penulisan daftar pustaka

9 Contoh Daftar Pustaka yang Baik dan Benar Sesuai dengan Kaidah Penulisan

Contoh Daftar Pustaka – Setelah sebelumnya kita membahas mengenai contoh slip gaji, sekaran kita akan membahas Contoh penulisan daftar pustaka. Yang akan kita bahas dalam materi kali ini cukup lengkap mengenai tata cara dalam membuat daftar pustaka yang baik dan benar.

contoh daftar pustaka
pixabay.com

Tulisan kali akan sangat penting sebab diantara kita masih banyak yang belum mengetahui atau paham bagaimana sebenarnya penulisan dalam membuat daftar pustaka yang benar-benar sesuai dengan kaidah penulisan yang umum digunakan selama ini.

Terdapat beberapa aturan tertentu yang menjadi patokan di dalam penulisan daftar pustaka. Aturan tersebutlah yang coba saya jelaskan kepada teman-teman dalam kesempatan ini.

Dan untuk penjelasannya akan kami pecah menjadi beberapa bagian, yaitu penjelasan menegnai apa itu daftar pustaka atau pengertian daftar pustaka, kemudian fungsi daftar pustaka, aturan penulisan daftar pustaka, dan juga contoh penulisan daftar pustaka.


Apa itu Daftar Pustaka?


apa itu daftar pustaka
pixabay.com

Daftar pustaka sering juga dikenal dengan bibliografi, sumber rujukan, sumber acuan atau referensi. Daftar pustaka merupakan daftar segala sumber yang menjadi bahan bacaan yang dalam penggunaan penyusunan karya ilmiah.

Di dalam kaidah penulisan, apabila kita mengutip beberapa paragraf atau kalimat saja dari sumber bacaan yang lain ke dalam karya yang sedang kita tulis, maka mau tidak mau kita di haruskan untuk mencantumkan sumbernya.

Untuk sumber bacaan itu sendiri memiliki bentuk yang bermacam-macam, misalnya saja seperti; surat kabar, jurnal buletin, terbitan berkala, majalah, ensiklopedia, hasil riset, dan yang lain sebagainya.

Semua sumber tersebut berkaitan dengan karya ilmiah yang sedang kita tulis. Pada karya ilmiah, daftar pustaka biasanya ditempatkan setelah isi karangan dan di tulis dengan memberikan halaman tersendiri, jadi tidak di campur dengan tulisan yang lain.


Fungsi Daftar Pustaka


fungsi daftar pustaka
pixabay.com

Ada yang tahu kenapa daftar pustaka perlu untuk di cantumkan? Baik, disini saya akan jelaskan hal tersebut, ada empat fungsi pencantuman pada daftar pustaka, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Menunjukkan kejujuran dari seorang penulis bahwa tulisannya tersebut tidak semata-mata dari hasil pemikirannya sendiri, melainkan sebagian juga mengambil dari buku atau sumber yang lain.
  2. Memberikan pengakuan atau penghargaan kepada penulis yang mana tulisannya tersebut diambil sebagai bahan referensi.
  3. Membantu pembaca dalam mengedukasi atau mengetahui lebih jauh, yakni dengan cara membaca buku-buku sumber yang disebutkan tadi.
  4. Memenuhi kelaziman sebagai seorang penulis karya ilmiah.

Aturan Penulisan Daftar Pustaka


aturan daftar pustaka
pixabay.com

Dalam penulisan daftar pustaka ada aturannya jadi tidak boleh sembarangan, kita harus mengikuti aturan-aturan yang sudah dilazimkan. Aturan tersebut dapat kita simak berikut ini:

1. Nama dari pengarang yang namanya terdiri dari dua unsur atau lebih, dalam penulisannya dibalik, antara unsur pertama dengan unsur yang kedua diberi tanda koma.

Cotnohnya saja, nama pengarang Deny Setiawan ditulis menjadi Setiawan, Deny. Apabila pengarangnya ada dua orang, maka nama yang dibalik hanya nama pengarang yang pertama saja, setelah itu antara nama pengarang yang pertama dan yang kedua diberi kata “dan”.

Dan apabila pengarangnya ada tiga orang atau lebih, maka nama yang dicantumkan hanya nama pengarang yang pertama saja (penulisannya dibalik jika terdapat 2 unsur) barulah diikuti nama pengarang dkk.

Misalnya seperti i ni, sebuah buku ditulis oleh 4 orang, yakni Deny Setiawan, Nur Afwan, Fajar Sore, dan Juliar Man. Dalam daftar pustaka, maka harus ditulis Setiawan, Deny dkk.

Dan apa bula pengara memiliki Gelar akademis, gelar keagamaan, atau gelar kebangsawanan, maka gelar tersebut tidak dicantumkan. Misalnya saja, Drs. Deny Setiawan, M.Pd. cukup kita tulis dengan Setiawan, Deny.

2. Dalam urutan penulisan ke samping kanan merupakan nama pengarang “dibalik, diakhiri tanda titik”, tahun terbit (jika tidak ada, ditulis Tanpa ada Tahun, diakhiri dengan titik), nama kota tempat terbitnya (diakhiri dengan titik dua), dan terkahir adalah nama penerbit (diakhiri dengan tanda titik).

Misalnya saja sebuah buku yang diberi judul dengan Deskripsi Cinta dan Kemanusiaan yang ditulis oleh Ilhamudin Dian, S.Sos, diterbitkan oleh Dilema Ilmu, Surabaya, pada tahun 2017, penulisannya adalah Dian, Ilhamudin. 2013. Deskripsi Cinta dan Kemanusiaan. Surabaya: Dilema Ilmu.

3. Urutan ke bawah yang berdasar pada abjad nama pengarang (yang sudah dibalik) dan juga tidak menggunakan nomor.


Contoh Daftar Pustaka


contoh daftar pustaka
pixabay.com

Berikut ini kita akan tampilkan beberapa contoh daftar pustaka dengan model penulisannya yang disesuaikan dengan sumber atau referensi bacaan yang digunakan sebagai sumber dari pembuatan karya ilmiah.

1. Contoh daftar pustaka dari buku

Bahan bacaan yang mana dikutip dari buku, maka dalam penulisan daftar pustaka harus ditulis dalam bentuk:

Setiawan. 2017. Cara Membuat Prototype yang Baik dan Benar. Medan: Dilema Media

Sarwat, Nur. 2016. Tips Blogger Ibu Professional. Malang: Dimas Publishing

Nang, Fajar. 2017. Tips Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Lampung: Hendrat Publishing

2. Contoh Daftar Pustaka dari Surat Kabar

Kutipan yang berasal dari surat kabar atau koran, maka penulisan daftar pustakanya berbentuk:

Marman 11 Februari, 2017. Karya Ilmiah Guru: Sebuah Tinjauan. Gopena News, hlm 7 & 9.

3. Contoh Daftar Pustaka dari Website Internet

Contoh daftar pustaka untuk kutipan yang diambil dari situs website internet ditulis dengan bentuk:

Sarwat, 2016. Contoh Penulisan Daftar Pustaka, www.gopena.com/contoh-penulisan-daftar-pustaka/

4. Contoh Daftar Pustaka dari Ensiklopedia/Kamus

Kutipan yang berasal dari ensiklopedia atau kamus, maka penulisan daftar pustakanya dalam bentuk:

Stafford-Clark, G. 2001. Over load and therir treatment. The New Encyclopedia of Britannica. Encyclopedia Britannica. 28: 568-569.

5. Contoh Daftar Pustaka dari UU atau Kepres

Republik Indonesia, 2016 Undang-undang Tindak Kejahatan, Jakarta: Sekretariat Negara.

6. Contoh Daftar Pustaka dari Presentasi Makalah Seminar

Jika kutipan berasal dari makalah yang dipresentasikan dalam seminar, maka daftar pustakanya ditulis:

Sarwat. 2016. Konsep Biologi dalam Lingkungan Hidup. Makalah dipresentasikan pada Pekan Sejarawan Nasional Indonesia, Februari 10-11, Lamongan.

(Makalah oleh Sarwat yang berjudul Konsep Biologi untuk Lingkungan Hidup, dipresentasikan di Lamongan, Indonesia, pada Pekan Sejarawan Nasional Indonesia.)

Demikian tadi pembahasan kita mengenai Contoh daftar pustaka, semoga bermanfaat. Apabila terdapat kata-kata kurang jelas silahkan tanyakan melalui form komentar yang sudah di sediakan dibawah. Sekian dan Terima kasih.

Leave a Comment