bahan kimia alami

Inilah Bahan Kimia Alami Sebagai Faktor Penentu Kesehatan

Bahan Kimia Alami – Halo teman-teman. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang. . Apa itu? Yuk, berkelana bersama!

bahan kimia alami
sikodik.com

Bagaimana kabar kalian hari ini? Apakah kalian semua sehat? Ngomong-ngomong soal kesehatan, saya percaya bahwa salah satu faktor penentu kesehatan yang baik berasal dari kualitas makanan yang kita makan sehari-hari. Apakah kalian juga setuju? Oke deh, kita akan bahas soal bahan kimia alami yang ada pada makanan.

Apakah kalian suka makan makanan yang sedap dan beraroma enak? Tentu saja! Semua orang juga mengharapkan menyantap hidangan-hidangan yang menyenangkan sekaligus memiliki citra rasa yang sedap dan aroma yang enak dalam kehidupan sehari-hari.

makanan lezat berbahaya
seputarmakanan.com

Namun sayangnya, beberapa dari kita senang menggunakan bahan kimia yang tidak sehat demi mewujudkan hal itu yang seharusnya kita hindari.

Tapi bagaimana jika kita membuat santapan kita menjadi sedap dan beraroma enak dengan bahan kimia alami? Wah, tentu saja kalian mendapat poin plus-plus dong! Selain memperoleh kualitas rasa dan aroma yang menyenangkan dari hidangan, bahan kimia alami tersebut juga tidak berbahaya bagi tubuh.

Bahan Kimia Alami untuk Penyedap Makanan

rempah rempah bahan kimia
id.pility.com

Apa saja itu? Penyedap makanan bisa datang dari rempah-rempah, seperti ketumbar, pala, daun salam, serai, kayu manis, sampai merica. Wah, bumbu-bumbu dapur bersifat rempah-rempah ini memang top deh. Setia membuat makanan kita menjadi sedap sekaligus beraroma enak!

Yang membuat nafsu makan semakin bagus dan yang terpenting sehat karena bahan kimia yang digunakan terbuat dari bahan yang alami dan berasal dari rempah-rempah.

pemanis jajanan alami
berbagairesep.com

Itu soal masakan sehari-sehari. Lalu kalau topiknya berganti menjadi minuman segar atau makanan kecil yang bersifat manis? Pemanis buatan? No! Belajar hidup sehat dengan hal-hal kecil yuk! Back to nature dan gunakanlah bahan-bahan kimia alami untuk mempermanis jajananmu.

Sehingga hidup kita menjadi lebih manis dari pada pemanis buatan yang dibuat dari bahan berbahaya. Mari kita perduli dengan kesehatan, pertama dimulai dari diri kita terlebih dahulu.

Bahan Kimia Alami untuk Pewarna Makanan dan Minuman

pewarna alami untuk makanan
blog.tokopedia.com

Kalian bisa menggunakan gula aren, olahan gula tebu, sampai gula merah. Ya kan? Nah? Baru kepikir sekarang? Next, soal pewarna. Selalu ngiler deh tiap kali lihat jajanan dengan warna-warna yang menarik.

Right? Tentu saja, dibandingkan makanan kecil dengan warna kalem yang tampak pucat, selalu lebih menggiurkan untuk memilih makanan dengan warna-warna yang menyenangkan mata. Tapi….. Ssstttt, jangan sampai salah pilih pewarna makanan ya!

Pilihlah pewarna makanan alami yang sehat untuk tubuh, sekaligus berfungsi untuk memercantik warna makanan kita. Hah? Memangnya ada ya? Ada dong! Daun suji bisa digunakan untuk membantu menambahkan warna hijau yang cantik pada kue-kue kecil seperti kue pisang atau dadar gulung.

kunyit untuk pewarna
bloginformasi.com

Kunyit juga! Kunyit berfungsi menambahkan warna kuning pada beberapa makanan seperti nasi kuning atau adonan bumbu Bali. Lalu, untuk menambahkan warna coklat? Mudah saja. Kalian bisa menambahkan gula merah untuk membantu jajanan dodol atau bubur menjadi lebih coklat.

Selain gula merah, buah kakao juga mempunyai fungsi yang sama, penghasil warna coklat. Contohnya untuk es krim atau susu coklat. Eh, atau bisa juga dengan caramel untuk menambahkan warna coklat, lho.

Sedangkan warna merah bisa didapat dari cabai merah, untuk membantu beberapa makanan menjadi lebih berwarna, seperti rendang daging atau sambal goreng. Beberapa bahan kimia pewarna alami itu dapat membantu kalian memercantik warna makanan lebih kelihatan menggiurkan, namun tetap aman untuk tubuh.

cabai merah mempercantik warna
pupukorganik.co

Zat pewarna tersebut tentu sangat baik untuk tubuh dan tidak membahayakan karena terbuat dari bahan-bahan alami yang biasanya juga digunakan untuk bumbu-bumbu masakan dan jamu-jamuan.

Done! Kita sudah membahas beberapa bahan makanan alami yang tetap menyehatkan tubuh. Ingat ya, jangan hanya mengejar rasa yang lezat saja. Kesehatan itu penting, dan kalian harus menjaganya dengan baik. Setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh harus diseleksi dengan baik, demi kesehatan yang prima.

Berapapun umur kalian, bijak rasanya bila kalian bisa menjaga diri dengan terlebih dahulu menjaga kesehatan tubuh. Setuju?

Bahan Kimia yang Seharusnya Bukan untuk Makanan

jajanan berbahaya dengan bahan kimia
drianisari.blogspot.com

Oh iya, disini saya menghimbau kepada teman-teman untuk mengurangi membeli jajanan,karena kebanyakan jajanan sekarang mengandung bahan kimia yang berbahaya, terlebih di kota-kota besar, salah satunya ada Ibu Kota Jakarta.

Banyak pedagang yang menjual makanan dengan memberikan bahan kimia berbahaya seperti pewarna makanan mereka ganti dengan menggunakan pewarna tekstil. Ada juga yang menjual gorengan, agar gorengan mereka renyah, mereka menggunakan plastik bungkus minyak tersebut, kemudian di goreng bersamaan pada minyak yang panas.

gorengan dengan plastik
mynameisridwan.wordpress.com

Setelah plastik dan minyak menyatu, barulah gorengan di goreng. Dan hasilnya memang gorengan tersebut sangat renyah, bahkan bertahan sampai seharian. Akan tetapi zat atau bahan kimia yang ada pada plastik tersebut sangat berbahaya. Bahkan dampaknya bisa menyebabkan penyakit kanker.

Selain itu di kota-kota besar juga terkenal dengan bakso yang enak dan kenyal. Di situ biasanya mereka menggukan bahan kimia yang seharunya bukan digunakan untuk makanan seperti, boraks.

Mengkonsumsi boraks secara berlebihan dapat menyebabkan gangguan pada otak, kerusakan ginjal, gangguan sistem saraf, membuat depresi, bahkan kematian. Selain itu masih banyak lagi bahan kimia berbahaya yang harus kita hindari seperti formalin, zat aditif nitrosamin, zat pengeras, zat pengental dan masih banyak lagi.

Untuk itu kita harus mengurangi jajanan agar kesehatan kita terjaga, sebaiknya kita membuat sendiri saja makanan yang kita inginkan dengan bahan kimia alami yang tentunya menjamin kesehatan kita.

Demikian tadi pembahasan kita mengenai bahan kimia alami dan bahaya bahan kimia yang seharunya bukan untuk digunakan pada makanan, semmpga kita bisa terhindar dari bahaya kimia. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Comment