contoh laporan keuangan perusahaan

Contoh Laporan Keuangan Laba Rugi Perusahaan Dagang dan Jasa

Contoh Laporan Keuangan – Di dalam pembelajara akuntasi, pengertian laporan keuangan merupakan proses terakhir. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar membuat laporan keuangan secara singkat dan mudah untuk di aplikasikan.

laporan keuangan
belajarbagus.net

Pada perusahaan yang mengarah pada perdagang perseorangan laporan keuangan terdiri dari laporan laba rugi, laporan perubahan modal, dan juga laporan arus kas serta neraca. Contoh laporan keuangan yang perlu dibuat oleh sebuah toko misalnya saja kita ambil contoh dari Toko Rejeki, sebagai berikut:

Pengertian dan Contoh Laporan Keuangan

1. Contoh Laporan Laba Rugi – Laporan Keuangan

Laporan laba rugi adalah laporan yang menjabarkan pendapatan serta beban dari suatu perusahaan pada periode tertentu saja. Jika pendapatan dari perusahaan tersebut lebih besar dari pada beban, maka perusahaan akan memperoleh laba.

laporan laba rugi
belajarbagus.net

Tetapi sebaliknya, jika pendapatan perusahaan lebih kecil dari pada beban, maka sudah di pastikan jika perusahaan tersebut akan menderita kerugian. Pada umumnya ada dua cara yang bisa untuk kita gunakan dalam melakukan penyusunan laporan laba rugi, yaitu dengan:

  • Single step (cara langsung) serta
  • Multiple step (cara bertahap)

Pada sistem yang pertama, yaitu single step, semua pendapatan perusaan akan dijumlahkan dari atas ke bawah sehingga nantinya akan menjadi suatu kelompok, kemudian akan dikurangi dengan jumlah dari seluruh beban dalam periode tersebut.

Nah, kemudian pada sistem multiple step, kelompok dari suatu pendapatan akan dipisahkan menjadi dua, yaitu pendapatan dari operasional (pendapatan kegiatan pokok perusahaan) dan pendapatan non-operasional (pendapatan di luar kegiatan pokok perusahaan).

Dari hal tersebut akan berlaku juga untuk beban yang dikelompokkan menjadi beban operasional serta nonoperasional.

susunan laporan keuangan
shutterstock.com

Dalam rangka untuk menyusun laporan keuangan kita juga bisa mengambil data dari kertas kerja yang terdapat pada lajur laba rugi. Angka dari pendapatan kita ambil dari lajur kreditnya, sedangkan beban kita ambil dari laju debitnya.

Laporan dari perhitungan laba rugi yang ada pada perusahaan dagang terdiri dari beberapa tahap, yaitu perhitungan dari pendapatan utama, perhitungan harga pokok penjualan, perhitungan dari beban operasional, dan juga perhitungan pendapatan serta perhitungan beban luar usaha.

Penyusunan laporan dari rugi laba pada perusahaan dagang akan sedikit berbeda dari pada perusahaan jasa, yang menjadi pembeda terutama terletak pada komponen harga pokok penjualan.

Harga pokok dari penjualan ini umumnya dibuat tersendiri di luar laporan laba rugi, yang dibuat dalam lampiran perhitungan.

Setelah kita menemukan hasilnya, jumlah nilai harga pokok dari penjualan tersebut akan dimasukkan dalam laporan laba rugi. Kurang lebihnya seperti itu mengenai contoh laporan laba ruginya.

2. Contoh Laporan Perubahan Modal – Laporan Keuangan

contoh laporan modal awal
belajarbagus.net

Penyusunan laporan perubahan modal yang terdapat pada perusahaan dagang ini sama seperti pada perusahaan jasa, berbeda dengan contoh laporan laba rugi yang berbeda antara perusahaan dagang dengan perusahaan jasa.

Data yang kita perlukan di dalam melakukan penyusunan laporan perubahan modal yaitu jumlah modal pada awal periode,kemudian jumlah laba bersih atau rugi bersih pada yang terdapat pada periode yang bersangkutan, dan juga pengambilan pribadi pemilik tahun yang bersangkutan.

3. Contoh Laporan Arus Kas – Laporan Keuangan

contoh laporan arus kas
belajarbagus.net

Laporan arus kas adalah laporan keuangan yang dibuat untuk menyajikan suatu informasi mengenai penerimaan serta pengeluaran kas suatu perusahaan selama periode tertentu.

Alirandari kas suatu perusahaan dapat kita golongkan sebagai berikut, yaitu penerimaan dan pengeluaran kas dari aktivitas operasi, kemudian investasi, serta pembelanjaan.

4. Contoh Neraca – Laporan Keuangan

contoh dari laporan keuangan neraca
belajarbagus.net

Neraca adalah komponen dari laporan keuangan yang mampu menunjukkan posisi kekayaan perusahaan tersebut. Penyusunan neraca yang terdapat pada perusahaan dagang sama seperti yang ada pada perusahaan jasa.

Hal ini juga berbeda dari laporan laba rugi antar perusahaan dagang dan perusahaan jasa. Rekening-rekening yang ditunjukkan di dalam neraca adalah rekening-rekening riil yang terdiri dari harta, utang, serta modal.

Penyajian laporan neraca ini untuk harta akan disusun berdasarkan dari suatu urutan likuiditasnya, serta kewajiban disusun berdasarkan urutan jatuh temponya, dan juga modal akan disusun berdasarkan dari tingkat kekekalannya. Neraca dapat kita susun dengan berbagai bentuk penyajian yang menari, antara lain sebagai berikut:

Account Form

Neraca dapat kita susun secara mendatar yang terbagi menjadi dua sisi. Dalam hal ini ada sisi debit dan juga kredit, debit di tujukan untuk rekening harta, sedangkan kredit ditujukan untuk rekening kewajiban serta modal.

Report Form

Neraca akan disusun menurun berbentuk laporan. Bagian yang teratas akan diisi dengan harta, kemudian kewajiban, dan yang paling akhir adalah modal.

Bentuk dari penyajian ini tidak terdapat sisi debit maupun kredit. Tetapi, sebagai pedomannya harta sama dengan kewajiban , kemudian ditambah modal.

Demikian tadi penjelasan mengenai Pengertian dan Contoh Laporan Keuangan dan juga laporan laba rugi, laporan perubahan modal, dan juga laporan arus kas serta neraca.

Jika bermanfaat maka bagikan kepada sahabat Ekonomi dan kawan-kawan semua. Sekian dan terima kasih.

Leave a Comment