Mengupas Masalah Gangguan Jiwa yang Sering Terjadi

penyebap orang gila

Orang gila adalah orang yang sedang mengalami gangguan pada jiwanya, kata-kata gila biasanya juga sering di sebut dengan tidak waras, atau ketidak normalan dari segi perilaku atau pola pikir. Di Indonesia sendiri banyak sekali orang gila yang berkeliaran, di pedesaan maupun di kota.

Namun kebanyakan orang gila sering berkeliaran di kota, sehingga banyak dari orang gila yang terkena razia oleh Satpol PP (Satuan Polisi Pamong Praja) dan di amankan di panti sosial, di kota Jakarta banyak sekali orang gila.

seperti yang di lansir viva.co.id bahwa gangguan kejiwaan terbanyak ada pada kota Jakarta ini, sebanyak 2,03 persen dari jumlah penduduk masyarakat Indonesia. Data tersebut berdasarkan dari hasil riset yang sudah di lakukan oleh Departemen kesehatan pada tahun 2007 yang lalu selama satu tahun.

Bahkan panti sosial yang ada di jakarta, di huni lebih dari 60% orang yang mengalami gangguan jiwa. Sungguh sangat miris sekali, kenapa di indonesia banyak orang yang mengalami gangguan jiwa, sebenarnya apa faktor yang menyebabkan orang menjadi gila.

Beberapa Penyebab Orang Mengalami Gangguan Jiwa

#1 Gila di karenakan Depresi

depresi menyebabkan gila
carahidupbebasdaridepresi.blogspot.com

Deperesi dapat menjadi salah satu penyebab gangguan jiwa, depresi adalah suatu kondisi yang lebih dari satu keadaan, seperti perasaan sedih, malas beraktifitas, hilangnya semangat dan minat, mengalami masalah pada pola tidur dan masih banyak lagi.

Penyebab Depresi:

– Di karenakan gangguan atau ketidak seimbangan di otak pada bagian neurotransmiter
– Psikologi seseorang yang mengalami tekanan psikis
– Faktor lingkungan, seperti kehilangan kekasih, terkena PHK, paska musibah dan beberapa situasi hidup yang memperihatinkan lainnya.

#2 Hubungan Asmara

hubungan asamara
bagindaery.blogspot.com

Seringkali kita jumpai orang yang mengalami putus cinta atau di tinggalkan oleh pasangannya membuat frustasi sehingga mengalami gangguan jiwa, bahkan yang parah bisa membuat orang melakukan bunuh diri. Hal itu di sebabkan karena patah hati atau rasa kekecewaan yang sangat mendalam.

Maka jiwanya akan terganggu, bisa di katakan bahwa orang tersebut mempunyai mental lemah atau belum siap menerima kenyataan.

#3 Faktor Ekonomi

faktor ekonomi
journal-business.com

Kenapa ekonomi dapat menyebabkan orang menjadi gila ? misanya seperti ini, ada orang yang kaya raya yang terbiasa hidup mewah dengan segala kecukupannya, tiba-tiba bisnisnya bangkrut atau terkena tipu sehingga orang tersebut tidak bisa menerima kenyataan.

Yang tadinya hidup mewah serba kecukupan tapi sekarang tidak mempunyai apa-apa. Dengan adanya kejadian itu orang bisa jadi gila di kejar-kejar hutang yang jelas-jelas dia tidak punya uang uang kebutuhan hidup sehari-hari

#4 Gangguan pada Otak

gangguan otak
selasar.com

Seseorang yang mengalami gangguan jiwa dapat disebabkan karena masalah yang berhubungan dengan otak. Bahkan anak yang mengalami radang otak dapat mengalami gangguan jiwa, adanya peradangan pada otak juga mampu membuat si anak sulit untuk kita asuh.

#5 Kekuasaan

kekuasaan menyebabkan gila
suara.com

Banyak orang di masa ini yang gila dengan kekuasaan, segala cara di lakukan untuk mendapatkanya, misalanya saja pada saat pemilihan caleg atau pun pemilihan yang lainnya. caleg atau calon-calon lainnya akan melakukan campanye.

Untuk berkampanye saja di butuhkan uang yang cukup besar, di tambah lagi melakukan money poltik yang mengeluarkan banyak uang.
Tapi pada akhirnya mereka tidak terpilih, sudah mengorbankan banyak harta namun akhirnya seperti itu.
Itu tidak akan di terima oleh akalnya, maka orang itu bisa mengalami gangguan jiwa.

#7 Di sebabkan oleh Penyakit

penyakit
radartegal.com

Misalnya ada orang yang didiagnosis mengidap tumor, maka psikologi orang tersebut akan terganggu yang mengakibatkan depresi yang sangat berat. Di karenakan depresi yang berat dapat membuat orang menjadi stres dan berujung gila.

#8 Faktor Genetik

faktor genetik
io9.gizmodo.com

Orang gila tidak hanya di sebabkan oleh lingkungan saja, namun faktor genetik atau keturunan ternyata juga bisa berpengaruh, hal ini bisa terjadi kepada anak yang orang tuanya dulu mengalami gangguan kejiwaan.

Ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa ketika janin ada dalam kandungan maka kemungkinan bisa terjadi gangguan otak yang mengakibatkan ketika tumbuh nanti ia akan mengalami gangguan jiwa.

#9 Pembullyan

korban bully
cc.com

Pembullyan merupakan salah satu contoh dari depresi lingkungan, semakin lama ia di bully maka tingkat depresinya semakin tinggi, tidak menutup kemungkinan psikologinya terganggu yang mengakbitkan ia trauma dengan lingkungan dan jiwanya akan terganggu.

#10 Gila Demi Mendapatkan Pengakuan

mencari pengakuan
ulitkapost.ru

Yang satu ini tidak beneran gila, hanya saja gilanya untuk mencari pengakuan dari teman-temannya, misal jika di suruh lompat dari motor dengan keceptan 100 km/jam. Demi mendapatkan julukan gila maka akan dia lakukan. Padahal itu beresiko kehilangan nyawa, tidak habis pikir ada orang gila hanya untuk pengakuan.

Pandangan Islam Mengenai Orang Gila

#1 Pusat kesadaran Manusia

pusat kesadaran
tejasurya.com

Banyak orang yang menilai bahwa akal pikiran berbeda dengan hati, ketika ada orang yang menyebutkan akan, pasti dia akan menunjuk bagian kepala, sedangkan saat menyebutkan letak hati, maka ia akan menunjuk bagian di area dada. Tidak banyak orang yang sadar bahwa hati atau qolbu berpadanan dengan hati.

Jadi yang benar bahwa hati dan akal pikiran kita memiliki pengertian yang sama. qalbu atau hati adalah nama dari benda sedangkan akal adalah atifitas dari hati.

#2 Jin Menguasai Otak

iblis
makintau.com

Setan dari jenis jin memang ada, sudah banyak orang yang mengalami gangguan jiwa di akibatkan jin, jin bisa masuk kedalam manusia dan menguasai akal pikiran manusia karena guna-guna, stress dan tentunya kurang mendekatkan diri kepada Tuhan yang maha Esa.

Cara Merawat Orang yang Mengalami Gangguan Jiwa

#1 Memberi Ramuan Herbal

obat ilalang
deherba.com

Gunakan daun sirih, akar ilalang, serta masih banyak lagi tanaman herbal untuk menyembuhkan syaraf yang mengalami gangguan di akibatkan faktor-faktor tertentu.

#2 Memberikan Kenyanyaman

buat nyaman
gen20.xyz

Jika anda memberikan kekerasan kepada orang yang mengalami gangguan jiwa maka orang itu akan semakin menjadi, untuk itu berilah mereka kenyamanan, beri rasa aman dan kasih sayang agar mereka merasa di terlindungi.

#3 Memberi Ketenangan

ketenangan
wrab.dvrlists.com

Selain memberi rasa nyaman, anda juga harus memberi rasa ketenangan, karena orang yang stress jika di beri ketenangan maka mereka akan merasa jauh dari bahaya, sehingga mereka akan merasakan lingkungan yang nyaman dan membuat psikologi membaik.

#4 Mandikan di Malam Hari

mandi malam hari
bagushero.deviantart.com

Kenapa harus di malam hari ? karena pada waktu itu syaraf dan otot-otot sedang dalam pengistirahatan, jadi sangat bagus untuk memberikan kenyamana pada otot dan syaraf yang telah bekerja seharian.

Keunikan yang di Miliki Orang Gila

1# Daya Tahan Tubuh

daya tahan
madujuara.com

Karena orang gila hidup di jalanan sehingga ketika lapar, apa saja bisa jadi makananya, mungkin karena inilah orang gila mempunyai daya tahan tubuh dalam hal pencernaan. Selain itu juga orang gila tidak mudah sakit walaupun tidur di sembarang tempat dengan keadaan cuaca yang dingin sekalipun.

#2 Bertenaga

isha.sadhguru.org
isha.sadhguru.org

Orang gila yang sedang marah akan mengeluarkan tenaga yang besar, ini sudah menjadi fakta. Bahkan tenaganya lebih besar dari tenaga 2 orang yang normal.

#3 Kediapan Mata lebih Rendah

trayectorio.com
trayectorio.com

Orang gila hanya mampu mengedipkan matanya sekitar 5000 kali selama 24 jam, hal ini di karenakan ketidak seimbangan pada otaknya sehingga syarafnya untuk merespon tidak bekerja dengan normal.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *