Struktur Teks Laporan Hasil Observasi dan Penjelasannya secara Lengkap

ciri-ciri teks observasi

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi  – Hai teman-teman bertemu kembali dengan GoPena.com, pada pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai pengertian, struktur, kaidah maupun ciri-ciri kebahasaan, contoh serta cara untuk menyusun sebuah teks laporan dari hasil observasi yang telah kita lakukan.

laporan teks hasil observasi
perpusku.com

Dari pada disini kita semakin penasaran mengenai Struktur Teks Laporan Hasil Observasi dan yang lainnya, mari kita mulai pembahasan kita. Yuk disimak! Penjelasan beserta Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi, Struktur, Ciri serta kaidah Kebahasaan, dan contohnya.

A. Pengertian Hasil Teks Laporan Observasi

pengertian dari observasi
nasiman.com

Teks Laporan Hasil Observasi (pengamatan) merupakan susunan teks yang berfungsi untuk menjelaskan informasi tentang sesuatu, baik itu tumbuhan, hewan, alam, fenomena sosial maupun fenomena alam, hasil karya manusia yang sesuai fakta dengan klasifikasi kelas tertentu dan subkelas yang terdapat di dalamnya yang telah ditentukan dari hasil observasi yang sudah kita lakukan sebelumnya.

Dari sini apakah masih belum paham mengenai Observasi? Baik kita lanjutkan lagi pembahasannya. Singkatnya, teks laporan hasil observasi merupakan susunan teks yang digunakan untuk memaparkan hasil observasi secara tersistem dan objektif dengan memasukkanfakta yang ada.

Teks dari jenis ini mendeskripsikan tentang suatu bentuk, ciri ataupun sifat umum yang dimiliki oleh suatu objek yang sedang kita amati. Objek tersebut biasanya berupa manusia, hewan, benda, tumbuhan, atau berbagai macam peristiwa yang ada di dunia ini.

B. Tujuan Teks Laporan Hasil Observasi

tujuan dari observasi
sunnahmemanah.blogspot.com

Ada yang tah tujuan teks hasil observasi? Jadi, tujuan teks laporan hasil observasi adalah digunakan untuk menyampaikan suatu informasi mengenai klasifikasi jenis-jenis sesuatu dengan memuat apa adanya sesuai kriteria tertentu tanpa menambahinya.

Hal ini merupakan hasil dari pengamatan yang telah dilakukan secara sistematis dan objektif, selain itu juga untuk memecahkan suatu masalah berupa hipotesis dari hasil pengamatan tersebut. Adapun tujuan lain dari teks laporan hasil observasi, yaitu :

  1. Untuk menyelesaikan suatu persoalan
  2. Untuk menemukan suatu teknik ataupun cara terbaru yang bisa digunakan
  3. Untuk melakukan pengambilan keputusan yang jauh lebih efektif
  4. Untuk melakukan pengawasan serta perbaikan terhadap objek
  5. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai perkembangan suatu permasalahan yang adaC. Apa Fungsi dari Teks Laporan Hasil Observasi ?

Ada banyak sekali fungsi dari teks laporan hasil observasi lho, diantaranya yaitu:

  1. Melaporkan tanggung jawab tugas serta kegiatan hasil observasi (pengamatan)
  2. Dijadikan sebagai sumber informasi yang terpercaya
  3. Untukj menjelaskan suatu permasalah serta menjadi dasar penyusunan kebijaksanaan, keputusan maupun pemecahan masalah tersebut dengan melakukan pengamatan
  4. Digunakan sebagai sarana untuk pendokumentasian.

D. Apa Perbedaan Antara Teks Laporan Hasil Observasi dengan Teks Deskripsi?

perbedaan teks observasi
salon.com

Jelas berbeda meskkipun keduanya sama-sama menyampaikan suatu informasi sesuai fakta, tetapi letak perbedaannya terdapat pada sifatnya, sebagai berikut:

Teks Laporan Hasil Observasi : tek ini bersifat universal (umum) yang di dalamnya terdapat klasifikasi dan juga fakta sebuah deskripsi.

Teks Deskripsi : teks yang bersifat unik serta individual yang di dalamnya terdapat deskripsi yang spesifik.

E. Struktur Teks Laporan Hasil Observasi Dan Penjelasannya

struktur teks laporan observasi
erickwilundphotography.com

#1. Pernyataan Umum/Klasifikasi

Pada bagian klasifikasi ini berisi mengenai informasi/pengertian terhadap sesuatu yang sedang dibahas atau hasil dari pengamatan yang sudah dilakukan.

Pada bagian ini bisa kita artikan sebagai pembuka karangan secara general dengan menjelaskan penggolongan/klasifikasi terhadap suatu objek yang akan dilaporkan, seperti : benda, tumbuhan, organisme, lingkungan, hewan, fenomena sosial maupun fenomena alam dan lain sebagainya.

Dibagian ini objek akan diklasifikasi berdasarkan persamaan dan perbedaannya. Kemudian dari kriteria tersebut dapat kita gunakan untuk dijadikan suatu pembeda kelas, subkelas serta rincian yang lebih mendetail.

#2. Paragraf yang terdiri dari anggota maupun aspek yang dilaporkan

Pada bagian ini, teks berisi mengenai penjelasan objek pengamatan secara rinci terhadap informasi yang akan disampaikan berdasarkan hasil observasi. Pada bagian ini juga, akan diuraikan sejarah detail klasifikasi atau penggolongan dengan runtut dari kelas yang besar samapi menjadi kelas yang kecil atau disebut dengan subkelas.

Misalnya saja penggolongan yang diikuti dengan rincian dari aspek perilaku, genetik, lingkungan, peran, fungsi, fisik, serta kepribadiannya. Sebenarnya masih ada lagi penjelasan mengenai Struktur Teks Laporan Hasil Observasi yang bisa kita peroleh.

F. Ciri-ciri Teks Laporan Hasil Observasi

ciri-ciri teks observasi
webnode.com
  1. Laporan ditulis secara lengkap dan sempurna
  2. Laporan bersifat objektif, global atau universal
  3. Objek yang akan akan dilakukan observasi adalah objek tunggal
  4. Laporan ditulis berdasarkan fakta yang ada, sesuai dengan pengamatan yang sebelumnya telah dilakukan
  5.  Informasi teks adalah hasil dari penelitian terkini yang telah terbukti kebenarannya
  6. Laporan tidak berisi prasangka/dugaan/pemihakan yang dapat menyimpang atau tidak tepat
  7. Saling berkaitan antara hubungan berjenjang dengan kelas dan subkelas yang ada di dalamnya
  8. Laporan tidak terdapat bagian penutup dari penulis. Disini penulis hanya melaporkan saja apa yang sudah dilihat dan diketahuinya yang berdasarkan dari hasil analisis serta pengamatannya
  9. Laporan harus menitikberatkan terhadap pengelompokkan segala sesuatu terhadap jenis-jenis dengan ciri maupun keadaannya secara bersifat umum
  10. Laporan harus disajikan secara menarik, baik itu dalam hal kata, bahasa, isi maupun susunannya
  11. Teks Laporan Hasil Observasi harus dengan jelas menggambarkan sesuatu secara umum sesuai fakta, tanpa adanya opini dari penulis
  12. Teks deskripsi menjelaskan secara khusus dan harus menggunakan sudut pandang dari penulis.

G. Ciri atau Kaidah Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi

kaidah bahasa dalam observasi
themissingslate.com
  1. Harus menggunakan frasa nomina yang diikuti jenis serta deskripsi
  2. Menggunakan verba relasional, seperti : merupakan, ialah, adalah, digolongkan, yaitu, termasuk, disebut, terdiri atas, meliputi, dan lain-lain. Verba ini digunakan untuk mendefinisikan terhadap istilah teknis maupun istilah yang sering digunakan secara khusus di bidang tertentu saja
  3. Menggunakan verba aktif alam yang digunakan untuk menjelaskan perilaku, seperti : bertelur, membuat, hidup, makan, tidur, dan sebagainya
  4. Menggunakan paragraf dengan kalimat utama yang berguna untuk menyusun informasi utama, kemudian diikuti dengan rincian aspek yang ingin dilaporkan dalam beberapa paragraf
  5. Menggunakan kata keilmuwan, seperti : herbivora, osteoporosis, degeneratif, mutualisme, parasitisme, pembuluh vena, phobia, syndrom, leukimia, dan yang lainnya
  6. Teks harus menggunakan kata penghubung yang menyatakan :• Perbedaan : berbeda dengan
    • Tambahan : dan, serta
    • Persamaan : sebagaimana, seperti halnya, demikian halnya, hal demikian, sebagai, hal yang sama
    • Pilihan : atau
    • Pertentangan : sedangkan, tetapi, namun, melainkan, sementara itu, padahal berbanding terbalik

H. Sifat Teks Laporan Hasil Observasi

• Bersifat Informatif
• Bersifat Komunikatif
• Bersifat Objektif

I. Syarat/Kriteria Teks Laporan Hasil Observasi Yang Benar

• Mempunyai susunan struktur teks yang urut serta lengkap
• Didalam struktur teks tersebut tidak terdapat kesimpulan maupun penutup
• Dalam teks tidak terdapat opini dari penulis.
• Teks harus menjelaskan informasi secara benar dan apa adanya sesuai fakta

J. Langkah-langkah Menyusun Teks Laporan Hasil Observasi

langkah menyusun laporan
momentsjournal.com

• Pembuatan judul laporan sesuai pengamatan yang sudah dilakukan
• Membuat kerangka teks dengan mengfokuskan pembuatan gagasan utama sesuai dengan hasil observasi
• Menyusun teks sesuai dengan gagasan utama yang sudah dibuat, dan diawali dengan paragraf pernyataan umum kemudian ke bagian isi seperti anggota atau aspek yang akan dilaporkan. Jadi, setelah kita membuat klasifikasi secara umum, maka langkah selanjutnya yang akan kita lakukan adalah menjabarkan klasifikasi tadi berdasarkan hasil obeservasi. Jika belum maksud dengan pernyataan ini, sobat bisa langsung melihat contoh teks Laporan Hasil Observasi di bawah
• Cek dan teliti kembali hasil penulisan teks yang sudah kita buat, jika terdapat kalimat yang janggal ataupun terdapat kesalahan penulisan, maka segera perbaiki.

Demikianlah yang telah kita bahas mengenai penjelasan, pengertian, struktur, kaidah kebahasaan, serta contoh dan cara menyusun teks laporan hasil observasi.

Semoga artikel yang terangkum dalam struktur teks laporan hasil observasi ini bisa menambah wawasan kita. Jika terdapat pembahasan yang kurang jelas, teman-teman bisa tanyakan pada kolom komentar 🙂

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *