contoh teks eksplanasi beserta strukturnya

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Padat Jelas Lengkap

Contoh Teks Eksplanasi– Kamu belum tahu mengenai teks eksplanasi? Kamu dapat tugas untuk mencari contoh teks eksplanasi? Kebetulan sekali, pada kesempatan kali ini saya akan membahas teks eksplanasi mulai dari pengertian teks eksplanasi, struktur dan format teks eksplanasi, kaidah bahasa teks eksplanasi sampai dengan ciri-ciri teks eksplanasi itu sendiri.

contoh teks eksplanasi beserta strukturnya
artikel-mati.blogspot.com

Pengertian Teks Eksplanasi


Sedikit pengertian mengenai teks eksplanasi, teks eksplanasi adalah suatu tindakan yang menjelaskan atau pun menerangkan sebuah fakta atau pun pernyataan, yang berisikan proses-proses yang ada kaitannya dengan kejadian atau fenomena alam, ilmu pengetahuan, sosial dan budaya yang terjadi di sekitar kita.


Ciri – Ciri Teks Eksplanasi


  1. Memuat informasi – informasi mengenai fakta yang terjadi.
  2. Membahas suatu kejadian atau fenomena yang sifatnya keilmuan atau ilmu pengetahuan.
  3. Informasi yang diberikan bersifat informative dan tidak ada unsur untuk mempengaruhi pembaca untuk mempercayai hal yang sedang dibahas di dalam teks tersebut.
  4. Memiliki atau menggunakan sequence markers, yakni seperti pertama, kedua, ketiga, dan sebagainya. atau busa juga pertama, berikutnya, terakhir.

Struktur Teks Ekplanasi


1. Pernyataan umum / General Statement

Bagian pertama dari teks ekplanasi adalah general statement atau biasa kita sebut dengan pernyataan umum.

Pada bagian ini menyampaikan mengenai topik atau permasalahan yang hendak di bahas pada teks ekplanasi yang isinya berupa gambaran umum tentang apa dan mengapa suatu kejadian atau fenomena tersebut bisa terjadi.

Pernyataan imim ini harus ditulis semenarik mungkin supaya para pembaca tertarik untuk membaca lebih lanjut mengenai isi teks secara keseluruhan.

2. Deretan Penjelas / Sequence of Explanation

Sequence of Explanation ini mengandung mengenai penjelasan – penjelasan sebuah topik yang hendak dibahas secara lebih mendalam lagi.

Bagian ini ditulis dengan tujuan untuk menjawab pertanyaan how, bagaimana serta urutan sebab – akibat dari sebuah kejadian atau fenomena yang terjadi. Deretan penjelas ini biasanya ditulis dalam 2 sampai 3 paragraf.

3. Interpretasi (Penutup)

Bagian yang terakhir dari teks ekplanasi adalah closing atau penutun yang di dalamnya mengandung intisari atau kesimpulan dari kejadian atau fenomena yang sudah dibahas.

Di dalam penutup juga bisa kita tambahkan dengan saran atau pun tanggapan penulis mengenai fenomena yang terjadi.


Kaidah Bahasa Teks Eksplanasi


  1. Fokus terhadap hal umum (generic), bukan pada partisipan manusia (nonhuman participants), misalnya seperti gempa bumi, hujan, banjir, dan udara.
  2. Menggunakan istilah-istilah ilmiah.
  3. Banyak menggunakan kata kerja material serta relasional (kata kerja aktif).
  4. Menggunakan konjungsi waktu serta kausal, misalnya seperti bila, jika, sehingga, kemudian, pertama, dan sebelum.
  5. Menggunakan kalimat pasif.
  6. Eksplanasi ditulis guna untuk membuat justifikasi bahwasanya sesuatu yang diterangkan secara kausal itu benar adanya (Fakta).

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Banjir


Pernyataan UmumBanjir termasuk salah satu bencana alam yang dapat mempengaruhi kehidupan manusia serta dapat menimbulkan kerusakan yang hebat. Dalam pengertiannya, banjir merupakan luapan air yang terjadi dalam jumlah besar yang menerjang atau menggenangi suatu daerah tertentu.

Peristiwa meluapnya air masuk ke kawasan pemukiman akibat sungai tak lagi mampu untuk menampungnya. Suatu daerah disebut banjir apabila terdapat air dengan jumlah banyak sehingga menutupi sebagian besar daerah.

Sedangkan secara hidrologis terdapat 2 definisi mengenai “banjir”, yaitu; setiap aliran air yang dapat merusak harta benda, tanaman ,dan ternak; dan setiap kondisi dari permukaan air yang melebihi batas normalnya.

Deretan Penjelasan

Terjadinya banjir bisa disebabkan karena dua faktor, yakni faktor alam serta faktor manusia. Faktor alam tersebut bisa berupa curah hujan yang tinggi, letak daerah yang lebih rendah daripada permukaan laut, serta daerah yang terletak pada cekungan yang dikelilingi oleh perbukitan di mana jalan dari keluarnya air yang sempit.

Sedangkan, dari faktor manusia yang dapat menjadi penyebab banjir yakni kegiatan pembalakan liar dan pembuangan sampah yang dilakukan sembarangan.

Banjir bisa menimbulkan kerugian yang besar bagi manusia. Karena dengan banjir maka banyak sekali harta benda yang. Sarana dan prasarana pun ikut rusak porak-poranda yang kemudian tak bisa digunakan lagi. Bahkan, bisa-bisa nyawa manusia juga melayang sia-sia akibat terjangan banjir.

Interpretasi (Penutup)

Oleh sebab itu, sebagai manusia kita hendaknya selalu menjaga alam yang bertujuan untuk mencegah terjadinya banjir. Karena menjaga lingkungan agar tetap lestari merupakan tugas utama kita semua (Manusia).

Kerusakan alam harus segera kita hentikan akibat ulah para manusia. Dan hutan yang gundul akibat ulah manusia harus segera kita hijaukan kembali. Dan jangan pernah kita membuang sampah sembarangan lagi.


Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Sosial


Pernyataan Umum

Sampah merupakan barang atau benda yang tak digunakan lagi, yang keberadaannya dapat mengganggu kesehatan serta kesejahteraan masyarakat di sekitarnya.

Sampah ini dibagi menjadi 2 jenis, dilihat dari sifatnya yakni sampah organik serta sampah anorganik. Sampah organik merupakan sampah dari jenis yang mudah membusuk seperti sisa makanan, daun-daun kering, sayuran, dan lain sebagainya.

Sampah ini bisa kita olah kembali untuk dinjadikan kompos. Sampah anorganik merupakan jenis sampah yang tak mudah membusuk, seperti plastik, kertas, botol, gelas, kaleng dan lain sebagainya.

Deretan Penjelasan

Sampah adalah fenomena yang sering sekali kita temui dimana-mana. Sampah pada mulanya terlihat biasa yang berserakan di sekitar kita, tetapi banyak sekali dampak yang ditimbulkan bila sampah ini dibiarkan secara terus-menerus. Diantara dampak yang di timbulkan oleh sampah adalah penyakit, banjir serta longsor.

Interpretasi (Penutup)

Selain sampah mendatangkan penyakit, sampah juga bisa mendatangkan bencana yang lebih besar lagi, uakni banjir.

Sampah yang dibuang ke sungai secara terus-menerus, maka lama-kelamaan akan membuat air sungai tersebut sulit mengalir, dengan seiringanya waktu, air sungai itu meluap akibat hujan lebat yang terus mengguyur.

Bila sudah terjadi banjir, tentunya akan sangat menyulitkan manusia dalam menjalani aktivitas, terutama bekerja.

Banyak sekali dampak yang terjadi yang dapat dihasilkan oleh sampah, untuk itu kita disini sebagai makhluk sosial yang hendaknya menginginkan kesejahteraan, marilah kita bersama-sama untuk menjaga lingkungan kita, yang dimulai dari membuang sampah ke tempatnya.


Contoh Teks Eksplanasi Budaya


Pernyataan UmumIndonesia adalah bangsa yang kaya dengan keberagaman budaya. Kita sebagai warga Indonesia harus prihatin bila orang Indonesia tak dapat memegang erat budayanya sendiri dari genggamannya.

Walaupun budaya kita adalah budaya non-modern, tetapi kita harus tetap melestarikannya serta memberitahukan kepada bangsa-bangsa lain.

Kebudayaan Indonesia saat ini mulai tersisihkan dengan kebudayaan yang datang dari Barat. Sehingga membuat budaya Indonesia banyak yang diakui oleh negara-negara lainnya.

Deretan Penjelasan

Pertama, budaya Indonesia adalah budaya yang paling banyak di dunia mualai dari Sabang sampai Merauke. Agar kita bisa mempertahankan budaya Indonesia maka kita perlu untuk memahami apa makna dari budaya tersebut.

Untuk menonjolkan budaya agar tak lagi di klaim negara lain, maka disini kita perlu belajar tentang beberapa budaya dengan cara belajar ilmu pengetahuan mengenai budaya tersebut dan juga melestarikannya.

Dan yang terakhir, kita harus bangga dengan bangsa kita yang memiliki beragam suku dan budaya, dan kita hrus mempelajari budaya Indonesia dengan baik dan benar, tinggalkan budaya-budaya yang negatif dari luar agar negara kita bisa untuk tetap menonjol dengan kebudayannya.

Interpretasi

Setelah kita memperhatikan beberapa alasan tersebut, kita semua harus sepakat jika orang Indonesia harus belajar untuk memahami budayanya, melestarikan budaya Indonesia supaya kebudayannya tak hilang di klaim oleh negara lain lagi.

Demikian tadi pembahasan kita mulai dari pengertian teks eksplanasi, ciri-ciri teks eksplanasi, kaidah bahasa teks eksplanasi sampai dengan contoh teks eksplanasi. Yang mana contoh teks ekplanasi ada banyak sekali, seperti:

  1. Contoh teks eksplanasi fenomena sosial
  2. Contoh teks eksplanasi tentang banjir
  3. Contoh teks eksplanasi budaya
  4. Contoh teks eksplanasi singkat beserta strukturnya
  5. Contoh teks eksplanasi pelangi
  6. Contoh teks eksplanasi tentang bencana alam
  7. Contoh teks eksplanasi angin puting beliung
  8. Contoh teks eksplanasi angin topan
  9. Contoh teks eksplanasi aurora
  10. Contoh teks eksplanasi abrasi
  11. Contoh teks eksplanasi abrasi pantai
  12. Contoh teks eksplanasi angin tornado
  13. Contoh teks eksplanasi tsunami

Semoga di lain kesempatan kita bisa membahas kesemua contoh teks eksplanasi tersebut. Sekian dari saya, semoga bermanfaat, jika ada yang ingin di tanyakan silahkan berkomentar di form yang telah disediakan. Terima kasih

Leave a Comment