manfaat ilmu biologi dalam bidang pertanian

Manfaat Biologi dalam Bidang Pertanian yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Manfaat Biologi dalam Bidang Pertanian – Biologi merupakan salah satu ilmu pengetahuna alam. Biologi diambil dari kata “bios” yang berarti hidup dan “logos” yang berarti ilmu. Jadi biologi merupakan ilmu yang mempelajari semua hal yang berkaitan dengan makhluk hidup.

manfaat ilmu biologi dalam bidang pertanian
english.nu.ac.th

Memepelajari ilmu yang ada kaitannya dengan makhluk hidup pasti akan sangat bermanfaat untuk kehidupan kita. Bahkan Biologi ini sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia di berbabagai bidang. Seperti di bidang Kesehatan, kedokteran, industri, peternakan, pertanian dan masih banyak lagi manfaat yang dapat kita peroleh.

Pada kali ini kita tidak akan membahas manfaat biologi pada kesemua bidang, khusus hanya akan membahas Manfaat biologi dalam bidang pertanian saja. Karena jika kita akan membahas semuanya, waktunya tidak cukup. Kita bahas saja di bidang yang terpenting, yaitu pertanian.

Karena di Indonesia ini merupakan negara Agraris, artinya mayoritas penduduknya adalah seorang petani, jadi pembahasan ini sangat cocok.

Manfaat Biologi dalam Bidang Pertanian

manfaat ilmu biologi dalam pertanian
tcktcktck.org

Meningkatnya jumlah penduduk harus disertai dengan peningkatan produksi pangan. Ilmu biologi telah memberikan manfaatnya dengan meningkatkan produksi pangan.

Manfaat biologi dalam bidang pertanian sangat karena cepatnya pertumbuhan penduduk haris kita imbangi dengan produksi pangan yang cepat, disinilah peran biologi dibutuhkan. Disini ada beberapa contoh manfaat biologi dalam bidang pertanian, diantaranya adalah:

1. Manfaat Biologi – Pola Pertanian

manfaat biologi untuk pola pertanian
houstoniamag.com

Pada abad sebelumnya, petani melakukan cocok tanam secara tradisional baik itu pertanian ataupun perkebunan. Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan mengenai bibit unggul, pemupukan, penggunaan pestisida organik dan yang lainnya membuat para petani mampu meningkatkan hasil produksi tanamannya

Bukan hanya itu saja, bahkan untuk waktu panennya lebih cepat sehinggan yang dulunya hanya 1-2 kali panen setiap musimnya sekarang bisa sampai 3 kali panen. Tentu saja ini merupakan hasil pemanfaatan ilmu biologi di bidang pertanian.

2. Manfaat Biologi – Rekayasa Genetik

rekayasa genetik pada buah
borgenmagazine.com

Para ahli biologi berhasil memanfaatkan ilmu biologi dengan mengembangkan bioteknologi dan biologi mokuler sehingga menghasilkan rekayasa genetika untuk tanaman, terkusun untuk tanaman yang sering dikonsumsi manusia.

Di dalam penerapan yang berhasil adalah terjadinya penerapan budidaya yang dapat menghasilkan insektisida sendiri tanpa bantuan, artinya tanaman tersebut tidak memerlukan semprot insektisida, serangga yang menyerangnya akan mati, tapi insektisida ini tidak berbahaya bagi manusia.

Contoh tanamannya seperti tanaman buah apel, brokoli, pir, kentang dan masih banyak lagi hasil dari rekayasa genetika.

Memang terdapat adanya kerugian didalamnya, yaitu plasma nutflah menghilang karena masyarakat sudah tidak memilihnya, namun satu masalah yang besar mengenai kebutuhan akan makanan bisa teepenuhi.

3. Manfaat Biologi – Teknik Kultur Jaringan

teknik kultur jaringan pada tanaman
plantbank.org.au

Manfaat biologi dalam bidang pertanian lainnya adalah teknik kultur jaringan. Jadi teknik kultur jaringan ini merupakan teknik yang digunakan untuk menggandakan tanaman dalam waktu yang relatif singkat.

Selain itu juga sangat praktis untuk meningkatkan bibit serta memperbanyak tanaman. Salah satu manfaat dari kultur jaringan yang sangat bagus adalah ketika kita memakai satu tanaman yang unggul secara genetik, hasil dan sehat maka akan dihasilkan juga berjuta-juta tanaman yang mempunyai kualitas yang sama.

Sehingga pertanian bisa di jamin hasilnya dan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat. Hal ini juga berpengaruh mempersingkat waktu pembibitan.

4. Manfaat Biologi – Memahami Genetika Makhluk Hidup

inovasi ilmu biologi buah tanpa biji
wonderopolis.org

Selain itu yang perlu kita perhatikan adalah memahami genetika makhluk hidup, karena makhluk hidup membuat pertanian semakin maju. Banyaknya tanaman baru yang lebih unggul dan juga lebih bagus dari tanaman yang sebelumnya bisa kita hasilkan karena adanya ilmu genetika.

Selain itu juga ilmu genetika berhasil membuat inovasi baru yaitu menciptakan buah-buah tanpa adanya biji, Seperti buah pepaya, semangka, jeruk, anggur dan masih banyak lagi

5. Manfaat Biologi – Teknik Bercocok Tanam

teknik hidroponik bercocok tanam tanpa tanah
myorganicfoodclub.com

Manfaat Biologi yang lain dalam bidang pertanian sebenarnya sudah lama diterapkan oleh G. John Mendel, yang saat itu menemukan pewarisan sifat terhadap gen pada kacang Ercis, sejak saat itu pula penelitian di bidang pertanian terus dilakukan.

Hal itu dilakukan dengan tujuan agar diperoleh gen-gen yang lainnya pada tanaman pertanian yang mempunyai sifat unggul yang selanjutnya bisa klita budidayakan dan diproduksi kembali.

Ditambah lagi dengan membludaknya populasi manusia yang semakin tinggi angka pertumbuhannya, hal itu berakibat adanya penyempitan lahan pertanian, percobaan biologi pun terus berlanjut.

Maka dari itu teknik-teknik untuk bercocok tanam terus di kembangkan agar supaya penyempitan tahan tidak terlalu berpengaruh, hal ini bisa diatasi seperti adanya teknik baru, yaitu bercocok tanam dengan teknik hidroponik. Hidroponik merupakan menamam tanaman tanpa adanya media tanah.

Selain hidroponik juga ada teknik hibridis

teknik hibridisasi tanaman
technologysifi.blogspot.com

asi, yang fungsinya untuk membuat bibit-bibit tanaman yang unggul, berkualitas tinggi dan juga tahan dengan kondisi lingkungan yang ekstrim sekalipun.

Demikian tadi pembahasan kita mengenai manfaat biologi dalam bidang pertanian, Perlu kita ketahui bersama bahwa manfaat dari ilmu biologi dalam bidang pertanian yang sudah kita jelaskan diatas tadi masih berupa gambaran besarnya saja.

Karena masih ada banyak lagi manfaat yang bisa kita peroleh dari ilmu biologi yang lainnya di bidang pertanian yang sudah terapkan sampai saat ini.

Published by

hendratno

Karena cinta ampas berubah jadi sari murni, karena cinta pedih menjadi obat. Karena cinta kematian berubah jadi kehidupan, karena cinta raja berubah menjadi hamba. ~Jalaluddin Rumi~

One thought on “Manfaat Biologi dalam Bidang Pertanian yang Mungkin Belum Kamu Ketahui”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *