macam-macam vegetatif buatan

Berikut Macam-macam Vegetatif Buatan Beserta Penjelasan Lengkapnya

Vegetatif Buatan – Nah, hari ini kita akan belajar soal tanam-menanam ya! Siapa yang suka kegiatan ini? Tentu saja, banyak dari kita mencintai kegiatan yang satu ini. Selain menyukseskan program go green, menanam tumbuhan tertentu juga membuat kita menikmati hasilnya.

macam-macam vegetatif buatan
kakakpintar.com

Eh….. Ya dong. Menanam mangga membuat kita puas memakan mangga hasil tanaman sendiri kan? Bicara tentang tanam-menanam, pernah dengar mengenai vegetatif buatan? Itu lho, proses mengembangbiakan tumbuhan secara tidak kawin, dengan bantuan manusia. Apa saja dong yang termasuk dalam vegetatif buatan?

Kita mengenal beberapa macam vegetatif buatan, persis ketika belajar IPA di bangku SD. Ada mencangkok, menempel atau okulasi, menyambung atau mengenten, stek, dan merunduk. Sudah ingat tentang pelajaran IPA tersebut? Kalau belum, yuk deh bahas bersama!

Pertama, soal mencangkok

mencangkok mangga yang baik
resepmasakanhani.blogspot.com

Kegiatan ini dimulai dengan mengupas bagian kulit kayu batang beserta kambiumnya. Istilah lainnya menyayat. Then? Setelah itu kita harus menutup bagian tersebut dengan tanah yang dibungkus plastik atau sabut kepala, lalu menyiramnya agar bagian itu lembab.

Sering-sering menyiram agar tanah lembab ya. Masa tunggu untuk proses cangkok memerlukan waktu sekitar tiga bulan. Setelah itu, coba amati—apakah mulai keluar akar di bagian batang yang telah kita cangkok. Jika ya, silakan potong pangkal ranting di bagian sebelum cangkokan dan kita bisa mulai menanamnya.

Oh ya, tanaman yang bisa dicangkok hanyalah tumbuhan dikotil atau biasa dikenal dengan biji berkeping dua. Beberapa contoh tumbuhan dikotil adalah jambu, jeruk, durian, mangga, dan rambutan.

tanaman yang paling sering di cangkok adalah mangga, karena mangga mempunyai batang yang mudah untuk di cangkok dan proses untuk mencangkok mangga pun sangat mudah, kita bisa membaca cara mencangkok mangga disini “Cara Mencangkok Mangga yang Benar“.

Yang kedua adalah menempel atau okulasi

metode okulasi tanaman
infoagribisnis,com

Caranya dengan menggabungkan dua jenis tumbuhan yang sama namun berbeda sifatnya. Contohnya? Kita bisa melakukan okulasi pada kedua jenis jeruk yang berbeda untuk menghasilkan tanaman yang mewarisi sifat unggul kedua tumbuhan tersebut.

Proses okulasi sendiri bisa dilakukan dengan menyayat bagian mata tunas dari tumbuhan A, lalu menempelkannya pada batang tumbuhan B yang juga telah disayat. Tujuannya, agar mata tunas dapat bertemu atau menyatu.

Ketiga, menyambung atau juga dikenal dengan istilah mengenten

cara mengenten tanaman
nusatani.com

Hampir sama dengan okulasi, menyambung atau mengenten juga melibatkan dua tanaman sejenis dengan sifat yang berbeda. Tujuannya juga tidak jauh berbeda seperti ketika kita melakukan okulasi pada tumbuhan, yaitu untuk mendapatkan jenis tanaman yang mewarisi sifat unggul kedua tumbuhan.

Jika ketika melakukan okulasi kita bermain dengan mata tunas tanaman, menyambung lebih melibatkan batang kedua tumbuhan. Misal, kita akan melakukannya pada pohon jeruk. Tanaman jeruk pertama memiliki buah yang manis namun berakar lemah, sedangkan tananam jeruk kedua berakar kuat tetapi memiliki rasa buah yang masam.

Kita bisa menyambung kedua batangnya untuk mendapatkan pohon jeruk berkualitas baik—dengan akar yang kuat dan rasa buah yang manis. Caranya sederhana, kita bisa memotong batang pohon kedua tanaman dan menggabungkannya.

Batang pohon tanaman kedua yang memiliki akar kuat diletakkan di bagian bawah, sedangkan batang pohon dengan kualitas rasa jeruk yang lebih manis diletakkan di bagian atas. Lalu sambunglah kedua batang tersebut dengan mengikatnya. Dan, siap-siaplah memanen kualitas jeruk yang menyenangkan!

Yang keempat, adalah metode stek

stek batang tanaman
Infoagribisnis.com

Stek merupakan cara perkembangbiakan tanaman melalui vegetatif buatan yang sangat sederhana. Kita bisa melakukannya dengan memotong-motong batang tanaman, lalu menancapkannya ke tanah.

That’s right. Sederhana, bukan? Beberapa tanaman yang bisa ditanam dengan metode stek adalah tebu, mawar, melati, ketela pohon, dan kangkung. Metode stek tanaman sangat bermanfaat bagi kita karena dapat mempermudah kita dalam memperbanyak tanaman dengan mudah dan hasilnya berkualitas seperti indukannya.

Yang terakhir adalah merunduk

vegetatif metode merunduk
xylemfloem.blogspot.com

Sesuai dengan namanya, kita bisa melakukan metode yang satu ini dengan cara merundukkan batang atau cabang tanaman ke dalam tanah untuk mendapatkan tumbuhan baru. Setelah didapat hasil berupa akar, kita boleh mulai memotong batang tumbuhan induk.

Beberapa tanaman yang bisa didapat melalui cara merunduk adalah apel, anyelir, anggur, selada air, dan alamanda.
Beberapa penjelasan di atas membuat kita semakin paham soal vegetatif buatan ya? Oh ya, selain jenisnya, kita juga harus tahu dong tentang keuntungan melakukan perkembangbiakan tanaman dengan metode ini.

tanaman hasil dari vegetatif buatan
pusatpenangkaranbibitmangga.blogspot.com

Salah satunya adalah untuk mendapatkan tumbuhan yang mewarisi sifat unggul tanaman induk, serta memperoleh hasil tanaman dalam waktu yang lebih singkat ketimbang jika kita menanam bijinya. Yuk deh, mulai sekarang, lestarikan kegiatan menanam sesuatu demi Indonesia yang lebih rindang!

Demikian tadi pembahasan kita mengenai vegetatif buatan, banyak sekali yang sudah kita pelajari mengenai vegetatif buatan mulai dari mencangkok, stek, merunduk, menyambung sampai dengan okulasi. Semoga dari pembahasan tadi kita semua dapat mempraktekannya. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Published by

hendratno

Karena cinta ampas berubah jadi sari murni, karena cinta pedih menjadi obat. Karena cinta kematian berubah jadi kehidupan, karena cinta raja berubah menjadi hamba. ~Jalaluddin Rumi~

One thought on “Berikut Macam-macam Vegetatif Buatan Beserta Penjelasan Lengkapnya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *