc, sebenarnya ini untuk apa ?

Karena kebingunan saya meminta buku mengenai Debian server pada guru  saya, sehingga sedikit di mudah kan dengan urutan konfigurasi yang harus saya kerjakan.

Waktu yang Singkat

waktu pendek
kajoler.com

Setelah tahu urutan konfigarasi debian, namun permasalah tidak usai sampai itu saja, karena waktu yang di berikan sangat singkat, hanya sekita 15 hari an saja, jadi tidak semua script saya pahami, bahkan dari kebanyakan script tidak di pahami, jadi hanya saya hafalkan saja.

Kelemahan ketika di hafalkan saja tanpa memahami setiap script adalah kita akan lupa, dan kemampuan kita akan terbatas tanpa ada perkembangan, karena ilmu yang kita dapatkan hanya terbatas pada apa yang kita hafalkan saja. Jadi karena waktu yang tersisa hanya sedikit, saya mencari amannya saja, yaitu dengan menghafalkan.

Trial and Error

semangat
dewikatamutiara.blogspot.co.id

Semakin dekat saja hari perlombaan akan di mulai, Alhamdulillah saya sudah hafal script dan juga urutan untuk konfigurasinya, akan tetapi saya masih menemui error yang di sebabkan kurangnya keteliatian, di karenakan banyaknya script dan juga saya tidak bisa membaca script jadi nya seperti itu.

Saya harus lebih berhati-hati lagi dan selalu teliti agar tidak terjadi error, karena ketika terjadi error membuat semangatku menurun, tapi jika sudah terjadi kesalahan yang membuatnya error maka Try Again.

Pengkabelan

pengkabelan
youtube.com

Saya tidak terlalu fokus dalam pengkabelan, karena memang saya sudah bisa, walaupun begitu saya masih tetap berlatih agar supaya maksimal, yang di perlukan di sini adalah ketenangan. Saat kita terburu-buru untuk meng Crimpingnya, kemungkinan besar kabel gagal.

Akan tetapi bila kita tenang, dan pastikan sebelum memasukan ke konektor, kabel sudah lurus, jika sudah bisa di masukan dan crimping dengan kencang agar kabel bisa di pakai.

Latihan Terakhir

latihan terakhir
1080.plus

Sampai latihan terakhir, yang menjadi permasalahan bukan lagi mengenai script atau pengkabelan, akan tetapi kisi-kisi yang belum saya dapatkan, seharusnya kisi-kisi jauh sebelum di mulainya lomba bisa saya pelajari, namun kisi-kisi itupun belum di tangan saya.

Sehingga ini lah yang menjadi permasalahan utama, bingung juga kalau tidak ada kisi-kisi, jadi saya tidak punya patokan untuk belajar. Apakah yang saya pelajari sudah cukup atau malah jauh dari kata cukup.

 Hari Perlombaanpun Tiba

ready
chslc.ca

Sampai hari perlombaan tiba tapi kisi-kisi belum saya dapatkan, jadi saya hanya bermodalkan nekat dalam perlombaan ini. Tak berharap kemenangan hanya berharap tak memalukan, hanya itu target yang ideal dalam kondisi seperti itu.

Saat perlombaan berlangsung hal yang tak ku inginkan pun terjadi, soal lombanya tak saya pahami, karena memang yang saya pelajari belum sampai di situ. Jadi saya hanya mengerjakan semampunya, selain itu juga ada masalah dengan pengkabelan.

Karena soal yang tak aku pahami membuat semangatku menurun dan itu mebuatku gugup, jadi saat pengkabelan saya sudah tidak bisa berkonsentrasi. Jadi sangat lama untuk membuat beberapa kali, dan itu pun menghabiskan banyak konektor.

Akhir Perlombaan

perlombaan usai
freecodesource.com

Setelah perlombaan usai, saat itu juga hasilnya di umumkan, sudah jelas saya tidak mendapatkan juara pertama, tapi Alhamdulillah saya tidak membuat malu sekolah. Dari sekabupaten Lampung timur, saya mendapat peringkat 6.

Saya sangat berterima kasih kepada guru, pembimbing, teman-teman, dan kepada orang-orang yang saat itu berada di dekat saya dan juga kepada orang yang memberi semangat saya langsung.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *