contoh teks eksposisi beserta strukturnya

Kumpulan Contoh Teks Eksposisi Beserta Strukturnya

Contoh Teks Eksposisi – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai teks eksposisi, ada yang sudah apa itu teks ekposisi? Tenang saja karena kita akan membahas teks eksposisi secara lengkap beserta dengan contoh teks eksposisi tersebut.

contoh teks eksposisi beserta strukturnya
cowbogo.blogspot.com

Pengertian Teks Ekposisi


teks eksposisi merupakan suatu rangkaian kata kata yang disusuna ke dalam sebuah kalimat dengan tujuan untuk menyampaikan ataupun menjelaskan sesuatu secara terperin. Materi mengenai teks eksposisi sering kali masuk di mata pelajaran Bahasa Indonesia saat sekolah.

Umumnya teks eksposisi dipergunakan di dalam karya tulis ilmiah, makalah, skripsi, literatur, artikel, dan yang lain sebagainya. Setelah membahas mengenai pengertian atau definisi dari teks eksposisi, ada beberapa ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam menulis teks eksposisi, berikut diantaranya:

  • Kita harus bisa menguasai objek yang hendak ditulis.
  • Kita juga diharuskan untuk dapat menganalisa poin-poin yang berhubungan dengan objek tulisan tersebut.
  • Mampu mengemukakan analisis yang telah kita buat dengan jelas melalui bahasa yang efektif.

Ciri-ciri Teks Eksposisi


  1. Gaya informasi yang digunakan bersifat mengajak
  2. Penyampaian dari teks yang ditulis secara lugas dan menggunakan bahasa baku
  3. Menjelaskan mengenai informasi-informasi pengetahuan
  4. Tidak memihak
  5. Teks Eksposisi bersifat objektif
  6. Penjelasannya disertai dengan data-data yang akurat
  7. Menggunakan data-data fakta

Struktur Teks Eksposisi


Ada 3 struktur yang terdapat pada teks eksposisi yang perlu kita perhatikan, diantaranya :

  • Tesisi (Pernyataan pendapa): Struktur yang di dalamnya membahas mengenai gagasan utama atau prediksi penulis tentang suatu permasalahan yang berdasarkan fakta atau kenyataan.
  • Argumentasi : Memaparkan secara jelas pernyataan pendapat (tesis) yang telah di yakini kebenarannya oleh Si Penulis melalui pengungkapan fakta-fakta gunak untuk  penjelasan dari argumen Si Penulis.
  • Penegasan Ulang Pendapat : Penguatan kembali mengenai pendapat penulis yang sudah ditunjang oleh fakta di bagian argumentasi yang terdapat pada bagian pertama.

Macam-macam Teks Eksposisi


  1. Teks Eksposisi Proses
  2. Teks Eksposisi Analis
  3. Teks Eksposisi Ilustrasi
  4. Teks Eksposisi Berita
  5. Teks Eksposisi Pertentangan
  6. Teks Eksposisi Perbandingan
  7. Teks Eksposisi Definisi
  8. Teks Eksposisi Klarifikasi

Unsur Kebahasaan Teks Eksposisi


Unsur kebahasaan dari teks eksposisi yakni bagian-bagian yang digunakan dalam membangun teks eksposisi. Unsur dari kebahasaan yang terdapat pada teks eksposisi adalah pronomina, konjungsi serta kata leksikal.

Pronomina

Pronomina merupakan kata ganti orang yang bisa kita gunakan pada saat pernyataan mengenai pendapat pribadi kita ungkapkan. Pronomina diklasifikasikan menjadi 2 macam :

1. Pronomina Persona (kata ganti untuk orang)

Yakni persona tunggal. Contohnya seperti : Ia, Anda, Dia, Aku, Kamu, Saudara, -mu, -ku, -nya, si-. Dan pesona jamak seperti : Kami, Mereka, Kita, Kalian, Hadirin, Para.

2. Pronomina Nonpersona (kata ganti bukan untuk orang)

Yakni pronomina penunjuk. Contohnya seperti : Ini, Itu, Sana, Situ, Sini. Dan pronomina penanya seperti : Apa, Siapa, Mana.

Konjungsi

Konjungsi sering disebut dengan kata penghubung ini umumnya digunakan dalam teks eksposisi guna untuk memperkuat argumentasi.

Kata leksikal

  • Nomina : kata yang digunakan untuk mengacu pada benda, baik itu nyata ataupun abstrak.
  • Verba : kata yang di dalamnya mengandung makna dasar proses , perbuatan, atau suatu keadaan yang bukan sifat.
  • Adjektiv : kata yang umumnya digunakan dalam mengungkapkan sifat atau keadaan orang, benda, serta binatang.
  • Adverbia : kata yang digunakan untuk melengkapi atau memberikan suatu informasi berupa waktu, keterangan tempat, suasana, alat, cara atau yang lainnya.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Ekonomi


TesisPeran serta Manfaat dari WTO Globalisasi memberikan dampak yang cukup signifikan berupa perubahan yang ada pada pasar internasional, salah satunya yakni liberalisasi mengenai perdagangan, yang dipandang sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan daya saing perekonomian.

Argumentasi

Indonesia yang menganut paham perekonomian terbuka begitu sulit dalam mengelak dari dinamika ekonomi internasional yang saat ini semakin mengglobal.

Maka konsekuensi dari itu, pasar domestik Indonesia tak lepas dari gejolak pasar dunia yang saat ini semakin liberal, dikarenakan suatu kebijakan unilateral serta ratifikasi kerjasama dari perdagangan internasional (regional dan global) yang wajib dilakukan oleh Indonesia.

World Trade Organization (WTO) atau sering kita kenal dengan Organisasi Perdagangan Dunia adalah satu-satunya badan internasional yang khusus menangani masalah perdagangan antar negara.

Pengegasan Ulang

Sistem perdagangan multilateral WTO diatur oleh suatu persetujuan yang didalamnya berisi mengenai aturan-aturan dasar perdagangan internasional sebagai salah satu hasil dari perundingan yang sudah ditandatangani oleh negara-negara yang menjadi anggota.


Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan


Tesis

Dari zaman nenek moyang kita dulu telah mengenal yang namanya tanaman lidah buaya. Manfaat dari tanaman yang memiliki nama latin Aloe Vera ini tak hanya digunakan sebagai penyubur rambut, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Tanaman Lidah buaya memiliki ciri-ciri seperti daunnya yang berbentuk panjang, tebal, serta berwarna hijau. Di dalam daunnya mengandung serat bening sebagai daging.

Argumentasi

Meskpinpun sejak dahulu (sejak zaman nenek moyag) lidah buaya dikenal memiliki banyak manfaat, tetapi masih belum banyak orang yang mengetahuinya jika tanaman ini bisa menjadi komoditas yang dapat menguntungkan.

Para peneliti mengungkapkan bahwa manfaat dari tanaman lidah buata serbaguna. Di bawah ini merupakan penjelasan mengenai manfaat tersebut.

1. Bagian tertentu lidah buaya bisa dijadikan sebagai obat yang sangat bagus dalam mempercepat proses penyembuhan. Lidah buaya sangat baik dalam mengobati bekas luka, luka karena cedera bahkan luka bakar.

2. Lidah buaya sering dikenal juga karena memiliki sifat anti-inflamasinya. Dengan kata lain, tanaman lidah buaya memiliki kemampuan dalam memperlambat peradangan yang terjadi karena adanya asam lemak.

3. Mengoptimalkan pencernaan serta membantu proses detoksifikasi pada tubuh. Tak hanya itu, lidah buaya adalah pencahar yang bagus dan sangat baik dalam membantu masalah sembelit.

Penegasan Ulang

Sudah jelas, lidah buaya tak hanya bermanfaat sebagai obat penyubur rambut, namun justru sebagai makanan alami yang dapat menyehatkan. Ternyata alam ini sangat lengkap, menyediakannya berbagai kebutuhan kita mulai dari makanan sampai kesehatan.


Contoh Teks Eksposisi Tentang Politik


Tesis

Partai politik yang henda mengikuti pemilihan umum, harusnya memiliki standar yang digunakan dalam merekrut calon anggota legislatif .

Kriteria calon wakil rakyat haruslah jelas serta bisa menjadi filter untuk mencegah calon wakil rakyat yang riwayat hidupnya kurang baik.

Contohnya, caleg yang memiliki track record mengenai masalah korupsi atau juga pelanggaran HAM, harusnya tidak diterima sebagai caleg. Hal ini penting karena bertujuan untuk memastikan calon anggota tersebut benar-benar orang baik yang memiliki kredibilitas, kapabilitas serta intregritas.

Argumentasi

Hal ini penting, sebab banyak bukti dari berbagai hasil survey, bahwa parlemen baik itu tingkat pusat ataupun regional dinilai sebagai lembaga terkorup.

Hal ini jelaskan oleh Wakil Sekretaris Jenderal Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP), yakni Jojo Rohi, berhubungan mengenai kriteria yang digunakan dalam menyeleksi calon wakil rakyat oleh semua partai politik yang akan mendapat suara dari rakyat dalam pemilu.

Penegasan Ulang 

Penetapan dari standar kriteria caleg yang tegas serta jelas oleh setiap partai politik sangat dibutuhkan karena terkait dengan siapa saja orang-orang yang pantas untuk diusung sebagai calon wakil rakyat.

Antikorupsi menjadi hal yang sangat primer yang harus kita cantumkan sebagai kriteria dalam menjaring caleg.
Selain antikorupsi yang patut untuk dipertimbangkan adalah mengenai pelanggar HAM, karena hal ini adalah salah satu dari suatu bagian warisan reformasi yang sampai saat ini belum terselesaikan.

Caleg yang mempunya rekam jejak mengenai pelanggar HAM dalam bentuk apa pun itu seharusnya tak dicalonkan sebagai bakal caleg karena fungsi wakil rakyat salah satunya yakni melakukan advokasi terhadap pelanggaran HAM melalui legislasi.


Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan


Tesis

Kebersihan di lingkungan sekolah merupakan salah satu faktor yang paling penting dalam menciptakan kenyamanan, baik itu di lingkungan rumah ataupun di lingkungan sekitar.

Karena setiap sekolah pasti mengajarkan kepada anak didiknya dalam menjaga kebersihan lingkungan yang ada di sekolah. Bahkan, kebersihan sekolah sering sekali dilombakan guna untuk menarik minat sekolah supaya mereka peduli dengan kebersihan.

Cara yang digunakan dalam menjaga kebersihan sekolah, di antaranya adalah membuang sampah pada tempatnya, kemudian menghapus tulisan yang ada di papan tulis, menyapu ruang kelas, dan lain sebagainya.

Argumentasi

Pembagian dalam tugas piket kelas suda menjadi salah satu cara yang digunakan untuk menjaga kebersihan lingkungan yang ada di sekolah. Petugas piket umumnya melakukan tugas untuk membersihkan ruang kelas.

Misalnya seperti menyapu kelas, kemudian menghapus papan tulis, dan menyiapkan spidol ataupun kapur tulis. Selain itu juga, pada setiap hari jumat selalu diadakan kerja bakti untuk membersihkan sekolah setelah pelajaran pertama usai.

Penegasan Ulang

Kebersihan lingkungan yang ada di sekolah merupakan hal yang tak dapat dipisahkan dari kehidupan sekolah serta merupakan faktor yang penting untuk meraih keberhasilan dalam proses belajar mengajar.

Kebersihan terhadap lingkungan sekolah akan menjamin kebersihan seseorang serta menyehatkan. Kebersihan tak sama dengan kemewahan, karena kebersihan merupakan usaha manusia supaya lingkungan tetap sehat dan terawat secara berkesinambungan.

Demikian tadi pembahasan kita mengenai teks eksposisi, ciri-ciri teks eksposisi, unsur kebahasaan teks ekposisi, macam-macam teks eksposisi sampai dengan contoh teks eksposisi.

Semoga bermanfaat, jika ada yang kurang jelas silahkan tanyakan di form komentar yang telah disediakan dibawah. Sekian dan terima kasih.

Leave a Comment