memanaskan meriam bambu

Meriam Bambu Alternatif Ngabuburit

Cara Membuat Meriam Bambu – Dulu aku sering sekali ketika ramadhan membunyikan Meriam Bambu, di desaku sering disebut dengan Long. Banyak sekali yang menbunyikannya, suara yang keras terdengar seperti meriam asli, biasanya aku membunyikannya usai sahur dan menjelang berbuka.

meriam bambu
amanahru.blogspot.com

Permainan tradisional ini sangat asik untuk menemani hari-hari di bulan ramadhan, sebagai alternatif ngabuburit. Akan tetapi lumayan menguras kantong untuk membeli minyak tanah, karena 1 liter minyak tanah dulu seharga 12 ribu, itu di gunakan hanya samapai 4 hari saja.

Cara Membuat meriam bambu sangatlah mudah, bahan yang dibutuhkan hanya bambu petung tua, karena bambu petung mempunyai ukuran yang besar, semakin besar bambunya maka akan semakin besar pula suara yang di keluarkannya.

Mencari Bambu Petung

mencari bambu petung
karangnongko.klaten.info

Yang perlu di siapkan pertama kalinya adalah Bambu Petung, tidak terlalu sulit untuk mencarinya karena aku tidak harus membeli, nenek ku mempunyai banyak bambu petung di ladangnya, sehingga aku hanya tinggal mengambilnya saja.

Untuk mengambil bambu tersebut berjalan kurang lebih 1 km dari rumah, bambu tersebut berada di ladang di pinggir sungai, tempatnya sedikit gelap karena selain ada bambu-bambu di sana banyak pohon besar, jadi masih seperti hutan.

Menebang Bambu

menebang bambu petung
mangyono.com

Ini perlu di perhatikan, memotong bambu tidak boleh asal-asalan karena dapat membahayakan, tebanglah bambu dari pangkal batangnya dan berhati-hatilah saat  bambu akan terputus, bisa jadi pangkal batang bambu mengenai kita.

Setelah bambu sudah di tebang ambil bagian yang terbaik, yaitu 200 cm dari bagian pangkal bambu, dan bersihkan dari lugut-lugut yang menempel. Jika tangan kita terkena lugut maka akan gatal, cara membersihkannya sering kali aku usap-usapkan di rambut sendiri, terkadang juga iseng mengusapkan ke rambut teman.

Menjemur Bambu

Bambu untuk Bangunan
print.kompas.com

Setelah berhasil mendaptkan bambu yang kita pilih, kemudian kita jemur, fungsi menjemur bambu agar bambu tidak mudah pecah selain itu juga suara bambu akan menjadi bagus. Jemur sampai bambu berwarna cokelat.

Pemanasan Pada Bambu

memanaskan meriam bambu
sari-arzalina.blogspot.com

setelah di jemur, bambu sudah siap di pakai akan tetapi bambu belum bisa mengeluarkan suara yang menggelegar, seperti motor mau di pakai, bambu harus dipanasi terlebih dulu. Cara memanasinya mudah, biasanya aku hanya memasukan minyak tanah dan memberinya api.

Tunggu beberapa detik dan matikan, ulangi seperti itu dan jangan lupa jika asapnya menebal di tiup.

Gelegar Suara Long

Bermain Meriam Bambu
print.kompas.com

Setelah panas maka suara long akan menggelegar, itu bertanda bahwa long siap untuk di mainkan. Berhati-hatilah saat menyalakan Long, atur jarak matamu dengan lubang long. Dulu aku punya pengalaman bulu mata terbakar karena menyalakan long terlalu dekat, jadi bulu matanya terbakar tinggal sedikit.

Ramuan Long Menggelegar

long karbit
rayahaba.com

Aku sering sekali memberi ramuan agar long mengeluarkan suara menggelegar, aku memberinya garam, jadi garam di masukan ke lubang long dengan minyak tanah, maka suaranya akan menggelegar.

Selain ramuan dari garam ada lagi yang lebih hebat, bahkan bisa menggegerkan satu kampung, yaitu memberinya dengan karbit. Jika menggunakan karbit maka tak perlu memerlukan minyak tanah, cukup dengan air yang di masukkan karbit.

Ini lebih berbahaya dari minyak tanah dan garam, di sirankan jangan mencoba dengan memakai nya dengan karbit, bahkan bambu petung yang mempunyai ukuran tebal yang sebelumnya di ikat-ikat agar kuat, jika kita menggunakan karbit mungkin bambu hanya akan bertahan 3 sampai 5 kali letusan saja.

setelah itu bambu akan terbelah menjadi 2, bahkan punyaku dulu hanya bertahan 1 kali letusan saja, karena kadar karbit yang di masukkan terlalu banyak membuat ledakkannya semakin besar. Sangat berbahaya sekali jadi tidak di sarankan, apalagi di sekitar rumah ada orang tua atau bayi.

Bisa-bisa jadi sasaran amukan warga, soalnya dulu aku pernah di marahin warga karena pakai karbit.

Leave a Comment