permainan engklek permainan tradisional

Permainan Tradisional Engklek, Permainan Edukasi yang Harus Dilestarikan

Permainan Engklek – Teknologi yang semakin berkembang pesang membuat permainan tradisional semakin tersingkir dari kancah permainan anak-anak. Saat ini sangat jarang sekali kita temukan permainan tradisional yang dimainkan oleh anak-anak yang seharusnya di lestarikan agar nantinya tidak hanya menjadi sebuah cerita saja.

permainan tradisional di Indonesia
gopena.com

Permainan tradisional saat ini sudah tergeser dengan permainan modern yang semakin harinya bisa membuat anak-anak tertarik dengan dunia digital. Padahal di Indonesia ini sangat kaya dengan permainan tradisional yang harus kita banggakan, salah satunya adalah permainan engklek.

Apa itu Permainan Tradisional Engklek?

permainan engklek permainan tradisional
meiwulandari.com

Engklek merupakan permainan tradisional yang mana cara mainnya dengan melompat-lompat pada bidang datar yang sudah kita beri garis pola kotak-kotak, setelah itu kita akan melompat dengan satu kaki pada kotak satu ke kotak berikutnya.

Engklek sendiri berasal dari bahasa jawa, di daerah lain namanya bermancam-macam ada yang menyebutnya dengan teklek, sundamanda, ingkling, lempeng, jlong jling, dampu dan masih banyak lagi sebutan engkle, tergantung dari setiap daerahnya.

Biasanya permainan engklek ini dimainkan oleh anak perempuan, akan tetapi tidak jarang anak laki-laki ikut serta dalam permainan ini. Mereka sering memainkannya di halam rumah, tanah kosong kebun dan sekolahan.

Sejarah Permainan Tradisional Engklek

sejarah permainan tradisional engklek
malang.merdeka.com

Ada dua versi mengenai sejarah permainan engklek ini.

Versi Engklek yang Pertama

Ada yang mengatakan bahwa permainan engklek pada awalnya berasal dari nama permainan “Zondag maandag” yang berasal dari bahasa belanda yang berarti sunday manday, kemudian permainan ini menyebar ke seluruh nusantara yang di sebarkan pada zaman kolonial dulu, permainan engklek ini menggambarkan perebutan petak sawah.

Versi Engklek yang Kedua

Menurut Dr. Smpuck Hur Gronje mengungkapkan bahwa permainan engklek pada awalnya berasal dari Hindustan, kemudian di bawah ke Indonesia dan menyebar di setiap daerah meskipun dengan sebutan yang berbeda-beda.

Manfaat dari Permainan Tradisional Engklek

perkembangan anak sangat pesat
Antidote

Permainan tradisional engklek ini mempunyai banyak sekali manfaat, diantaranya adalah:

1. Permainan ini akan membuat kemampuan fisik anak-anak menjadi semakin kuat karena permainan ini cara memainkannya mengharuskan untuk melompat-lompat.

2. Anak-anak akan diasah kemampuannya bersosialisasi dengan orang lain dan juga mengajarkan kebersamaan dianatara mereka.

3. Anak-anak akan di ajarkan menaati peraturan yang telah di sepakati dalam permainan engklek ini.

4. Permainan engklek dapat membantu anak mengasah logikanya, selain itu juga dapat melatih kemampuan berhitung dan menentukan langkah-langkah yang harus mereka lewati dalam permainannya.

5. Anak-anak akan lebih kreatif. Permainan tradisional engklke ini sebelum memainkannya akan dibuat dulu polanya oleh para pemain. Mereka akan menggunakan benda-benda, barang-barang, tumbuhan yang ada disekitar.

Hal inilah yang dapat mendorong mereka untuk lebih kreatif lagi dalam menciptakan alat-alat yang digunakan dalam permainan.

Cara Bermain Permainan Tradisional Engklek

cara bermain engklek tradisional
mdanimation.com

1. Yang pertama kali kita lakukan sebelum bermain engklek adalah menggambar dulu bidang engklek yang akan kita gunakan untuk bermain.

2. Kemudian para pemain harus hompimpa untuk menentukan siapa dulu yang akan bermain. Hompimpa disini menentukan siapa yang akan jalan terlebih dulu dan siapa yang jalan terakhir.

Biasanya didalam hompimpa yang paling berbedalah yang dapat jalan terlebih dulu. Hal ini dilakukan jika pemain lebih dari 2 orang tapi jika 2 orang saja maka dilakukan suit.

3. Untuk bisa bermain, setiap anak diharuskan memiliki gacuk/buah biasanya menggunakan pecahan batu datar, keramik ataupun genteng.

4. Pemain bermain engklek dengan cara melompat dengan menggunakan satu kaki yang dilakukan pada setiap kotak-kota yang telah digaris pada tanah sebelumnya.

gacuk untuk engklek
anugerahkeramik.blogspot.com

5. Gacuk tadi dilempar ke salah satu petak yang ada ditanah, kemudia petak dengan gacuk jika sudah berada diatasnya maka gacuk kita tidak boleh diinjak atau ditempati oleh para pemain. jadi pemain harus melompati petak yang ada gacuknuya.

6. Para pemain tidak boleh yang ada melempar gacuk melewati petak yang telah disediakan. Jika terdapat pemain yang melakukan hal tersebut maka pemain itu akan didiskualifikasi dan dinyatakan gugur setelah itu diganti oleh pemani selanjutnya.

7. Jika ada pemain yang menyelesaikan permainan satu putaran sampai di puncaknya, kemudian mereka akan mengambil gacuk dengan cara membelakangi dan dengan mata yang ditutup.

Jika dalam mengambil gacuk pemain tersebut menyentuh garis atau terjatuh, maka pemain tersebut dinyatakan mati dan harus mengulanginya dari awal lagi.

8. Sedangkan jika pemain berhasil mengambul gacuk di puncaknya, maka pemain tersebut harus melemparnya keluar dari bidang engklek. Kemduaian pemain harus melemparnya keluar dan engklek sesuai dengan kotak yang telah digamabar. dengan berpijak pada gajuk yang di lemparkan tadi.

9. selanjutnya jika pemain berhasil maka akan lanjut ke tahap mencari sawah dengan cara menjagling gacuk atau kereweng dengan menggunakan telapal tangan secara bolak-balik sebanyak 5 kali tanpa terjatuh. Hal ini dilakukan dengan posisi berjongkok dan membelakangi bidang engklek.

pemenang permainan engklek
i1os.com

Dia harus berada di tempat jatuhnya gacuk atau kereweng yang telah dilemparkan tadi. Setelah berhasil menjagling sebanyak 5 kali tanpa terjatuh, pemain masih dalam posisi yang sama kemudian melemparkan kembali ke dalam bidang engklek.

Apabila lemparanya tempat pada salah satu bidang engklek maka bidang tadi menjadi sawah pemain tersebut. Dan jika gagal pemain harus mengulanginya kembali dari awal permainan.

10. Pemain yang telah memiliki sawah paling banyak maka pemain tersebut dinyatakan sebagai pemenangnya.

Sangat mengasyikan permainan ini, selain asyik anak-anak akan di beri edukasi yang mempunyai banyak manfaat bagi pertumbuhan si anak. Semoga kita dapat melestarikan permainan engklek agar nantinya tidak hanya tinggal cerita.

Dan anak-anak kita nantinya dapat terselamatkan dari pesatnya perkembangan teknologi yang penggunaanya tanpa di bekali ilmu pengetahuan yang cukup. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Published by

hendratno

Karena cinta ampas berubah jadi sari murni, karena cinta pedih menjadi obat. Karena cinta kematian berubah jadi kehidupan, karena cinta raja berubah menjadi hamba. ~Jalaluddin Rumi~

One thought on “Permainan Tradisional Engklek, Permainan Edukasi yang Harus Dilestarikan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *