contoh kalimat sanggahan dan penolakan

15 Contoh Kalimat Persetujuan Penolakan Sanggahan Dalam Diskusi yang Bagus Untuk Diterapkan

Contoh Kalimat Persetujuan Penolakan Sanggahan – Dalam berdiskusi, kita diwajibkan aktif baik itu dengan menyampaikan pertanyaan, atau menyatakan pendapat, atau juga menanggapi suatu pendapat dari orang lain.

contoh kalimat sanggahan dan penolakan
Kerjayuk.com

Nah, untuk menanggapi suatu pendapat, maka kita kadang setuju, menolak, ataupun menyanggah pendapat dari seseorang sesuai dengan pola pikir yang ada pada kepala kita.

Adapun dalam menanggapi dari suatu pendapat maka kita dituntut untuk menyampaikan tanggapan itu dengan menggunakan cara yang baik serta sopan.

Berikut pada pembahasan di artikel kali ini akan saya akan bahas mengenao contoh kalimat persetujuan, penolakan, dan juga sanggahan yang baik dan sopan yang dapat membantumu untuk menjadi seorang peserta dalam sebuah diskusi yang aktif tapi namun tetap mengedepankan norma kesopanan.

Contoh Kalimat Persetujuan, Penolakan dan Sanggahan

Sebelum kita membahas mengenai bagaimana contoh dari kalimat sanggahan, persetujuan, dan penolakan, terlebih dulu kita akan pahami mengenai pengertian, fungsi, serta ciri-ciri dari masing-masing kalimat itu.


1. Contoh Kalimat Persetujuan


kalimat persetujuan dan penolakan
materiku86.blogspot.com

Secara umum, kalimat persetujuan dapat diartikan sebagai suatu kalimat yang berfungsi untuk menyatakan kesetujuan seseorang terhadap suatu ide, gagasan, atau pendapat dari orang lain.

Ciri-ciri kalimat persetujuan yakni adanya kata “sependapat", “setuju", “sejalan", atau dengan kata lain yang menunjukan mengenai keberpihakan pada suatu pendapat.

Berikut ini ada beberapa contoh kalimat persetujuan yang dapat kamu gunakan dalam berdiskusi. Diantaranya sebagai berikut:

  1. Terus terang saya setuju dengan pendapat yang telah di sampaikan tadi!
  2. Kita sejalan! Apa yang kamu sampaikan tadi sangat sesuai dengan apa yang ada di pikirkan saya!
  3. Saya sependapat dengan apa yang kamu sampaikan!
  4. Benar, kita memang harus mulai untuk memperbaiki keadaan bangsa ini! Pendapat yang sudah Anda kemukakan itu sangat sesuai dengan apa yang ingin saya utarakan juga!
  5. Saya sangat setuju dengan pendapat saudara Hilman mengenai pentingnya menjaga keutuhan NKRI dari serangan radikalisme dan komunisme.

2. Contoh Kalimat Penolakan


kalimat penolakan dan sanggahan
slideshare.net

Kalimat penolakan merupakan kalimat kebalikan dari kalimat persetujuan. Kalimat penolakan ini adalah kalimat yang digunakan untuk menyatakan penolakan ataupun pengingkaran terhadap ide, gagasan, atau pendapat dari orang lain.

Untuk menyampaikan kalimat penolakan, maka kita dituntut untuk bisa bersikap sopan sehingga orang yang telah berpendat kita tolak, namun tidak tersinggung.

Salah satu cara agar penolakan kita menimbulkan kesan sopan pada kalimat penolakan harus terdapat kata “maaf", “mohon maaf", “izin", atau yang lain sebagainya.

Selain itu, dalam kalimat penolakan terdapat adanya kata “tidak setuju", “tidak sejalan", “kurang sependapat", atau yang lain sebagainya.

Berikut ini merupakan beberapa contoh dari kalimat penolakan yang sopan untuk bisa kamu terapkan dalam berdiskusi.

  1. Mohon maaf. Sepertinya saya tidak sejalan dengan apa yang sudah kamu kemukakan.
  2. Izin menanggapi hal tersebut. Disini saya terus terang tidak setuju dengan ide yang kamu tawarkan.
  3. Maaf, saya tak sependapat dengan kamu dalam hal ini.
  4. Saya kurang sependapat mengenai keputusan yang akan kamu keluarkan.
  5. Mengingat tingginya animo masyarakat, maka saya tak setuju apabila kamu menghentikan proyek yang telah kita rencanakan bersama.

3. Contoh Kalimat Sanggahan


contoh kalimat sanggahan
workitdaily.com

Kalimat sanggahan merupakan kalimat berupa penolakan terhadap suatu ide, gagasan, ataupun pendapat yang dirangkai sedemikian rupa dengan kesan persetujuan supaya tidak menimbulkan konotasi kasar di dalam menyatakan penolakan.

Kalimat sanggahan sering sekali digunakan saat diskusi untuk mempengaruhi seseorang yang saat itu pendapatnya kita tolak supaya dapat menerima saran, masukan, atau pendapat dari kita.

Selain itu juga, kalimat sanggahan biasanya ditambahi dengan menggunakan argumentasi logis yang memungkinkan penolakan terhadap suatu pendapat bisa diterima.

Ciri ciri khusus dari kalimat sanggahan yakni terdapat kata tetapi, namun, atau ada kata sambung lain yang dapat menimbulkan pertentangan.

Berikut ini merupakan beberapa contoh kalimat sanggahan yang bisa kamu kembangkan sendiri untuk menghadapi diskusi yang berjalan panas.

  1. Pada dasarnya saya setuju dengan pendapamu, tetapi tentu akan menjadi lebih baik apabila kita memperhatikan unsur estetika ataupun keindahan dari karya seni yang telah kita buat.
  2. Pada prinsipnya pendapat kamu sudah sangat baik, tetapi menurut saya akan menjadi lebih baik apabila kita juga melakukan perencanaan yang benar-benar matang.
  3. Saya sangat sependapat dengan gagasan kamu, tetapi apabila kita tidak memperhatikan dari apa yang menjadi persoalan dari masalah tentu hasil yang nanti kita peroleh tak akan maksimal.
  4. Menurut kami, pendapat saudara Hilman ini nyaris sempurna. Akan tetapi, ada beberapa hal yang menarik perhatian, yakni tentang pelaksanaannya.
  5. Sejalan dengan pendapat Saudara Hilman, menurut saya akan lebih baik lagi apabila kita tidak meninggalkan apa yang sudah menjadi tujuan kita.

Nah itu, dari contoh-contoh kalimat sanggahan serta penolakan kita tentu telah menemukan satu pertanyaan mendasar. Yakni, apa sebetulnya yang menjadi perbedaan antara kalimat penolakan dan sanggahan apabila keduanya ini sama-sama bertujuan untuk melakukan penolakan suatu pendapat.

Perbedaan dari kalimat penolakan dan sanggahan terletak pada susunan kata serta sudut pandang kita di dalam menyampaikan suatu penolakan.

Dengan kalimat penolakan, maka tanggapan yang kita berikan itu akan terkesan kasar serta tak menghargai pendapat orang lain, tetapi dengan menggunakan kalimat sanggahan, maka pendapat yang kita berikan akan terasa lebih lembut, sopan, serta akan lebih mudah diterima.

Yap, demikian penjelasan pada pembahasan kali ini mengenai contoh kalimat sanggahan, kalimat penolakan, dan kalimat persetujuan.

Semoga bermanfaat dan bisa dipahami dengan baik serta menjadikan kita semua pandai di dalam berdiskusi dan menyampaikan pendapat.

Leave a Comment