penjelasan mekanika kuantum

Penjelasan Lengkap Teori dan Model Atom Mekanika Kuantum

Model Atom Mekanika Kuantum – Penjelasan mengenai struktur atom yang lengkap sangat diperlukan di dalam mengetahui struktur yang lebih jelas lagi mengenai elektron pada atom.

model atom mekanika kuantum
holographicgalaxy.blogspot.co.id

Model atom yang lengkap harus bisa menerangkan misteri dari efek Zeeman dan sesuai untuk atom berelektron yang banyak. Di Dua gejala tersebut tidak bisa diterangkan oleh model atom Bohr.

Pengertian Efek Zeeman

spektrum arus listrik
detektif-fisika-doni.blogspot.co.id

Spektrum garis dari atomik yang teramati saat arus listrik sedang dialirkan melalui gas pada sebuah tabung lecutan gas. Garis-garis tambahan pada spektrum emisi teramati bahwa atom-atom tereksitasi dapat diletakkan di dalam medan magnet luar.

Satu garis pada spektrum garis emisi telah terlihat sebagai tiga garis (dengan menggunakan dua garis tambahan) pada spektrum jika atom diletakkan di dalam medan magnet.

Terpecahnya dari satu garis menjadikannya beberapa garis di dalam medan magnet yang dikenal sebagai efek Zeeman. Efek Zeeman ini tidak bisa dijelaskan dengan menggunakan model atom Bohr.

Untuk menanggapi hal tersebut, diperlukan model atom yang lebih lengkap lagi dan lebih umum yang bisa untuk menjelaskan efek Zeeman serta spektrum atom berelektron banyak.

Model Atom Mekanika Kuantum

model mekanika kuantum
suara.com

Di atas tadi kita telah membahas mengenai dualisme antara gelombang-partikel yang menyebutkan jika sebuah objek bisa berperilaku baik sebagai gelombang ataupun partikel.

pada skala atomik, elektron bisa kita tinjau sebagai suatu gejala gelombang yang tidak mempunyai posisi tertentu di dalam sebuah ruang. Posisi sebuah elektron dapat diwakili oleh kemungkinan atau peluang terbesar ditemukannya elektron di dalam ruang.

Demi mendapatkan suatu penjelasan yang lengkap secara umum dari struktur atom, prinsip dualisme serta gelombang-partikel digunakan.Pada gerak elektron dijelaskan sebagai sebuah gejala gelombang.

Persamaan dari dinamika Newton yang awalnya digunakan untuk menggambarkan gerak elektron telah digantikan oleh persamaan Schrodinger yang menyatakan jika fungsi gelombang untuk elektron. Model dari atom yang di dasarkan pada prinsip itu disebut dengan model atom mekanika kuantum.

Persamaan Schrodinger pada elektron di dalam atom bisa memberikan sebuah solusi yang nyata dan dapat diterima jika ditetapkan bilangan bulat untuk tiga parameter berbeda yang dapat menghasilkan tiga bilangan kuantum.

Ketiga bilangan kuantum tersebut merupakan bilangan kuantum utama, orbital, dan juga magnetik. Jadi, gambaran dari elektron di dalam atom diwakili dengan seperangkat bilangan kuantum tersebut.

Bilangan Kuantum Utama

bilangan mekanika kuantum
dh3why.wordpress.com

Pada model atom Bohr, elektron dikatakan ada di dalam lintasan stasioner dengan tingkat energi tertentu. Tingkat energi tersebut sangat berkaitan dengan bilangan kuantum utama dari sebuah elektron.

Bilangan kuantum utama dapat dinyatakan dengan lambang n jika tingkat energi elektron ada pada lintasan atau kulit ke-n. untuk atom hidrogen, jika dalam model atom Bohr, elektron pada kulit ke-n mempunyai energi sebesar:

rumus atom kuantum

Adapun untuk atom yang mempunyal elektron banyak (terdiri lebih dari satu elektron), energi elektron pada kulit ke-n adalah:

elektron pada kulit

Dimana Z merupakan nomor dari atom. Dan Nilai-nilai bilangan kuantum utama n merupakan bilangan bulat mulai dari 1.

n = 1, 2, 3, 4, ….

Bisa dikatakan jika bilangan kuantum utama sangat berkaitan erat dengan kulit elektron di dalam sebuah atom. Bilangan kuantum utama tersebut telah membatasi jumlah elektron yang bisa menempati satu lintasan atau pun kulit berdasarkan suatu persamaan.

Bilangan Kuantum Orbital

bilangan kuantum orbital
safi-tri.blogspot.co.id

Elektron yang bergerak saat mengelilingi inti dari atom mempunyai momentum sudut. Efek Zeeman yang teramati saat atom berada dalam medan magnet berkaitan dengan orientasi maupun arah momentum sudut dari gerakan elektron yang mengelilingi inti atom.

Terpecahnya garis dari spektum atomik menandakan jika orientasi momentum pada sudut elektron yang berbeda saat elektron berada dalam medan magnet.

Bilangan Kuantum Magnetik

bilangan kuantum magentik
slideplayer.info

Momentum sudut elektron L adalah sebuah vektor. Jika pada vektor momentum sudut L telah diproyeksikan ke arah sumbu yang tegak maupun sumbu-z secara tiga dimensi maka akan didapatkan besar komponen dari momentum sudut arah sumbu-z yang dinyatakan sebagai Lz.

Bilangan bulat berkaitan dengan besar Lz adalah m. Apabila bilangan ini disebut dengan bilangan kuantum magnetik. Karena besar dari Lz bergantung pada besar suatu momentum sudut elektron L, maka nilai dari m berkaitan dengan nilai l.

Bilangan Kuantum Spin

bilangan quantum spin
digitaltrends.com

Bilangan dari kuantum spin juga diperlukan untuk menjelaskan secara detail mengenai efek Zeeman anomali. Anomali tersebut berupa terpecahnya suatu garis spektrum sehingga menjadi lebih banyak garis dibanding dengan apa yang sudah diperkirakan.

Apabila efek Zeeman disebabkan dari adanya medan magnet eksternal, maka bisa dipastikan efek Zeeman anomali disebabkan adanya rotasi dari elektron dengan porosnya.

Rotasi atau spin elektron tersebut dapat menghasilkan momentum sudut intrinsik elektron. Momentum sudut spin memiliki dua orientasi yang berbeda, yaitu spin atas dan juga spin bawah.

Setiap orientasi spin elektron mempunyai energi yang berbeda tipis sehingga nantinya terlihat sebagai garis spektrum yang telah terpisah.

Spin elektron diwakili dengan bilangan kuantum yang disebut dengan bilangan kuantum magnetik spin atau bisa disebut spin saja. Nilai bilangan kuantum spin tersebut hanya boleh satu dari dua nilai +½ atau −½.

Atom yang Berelektron Banyak

elektron pada atom
mandiribelajarsains.blogspot.co.id

Model atom mekanika kuantum bisa kita digunakan untuk mendeskripsikan struktur atom untuk atom berelektron banyak. Sehingga Posisi atau keadaan elektron pada atom bisa dinyatakan menggunakan seperangkat bilangan kuantum.

Demikian tadi pembahasan lengkap kita mengenai model atom mekanika kuantum, jika kamu ada tugas mengenai percobaan kimia silahkan baca artikel saya mengenai Percobaan Kimia Sederhana. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Published by

hendratno

Karena cinta ampas berubah jadi sari murni, karena cinta pedih menjadi obat. Karena cinta kematian berubah jadi kehidupan, karena cinta raja berubah menjadi hamba. ~Jalaluddin Rumi~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *