Bahagianya saat Praktek Kerja Lapangan

Praktek kerja lapangan adalah di saat kita menerapkan segala kemampuan yang telah kita dapatkan dari sekolah. Dulu saat saya akan melakukan praktek kerja industri, saya ketakutan di karenakan takut jika ada pekerjaan yang tak bisa saya selesaikan di karenakan kurangnya skill.

Namun ternyata sangat berbeda dengan apa yang saya pikirkan, pekerjaan di sana sama dengan ilmu yang telah saya dapatkan dari sekolahan, jadi mudah untuk menyelesaikan pekerjaan yang di berikan. Namun terkadang memang butuh waktu untuk menyelesaikannya, dan setiap pekerjaan mempunyai tingkat kesulitan masing-masing.

kota metro
riparep.wordpress.com

Dulu saat praktek kerja industri saya di temani oleh 5 orang kawan, namanya Dwi Setiawan, Oksar Hendra, Syaifulloh, zainudin, dan yang terakhir Lulu Imroatin. Lulu adalah satu-satu perempuan yang berada di kelompokku.

Namaku sendiri adalah Agus tri hendratno, teman-teman biasa memanggilku dengan sebutan Hendrat, Bisa di katakan aku adalah orang yang paling lugu di antara teman-temanku.

Dulu kami berenam melakukan praktek kerja industri di tempat Service komputer milik pak Eko Purwanto, selain ada kami berenam disana ada juga 2 orang yang sedang melakukan praktek kerja industri, namanya Amirotul dan Risa muliasari dari Smk Karya Wiyata Metro.

Banyak sekali ilmu yang kami dapatkan di sini, di antaranya:

Service Komputer

service komputer
infotechcomp.wordpress.com

Memang kami di sekolah sudah di ajarkan bagaimana cara merakit dan juga service komputer, namun untuk kerja praktek mengatasi komputer yang bermasalah kami belum pernah, dan di tempat kami prakteklah kami menemukan banyak sekali ilmu.

Permasalahan yang ada sangat banyak, materi yang di dapat dari sekolah belum cukup, kamu harus mengeksplore nya, karena memang permasalahan yang sama terkadang tidak bisa kita selesaikan dengan cara yang sama, di sini kita harus pintar-pintar menggunakan logika untuk menyelesaikan maslah.

Cara yang sering saya pakai adalah mendiagnosa permasalah dulu, cari tahu kemungkinan-kemungkinan yang menyebabkan kerusakan, barulah kita perbaiki, jika masih belum benar maka cari cara yang lain. Intinya trial and error, jangan pernah untuk menyerah mencari cara yang lain, karena itu menyenangkan.

Bahkan dulu pernah teman saya melakukan kesalahan sehingga di dalam CPU ada nyala api yang besar, setelah kami teliti ternyata ada pemasangan kabel yang salah. Saya juga pernah melakukan kesalahan, jadi kipas untuk pendingin processor patah karena terkena obang yang saya gunakan saat kipas itu berputar.

Install Sistem Operasi

sistem operasi
deviantart.com

Terkadang kita sudah memakai prosedur yang telah di didapat dari sekolah, semua sudah di terapkan, tapi terkadang kita tetap gagal menginstal, di sini di perlukan ketelatenan dan juga banyak-banyak search di google, karena di google banyak tutorial yang permasalahannya sama seperti yang kita alami.

Clone Sistem Operasi

acronis
softwarecrew.com

Setelah di ajari Instalasi sitem operasi, kami di ajari untuk melakukan Cloning, ini di lakukan untuk mempermudah instalasi sistem operasi selanjutnya. Jadi jika ada komputer yang ingin di instal kita cukup menginstal dengan cloninganya tadi, tanpa instal yang dapt memakan waktu lama, hanya dengan clone pun bisa.

Aplikasi yang kami gunakan adalah Acronis 2010, sangat mudah menggunakannya, silahkan di cari sendiri jika penasaran dengan aplikasi tersebut.

Service Printer

repair
mobilerepairinginstitute.com

Ini yang paling tidak saya sukai, service printer bagi saya sangat rumit, apalagi jika yang mengalami kerusakan bagian cartridge (wadah tinta), karena susah untuk di perbaiki, caranya pun sangat rumit, kita harus menggunakan air hangat untuk mencairkan gumpalan yang menyumbat lubang cartridge.

bahkan untuk membersihkannya terkadang kita harus meniup cartridge, sehingga mulut kita terkena tinta, belum lagi tangan kita yang memegang cartridge, bisa merambah ke baju-baju kita. Dan ujung-ujung pasti harus ganti dengan cartridge yang baru.

Selain itu terkadang permasalan datang dari roller printer, tidak bisa berputar karena kemasukan kerikil, kita harus membongkar, tentu saja sulit untuk membongkar printer, berbeda dengan membongkar CPU, ini harus di butuhkan kesabaran.

Membuat Barcode

membuat barcode
w-dog.net

Karena di sana bukan hanya toko service komputer, melainkan juga ada counter Hp, jadi juga menjual aksesoris hp, jadi di butuhkan barcode untuk memudahkan managmen. Jadi dulu saya pernah di ajari membuat barcode, ternyata sangat mudah dengan bantuan aplikasi barcode.

Menggunakan Team Viewer

menggunakan teamviewer
filehippo.com

Pertama kali kenal dengan team viewer pada saat praktek kerja industri, sungguh memalukan bagi saya jika saat ini tidak mengenal aplikasi yang satu ini. Dulu sangat kagum sekali ketika pak Eko bisa mengontrol PC dengan smarphone, padahal jaraknya lumayan jauh.

Lalu kami minta di ajari, ternyata sangat mudah menggunakanya, dan manfaatnya pun sangat banyak. Saat ini team viewer sering saya gunakan untuk belajar dengan teman.

Itulah sekelumit pengalaman saya pada saat Praktek Kerja Industri, semoga bisa menjadi Inspirasi untuk kita. Jangan terlalu tegang ya, pas ngistal bisa di sambi makan catering harian di Malang hehe.

 

 

 

 

Leave a Comment