contoh teks monolog singkat

7 Contoh Teks Monolog Singkat yang Sering Muncul Dalam Ujian Sekolah

Contoh Teks Monolog – Monolog merupakan istilah dalam bidang keilmuan yang diambil dari kata “mono" yang memiliki arti “satu" dan “log" dari kata “logi" yang memiliki arti “ilmu".

contoh teks monolog singkat
cozyrocket.blogspot.com

Secara harfiah, monolog merupakan sebuah ilmu terapan yang berkaitan dengan seni peran, dimana hanya membutuhkan satu orang saja atau dialog bisu untuk sebuah adegan. Pada umumnya monolog lebih sering digunakan untuk kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan seni teater dan peran.


Pengertian Teks Monolog


pengertian teks monolog
monologueblogger.com

Selain dalam dunia seni peran, monolog juga terdapat pada dunia tulisan. Sebelum membahas contoh teks monolog, lebih baik jika kita mengerti dulu apa itu teks monolog.

Teks monolog adalah teks yang berisi tentang percakapan seseorang dengan dirinya sendiri. Sebagian besar apa yang diucapkan orang tersebut tidak diarahkan kepada orang lain.

Isinya mencakup rencana-rencana yang ingin dilaksanakan; sikap atau tanggapan terhadap suatu hal; ungkapan rasa dalam diri entah senang, sedih, ataupun kemarahan dan yang lainnya.


Contoh Teks Monolog Singkat


contoh teks monolog singkat
atkinsglobal.com

Agar lebih paham mengenai teks monolog maka perlu untuk mempelajari contoh teks monolog yang sudah ada. Berikut, contoh teks monolog dengan tema transportasi:

Bus Way

Bus adalah angkutan umum berukuran besar yang bergunan untuk mengangkut banyak orang dari satu tempat ke tempat lain. Salah satu kendaraan beroda empat ini memiliki bermacam jenis dan ukurang yang berbeda-beda.

Mungkin kalau di Jakarta, bus yang paling terkenal adalah Trans Jakarta. Iya, Trans Jakarta saja, buka Trans Jakarta atau busway.

Kenapa?

Karena busway adalah jalur khusus untuk bus. Tidak ada kendaraan lain yang boleh melewati jalur ini. Jadi mudahnya, Trans Jakarta adalah satu-satunya kendaraan yang boleh melewati busway.

Cukup unik bukan?

Jalur bus tapi hanya bus Trans Jakarta yang boleh melintas, sementara bus lain seperti metromini dan kopaja tak boleh melintasi. Walaupun sekarang ada beberapa Kopaja khusus yang terintegrasi dengan jalur busway.

Ya, setidaknya ada bus jenis lain yang boleh melewati busway. Sehingga makna busway jadi lebih benar.


Contoh Teks Monolog dalam Naskah Drama


contoh teks monolog drama
bschockblog.wordpress.com

Seperti yang sudah dibahas di awal, bahwa monolog banyak digunakan dalam teater. Dunia seni peran tersebut tak lepas dari yang namanya naskah yang merupakan sebuah seni tulisan.

Sehingga jika ada drama monolong, berarti ada juga teks monolog dalam naskah drama tersebut. Berikut contoh teks monolog dalam naskah drama yang dapat kamu pelajari:

Demokrasi

Saya begitu mencintai demokrasi. Tapi saya cuman wong cilik, tak ada tampang seperti pejuang, apalagi pahlawan gagah berani.

Saya tak mungkin masuk koran, wajah saya juga tak banyak dikenal orang. Perjuangan saya hanya sebatas RT 01 tempat saya tinggal.

Demokrasi di tempat kecil ini begitu indah. Semua warga memaknai dan mengamalkan demokrasi tanpa ada paksaan darimanapun.

Saat ada yang anti demokrasi di wilayah kecil nan indah ini, dengan gejolak semangat perdamaian para warga akan meminta saya menyelesaikannya. Ya, mereka menghormati saya sebagai pimpinan hasil demokrasi mereka.

Jika saya mampu, saya bisa mengerahkan mereka bila ada yang megusik demokrasi. Tapi toh buat apa? Di sini, di RT 01, demokrasi sudah berjalan begitu indah. Semua membela demokrasi dengan kompak dan dengan kesadaran sendiri.

Seandainya, semua wilayah negaraku seperti ini. Oh, sungguh indahnya.


Contoh Teks Monolog Sedih


Ibu Tercinta

Rasa ini selalu sama untukmu Ibu, semua cinta serta ketulusan. Hal-hal yang tidak akan pernah tampak sederhana bagiku, tetapi engkau tulus dan menganggap bahwa semua sesederhana yang kau lihat.

Senja merona yang berada di ujung barat selalu menjadi milik kita, untuk bisa menggenapkan waktu menuju malam penuh harmoni. Bukankah begitu bu? Seperti itulah kau untukku, kau senja yang hanya untukku.

Yang selalu menjadi kebahagiaanku. Fajar yang ada di ujung timur juga selalu jadi milik kita kan Ibu? Untuk menerbitkan sinar setelah gelapnya malam yang diselimuti kabut kedamaian.

Selalu itu yang engkau katakan padaku, bahwa selalu ada harapan untuk semua aspek dalam kehidupan ini. Engkaulah yang menerbitkan sinar saat duniaku gelap.

Fajar itu selalu memberikan kehangatan, seperti hangatnya secangkir kopi di pagi hari, kau ingat kan itu bu? Kita selalu menikmati kebersamaan dengan tawa, menyeruput kopi itu sampai tetes terakhir. Mengapa demikian Ibu?

Mengapa semua itu terasa indah saat bersamamu? Kau tahu Ibu, bahwa ini lebih suka duduk di sampingmu dan menceritakan semua hak tentang apapun itu. Bagiku, hal ini lebih menenangkan daripada aku mendengarkan alunan musik instrument favoritku.

Sudah kuduga dari dulu, bahwa engkau bukan wanita biasa. Lihatlah aku sekarang bu, aku yang setiap harinya selalu bersamamu, sampai detik pun masih mengagumimu. Berapa kata yang hendak kugunakan untuk mengungkapkan semua rasa kagumku terhadapmu? Seribu? Satu juta? Itu semua tidak akan pernah.

IBu, anakmu ini ingin sekali menjadi yang terbaik di hidupmu. Ibu, anakmu ini ingin sekali menjadi yang engkau banggakan. IBu, aku anakmu ini ingin sekali ada disampingmu untuk selamanya. I Love Ibu.


Contoh Teks Monolog Anekdot


Salah Siapa?

Pagi sekali sebelum mentari bersinar aku sudah sampai di sekolah. Sampainya di kelas, gembok masihpun mengunci pintu kelas yang tertup rapat. Akhirnya aku duduk di gazebo yang berada di depan kelas.

Kulihat disekitar ternyata juga sama. Sudah banyak anak yang datang pagi-pagi untuk belajar dan harus terlebi dahulu menjadi anjing penjaga depan kelas. Yah begitulah, banyak dari mereka yang sekedar duduk-duduk sambil melamun.

Ya Allah, kalau seperti ini jadinya salah siapa? Niat hati takut kelas masih dikunci, tetapi jadinya malah datang terlambat. Eh, sudah diperkirakan kalau belum bel tapi tetap saja harus di berhentikan petugas penjaga gerbang dan disuruh belok kanan.

Jadinya, setiap pagi harus kerja bakti untuk mencuci mukenah, shalat dhuha, dan juga mengaji. Tujuannya agar yang telat dibukakan mata hatinya.

Dan esoknya, aku datang pagi-pagi sambil tersenyum dengan membawa detergent di tanganku. Tujuanya, buat jaga-jaga kalau ada siswa yang telat jadi nggak perlu susah-susah untuk cari detergent. Akhir-akhir ini aku sering berangkat pagi supaya detergent yang kubawa bermanfaat untuk orang lain.


Contoh Teks Monolog Negosiasi


Pada suatu hari (Entah itu hari apa), ada seorang ibu yang pergi ke toko baju untuk membeli kaos sepak bola yang hendak diberikan kepada anaknya yang masih kecil (mungkin umur 6 tahun). Anaknya itu sangat suka dengan klub sepak bola Spanyol, yakni Real Madrid (tim jagoanku).

Oleh sebab itu, Ibu anak tersebut membelikannya kaos klub Real Madrid. Kebetulan kaosnya masih ada tetapi ukurannya yang terlalu besar untuk anaknya yang masih kecil. Pedagang pun tak putus asa, Ibu itu dirayu olehnya untuk membelinya.

Pedagang itu juga menyarankan supaya kaos tadi dikecilkan sesuai dengan ukuran badan anaknya. Kemudian, mereka mulai melakukan negosiasi harga kaos Real Madrid. Pedagang pun menawarkan kaos tersebut dengan harga Rp. 35.000, tapi Ibu itu tidak setuju.

Ibu itu akhirnya bisa membeli kaos yang tadi dengan harga Rp. 30.000.Kemdian Pedagang menawarkan sepatu bola, namun Ibu itu telah membelinya di toko lain. Setelah membayar, kemudian Ibu itu pergi meninggalkan toko.


Contoh Teks Monolog Lucu


Kaos Kaki Bolong

Laki-laki yang berada di pojok itu pun beridiri, kemudian ia menatap ke seluruh penjuru di ruangan itu, tatapan dari lirikannya terlihat penuh dengan misteri.

Kenapa kalian semua memandangi aku seperti itu ? Memangnya aku ini apa hah? Aku ini bukan barang antik yang suka sering dipajang di etalase-etalase, aku juga bukan bintang film murahan koleksi para cukong, apalagi doger monyet yang disuruh buat ngamen di pasar malam !

Oh, atau kali kalian suka sama aku, ngaku saja? Jangan munafik deh. Tu kan kalian itu suka.

MELUDAH

Cuih ! Tidak, tidak ! Kalian tak pernah menyukaiku, Kalian tukang penjilat, kalian pembual besar. Kerjaannya cuma memeras, bisanya hanya menyalahkan setiap kebijakan yang capek-capek dibuat orang.

Padahal kalian sendiri tak becus untuk memperbaiki ataupun menyusun kebijakan baru yang lebih ideal lagi. Dasar Beo, luh !!!

Terdengar suara Drumband, mata laki-laki itupun melirik dengan liarnya

Apa kalian juga mendengar suara aneh?

Bunyi Drumband itupun semakin jelas. Laki-laki itu menjadi gelisah dan terhantui dengan adanya suara tersebut. Dengan rasa takutnya pun ia kemudian mengambil kain batik untuk menutupi tubuhnya sambil mengatakan;

Oh, tidak. Tidak !!! Aku tak pernah menyuruhnya. Betul! Tanyakan saja kepada mereka yang telah mengenal aku lebih jauh.


Contoh Teks Monolog Singkat tentang Sahabat


Pagi itu aku masih ingat, ada seorang anak manusia yang diam dan termenung setelah ia bangun dari tidurnya. Ia sama sekali tak melakukan apapun, kecuali terdiam dan melamun dan hanya bersandarkan pada bantal yang Ia tumpuk.

Sampai pada akhirnya, Ia mengeluarkan kata-kata yang terlontar dari mulutnya. Tetapi pandangannya masih kosong. “Hari ini aku malas sekolah. Aku benar-benar nggak sanggup untuk bersekolah hari ini.” sejenak ia berhenti.

“Aku malu dengan teman-teman, aku berbeda dengan mereka. Karena aku miskin, jelek, dan aku tak seperti mereka”

“Aku ingin membenci kehidupan ini, tetapi aku tidak bisa. Karena masih ada orang yang mencintaiku dengan tulus. Aku sadar, hanya karena tidak sanggup untuk bersekolah, karena di sekolah itulah yang membuat aku benci kehidupan” Perlahan air mata pun menetes.

“Aku tidak akan rela jika harus meninggalkan sahabat-sahabatku, karena mereka lah yang selalu memberikan ku cinta tulusnya.” Mengusap airmatanya yang menetes. “Oke. aku sadar, harta dan juga fisik tidak berarti tanpa adanya cinta.

aku memiliki cinta. Ya, benar!” sedikit tersenyum “Jika aku tak sekolah disini lagi, aku pasti akan kehilangan mereka. dan Aku juga tidak yakin ada sahabat sebaik mereka di kehidupanku yang lain” tersenyum lebar.

“Oke deh, aku sekolah saja. aku nggak perduli.” Tersenyum, dan bergegas umtuk ke kamar mandi.


Memahami Contoh Teks Monolog


memahami teks monolog
kepner-tregoe.com

Setelah mengerti arti dari teks monolog dan mempelajari contoh teks monolog yang ada, sebaiknya kamu mulai mencoba membuat teks monologmu sendiri. Tidak perlu takut salah, karena semakin banyak berlatih semakin bagus tulisanmu.

Baik, cukup sekian pembahasan kita mengenai teks monolong yang telah kita bahas mulai dari pengertian teks monolog hingga contoh-contoh teks monolog.

Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih.

1 thought on “7 Contoh Teks Monolog Singkat yang Sering Muncul Dalam Ujian Sekolah

Leave a Comment