Contoh Surat Pengunduran Diri dari Kerja yang Baik dan Benar

surat pengunduran diri dari kerja

Contoh Surat Pengunduran Diri  – Kamu baru saja mendapatkan pekerjaan baru dan yang lebih baik, lalu kamu ingin mengundurkan diri atau resign dari pekerjaan lama mu itu? Tentunya untyuk mengundurkan diri kamu harus membuat surat pengunduran diri atau membuat surat resign.

surat pengunduran diri kerja
info.shine.com

Meskipun hanya selembar surat, tapi surat ini penting untuk kepentingan karier kamu kedepannya. Tulisan ini akan menunjukkan kepadamu beberapa contoh surat pengunduran diri dari pekerjaan mu yang lama.

Walaupun pekerjaan mu yang baru dan lebih baik, serta lebih besar gajinya, tapi kamu nggak boleh semena-mena buat ninggalin kantor begitu saja. Kebayang kan, jika kamu ngundurin diri dari perusahaan lama mu tanpa surat? Pasti dari pihak perusahaan akan sangat kecewa.

contoh surat resign
reference.com

Jika sudah seperti itu, nama kamu akan di cap jelek di mata perusahaan tersebut. Jadi surat pengunduran diri ini berguna agar kamu tetap bisa menjalin hubungan yang baik dengan perusahaan mu itu. Itulah manfaat dari membuat surat pengunduran diri untuk karier ke depannya.

Surat pengunduran diri ini pun harus dibuat dengan sopan dan juga jelas. Sopan dalam artian baik secara kata-katanya, serta jelas alasan dan tujuan dari surat pengunduran tersebut.

jika masih bingung tentang bagaimana cara membuat surat pengunduruan diri yang baik, berikut ini contohnya.

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja 1

Lamtim, 11 Februari 2015

Kepada

Yth. ManagerHRD

PT Bungkalan Madya

Jl. Garuda 22

Lamtim

Dengan hormat,

Dengan surat ini, saya Tri Hendratno, bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT Bungkalan Madya sebagai karyawan yang terhitung sejak tanggal 12 januari 2014.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di PT Bungkalan Madya.

Dan saya memohon maaf kepada seluruh karyawan serta manajemen PT Bungkalan Madya jika terdapat kesalahan atau kekeliruan yang sengaja atau pun tidak yang pernah saya perbuat selama saya bekerja.

Saya mengharapkan selalu PT Bungkalan Madya dapat berkembang terus dan selalu menjadi yang terbaik di Indonesia.

Hormat saya,

[Tanda tangan]

Tri Hendratno

 

 

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja 2

Jakarta, 2 Februari 2016

Kepada Yth,

Manager PT Muram Tbk.

Jl. Kumileng. Rajo Galoh No. 2

Jakarta Utara

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya sebagai Supervisor Manager PT Muram Tbk., yang berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama atau (SKB) mengenai ketenagakerjaan dan Undang-undang Tenaga Kerja, untuk itu, saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama                 : Susilo Wanto

Departemen     : PT. Muram Tbk.

Jabatan             : Supervisor

No. Karyawan  : 0178232

Bermaksud untuk mengajukan surat pengunduran kerja dari PT Muram Tbk. karena faktor kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan untuk bekerja lagi. Saya harap perusahaan PT Muram Tbk. Dapat memahami kondisi dan memberikan hak-hak sesuai ketentuan yang berlaku.

Demikianlah surat pengunduran diri saya haturkan, terima kasih atas perhatian dan dukungan yang telah diberikan selama saya bekerja.

Hormat saya,

[Tanda tangan]

Susilo Wanto

Bagian yang paling penting adalah, surat pengunduran diri yang kita buat harus berisi mengenai alasan pengunduran diri kita yang ringkas tapi jelas, isinya nggak terlalu panjang dan menyampaikan rasa terimakasih kita terhadap perusahaan tersebut.

memilih perusahaan baru
ganc.tk

Pasti sudah ada gambaran dong setelah membaca contoh surat pengunduran di atas, silahkan mau buat surat pengunduran diri yang mana dari model diatas? Kedua contoh tadi sangat membantu, bukan?

Nah berikut ini ada contoh lagi mengenai surat pengunduran diri, agar nantinya kamu nggak bingung lagi harus milih kata-kata yang sopan santun seperti apa dan dengan tentunya dengan format penulisan yang baik dan dapat dimengerti.

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja 3

contoh surat pengunduran diri 3
anakui.com

Dari contoh tersebut, Kita cukup dengan memasukkan identitas kita dan nama perusahaan lama mu (perusahaan yang kamu tinggalkan)

Jika perusahaanmu merupakan perusahaan asing dan setiap waktunya di wajibkan menggunakan bahasa inggri atau kamu bekerja di luar negeri, maka berikut ini adalah contoh surat pengunduran diri dalam bahasa Inggris yang dapat kamu gunakan:

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Bahasa Inggris

surat pengunduran kerja bahasa inggris
anakui.com

Untuk cara membuat surat pengunduran diri dengan menggunakan bahasa Inggris dapat dilihat di website Forbes ini. Berbagai contoh dan template surat lainnya juga dapat dilihat di sini.

Dalam penulisan menggunakan bahasa Inggris, format serta tata letak dari penulisannya sama saja dengan format penulisan menggunakan bahasa Indonesia. Hanya saja, dari bahasanya yang diubah.

menulis surat dalam bahasa inggris
forzasupplements.co.uk

Tapi, dari beberapa surat formal dengan bahasa Inggris ditulis secara sederhana dan lebih singkat. Sedikit apa pun surat formal yang menggunakan bahasa Indonesia, tentunya di luar negeri sana tulisan mereka lebih sedikit dan singkat lagi.

Jadi nggak sampai berlembar-lembar. Itu akan lebih bagus sih, agar yang membaca nggak capek, yang nulis juga nggak pegal, dan kertas yang dihabiskan nantinya nggak banyak.

Tapi, hal yang sulit dalam menulis surat yang sedikit itu adalah konten isinya. Karena penulisan yang singkat dan sedikit itu, tetap kita harus memasukkan alasan-alasan yang logis, dan menyampaikan maksud serta tujuan surat pengunduran kerja secara menyeluruh.

Nah itu PR banget kan, dalam menyusun kata-kata yang sederhana nan sedikit tapi kontennya bisa menyeluruh.

Download Contoh Surat Pengunduran Diri Bentuk Microsoft Word Doc

Sekarang gimana? Apa contoh-contoh surat pengunduran tadi masih kurang? Tenang saja! Kalau masih kurang dan masih butuh referensi lagi, kamu bisa medownload di beberapa contoh ini:

Download contoh surat pengunduran diri bahasa inggris

Download contoh surat pengunduran diri 1

Download contoh surat pengunduran diri 2

Disitu Banyak sekali contoh surat pengunduran diri dengan berbagai format yang berbeda-beda. Tapi contoh yang banyak itu jangan dibuat bingung ya, karena dari semua contoh itu hanya untuk referensi.

Pastikan bahwa kamu meninggalkan pekerjaanmu dengan baik-baik (sopan), supaya perjalanan dari kariermu itu lancar. Sehingga selepas dari pekerjaanmu yang sekarang ini, kamu dapat melamar kerja di perusahaan lainnya dengan mengirimkan CV atau daftar riwayat hidup.

setelah itu melakukan wawancara, dan kemudian mendapatkan pekerjaan yang baik di tempat barumu itu.

Selamat keinginanmu tercapai, ya!

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *