keuntungan okulasi mangga

Panduan Lengkap Cara Okulasi Mangga yang Baik dan Benar

Cara Okulasi Mangga – Siapa suka buah mangga? Hei, kalian penggemar mangga, ini saatnya untuk melihat lebih dekat tentang cara menanam buah kesukaan kalian. Apa? Menanam? Oh…. Bukan! Maksud saya adalah okulasi. Eh? Kenapa menggunakan istilah macam-macam sih?

okulasi mangga yang benar
solusikebun.com

Jadi kalian tidak paham soal istilah okulasi? Oke deh, ayo berkelana bersama! Hari ini kita akan belajar soal okulasi, lebih spesifiknya okulasi terhadap buah kesukaan kita, mangga! Yeiy! Okulasi memang merupakan salah satu metode dalam vegetatif buatan.

Kamu akan merasakan jika metode okulasi ini sangat membantu setelah mempraktikkannya, jangan males ya buat praktik. Setelah kamu mencobanya, maka kamu akan menggunakan metode ini terus. Nggak percaya? buktikan saja!

Pengertian Vegetatif Buatan

pengertian vegetatif buatan
devputnathania.blogspot.co.id

Aduh….. vegetatif buatan? Apa lagi sih itu? Vegetatif buatan merupakan metode mengembangbiakan tanaman secara tidak kawin, dengan bantuan manusia. Ada banyak macam-macam dari metode vegetatif buatan ini seperti, stek, mencangkok, merunduk, mengenten. dan yang akan kita bahas dari salah satu jenis vegetatif buatan adalah dengan melakukan okulasi. Done?

Dan beberapa tanaman yang bisa dikembangbiakan melalui metode okulasi adalah pohon karet, mangga, belimbing, dan kakao. Tapi kali ini kita akan fokus dulu di mangga deh. Buah yang selalu menyenangkan disantap karena rasanya yang manis ini, sekaligus teman rujak yang seru, ternyata bisa diokulasi dan hasilnya nanti akan sangat memuaskan dari pada kita menanam dengan cara yang biasanya kita lakukan.

Karena itu bisa memakan waktu yang cukup lama. Berbeda dengan menanam dengan teknik okulasi ini. KIta akan sangat di manjakan dengan proses yang relatif sebentar dan akan sangat jauh berbeda hasilnya dengan teknik yang biasa kita gunakan.

Cara Okualsi Mangga

cara okulasi mangga
forestryinformation.wordpress.com

Caranya? Let’s start! Pilihlah batang atas dari pohon mangga yang kelihatan sehat. Sehat di sini berarti tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda, serta kuat alias tidak mudah rapuh. Dari batang atas tersebut, pilih mata tunas yang kelihatan muda dan sehat. Then, sayat ujung mata tunas hingga kayunya mengelupas.

Setelah selesai, mulailah kembali mencari batang bawah pohon mangga. Ingat ya, selalu cari batang bawah yang sehat dan kuat. Kembali, sayat juga batang bawah. Namun kali ini tidak hanya disayat, namun juga dilubangi seperti membuat lubang untuk menyiapkan sesuatu.

Tentu saja, lubang itu dipersiapkan untuk si mata tunas. Buat perkiraan yang matang tentang ukuran lubang sayatan pada batang bawah, menyesuaikan dengan ukuran mata tunas batang atas yang juga telah disayat. Setelah selesai, masukkan bagian mata tunas yang telah disayat ke dalam lubang batang bawah.

Tips Okulasi Mangga

tips okulasi mangga
guruilmuan.blogspot.com

Pas? Oke, sip! Jangan lupa, memberi plastik di bagian mata tunas. Menutupi mata tunas dengan plastik bertujuan untuk mengurangi penguapan serta agar terlindung dari panas dan hujan. Oh ya, namun begitu, tanaman dalam proses okulasi ini boleh diletakkan di lingkungan terbuka yang terpapar panas dan hujan kok.

Karena kan sudah terlindung oleh plastik tersebut. Saatnya menunggu! Satu setengah bulan pertama biasanya belum ada perubahan. Tunas masih terlihat segar. Namun begitu, ada hal yang bisa dilakukan untuk membantu tunas batang berkembang dengan baik.

Kita bisa memotong bagian atas sambungan. Sambungan? Yap, sambungan antara tunas dengan batang bawah. Bagian atas sambungannya dipotong beberapa sentimeter untuk mempercepat proses pertumbuhan tunas. Eh, tapi tidak langsung dipotong ya.

Saran Terhadap Okulasi Mangga

saran okulasi mangga
youtube.com

Beberapa orang menyarankan untuk menyayatnya dulu, sambil melihat perkembangan yang terjadi. Bila sudah ada perubahan pada tunas, barulah memotongnya beberapa sentimeter.Tunas terlihat mulai mekar dan tampak beberapa daun akan segera tumbuh pada bulan kedua hingga bulan ketiga.

Wah, melihat tunas yang tampak akan bertumbuh memang selalu menyenangkan! Apalagi, bila kita yang mengerjakannya sendiri, dan mangga merupakan buah favorit kita. Benar kan, bercocok tanam memang selalu mengasyikan. Apalagi, cara-cara klasik ini masih bisa dikerjakan dengan mudah di rumah.

Tak perlu khawatir jika okuasi yang kita lakukan gagal, karena perbandingan gagal dengan berhasil lebih condong ke berhasilnya. Tapi lakukan dengan serius ya?

Keuntungan Metode Okulasi

keuntungan okulasi mangga
kebunbibitbuah.com

Selain itu, bercocok tanam dengan cara okulasi selalu lebih menguntungan. Selain mendapat kepastian bahwa rasa buah mangga dari hasil okulasi akan sama seperti citra rasa buah dari pohon induknya, menanam dengan cara ini juga tidak memakan waktu yang terlalu lama. Right?

Dan caranyapun sangatlah mudah untuk dilakukan, karena apa yang kita bahas ini sudah lengkap jadi kita cukup membaca dan kita pahami, nanti kita akan mengerti sendiri. Dan jangan lupa untuk mempraktikannya agar semakin paham bagaimana cara okulasi mangga ini.

Demikian pembahasan kita mengenai Cara Melakukan Okulasi pada Pohon/Tanaman Mangga, akan sangat mudah memahaminya jika telah mempraktikannya. Semoga bermanfaat dan sampai bertemu kembali di pembahasan berikutnya masih bersama dengan GoPena.com.

1 thought on “Panduan Lengkap Cara Okulasi Mangga yang Baik dan Benar

Leave a Comment