Pengertian dan Asal Usul Kuntilanak | Sejarah Kuntilanak

ciri-ciri kuntilanak

Asal Usul Kuntilanak – Kuntilanak? Emangnya dongeng? Hei, banyak yang sudah tahu tentang legenda ini? Kuntilanak selalu digambarkan sebagai hantu wanita yang menyeramkan, dengan ciri khas rambut panjang hitam dan jubah putih menjuntai. Namun begitu, beberapa orang masih menganggap kuntilanak sebagai misteri.

asal-usul kuntilanak pontianak
windia-natahime.deviantart.com

Oh, begitu ya? Oke deh, kalau begitu, ikut saya berkelana mencari asal-usul kuntilanak yuk? Mau? Hantu dengan ciri khas suara rintihannya yang menyeramkan ini sering hadir di malam hari selepas magrib. Yang menarik, beberapa orang percaya jika suara rintihan kuntilanak itu terdengar seolah berada di dekat kita.

Kabarnya hantu wanita itu justru berada di posisi yang jauh dari kita. Sebaliknya, bila suara rintihannya terdengar jauh, katanya hantu yang satu ini justru berada di dekat kita. Hiiiii, seram juga ya! Omong-omong soal asal-asul kuntilanak.

Kuntilanak Merupakan Penampakan Wanita

penampakan wanita
gallerypusaka.cakep.info

Warga Pontianak meyakini bahwa sosok kuntilanak merupakan penampakan seorang wanita yang telah meninggal namun belum tenang di alam kubur. Hah? Yang benar? Begini ceritanya. Wanita tersebut dikabarkan meninggal pasca melahirkan dan hingga saat ini selalu berupaya mencari anaknya. Itu kisah dari Pontianak.

Asal Usul Kuntilanak

permulaan kuntilanak
intisarionline.com

Sumber lain punya cerita lain! Kuntilanak justru dikisahkan sebagai wanita yang dibunuh oleh istri muda suaminya. Lho? Iya! Jadi, menurut cerita yang beredar, wanita ini telah lama menikah namun tak juga memiliki keturunan. Sedangkan suaminya sangat mendambakan kehadiran seorang buah hati.

Akhirnya sang suami memutuskan untuk poligami. Apa daya, wanita itu hanya bisa mengikhlaskan hal tersebut karena memang ia tidak mampu memberikan keturunan untuk sang suami. Tak lama setelah pernikahan suaminya dengan istri mudanya, wanita ini kabarnya dibunuh oleh istri muda suaminya.

Ciri-ciri Kuntilanak

ciri-ciri kuntilanak
pinterest.com

Itu soal asal usul kuntilanak. Lalu bagaimana ciri-ciri kuntilanak itu sendiri? Banyak yang menggosipkan kalau hantu wanita yang populer itu seringkali memperdengarkan suara tangisannya yang mengiris hati. Setelah itu, dilanjutkan dengan suara tawa yang terkikik-kikik.

Duh, jadi merinding deh! Teman-teman pernah mengalaminya juga? Selain itu, ciri kedua lebih pada tempat penampakan si kunti ini. Dia paling suka menampakkan diri di mana sih? Mitos yang beredar sih menyebutkan kalau kuntilanak paling suka menempati bangunan-bangunan setengah jadi yang belum selesai dibangun.

Kuntilanak Mencuri Janin Ibu Hamil?

kuntilanak mencuri janin
ummionline.com

Serta bangunan yang sudah lama tak berpenghuni. Mitos ketiga yang juga sangat terkenal adalah soal kuntilanak yang suka mendekati para ibu hamil dengan maksud ingin mencuri janin dalam rahim sang ibu. Oh ya? Namun begitu, banyak kabar beredar bahwa kunti sangat takut dengan benda-benda yang tajam.

Jadi, orang tua zaman dulu sering membawa benda-benda tajam seperti pisau, gunting, atau paku agar kandungannya aman dari gangguan kuntilanak. Oh ya, masih berkaitan dengan anak-anak, kuntilanak ini juga sangat senang dengan anak kecil lho!

Orang Tua Waspada Terhadap Kuntilanak

orang tua waspada terhap bayinya
ituberita.info

Terlebih lagi anak-anak di bawah usia satu tahun. Dengar-dengar, para orang tua yang tinggal di daerah yang sarat akan mitos tentang hantu yang satu ini dianjurkan untuk selalu menjaga bayinya dan tidak meninggalkannya sendirian.

Salah-salah, nanti bayinya diculik sang kunti! Katanya, sang kunti ini bakal merawat anak kecil curiannya itu seperti mengasuh anaknya sendiri. Tapi…… siapa yang mau ya? Oh ya, saking melegendanya, kuntilanak juga kerap menjadi inspirasi bagi para pembuat film lho!

Tahu sendiri kan, beberapa film sukses dengan mengangkat kisah dari hantu wanita yang satu ini. Film-film Kuntilanak Ciliwung, Kuntilanak Beranak di Dalam Kubur, Kuntilanak Merah, Paku Kuntilanak, Rintihan Kuntilanak, dan masih banyak lagi. Kenal dengan film-film tersebut?

kuntilanak suzana
kapanlagi.com

Kuntilanak sangat Populer, tetapi pada akhir-akhir ini kuntilanak sudah tidak menjadi trending topik, karena mungkin perkembangan teknologi semakin berkembang pesat jadi anak-anak ataupun masyarat sudah tidak terlalu adanya kuntilanak.

Ditambah lagi film mengenai kuntilanak diproduksi hanya pada tahun 2013 kebawah. Dan sekarang film horror sudah mulai tergusur dengan film animasi-animasi, film action dan film-film yang lainnya. Karena pada dasarnya kuntilanak populer saat suzana memerankannya di film-film horror yang ia bintangi.

Sangat seru ketika Suzana berperan sebgai kuntilanak, ia sangat menjiwainya. Apalagi suaru yang dibuatnya, membuat bulu kudu yang mendengar langsung berdiri.

Yak, seperti itu tadi pembahasan kita mengenai asal usul kuntilanak, sudah kita bahas secara lengkap, mulai dari pengertian sampai ciri-ciri kuntilanak tersebut. Jika ada yang kurang jelas silahkan bertanya pada kolom komentar. Sekian dari saya, semoga bermanfaat dan terima kasih.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *