Contoh Teks Deskripsi Beserta Strukturnya Lengkap

contoh teks deskripsi beserta strukturnya

Contoh Teks Deskripsi – Untuk bisa kita memahami mengenai apa itu teks deskripsi tentunya kita terlebih dahulu harus tahu pengertian teks deskripsi itu sendiri. Untuk itu disini saya akan menjelaskan mengenai pengertian teks deskripsi hingga contoh teks deskripsi, berikut penjelasan mengenai teks deskripsi

contoh teks deskripsi beserta strukturnya
ruangseni.com

Pengertian Teks Deskripsi


Teks deskripsi adalah sebuah teks yang berbentuk paragraf yang mana didalamnya berisi mengenai penjelasan-penjelasan dari suatu objek, tempat, dan lain sebagainya yang sesuai dengan topik pembahasan dengan menggunakan bahasa yang singkat jelas serta mudah dipahami oleh setiap orang.

Teks deskripsi ini disajikan kepada para pembaca dengan tujuan supaya pembaca bisa mengetahui topik yang sedang dijelaskan atau digambarkan pada teks itu secara jelas.


Ciri-Ciri Teks Deskripsi


ciri ciri teks deskripsi
theworkofherhands.wordpress.com

Teks deskripsi mempunyai ciri –ciri yang mudah untuk kita kenali, yang mana jenis dari teks merupakan teks deskrips. Berikut ini beberapa ciri-ciri dari teks deskripsi :

  • Berisikan penjelasan atau gambaran dari suatu objek
  • Penjelasan atau penggambaran dari objek menjadi topik yang ditulis secara detail, maksudnya penjelasan atau penggambaran tersebut di dalam teks deskripsi akan memberikan kemudahan dalam memahami suatu objek kepada para pembacanya.
  • Saat pembaca sedang membaca teks deskripsi, maka pembaca seolah-olah akan merasakan, melihat, atau pun mengalami secara langsung  apa yang sedang dijelaskan pada teks itu.
  • Teks deskripsi di dalamnya berisikan mengenai paragraf yang menjelaskan suatu objek yang berdasa pada bentuk, ukuran, warna, serta ciri-ciri fisik ataupun psikis objek tersebut dengan sangat jelas.

Struktur Teks Deskripsi


struktur teks deskripsi
ramweb.org

Teks deskripsi mempunyai 3 unsur yang berfungsi sebagai struktur pembangunnya. Struktur-struktur itu sebagai berikut:

  1. Identifikas, pada bagian identifikasi berisi mengenai penentuan dari identitas seseorang, benda, ataupun objek lainya.
  2. Klasifikasi, merupakan suatu unsur penyusun yang memiliki sistem dalam kelompok menurut kaidah atau standar yang sebelumnya sudah ditetapkan.
  3. Bagian Deskripsi, di dalamnya berisi mengenai gambaran atau penjelasan suatu objek, atau topik yang terdapat pada teks tersebut.

Jenis-Jenis Teks Deskripsi


  1. Teks paragraf deskripsi subjektif yakni suatu paragraf deskripsi yang penggambaran dari objkenya berdasarkan pada kesan yang dimiliki sang penulis teks tersebut.
  2. Teks paragraf spatial, di dalam teks ini objek yang dijelaskan hanya berupa tempat, benda, ruang dan lain sebagainya.
  3. Teks paragraf objektif, di dalam teks ini penggambaran atau penjelasan dari suatu objek digambarkan apa adanya yang berdasar pada keadaan dari objek yang sebenarnya tanpa adanya penambahan suatu opini dari penulis.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan


Kelinci

Kelinci adalah hewan mamalia asalnya dari famili Leporidae. Hampir disetiap negara, kita bisa menemukan banyak kelinci dengan jenis yang bergam tentunya, mulai dari daratan Amerika hingga ke ujung Indonesia.

Sementara itu, dulunya kelinci ini merupakan hewan yang tergolong kedalam hewan liar yang tingga berada di daerah-daerah Afrika serta daratan Eropa.

Nama kelinci sendiri berasal dari bahasa Belanda yakni, Konijntje, yang memiliki arti “anak kelinci”. Dari fakta itu, kita tahu jika kelinci yang ada di Indonesia sudah dikenal sejak zaman penjajahan Belanda. Kelinci ini memiliki telinga yang panjang.

Kedua telinganya tersebut dapat tumbuh hingga mencapai lebih dari 10 cm, dan mungkin saja, bahwa telinga yang panjang itu adalah hasil dari adaptasi aktivitas mereka dalam mendeteksi predator. Karena memang fungsi utama dari telinganya adalah untuk mendengarkan suara.

Kemudian juga, dengan telinga panjangnya, kelinci mampu menjaga panas atau suhu tubuhnya saat masuk ke musim dingin. Kaki kelinci merupakan hewan yang sangat kuat, dengan menggunakan kaki belakangnya, kelinci mampu melompat dengan jangkauan yang begitu jauh.

Mereka bisa menghentakkan kaki belakangnya mereka sehingga lompatan tersebut bisa setinggi 1 meter, bahkan jauhnya bisa juga sampai 3 meter. Dengan menggunakan kaki belakangnya juga, mereka dapat berdiri sangat tinggi serta mengintai apakah terdapat predator atau tidak.

Kemudian, jika ada predator yang hendak datang, maka kelinci mulai menggetarkan kaki belakang mereka, sebagai tanda peringatan kepada teman-temannya yang lain.


Contoh Teks Deskripsi Tentang Alam


Wisata di Pantai Menikmati Matahari Terbit dan Terbenam

Saat berada di pantai, tentu ada keinginan menyaksikan matahari yang terbit dan juga matahari terbenam. Begitu pula, saat berada di Pantai Pahawan yang ada di Lampung, matahari terbit dan terbenam bisa disaksikan dengan Indah.

Bentuk dari semenanjung Pantai Pahawang membuat kita dapat menikmati indahnya matahari terbit yang ada di sisi pantai timur dan tenggelam di sisi pantai barat.

Pemandangan Pantai Pahawang begitu memesona. Di sebelah kanan kita bisa melihat perbukitan yang memanjang dan berwarna hijau. Sementara itu, yang ada di sisi kiri terdapat perkampungan nelayan yang beraneka ragam perahu tradisional.

Selain itu, yang ada di sisi kanan terdapat hutan cagar alam yang digunakan sebagai penyangga ekosistem serta tujuan wisata. Di pantai Pahawang pun banyak sekali kios cinderamata, penginapan, serta took kelontong.

Hal ini begitu menarik jika mengabdikan pantai bersama dengan teman atau keluarga dalam media foto dan video. Selain itu, hal seperti ini dapat dijadikan sebagai pengalaman yang tak akan terlupakan.


Contoh Teks Deskripsi Tentang Benda


Buku “Kangen”

Aku sangat suka membaca buku. Buku favorit ku adalah Kangen karya Habib Novel bin Muhammad Alaydrus . Saya telah membaca Halaman awal sampai dengan akhir.

Saya suka dengna buku ini Karena buku ini sangat imajinatif . Cerita dan penyusunannya begitu menakjubkan. Saat membaca buku ini kita akan membayangkan kecintaan para sahbat terhadap Nabi Muhammad yang begitu luar biasa.

Saat membaca buku ini, maka kita akan menangis harus karena sahabat nabi mencintai Muhammad SAW lebih dari siapapun, bahkan lebih dari mencintai dirinya sendiri ataupun keluarganya.

Selain itu juga saya suka dengan cover buku ini yang berwarna hitam, jadi terlihat begitu hidup dan bukunya tidak terlalu tebal juga tidak terlalu tipis.


Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa


Kue Apem “Panganan Tradisional”

Apem kui panganan tradisional seko Jawa Tengah. Rasane seng legi nanging uga ono kecut- kecute sitik seng gawe apem tambah mak nyus.

Neng jaman saiki kue-kue tradisional wes longko amergo saiki wis akeh panganan saka negara liyane sing nyebar ning beberapa wilayah. Kaya dene apem, saiki wis jarang banget seng gawe utowo dodolan. biyasane apem iki didol neng pasar- pasar tradisional.

Saliyane rasane apem seng legi lan kecut, wujude apem kui empuk lan mulus. Mulo apem iki bioso dipangan kanggo kabeh umur soko seng tuwo tekan wong enom.

Apem iki digawe seko tepong beras lan tape boden utowo kang biyasane wong nyebot kenyos. Kagunane tape utowo kenyos iki supoyo ono rasa kecute. Ojo lali gula jowo lan gula pasir ben nambah rasa legi lan enak.

Saliyane iku bahan–bahane seng digunakake yaiku banyu krambil, ragi, lan santen. Bahan–bahan kabeh kui diuleni nganti roto lan mateng. Bar kui dicetak lan khusus.

Lek wes mateng lan ngembang biyosone apem disajekake ora nggunakake godhong koyo panganan liyone. Nanging apem dibungkus karo plastik.


Contoh Teks Deskripsi Tentang Kucing


Kucing Sang Predator

Kucing merupakan hewan sejenis karnivora. Kata “kucing” umumnya merujuk pada kucing yang sudah dijinakkan, tetapi bisa juga merujuk pada “kucing besar” seperti harimau, singa, dan macan.

Kucing sudha berbaur dengan kehidupan manusia sejak 6.000 tahun sebelum masehi , dari kerangka kucing yang ada di pulau siprus.

Orang mesir kuno dari 3.500 sebelum masehi sudah menggunakan kucing dalam menjauhkan tikus atau hewan pengerat lainnya dari lumbung yang digunakan untuk menyimpan hasil panen.

Kucing rumah merupakan salah satu predator terhebat yang ada di dunia. Kucing ini mampu memakan beberapa ribu spesies tikus. Karna ukurannya yang tak begitu besar, kucing tidak berbahaya bagi manusia

Demikian tadi pembahasan kita mengenai teks eksposisi mulai dari pengertian teks eksposisi, struktur teks eksposisi, ciri-ciri teks eksposisi sampai dengan contoh teks eksposisi.

Semoga bermanfaat, jika ada yang hendak ditanyakan silahkan berkomtar di form yang telah disediakan dibawah. Sekian dan terima kasih.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *