contoh slip gaji karyawan

Contoh Slip Gaji Karyawan Yang Baik Dan Benar Beserta Pengertian dan Strukturnya

Contoh Slip Gaji Karyawan – Jika Kamu adalah seorang pemilik dari sebuah perusahaan, baik itu skala kecil maupun skala besar dan memiliki beberapa orang karyawan pastinya Kamu akan memberikan mereka imbalan (gaji) yang berupa bayaran hasil dari kerja mereka.

contoh slip gaji karyawan
brighterlife.co.id

Karena mereka telah meringankan kamu dalam proses-proses produksi sehingga memberikan kamu keuntungan. Upah yang kita berikan kepada karyawan yaitu berupa catatan yang di dalamnya berisi kumpulan dari setiap sektor tugas.

Yang mana terdiri dari penghasilan pokok, bonus, uang makan, lewat waktu, tunjangan, jamsostek dan bahkan uang transport mereka. Kelengkapan slip haji pendapatan karyawan yang baik dapat membuat para karyawan merasa percaya terhadap haknya sebgai seorang pekerja telah dipenuhi dengan sangat baik.

Sehingga nantinya para pegawai akan merasa menyukai dikarenakan semuanya transparan. Apabila kamu adalah pemilik perusahaan yang sedang mencari contoh slip gaji karyawan atau penghasilan yang benar untuk para pegawai kamu, maka kebetulan sekali kami memiliki banyak contoh slip gaji karyawan.

Berikut ini kami akan menyajikan beberapa contoh slip gaji karyawan yang dapat kamu gunakan untuk dijadikan sebagai referensi atau gambaran terhadap poin-poin apa saja yang nantinya terdapat dalam slip pendapatan mereka.


Pengertian Slip Gaji atau Bayaran


pengetian slip gaji
sinarberita.com

Sebelum kita masuk pada pembahasan contoh slip gaji, alangkah lebih baik bila kita mengetahui atau memahami terlebih dahulu mengenai arti dari slip gaji. Slip gaji merupakan fakta otentik ataupun fakta resmi penerimaan penghasilan dari pemberi kerja untuk para pekerja, pegawai atau karyawan.

Di dalam slip gaji atau penghasilan terdapat bagian-bagian nominal tertentu, baik itu secara terperinci ataupun hanya sekedar ringkasan saja.

Yang di dalamnya terkait dengan penghasilan bersihnya, misalnya seperti bayaran pokok, bonus pendapatan, atau pengurangan penghasilan yang termasuk juga nilai pinjaman seandainya itu ada. Baik perusahaan tersebut yang memiliki metode pendapatan berupa netto ataupun gross up, slip gaji terus diterbitkan.


Manfaat Slip Gaji atau Penghasilan


manfaat dari slip gaji
jpnn.com

1. Bagi Perusahaan :

  • Slip bayaran memiliki fungsi sebgai kenyataan atau pernyataan yang resmi bahwa perusahaan tersebut telah menjalankan kewajibannya terhadap pegawai atau karyawan yang bersangkutan mengenai banyaknya nominal tertentu yang sudah menjadi hak karyawan.
  • Slip bayaran juga berfungsi sebagai salah satu dokumentasi atas pencatatan pengeluaran bayaran/penghasilan atas pengeluaran dana dari perusahaan yang bersangkutan.

2. Bagi Karyawan :

  • Slip penghasilan memiliki fungsi sebagai suatu kejelasan yang menjadi komponen sebagai proses penggajian bagi Petugas.
  • Pernyataan yang sah sebagai berita potongan pajak atau  penyetoran pajak suatu pendapatan.
  • Rujukan dalam penyelenggara pembiayaan/pinjaman kredit atas dasar permohonan Petugas yang menjadi kebenaran otentik.

Struktur Slip Gaji Karyawan


struktur slip gaji
tumblr.com

Di dalam slip gaji karyawan terdapat beberapa bagian yang perlu untuk kita ketahui, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Nama Perusahaan

Bagian yang berada paling atas dalam slip gaji merupakan nama perusahaan. Di bagian tersenut  menjadi suatu penegasan bahwasanya slip gaji ini merupakan salah satu bagian dari dokumen yang resmi perusahaan.

2. Kerahasiaan Gaji

Kemudian setelah nama perusahan, yang berikutnya terdapat bagian yang menyatakan mengenai suatu kerahasiaan slip gaji itu. Kerahasiaan itu dinyatakan secara Confidential dan Private.

3. Tanggal Pembayaran, Subdepartemen serta Data Karyawan

Dam pada bagian selanjutnya terdapat tanggal pembayaran gaji, data subdepartemen dan ada juga data singkat mengenai karyawan. Pada bagian data seubdepatemen terdiri dari nama serta alamat subdepartemen. Sedangkan pada bagian data karyawan terdiri dari nama, nomor pegawai serta Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

4. Penghasilan dan Potongan

Dan untuk bagian berikutnya terdapat penghasilan dan potongan. Yang mana pada bagian penghasilan terdiri dari gaji pokok, insentif serta tunjungan lainnya. Sedangkan untuk bagian potongan sendiri terdiri dari bagian iuran Jamsostek dan saving plan karyawan serta iuran koperasi perusahaan dan juga masih banyak lagi yang lain.

5. Detail Pembayaran Gaji

Dan unutk bagian terakhir ini terdiri dari detail pembayaran gaji, disini terdapat beberapa bagian, diantaranya sebagai berikut:

  • Pajak Bulanan
  • Penghasilan sebelum dipotong pajak
  • Penghasilan setelah dipotong pajak
  • Jumlah uang bersih yang diterima
  • Nama bank yang melakukan pembayaran

Contoh Slip Gaji


Terdapat beberapa contoh mengenai pembayaran yang disertai dengan slip gaji yang sering sekali digunakan oleh perusahaan dalam melakukan penggajian kepada karyawan swasta ataupun pegawai negeri sipil. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak contoh slip gaji berikut ini:


Contoh Slip Gaji Karyawan Swasta


contoh slip gaji karyawan
lahiya.com

Contoh Slip Gaji Bulanan


slip gaji bulanan
contohsuratdinas.com

Contoh Slip Gaji Guru


contoh slip gaji guru
kaptenbombay.wordpress.com

Contoh Slip Gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS)


contoh slip gaji pns
elkhanza.wordpress.com

Contoh Slip Gaji Karyawan PT


contoh slip gaji karyawan pt
antarapost.com

Contoh Slip Gaji Karyawan Pabrik


contoh slip gaji pabrik
contohsuratdinas.com

Contoh Slip Gaji Pegawai Honorer


contoh slip gaji honorer
contohsuratdinas.com

Contoh Format Slip Gaji Sederhana


format gaji sederhana
blogmamen.com

Format Slip Gaji Sederhana


contoh format slip gaji
blogmamen.com

Demikian tadi pembahasan kita mengenai contoh slip gaji karyawan beserta struktur dan pengertiannya, semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

Leave a Comment