Inilah Cara Mencangkok Mangga yang Benar dengan Hasil yang Berkualitas

okulasi mangga yang benar

Cara Mencangkok Mangga – Mencangkok adalah suatu cara yang dilakukan untuk perkembangbiakan secara vegetatif buatan yang dilakukan dengan tujuan untuk memperbanyak tanaman yang mempunyai sifat yang sama dengan indukannya, selain itu bertuhuan agar cepat menghasilkan dan pohon akan tumbuh tidak terlalu tinggi seperti pohon biasanya.

pohon mangga cangkokan
warasfarm.wordpress.com

Mencangkok dapat dilakukan dengan menguliti pohon atau tanaman sampai bersih dan juga menghilangkan kambium yang ada pada cabang atau ranting dengan panjang5-10 cm pada pohon dikotil yang kemudian dipindahkan ke dalam wadah lain setelah akar tumbuh.

Cangkok merupakan cara untuk melakukan perkembangbiakan pada tumbuhan dengan menanam batang ataupun dahan yang mana batang atau dahan tersebut sebelum di tanam harus berakan terlebih dulu sebelum di potong dari pohonnya.

Tidak semua tumbuhan bisa kita cangkok, tumbuhan yang dapat kita cangkok hanya tumbuhan dukotil dan tumbuhan biji terbuka. Apa itu tumbuhan dikotil? tumbuhan dikotil merupakan tumbuhan yang berbunga yang mempunyai biji berkeping dua.

tumbuhan dikotil untuk mencangkok
guruilmuan.blogspot.co.id

Contoh tumbuhan dikotil seperti rambutan, jambu-jambuan, terong-terongan, polong-polongan, komposite, jarak-jarakan dan masih banyak lagi. Cara perkembangbiakan dengan metode mencangkok merupakan cara yang sangat istimewa terutama untuk tumbuhan jenis buah-buahan.

Karena bentuk dan rasa buah yang akan dihasilkan nanti akan sama dengan indukannya. Berbeda jika dilakukan perkembang biakan seperti biasanya, yaitu dengan menanam biji, terkadang tanaman yang akan dihasilkan akan berbeda dengan indukannya.

Tumbuhan atau tanaman yang dihasilkan dari mencangkok akan lebih cepat berbuah di bandingkan dengan tumbuhan yang di tanam dari bijinya dan memiliki sifat yang sama persis dengan indukannya.

Akan tetapi kekurangan dari tanaman hasil cangkokan adalah mudah roboh, karena perakaran dari tanaman cangkok adalah serabut, oleh sebab itu kita haru berhati-hati dalam menanamnya.

Selain itu kekurangan lain dari mencangkok adalah umur yang pendeng dibanding dengan tumbuhan yang ditanam menggunakan biji. Pada saat kita mencongkok, kambium yang ada pada ranting atau cabang harus kita hilangkan agar kulit nantinya tidak terbentuk kembali.

kambium pada pohon
gedemahaputra.wordpress.com

jika kulit terbentuk lagi, maka akarpun tidak akan terbentuk. Dan sebaliknya jika lapisan kambium bersih maka hasil dari fotosintesis akan terkumpulkan di tempat cambium yang telah kita bersihkan dan pertumbuhan dari akan dapat cepat terangsang dengan baik.

Disini kita akan belajar bagaimana cara mencangkok mangga yang baik dan benar, berikut ini merupkan cara mencangkok mangga, silahka disimak.

Cara Mencangkok Mangga yang Benar

mencangkok mangga yang baik
resepmasakanhani.blogspot.com

Dengan melakukan pencangkokan pada tanaman kita akan mendapatkan hasil yang berkualitas. Salah satu contohnya adalah mencangkok mangga. Mangga merupakan buah yang disukai kebanyakan orang.

Supaya kita bisa memiliki buah mangga dengan buah yang lebat dan enak maka kita bisa mengembakbiakannya dengan cara mencangkok.

Keuntungan Mencangkok Mangga

Berikut ini merupakan keuntungan yang dapat kita dapatkan dari mencangkok pohon atau tanaman mangga:

1. Pohon mangga akan tumbuh mempunyai sidat yang sama dengan indukan mangga. jadi jika ingin mempunyai bibit buah mangga yang berkualitas maka siapkan indukan buah mangga yang mempunyai kualitas bagus untuk di cangkok.

2. Pohon mangga yang di cangkok akan lebih cepat berbuah di banding dengan pohon mangga yang lain yang tidak di cangkok, yang menanamnya dari biji.

3. Produksi serta kualitas mangga akan sama dengan indukannya.

4. Tingkat keberhasilan panen sangat tinggi, jadi sangat cocok untuk kita yang ingin berbisnis mangga.

Kekurangan Didalam Metode Cangkok Mangga

Selain banyak keuntungan, ternyata teknik mencangkok mempunyai kekurangan, berikut ini adalah kekurangan dari metode mencangkok mangga:

1. Tanaman mangga yang di cangkok akan lebih mudah roboh di banding dengan mangga yang di tanam dari biji, karena mangga cangkokan mempunyai akar berbentuk serabut.

2. Pohon mangga tidak tahan kering pada musim kemarau tiba.3. Dalam pencangkokan satu indukan hanya bisa di lakukan beberapa saja, jadi tidak bisa memperbanyak tanaman dengan jumlah yang sangat banyak.

4. Pohon mangga indukan lama-kelamaan akan rusak karena bagian cabangnya di potong untuk dijadikan cangkokan.

Nah itu tadi keuntungan dan kekurangan menggunakan metode mencangkok, bukan hanya pada pohon mangga saja, termasuk pohon yang lainnya juga. Setelah kita mengetahui hal tersebut sekarang kita bisa memulai persiapan mencangkok.

Kriteria Indukan Pohon Mangga yang Baik untuk Dicangkok

indukan mangga yang bagus
youtube.com

Agar proses mencangkok berjalan dengan lancar, maka kita harus memilih indukan yang baik. Banyak orang yang gagal dalam mencangkok karena memilih indukan yang salah. Untuk itu sebelum kita membahas mengenai alat, bahan dan teknik yang digunakan dalam mencangkok.

Akan lebih baik bila kita membahas sedikit mengenai kriteria indukan mangga yang baik untuk dicangkok agar nantinya dapat menghasilkan buah mangga yang berkualitas bagus.

Harus dari Indukan yang Produktif

Ini merupakan kriteria yang paling penting dalam memilih indukan yang akan kita gunakan untuk dicangkok. Indukan harus terbukti menghasilkan banyak buah, mempunyai rasa yang manis, pertumbuhan yang baik dan juga bebas dari hama dan penyakit.

Karena tujuan dari mencangkok adalah untuk mendapatkan banyak buah dengan lebih cepat, jadi kita haris memilih indukan yang terbukti produktif. Kita harus memilih batang indukan yang sudah dewasa.

Paling tidak pohon mangga indukan sudah berumur 2 tahun lebih. jadi batang yang akan kita cangkok nantinya sudah siap dan terbukti produktifnya.

Pilih Batang yang Bagus
memilih batang pohon mangga
petanitop.blogspot.com

Salag satu ciri batang yang bagus untuk dicankok adalah tidak memiliki luka atau goresan pada bagian batangnya, kita harus memilih batang yang mulus. Selain itu kita juga harus memilih batang yang kuat serta kokoh. Pada saat kita mengupas kulit batang, nanti akan ada cairan yang kuluar saat pengelupasan.

Cairan tersebut merupakan cairan kambium yang khas dari metode pecangkokan ini. Setelah dikelupas, nanti kita akan mendiamkan terlebih dahulu agar cairan kambium tadi kering.

Jangan sampai melakukan pencangkokan sebelum cairan kambium kering atau hilang. Kita juga bisa menggunakan batang ketiga dari percabangan pada bagian pangakal batang.

Metode Mencangkok Mangga

cara mencangkok pohon mangga yang benar
porosbumi.com

Inilah pokok pembahasan kita, disini kita akan memulainya dengan pembahasan mengenai alat dan juga bahan yang diperlukan dalam mencangkok pohon mangga.

Alat dan Bahan Mencangkok Mangga

– Pisau
– Gunting
– Pupuk kandang
– Tali rafia
– Serabut kelapa

Cara Mudah Mencangkok Pohon Mangga

pencangkokan mangga yang benar
solusikebun.com

Dibawah ini adalah proses pembuatan cankok pada indukan pohon mangga:

1. Kita pilih batang pohong mangga yang sedang, tidak terlalu tua dan juga tidak terlalu muda. Dengan ukuran sekitar 120 cm.

2. Kerat atau kupas batang tersebut menggunakan pisau yang tajam. panjang dari luka kupasa atau keratan sekitar 10 cm.

3. Bersihkan kambium yang terdapat pada batang, kita bisa membersihkan dengan cara mengeriknya.

4. Getah yang menempel biarkan sampai kering terlebih dahulu. Kita membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 3 minggu untuk membuatnya benar-benar kering dari getah.

5. Kita berikan zat perangsang (ZPT), seperti sekarang ini yang masih populer adalah clonex, dan juga pupuk andalan kita pada bagian yang telah kita kerat.

6. Kita ambil beberapa tanah kemudian kepal dan balutkan pada bagia kerat batang tadi. Pastikan semua bagian keratan tertutup dengan tanah secara sempurna.

7. Kita bungkus dengan media pembalut, disini kita menggunakan serabut kelapa. Selain serabut kelapa kita bisa menggunakan media yang lainnya seperti plastik. Kemudian kita ikat menggunakan tali rafia dengan kencang.

8. Kita siram batang yang telah kita cangkok tadi secara rutin setiap harinya.

9. Selama 3 sampai 4 bulan akar sudah mulai tumbuh, balutan serabut kelapa bisa kita lepas dan cangkokan bisa kita tanam pada media yang baru.

10. Kita bersihkan daun dan ranting kecil dengan cara memotongnya agar nantinya tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan cangkokan

11. Buka bungkusan cangkokan tadi dengan hati-hati

12. Tanam batang cangkokan tadi kedalam polybag terlebih dahulu sebelum kita tanam ke tanah sampai daun dan juga ranting tumbuh.

13. Jika ranting dan juga daun sudah tumbuh, maka batang cangkokan sudah bisa kita tanam pada tanah.

proses pencangkokan pohon mangga selesai
ngasih.com

Demikian tadi pembahasan kita mengenai cara mencangkok mangga, bagaimana, mudah bukan? Didalam metode pencangkokan tadi yang paling penting adalah memilih pohon indukan yang bagus, karena nanti akan berpengaruh pada hasilnya.

Setelah kita menanam cangkokan tadi jangan lupa untuk terus merawatnya. Metode pencangkokan pohon mangga tadi juga berlaku untuk pohon dikotil lainnya. Demikian artikel kali ini, kamu juga bisa membaca artikel yang lainnya mengenai jenis tanaman palawija yang dapat menambah pengetahun. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

You may also like

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *