7 Sifat Pria Idaman yang Sangat Disukai Wanita, Apakah Kamu Termasuk Seperti Ini?

suami idaman

Untuk kalian para suami ataupun calon suami, mungkin ada beberapa hal yang mungkin belum kamu ketahui tentang bagaimana cara untuk menjadi suami idaman bagi seorang wanita yang kita cintai.

pria idaman wanita
islamicanews.com

Mungkin ada di antara kalian yang menganggap dirinya adalah suami idaman, tetapi baca dulu tulisan sebelum berpendapat seperti itu. Tulisan ini merupakan sebuah tips yang di ajarkan islam agar menjadi suami idaman untuk wanita yang kita cintai.

Islam telah memberikan kita banyak kiat untuk menjadi suami yang terbaik. Lalu bagaimanakah cara untuk menjadi suami yang baik itu? Berikut ini merupakan 7 tips menjadi suami idaman untuk wanita, diantaranya yaitu;

1. Mempergauli Istri dengan Cara Ma’ruf 

Allah berfirman, yang artinya, “Dan bergaullah dengan mereka (para istri) dengan baik.” (QS. an-Nisa ayat 19).

Ibnu Katsir juga pernah berkata, “Berkatalah yang baik dengan istri kalian, perbagus lah amalan serta tingkah laku kalian kepada istri-istrimu. Berbuat baiklah sebagaimana yang kalian suka apabila istri kalian bertingkah laku demikian.” (Tafsir al-Quran al-Azhim, Ibnu Katsir).

2. Memberi Nafkah, Pakaian serta Tempat Tinggal yang Baik

Ibnu Katsir pernah berkata, “Bapak dari si anak mempunyai kewajiban untuk memberikan nafkah pada ibu dari si anak, termasuk juga di dalam hal pakaian dengan mengenakan yang baik.

Disini yang dimaksud dengan cara yang baik yaitu dengan memperhatikan kebiasaan dari masyarakat tanpa berlebih-lebihan serta tidak pula pelit. Hendaklah suami memberikan nafkah sesuai dengan kemampuannya serta yang mudah untuknya, dan juga bersikap pertengahan dan hemat.” (Tafsir al-Quran al-Azhim, Ibnu Katsir).

3. Mengajari Istri IlmuAgama

Mungkin Anda akan bertanya, “Bagaimana kalau kita tak bisa mendidik istri, karena diri kita sendiri memiliki  kekurangan di dalam hal agama?”Jawabnya yaitu, hendaklah Anda berusaha untuk memperbaiki diri.

Berusaha untuk mempelajari agama Islam lebih dalam lagi, sehingga nantinya anda mampu untuk memperingatkan serta mendidik istri.

Jika tetap tidak bisa, hendaklah untuk mengajaknya ke majelis-majelis ilmu. Atau mungkin dengan cara lain yang bisa  meningkatkan ilmu keberagamaan Anda serta istri lebih baik dari yang sebelumnya.

4. Meluangkan Waktu Bercanda

Poin yang ini merupakan yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW, sebagaimana dengan apa yang telah diceritakan oleh istri beliau yaitu Aisyah, Ia pernah bersama Nabi saat safar. Aisyah kemudian berlomba lari bersama beliau SAW. Lalu Aisyah berkata,

Akupun mengalahkan beliau. Tatkala aku sudah bertambah gemuk, aku berlomba lari lagi bersama Rasul, namun kala itu beliau mengalahkanku. Lantas beliau bersabda, “Ini balasan untuk kekalahanku dahulu.” (HR. Abu Daud no. 2578).

5. Mengajak Istri serta Anak Rajin Beribadah

Allah berfirman, yang artinya, “Dan perintahkanlah kepada keluargamu untuk mendirikan shalat dan bersabarlah kamu di dalam mengerjakannya.” ( QS. Thaha ayat 132).

RasulullahSAW pernah bersabda, “Perintahkanlah kepada anak-anak kalian untuk melaksanakan shalat saat mereka telah berumur 7 tahun. Dan pukulah mereka apabila telah berumur 10 tahun.” (HR. Abu Daud, no. 495).

6. Pisah Ranjang dalam Rangka Mendidik

Allah berfirman, yang artinya, “Dan hajr-lah (pisahkanlah mereka) di tempat tidur mereka.”(Qs. an-Nisa ayat 34).

Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sadi pernah mengatakan bahwa makna tida satu ranjang adalah dengannya dan tidak berhubungan intim dengan para istri-istri mereka sampai ia sadar akan kesalahannya (Taisir al-Karimir Rahman, ibn Sadi).

7. Jangan Melukai Istri

Muawiyah al Qusyairi pernah bertanya kepada Rasulullah SAW mengenai kewajiban suami terhadap istri, lalu Rasulullah SAW bersabda,

Engkau memberikannya makan sebagaimana engkau telah makan. Engkau memberikannya pakaian sebagaimana engkau berpakaian, dan janganlah engkau memukul wajah, dan jangan juga menjelek-jelekkannya serta jangan pula mendiamkannya selain di rumah.” (HR. Abu Daud, no. 2142).

You may also like

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *