Manfaat Temulawak untuk Kesehatan Terbukti Ampuh

temulawak

MANFAAT TEMULAWAK – Temulawak merupakan tumbuhan khas dari Indonesia, karena memang temulawak hanya tumbuh di Indonesia khususnya tumbuh dan berkembang biak di pulau jawa, lalu menyebar ke seluruh Nusantara. Temulawak merupakan tumbuhan yang mempunyai banyak khasiat, tumbuhan ini merupakan tumbuhan temu-temuan (Curcuma Javanica).

Saat ini tumbuhan temulawak tak hanya di Nusantara namun sudah menyebar ke seluruh dunia, seperti di Amerika, Eropa, Jepang, Korea, Asia tenggara dan masih banyak lagi. Tanaman Temulawak ini dapat tumbuh dengan subur di dataran rendah hingga ketinggian 1450 meter DPA (Diatas Permukaan Laut).

khasiat temulawak
newagegathering.com

Di Indonesia sendiri kebanyakan orang memanfaatkan Temulawak untuk di jadikan obat, karena masyarakat sangat mempercayai khasiat dari tumbuhan temulawak ini, untuk pemanfaat temulawak yang di ambil terletak pada bagian akarnya, atau sering juga di sebut dengan rimpang.

Bentuk temulawak sendiri hampir sama seperti kunyit, namun ukuranya lebih besar, dan rasanya pun hampir sama, namun temulawak mempunya rasa lebih pahit di bandingkan dengan kunyit, khasiatnya pun juga berbeda.

Banyak sekali kandungan yang ada dalam temulawak beberapa diantaranya adalah kurkumin, protein, karbohidrat, hepototoksik, glukosa dan masih banyak lagi, sehingga temulawak sangat bagus untuk di jadikan obat herbal. Selain di jadikan obat herbal, temulawak juga di jadikan racun yang ampuh untuk mengusir nyamuk.

Lalu apa saja manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh kita, mari kita bahas tanaman asli Indonesia yang menakjubkan ini, berikut di antaranya:

#1 Manfaat Temulawak untuk Hati

fungsi hati
huffingtonpost.com

Salah satu manfaat temulawak adalah untuk menjaga atau mengobati fungsi hati pada tubuh kita, hal ini di karenakan temulawak mempunyai kandungan yang bernama katagoga, katagoga berfungsi untuk memproduksi empedu dalam hati kemudian merangsang pengosongan empedu sehingga fungsi hati menjadi stabil.

Dan juga ternyata temulawak dapt menurunkan kadar SGOT (Serum Glutamic Oxaloacetic Transaminase) dan SGPT (Serum Glutamic Pyruvate Tranaminase. Keduanaya adalah enzim yang terdapat pada hati yang apabila fungsi hati bermasalah maka jumalh SGOT dan SGPT akan meningkat.

#2 Menurunkan Lemak Darah

lemak darah
shutterstock.com

Temulawak mempunyai kandungan yang bernama kurkuminoid, kurkuminoid adalah bahan aktif pada temulawak, kandungan ini dapat melarutkan lemak tubuh anda, sehingga dapat menurunkan lemak darah yang berlebihan. Sehingga tak perlu khawatir dengan kolesterol yang ada dalam tubuh anda.

#3 Melancarkan Pencernaan

pencernaan lancar
huffingtonpost.com

Ini adalah salah satu obat herbal yang di rekomendasikan jika anda sekarang sedang mempunyai masalah dengan pencernaan, caranya cukup mudah, anda hanya tinggal mengkonsumsi temulawak setiap hari secara rutin dengan cara mengambil sari pati dari temulawak itu sendiri.

#4 Melancarkan ASI

melancarkan asi
asibunda.com

ASI atau sering disebut dengan Air Susu Ibu sangatlah penting bagi kelangsungan hidup si bayi, jika anda mempunya masalah dengan ASI yang tidak lancar mungkin anda bisa mencoba mengkonsumi temulawak. Karena temulawak mempunyai kandangan yang bernama Antioksidan, kandungan tersebut dapat mencegah oksidasi yang mengurangi produksi ASI.

#5 Mengobati Kanker

mencegah kanker
shutterstock.com

Selain mengobati fungsi hati seperti yang sudah saya sebutkan di atas tadi, temulawak juga dapat di gunakan sebagai obat kanker, kandungan cucurium yang ada dalam temulawak dapat menghambat tumbuhnya kanker prostat, memamang sangat luar biasa tumbuhan yang satu ini.

#6 Mengatasi Radang Sendi

radang sendi
footage.framepool.com

Kebanyakan orang yang sudah lanjut usia sangat rentan terkena Radang sendi, untuk berjaga-jaga agar tidak terkena radang sendi, konsumsilah temulawak secara rutin. Akan tetapi jika anda adalah seorang penderita radang sendi, konsumsilah secara rutin juga, karena itu dapat meringankan rasa sakit.

#7 Mengatasi Diabetes

mengatasi diabtes
penyakit.id

Diabetes ada dalam tubuh kita karena adanya masalah terhadap kadar gula darah yang berlebihan, temulawak disini dapat berperan sebagai penurun kadar gula, jadi sangat baik untuk di konsumsi secara rutin tanpa adanya efek samping seperti obat medis. Hal ini di karenakan temulawak dapat anda racik sendiri tanpa ada bahan kimia.

You may also like