Tutorial Cara Cepat Belajar Microsoft Excel dengan Metode Terbaik

Cara Cepat Belajar Excel – Jika kita sudah sering menggunakan microsoft excel versi 2003, 2007 maupun yang terbaru pasti kita sudah tak asing lagi dengan rumus-rumus microsoft excel yang ada pada aplikasi itu.

Akan tetapi yang jadi masalah jika kita adalah seorang pemula yang ingin belajar excel dan juga belum pernah mengoperasikan komputer. Tentunya akan susah untuk Cepat Belajar Excel.

Belajar microsoft excel untuk pemula
diginomica.com

Tenang saja, karena disini kita akan membahas cara cepat belajar excel secara lengkap untuk dasar dan pemula, pembahasan kali ini akan sangat menarik untuk disimak. Microsoft excel sendiri memang sudah dikenal dengan rumus serta formula dalam lembar kerja aplikasi tersebut.

Penggunaan rumus secara efektif akan sangan memudahkan pekerjaan kita menggunakan microsoft excel. Rumus beserta formula microsoft excel merupakan suatu keunggulan tersendiri, dengan kemampuan mengelola data dengan perhitungan yang matematis dan juga beragam dari fungsinya.

Setiap rumus yang ada pada microsoft excel sudah memiliki fungsinya sendiri-sendiri. Oleh sebab itu kita harus memahami setiap fungsi agar penggunaan rumus lebih efisien.

Sejarah Microsoft Excel

sejarah dari microsoft excel
en.wikipedia.org

Microsft membuat program spreadsheet yang mereka sebut dengan Multiplan pada tahun 1982, Multiplan ini sangat populer dengan Sistem Operasi (OS) CP/M.

Akan tetapi tidak menggunakan sistem MS-DOS, di karenakan sudah ada saingannya, yaitu lotus 123. Hal ini yang membuat microsft berupaya untuk mengembangkan spreadsheet yang kemudian disebut dengan excel.

Excel, untuk versi pertamanya baru dirilis untuk sistem operasi Macintosh di tahun 1985, sedangkan untuk versi Windows rilis pada tahun 1987, 2 tahun setelah rilis untuk Macintos dan diberi nomor 2.0. Pada tahun tersebut, pesaing microsoft, yaitu lotus 123 masih menggunakan MS-DOS.

Sehingga Excel mampu merebut pangsa pasar dan menjadi salah satu perusahaan pengembang aplikasi yang andal. Preatasi yang telah di capainya ini membuat microsoft menjadi pesaing kaut lotus 123, bahkan microsoft bergerak cepat dan mengembangkan excel menjadi aplikasi yang lebih baik.

Di awal peluncurannya, Excel terkena tuntutan yang dilakukan oleh perusahaan lain yang bergerak di bidang industri finansial yang sudah lebih dulu menjual aplikasi yang di beri nama Excel.

Yang mana nama ini sama dengan nama yang di gunakan oleh Microsoft. Sehingga microsft pada akhirnya mengganti nama dari Excel menjadi Microsoft Excel.

Versi Microsoft Excel dari Tahun ke Tahun

belajarexcelmudah.blogspot.com
belajarexcelmudah.blogspot.com

Macam-macam Extensi File Microsoft Excel

format file excel dari tahun ke tahun
123rf.com

Saat pertama kali rilis, Format berkas utamanya menggunakan format berkas biner yang sering disebut dengan Binary Interchange File Format (BIFF). Akan tetapi jenis format filenya berubah saat saat microsoft merilis office 2007 yang saat itu mereka juga memperkenalkan format berkas barunya yaitu Office Open XML.

Office Open XML merupakan yang berbasik XMl hampir sama dengan XMLS, yang diterapkan pada excel 2002. Meskipun ada format XML yang baru itu, akan tetapi Excel 2007 masih mendukung juga dengan format-format yang laman, termasuk yang masih berbasis BIFF .

Berikut ini merupakan bebrapa Ekstensi atau format file yang digunakan Microsoft excel:

*.xls, adalah format yang pertama kali digunakan Microsoft Excel sebelum merilis Excel 12. Masih berbasis format tradisional (Fromat BIFF) dan juga bisa untuk menyimpan berkas macro VBA.

*.xlt, adalah format yang digunakan untuk template worksheet pada Microsoft Excel sebelum Excel 12. Masih sama juga dengan format BIFF.

*.xml, atau yang kits sebut dengan XML Spreadsheet. sudah tidak menampung lagi file macro VBA.

*.xla, adalah format yang digunakan untuk Excel Add-in sebelum Excel 12. Masih berbasis format tradisional dan juga mendukung file macro VBA.

*.xlsx, adalah format yang menjadi default worksheet pada Microsoft Excel 12, yang sudah berbasis XML. Format ini juga sudah tidak supported file macro VBA.

*.xlsm, adalah format worksheet yang ada pada Microsoft Excel 12, yang sudah berbasis XML, akan tetapi masih bisa digunakan untuk menyimpan macro VBA.

*.xlsb, adalah format worksheet yang ada pada Microsoft Excel 12, yang sudah berbasis XML, akan tetapi bentuk Codenya dalam bentuk biner.

*.xltm, adalah format yang digunakan untuk template worksheet pada Microsoft Excel 12, yang sudah berbasis XML tapi masih supported untuk menyimpan macro VBA.

*.xlam, adalah format yang digunakan untuk Excel Add-in yang fungsinya untuk menambah kemampuan Excel 12.

Memulai Microsoft Excel

Untuk memulai menggunakan microsoft excel secara cepat, ada beberapa cara yang bisa kita gunakan, diantaranya:

Cara yang Pertama:

  • Hidupkan Komputer kita terlebih dulu
  • Klik tombol Start yang ada pada Taskbar Komputer kita
  • Pilihlah menu All Programs, kemudian kita pilih Microsoft Office
  • Yang terakhir kita pilih dengan meng-klik Microsoft Excel

Cara yang Kedua

  • Kita hidupkan komputer terlebih dulu
  • Kita Double Klik pada icon Microsoft Excel yang terdapat pada desktop komputer kita.

Cara yang Ketiga

  • Hidupkan Komputer kita terlebih dulu
  • Tekan kombinasi tombol Windows yang berada di pojok kiri bawah yang ada logonya kotak itu, dan tombol R secara bersama (Wndows+R), Setelah itu akan muncul kotak dialog.
  • Ketikkan Microsoft Excel dan tekan Enter.

kita dapat bebas untuk memilih cara memulai Microsoft Excel yang sudah kita bahas diatas tadi sesuai dengan selera, yang harus di garis bawahi adalah tindakan selanjutnya setelah kita mempelajari Microsoft Excel.

Apakah kita hanya cukup mempelajari Rumus Microsoft Excel dan hanya sekedar tau, setelah itu kita tutup Aplikasi Microsoft Excel, semua itu terserah pada kita.

Mengenal Lembar Kerja Microsoft Excel

Sebelum kita memulai untuk menuliskan rumus kita pada lembar kerja kita pada microsoft excel, sebaiknya kita berkenalan dulu tampilan dashboard microsoft excel. Agar kita bisa menggunakan aplikasi tersebut secara maksimal dan cepat. Berikut ini lembar kerja excel dan juga penjelasannya:

belajarexcelmudah.blogspot.com
belajarexcelmudah.blogspot.com

Tipe Data Microsoft Excel

Tipe data yang ada pada microsoft excel ini secara umum dibagi menjadi 3, yaitu formula, numerik dan label, kita harus mempelajarinya agar kita bisa cepat belajar microsoft excel.

  • Tipe Data Formula

Adalah tipe data berupa perintah yang digunakan untuk melakukan suatu perhitungan. Secara keseluruhan, formula hampir sama dengan rumus. Contohnya sewaktu kita gunakan untuk menghitung omset berjualan dan yang lainnya.

  • Tipe Data Numerik

Merupakan kumpulan data yang terdiri dari angka-angka dalam berbagai bentuk dan format. Data tipe ini dapat dihitung, contohnya harga barang, nilai mahasiswa dan yang lainnya

  • Tipe Data Label

Tipe data ini sering juga disebut dengan alfanumerik. Data jenis ini hanya akan menerangkan data numerik dan formula. Semua huruf, simbul dan angka dimasukkan ke data tipe label ini.

Fungsi dan Rumus pada Microsoft Excel

rumus dan formula pada ms-excel
91lapc.blogspot.com

Setelah kita mempelajari tipe data di atas tadi, selanjutnya kita akan berkenalan dengan fungsi dan rumus excel, yang mana rumus excel ini sering sekali digunakan dalam perkantoran dan juga di toko-toko besar.

1. Fungsi Average

merupakan fungsi yang dipakai untuk mencari nilai rata-rata dari sekumpulan data atau disebut dengan range. Untuk penulisannya sendiri seperti ini:

=AVERAGE(number1, number2,…)

Langsung saja kita beri contoh, misal kita ingin mencari tahu nilai rata-rata range data E8 sampai G8, maka kita tuliskan rumusnya seperti ini:

=AVERAGE(E8:G8), setelah kita tulis, tekan Enter.

2. Fungsi Sum

Fungsi Sum ini digunakan untuk menjumlahkan range. Untuk penulisan Fungsi Sum sendiri seperti ini:

=SUM(number1, number2,…)

Misal kita ingin menjumlahkan range data pada E8 sampai G8, maka kita tuliskan rumusnya seperti ini:

=SUM(E8:G8), setelah itu kita tekan Enter.

3. Fungi Max

Fungsi Max ini kita gunakan untuk mencari nilai maksimum atau nilai tertinggi dari suatu range. Untuk penulisan Fungsi Max sendiri seperti ini:

=MAX(number1, number2,…)

Misal kita ingin mencari nilai yang tertinggi di range data pada E8 sampai G8, maka kita tuliskan rumusnya seperti ini:

=MAX(E8:G8), dan tekan Enter.

4. Fungsi Min

Fungsi Min merupakan kebalikan dari fungsi Max, jika tadi fungsi Max digunakan untuk mencari nilai tertinggi maka fungsi Min ini digunakan untuk mencari nilai yang paling rendah. Untuk penulisan Fungsi Min sendiri seperti ini:

=MIN(number1, number2,…)

Misal kita ingin mencari nilai terendah di range data pada E8 sampai G8, maka kita tuliskan rumusnya seperti ini:

=MIN(E8:G8), setelah itu tekan Enter.

5. Fungsi Count

Fungsi ini kita gunakan untuk menghitung jumlah data pada suatu range, Untuk penulisan Fungsi Count sendiri seperti ini:

=COUNT(number1, number2,…)

Misal kita ingin menghitung jumlah data di range data pada E8 sampai G8, maka kita tuliskan rumusnya seperti ini:

=COUNT(E8:G8), setelah itu kita tekan Enter.

6. Fungsi Logika IF

Fungsi ini digunakan dalam kondisi tertentu. Contohnya, jika ada nilai pada sel A1=1, maka hasilnya adalah 2, jika tidak, maka bernilai 0. Fungsi Logika IF ini dibantu oleh operator relasi {=, <, >, <=, >=, <>}. Untuk penulisan Fungsi Logika IF sendiri seperti ini:

=IF(logical_test,value_if_true,value_if_false)

Dapat kita baca seperti ini; Jika pada ekspresi logika (logical_test) bernilai benar, maka pada (value_if_true) akan di eksekusi, akan tetapi jika salah, maka perintah pada (value_if_false) yang akan di eksekusi. Contohnya seperti ini:

contoh fungsi logika if
belajarexcelmudah.blogspot.com

jika ada kolom yang ada tanda “K”, maka keterangannya akan muncul “KAWIN”, jika tidak, maka keterangan akan muncul “TIDAK KAWIN”. Rumusnya seperti ini: =IF(C3="K", “KAWIN","TIDAK KAWIN").

Contoh dari fungsi diatas tadi merupakan contoh yang masih sederhana, silahkan kembangkan sendiri agar lebih menguasai terutama pada fungsi Logika IF, karena fungsi ini sangat luas.

Operator Matematika yang Sering Digunakan

operator matematika pada excel
cowok-kecut.blogspot.com

Rumus merupakan salah satu bagian yang paling penting pada di program ini, karena untuk menjalankan excel berarti kita juga akan menulis rumus, semakin menguasai rumus maka semakin cepat belajar excel. Di dalam rumus ini terdapat operator matematika, dan operator matematika yang sering digunakan dianataranya:

Cara Keluar dari lembar kerja Microsoft Excel

Jika kita telah selesai membuat atau memperbaiki workbook dan kita ingin keluar dari lembar kerja atau Microsoft Excel, kita bisa menggunakan Office Button setelah itu kita pilih Close, kita juga bisa keluar dengan cara mengklik tanda silang yang berada pada pojok kanan atas.

akan tetapi jangan lupa, kita harus menyimpan lembar kerja kita dengan cara menekekan tombol kombinasi (CTRL+S).

Demikian tadi pembahasan kita mengenai cara cepat belajar excel, semoga dapat di praktekkan agar ilmu yang sudah kita sampaikan bisa diterima dengan cepat. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Comment