Ternyata Mudah Budidaya Buah Naga

Untuk melakukan budidaya buah naga sangatlah mudah, walau biaya yang di keluarkan cukuplah tinggi namun itu semua akan terbayar dengan cepat. Misalnya aku mengambil contoh budidaya buah naga yang telah keluargku lakukan.

Di pekarangan rumahku ada lahan yang cukup untuk menanam buah naga sebanyak 250 tiang dengan jarak antar tiang 2×2 meter. Tiang tersebut terbuat dari semen, pasir dan besi untuk memperkuatnya. Setiap satu sak semen di gunakan untuk membuat tiang 10-12 tiang.

tiang buah naga
denidi.com

Saranku untuk 1 semen sebaiknya di buat untuk 8 tiang saja, agar tiang tersebut kokoh dan kuat menahan batang buah naga yang bisa mempunyai berat 1-2 kwintal di masa produktif.

Seperti halnya kemarin tanggal 2 september 2016 di hari jumat, di desaku dan desa sekitar terjadi hujan lebat dan angin yang kencang sehingga mengakibatkan rumah beberapa warga rusak parah, dan banyak pohon yang roboh. Alhamdulillah buah naga kami hanya roboh sebanyak 13 tiang saja, mengingat angin yang begitu kencang.

Di desaku sendiri sudah banyak yang ikut serta membudidayakan buah ini, padahal awalnya saat pertama kami menanam tidak sedikit orang yang tidak setuju atau tepatnya meremehkan potensi dari buah naga. Tapi pada akhirnya kami bisa membuktikan bahwa buah naga dapat menjadi sumber penghasilan.

Dalam setahun buah naga bisa panen 4-5 kali tergantung kondisi cuaca, dalam sekali panen bisa menghasilkan 4 kwintal sampai 1 ton untuk 250 tiang tersebut. Untuk harga di bulan september ini kami menjual 27 ribu perkilonya.

pasokan buah naga
kiosusaha.com

Kalaupun harga turun, biasanya harga turun sampai 12 ribu, itu masih menguntungkan. Penyebab turunya harga di karenakan banyaknya pasokan buah naga dari jawa ke sumatera, itu yang membuat harga hancur. Biasanya buah naga kami di setorkan di daerah sendiri, lampung, tapi seringnya di bawa ke bengkulu oleh saudara.

Itu tadi untuk pemasarannya sangat mudah, karena sudah ada yang membawa dan yang membawa itu saudara sendiri. Kalaupun bukan saudara biasanya banyak orang yang membeli di rumah, sampai terkadang kehabisan mengingat jumlah pembeli yang banyak, apalagi kalau di bulan Ramadhan.

Cara Budidaya Buah Naga

penanaman buah naga merah
mechtadeera.wordpress.com

Cukup siapkan tiang dengan tinggi 190 cm dan tanam tiang tersebut sedalam 40 cm, jadi tinggi tiang tadi sekarang 150 cm, lalu gali 3 lubang sedalam 20 cm dan berjarak 25 cm dari tiang, masukkan pupuk kandang ke dalam lubang yang telah kita gali.

Lalu masukan bibit buah naga dengan tinggi 50 cm ke dalam lubang tadi, kemudian tutup dengan tanah lalu siram dengan air.

Perawatan Buah Naga

Sebenarnya buah naga yang tidak di rawat bisa berbuah namun akan membutuhkan masa yang lama dan juga kualitasnya, tapi jika kamu ingin buah naga tersebut bisa berbuah di usia 7 bulan maka kamu harus memberikan perawatan terbaik.

  • Pemberian air

Petani menyiram buah naga
simomot.com

Berilah air secukupnya, biasanya kalau musim kemarau kami memberinya air 2 hari sekali, tapi kalau hujan yang tidak usah diberikan.

  • Pemupukan

pemupukan buah naga
sriwijayaonline.com

Semakin banyak pupuk yang di berikan sangatlah bagus, kami biasa memberi pupuk Phonska setiap habis hujan, setidaknya 1 bulan sekali. Pemberian pupuk ini ketika buah naga sudah bersemi biasanya umur 40 hari. Jadi sebelum 40 hari sebaiknya di beri pupuk kandang saja.

  • Penyerbukan Buah Naga

penyerbukan buah nga
blognyaumizf.blogspot.com

Sebaiknya buah naga yang sudah berkembang mekar dilakukan penyerbukan, untuk penyerbuakannya sendiri dilakukan pada malam hari, biasanya pukul 9 malam kembang sudah bermekaran.

Untuk penyerbukannya sangat mudah, tinggal memasukkan serbuka kedalam putik, bagus juga bila di lakukan penyerbukan secara silang.

Pemilihan Bibit Buah Naga Merah

bibit buah naga pilihan
buahnagakuning.com

Untuk masalah pemilihan saya menyarankan untuk memilih batang buah naga yang sudah tua atau yang sudah berbuah, di karenakan ketika di tanam ia akan lebih cepat tumbuhnya selain itu juga ia akan tahan terhadap hama yang menganggu.

Masalah yang Sering Terjadi

batang buah naga busuk
kiyanti2008.wordpress.com

Yang sering terjadi adalah busuknya batang bibit, itu di akbitkan pemberian air yang terlalu berlebihan, karena buah naga sendiri termasuk tumbuhan kaktus yang tidak memerlukan banyak air, Jadi berikan air secukupnya saja. Selain terjadi pembusukan batang buah naga biasanya tumbuh keriting.

Hal itu di sebabkan karena menanamnya di tempat yang teduh, seharusnya buah naga di tanam di tempat yang panas, yang tidak ada pepohonan di sekelilingnya. Ini juga dapat mempercepat perkembangan buah naga.

 

1 thought on “Ternyata Mudah Budidaya Buah Naga

Leave a Comment