contoh teks anekdot beserta strukturnya

Contoh Teks Anekdot Beserta Strukturnya Lengkap

Contoh Teks Anekdot – Pasti kamu penasaran mengenai teks anekdot? Soalnya saya juga penasara degan teks anekdot, untuk itu disini kita akan membahas teks anekdot secara lengkap mulai dari pengertian teks anekdot, format atau struktur teks anekdot sampai dengan contoh dari teks anekdot itu sendiri.

teks anekdot lucu
kutipkata.com

Pengertian Teks Anekdot


cerita lucu dari anekdot
play.google.com

Teks anekdot merupakan salah satu cerita singkat yang menggambarkan mengenai kejadian sebenarnya, namun dibuat berbeda dari yang lain. yakni anekdot merupakan cerita yang lucu dan juga menarik yang biasanya berisikan hal yang sebenarnya.

Biasanya teks anekdot ini dibuat sesingkat kalimat provokatif ataupun pengaturan dari sebuah kelakar hal itu dikarenakan teks anekdot selalu disajikan berdasar pada kejadian nyata.

Yang mana disitu melibatkan orang-orang dalam dunia nyata, apakah orang itu terkenal atau tidak, yang jelas biasanya ada orang yang ada di dalam tempat yang dapat teridentifikasi tersebut.

Contoh teks anekdot beserta strukturnya serta kaidah anekdot bisa kita temukan dalam berbagai bidang, yakni agama, politik, pendidikan, hukum, lingkungan, sosial, pelayanan publik.

Serta masih banyak lagi teks paragraft singkat beserta strukturnya. Teks Anekdot bersifat lucu karena dari segi karakteristik dari anekdot sendiri ialah humor serta menghibur, ada juga teks anekdot yang panjang, kmudian agak panjang sampai yang singkat monolog beserta abstraksi dan juga analisisnya.


Struktur Cerita Teks Anekdot


  1. Abstrak, yakni bagian yang ada pada awal paragraft yang membahas mengenai berbagai isi dari teks.
  2. Orientasi, yakni Bagian yang berfungsi ntuk menunjukan awal dari sebuah peristiwa atau kejadian yang menjadi latar belakang dari tempat itu terjadi.
  3. Even, merupakan serangkaian cerita ataupun bisa disebut dengan jalan cerita.
  4. Krisis, Merupakan bagian atau hal-hal yang tidak bisa terjadi. biasanya krisis ini sering terjadi pada diri penulis sendiri.
  5. Re Orientasi, Merupakan Penutup dari cerita

Kaidah Cerita teks Anekdot


  1. Menggunakan waktu lampau, Misalnya: saya tidak bisa tidur malam
  2. Menggunakan Pertanyaan rotoris, Misalnya: apakah dia paham?
  3. Menggunakan kata penghubung atau kongjungsi, misalnya: kemuian, setelah itu, lalu, dan yang lain sebagainya
  4. Menggunakan kata kerja, misalnya: mandi, makan, menulis, memotong dan lain sebagainya.
  5. Menggunakan kalimat perintah, misalnya: pergilah, makanlah, ambilah dan lain sebagainya.
  6. Menggunakan kalimat seru atau kalimat ajakan.

Contoh Teks Anekdot Tentang Pendidikan


teks anekdot tema pendidikan
edrif.blogspot.com

“Krik, krik, krik" suatu ketika di salah satu sekolah negeri “Yang Entah Dimana”, seorang ibu guru memberitahukan sebuah berita kepada semua anak didiknya bahwasanya sekolah mereka saat ini tidak lama lagi akan berubah status menjadi sekolah SBI.

“Anak-anak semuanya, ada kabar gembira untuk kita. Sekolah kita ini tidak lama lagi akan berubah menjadi sekolah SBI (Sekolah Bertaraf Internasional). Maka dari itu, untuk menyambut hal tersebut, saya mau tanya kpada kalian, apa yang akan kalian siapkan untuk itu?

Tanya Bu guru kepada siswa-siswanya. “Yusuf, coba apa yang kan kamu lakukan untuk menyambut hal ini?” Tanya bu guru tersebut lebih lanjut kepada yusuf.

Dengan sigap dan tegas si Yusuf pun menjawab pertanyaan bu guru “Belajar bahasa Arab agar bisa berbicara bahasa Arab bu” jawab Yusuf.

“Bagus sekali persiapannya. Kalau kamu, Man?” tanya bu guru kepada Hilman

“Harus siapkan uang, Bu" Jawab Yusuf

“Lho kok uang Man?” Tanya bu guru lebih lanjut

“Ya Bu. Soalnya kalo sekolah kita statusnya menjadi SBI, pasti bayarnya akan lebih mahal lagi. Masa sih bayar SPPnya masih sama kayak sekolah biasa? dan lagi, pasti nanti diminta buat iuran untuk ini untuk itu” Jelas Hilman lebih lanjut.

“Jawabanmu bener-bener sinis man? Begini loh, kalo sekolah kita ini jadi berubah bertaraf internasional maka sekolah kita itu nantinya setara dengan sekolah yang ada di luar negeri. Jadi, kalian semua yang ada disini seperti sekolah di luar negeri” jelas bu guru melanjutkan pencerahaanya.

“Tapi Bu, kalo menurut saya, SBI itu bukanlah Sekolah Bertaraf Internasional, tetapi Sekolah Bertarif Internasional.” Hilman juga melanjutkan pejelasannya.


Contoh Teks Anekdot tentang Politik


teks anekdot politik
algifanie.blogspot.com

Dalam sebuah sesi istrahat, terlihat ada seorang anggota DPR yang sedang duduk bersantai menikati udara waktu luang bersama temannya yang merupakan sesama anggota DPR. Untuk mengisi waktu luangnya itu, seorang anggota DPR membuka dengan memulai percakapan.

Anggota DPR A: “Saya ada burung beo yang udah bisa 2 bahasa, selain itu juga burung beo itu bisa menirukan suara yang didengarkan dengan baik, bahasa yang udah dikuasai burung beo tadi, satu bahasa Inggris dan satunya adalah bahasa Belanda.

Jadi kalau kaki kanan burung beo itu ditarik, maka burungnya akan bicara pake bahasa Inggris dan kalau kaki kirinya ditarik, maka burung beo it akan bicara pake bahasa Belanda, hebatkan burung saya!”

Anggota DPR B: “Wah, hebat banget tuh burung!”

“Bagaimana kalo kedua kaki dari burung itu ditarik?” Tanya anggota DPR B

“Wah pasti burung beo itu bisa 2 bahasa sekaligus! Hahaha” Jawab anggota DPR B

“Salah” ucap DPR A

“Oh pasti dua bahasa itu saling bercampur aduk?” tanya DPR B

“Salah” ucap DPR A

“Atau mungkin salah satu dari kata-katanya akan ketukar, kata pertama dengan bahasa Inggris dan kata yang kedua dengan bahasa Belanda” tebak DPR B

“Salah” ucap DPR A

“Loh, jadi gimana dong?” tanya DPR B

“Yang jelas kalo 2 burung beo ditarik, burung beonya pasti jatuh, dasar Titttttttt! (*Senor)”

“Eh lu jangan ngeledek yah, gini gini gua juga anggota DPR sama kaya lu, masa lu bilang Titttttttt! (*Senor)”

“DPR Titttttttt! (*Senor)”, DPR Titttttttt! (*Senor)”, DPR Titttttttt! (*Senor)” Suara burung beo yang terdengar berulang-ulang.


Contoh Teks Anekdot Tentang Hukum


contoh teks anekdot hukum
hetanews.com

Setelah menjalani proses peradilan, seorang narapidana akhirnya pun dijebloskan ke dalam sel tahanan. Hari pertama, seorang napi yang telah berumur bertanya pada narapidana muda itu: “Usiamu masih muda kok sudah masuk penjara, kejahatan apa yang sudah kamu lakukan?”

“Saya mencuri ikan pak tua”, jawaban singkat dari narapidana muda itu.

Narapidana tua: “Kamu mendapatkan vonis berapa tahun nak?”

“Saya jatuhi hukuman seumur hidup pak dengan masa percobaan selama 2 tahun”

Dengan rasa penuh heran napi tua itu pun bertanya lebih jauh : “mencuri ikan kok sampai dihukum seumur hidup, memang ikan paus yang kamu curi?”

Narapidana muda: “Saya cum membom ikan yang ada di dalam sebuah waduk pak, dengan sebuah detonator yang tenggelam, kemudian ada 3 ekor ikan yang mengambang di permukaan air”

Narapidana tua: “Kasus ini kan cuma kasus biasa, paling lama harusnya kamu ditahan 2 hari saja”

Narapidana muda: “Pokok dari permasalahnya adalah, tidak lama setelah saya mengebom kemudian mengapung pula mayat beberapa orang yang sedang menyelam”

Narapidana tua: “Hahahaa, pantas saja kamu kalo masuk penjara, ternyata kamu ngebom bukan cuma ikan saja, tapi manusia juga ikut ikut kamu bom”.

Dan akhirnya narapidana tua pun tercengang dan tertawa mengenai penjelasan dari narapidana muda tersebut. Situasi ini kembali normal dan mereka berdua berbincang-bincang dalam sel tahanan.


Contoh Teks Anekdot Layanan Publik


teks anekdot pelayanan publik
elearningbadilag.net

Pada suatu saat disuatu perumahan. Ada seorang anak yang hendak pergi dengan mengenakan motor ayahnya.

Nanang : “Pak, minta uang dong, mau ke perempatan,”

Sulman : ” Minta berapa?”

Nanang : ” 50.000,”

Sulman : ” Lah, kok banyak amat?”

Nanang ” Kan mau di pake buat bensin 15.000, sama buat uang damai 50.000,”

Sulman pun marah mendengar perkataan Nanang : ” Kamu ini lho! Kan polisi di perempatan itu teman bapak, bilang aja kalo kamu ini anak bapak. 25.000 harga pertemanan,”

Ali : ” Oke siap pak,”

Akhirnya Sulman memberikan uang kepada Nanag. Nanang pun bergegas pergi menuju ke perempatan dan ayahnya kembali melanjutkan aktivitas seperti biasa.


Contoh Teks Anekdot Sindiran


teks anekdot sindiran lucu
kompitv.com

TRANSTV, merupakan salah satu stasiun TV swasta yang sangat terkenal akhirnya mendapat teguran dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

Bagaimana tidak, karena stasiun TV itu telah dianggap menyiarkan pernikahan Raffi Ahmad dengan Nagita Slavina menggunakan cara berlebihan. Hal itu dirasa tidak memberi manfaat untuk publik luas.

Dan parahya, belakangan terungkap jika TRANSTV adalah singkatan dari Televisi Raffi Ahmad Nagita Slavina, hahaha.


Contoh Teks Anekdot Bahasa Jawa


teks anekdot bahasa jawa
youtube.com

Sawijining isuk Tukino ngopi nyang warunge Bu Katmo. Ben ketoro lak koyo wong yes Tukino nyambi moco koran koyo wong penting. Ya lak Tukino iso moco, la a,b,c wae Tukino ora iso.

Setengah jam Tukino mung mbolak mbaliki ndeloki gambar ono ing koran. Nah ing halaman terakhir neng koran iku mau ono gambar cewek e kang katon ayu. La Tukino banjur takok marang Bu Katmo.

Tukino : “Bu Katmo, jane iki sopo kok katon ayu tenan”

Bu Katmo : “Endi lo, no ?”

Tukino : “Iki lo bu. Kiro – kiro omahe neng ndi yo, menowo iso tak apeli. hahaha…”

Bu Katmo : “Delok kene! Oalah lah iki ngunu cah wadon seng nipu wong akeh. Nagkune wong iki pegawai bank kang iso gandakne duwet nganggo bunga bank, no”

Tukino : “Biyuh-biyuh saiki tukang nipu ora ketoro yo bu. Kudu ngati – ati aku”

Bu Katmo : “Makane ojo sok nyawang teko rupa ne ayu banjur manut yen diapusi”

Tukino banjur mulih lan ngandani adik-adike yen ono cewek ayu meng kudu ngati -ati mergone iku tukang nipu.

Nanging ora sak kabehane wong kang ayu iku tukang nipu, mung gor sebagian wae seng gelem nipu dadi ojo wedi lak cethukan wong ayu ojo langsung mlayu sopo ngerti iso dadi koncomu.


Contoh Teks Anekdot Lucu Singkat


teks anekdot lucu
totabuanews.com

Di suatu kelas yang keberadaannya masih dipertanyakan, hiduplah 2 orang siswa yang sedang berbincan-bincang. Siswa ini dikenal dengan sebutan alpo dan alda

“Da, nilai Matematika lu berapa?” tanya Alpo kepo

“Jelek,”

“Hahahaha … sama dong. Lu dimarahi guru Matematika nggak?”

“Haduh, dimarahinya plus-plus banget. Sama guru matematika iya, sama orang tua iya. Komplit banget dah pokoknya, udah kayak 4 sehat, 5 sempurna”

“Kalau nilai bahasa Inggris?”

“Nah kalo itu baru bagus,”

“Sama juga kalo git. Mungkin kita bukan jodoh, Hahaha”

“BTW kenapa, ya, kita ini diharuskan untuk menguasai semua mata pelajaran, tapi guru kita hanya menguasai satu?” tanya Alpo

“Begini po, di sekolahan itu terdapat 2 peraturan tak tertulis, peraturan yang pertama, guru tidak pernah salah, kemudian yang kedua, jika guru salah, maka kembali ke peraturan nomor satu,”

“Bener juga, ya da. Kalo kita datang telat diomelin, kalau guru yang telat pasti mulangin no what-what,”

“Ke kantin yuk,”

“Ayuk,”

Akhirnya Alpo dan Alda pergi ke kantin dan hidup bahagia untuk selamanya


Contoh Teks Anekdot Agama


teks anekdot agama
klikkabar.com

suatu hari tibalah saatnya, para petinggi agama dari masing-masing kelompok sedang mendebatkan tentang tanggal 1 ramadhan.

kel A : saya telah melihatnya dari tinggi derajat bulan, jadi besok adalah tanggal 1 ramdhan!

Kel B : Tetapi sudah jelas di kalender bahwa penanggalan islam, jatuh pada tanggal 1 ramadhan, yakni lusa!

saat mereka terus memegang keyakinan dengan teguh…

kel C : sudah cukup mas mas cukup.. tangal 1 ramadhan itu jatuh kalo iklan minuman “Ma*zan” sudah tayang!!!

Demikian tadi pembahasan kita mengenai contoh teks anekdot beserta strukturnya, semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih.

4 thoughts on “Contoh Teks Anekdot Beserta Strukturnya Lengkap

Leave a Comment