Tak Sadarkan Diri saat Sholat Tarawih

sholat tarawih

Dulu saat Taman Kanak-kanak aku pernah di ajak kakakku sholat tarawih, tempatnya memang sedikit jauh, karena masjid yang ini berbeda dari biasanya. Kami berjalan menuju masjid tersebut sekitar 10 menit dari rumah, jalanan yang gelap di karenakan penerangan yang kurang dan juga memang banyak pepohonan yang berjajar.

sesak nafas saat tarawih
konstelasi.com

Kami berdua menuju masjid untuk melaksanakan sholat tarawih di temani sebuah senter kecil, sesampainya di masjid aku beristirahat, kemudian bermain dengan teman, karena memang saat itu masih kecil jadi masih suka bermain.

Adzan Berkumandang

berlari-larian dimasjid
komunitasaleut.com

Tak lama aku berlari-lari bersama teman adzanpun di kumandangkan, membuat aku berhenti bermain, aku pun berwudhu di sebelah masjid. Kemudian masuk masjid dan menunggu sholat isya di mulai.

Aku duduk di tengah tapi paling pinggir sebelah kanan, di kelilingi oleh orang tua dan dewasa membuatku merasa sendiri, karena tidak ada teman sebaya jadi aku hanya diam saja.

Aku juga orangnya penakut, jadi bila ada orang yang menasehati, aku pasti menangis.

Sholat Isya Dimulai

bau tidak sedap
pondokibu.com

Iqamahpun dikumandangkan, saatnya sholat isya dimulai, aku masih baik-baik saja tidak terjadi apa-apa, tapi aku saat itu sudah mencium bau yang tidak sedap, aku masih belum tahu sumber bau tersebut karena baunya masih samar-samar.

Aku masih bertahan sampai sholat isya selesai, dilanjutkan dengan dzikir bersama, karena saat itu aku masih kecil, jadi aku belum tau bacaan-bacaanya, aku hanya duduk diam mengikuti jamaah sholat tarawih.

Aku mau pergi dari tempat untuk bermain bersama teman-teman dibelakang tapi aku takut untuk beranjak, aku dengan berat hati masih duduk disitu di temani aroma tidak sedap.

Rakaat Pertama Sholat Tarawih

rakaat pertama
rupa-rupa.kampung-media.com

Saat sholat tarawih dimulai, dada terasa sesak, karena memang aku mempunya penyakit asma, tapi aku tidak mengatakan kepada kakakku saat dada ini terasa sesak, lagi-lagi karena aku takut beranjak dari tempatku. Karena memang kakakku berada sedikit jauh dariku.

Tak Sadarkan Diri di Tengah Sholat Tarawih

tidak sadarkan diri
firdausbambangsaputra.com

Di pertengahan sholat tarawih aku sudah tidak tahan dengan bau menyengat, setelah aku cari tahu ternyata bau itu berasal dari baju yang di kenakan bapak-bapak disampingku, aku kurang tahu siapa nama bapak itu. Yang jelas bau itu membuat aku sulit bernapas.

Dadaku sangat sesak, tak lama kemudian karena sesaknya dada semakin parah, akupun menangis lalu banyak orang yang melihatku dan kemudian aku tak sadarkan diri.

Tahu-tahu aku sudah berada di rumah, kemudian aku di tanya oleh ibuku, Kenapa kamu tadi pingsan ?, aku jawab karena bau yang menyengat dari bajunya bapak-bapak, tapi tidak tahu siapa orangnya tadi.

Keesokan Hari

pergi ke ladang
sidewalkers.asia

Keesokannya aku pergi ke kebun untuk menemani ibuku membersihkan rumput, kemudian ada nenekku, ia juga menanyakan kenapa aku bisa pingsan. Setelah aku jawab karena bau baju yang menyengat, beliaupun tertawa.

Aku jadi malu, hanya karena di sebabkan oleh bau baju saja aku bisa pingsan, tapi memang penyakit asmaku dulu lumayan parah, sudah bertahun-tahun penyakit tersebut tidak hilang juga, membuat aktifitasku sedikit terganggu.

Jadi ketika aku kecapekan maka malamnya asmaku akan kambuh, membuat tidurku tidak nyenyak. Tapi Alhamdulillah setelah kelas 2 Sekolah Dasar asmaku menghilang.

Penutup

mencuci baju
sekolahalamjogja.wordpress.com

Nah itu tadi sedikit pengalamanku pingsan saat sholat tarawih yang di sebabkan oleh baju yang di kenakan bapak-bapak tepat di sebelahku, semoga kita bisa mengambil pelajaran dari sedikit kejadian tersebut. Cucilah pakaian sebelum kamu kenakan, sehingga tidak membuat orang di sekitarmu kehilangan kesadaran.

 

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *