7 Contoh Teks Rekaman Percobaan Singkat yang Paling Sering Muncul

contoh teks rekaman percobaan

Contoh Teks Rekaman Percobaan – Pada artikel kali ini akan dijelaskan secara lengkap tentang Teks Rekaman Percobaan dan contoh teks rekaman sederhana unsur kebahasaan, seperti struktur teks, dan juga contoh teks rekaman percobaan.

contoh teks rekaman percobaan
contoh teks rekaman

Baiklah mari kita simak materi teks rekaman sederhana dibawah ini:


Pengertian Teks Rekaman Percobaan


Teks Rekaman Percobaan merupakan sebuah teks yang berisi tentang laporan singkat sebuah percobaan sedang dilakukan oleh penulis, teks rekaman percobaan biasanya ini di pakai untuk melakukan karya ilmiah, percobaan, atau laporan praktikum.


Struktur Teks Rekaman Percobaan


Menulis Teks Rekaman Percobaan tidak boleh asal-asalan ada beberapa struktur teks yang harus di ikuti. Yang mana bagian-bagian tersebut merupakan ciri khas pada teks rekaman percobaan. Berikut ini Struktur yang terdapat pada teks percobaan yang terdiri atas lima bagian, diantaranya:

1. Tujuan dilaksanakannya percobaan

2. Alat-alat dan bahan yang dugunakan

3. Langkah-langkah yang ditempuh

4. Hasil dari percobaan tersebut

5. Kesimpulan yang didapatkan

Pada dasarnya struktur contoh teks rekaman percobaan ini sangat mirip dengan teks prosedur kerja. Namun terdapat perbedaan yang sagat mencolok yang terlihat pada teks prosedur.

Bedanya teks prosedur tidak ada bagian yang menjelaskan hasil dan simpulan. Sedangkan pada teks rekaman percobaan terdapat bagian hasil dan kesimpulan.


Contoh Teks Rekaman Percobaan – Membuat Pulpen Tak Terlihat


Pada bagian ini secara khusus akan kami paparkan contoh singkat teks rekaman percobaan yang baik dan benar berdasarkan struktur yang sudah dijelaskan diatas. Baiklah, berukut contoh sederhana teks laporan rekaman percobaannya :

Tujuan Membuat Pulpen Tak Telihat

Pada umumnya tinta pulpen kita gunakan memiliki sifat terlihat,contohnya seperti pulpen yang dipakai untuk menulis di buku. Nah apakah kamu pernahkan anda pernah menemukan ada tinta pulpen yang tidak terlihat? Sebuah keunikan yang baru bukan?.

Kamu bisa membuat tinta tidak terlihat dengan bahan-bahan yang mudah didapat, untuk menyampaikan pesan rahasia kepada seseorang.

Alat-alat dan Bahan Untuk Percobaan

1. Lemon.

2. Air.

3. Cotton bud.

4. Kertas putih.

5. Mangkuk.

6. Lampu bohlam.

7. Sendok.

Langkah-Langkah Pembuatannya

1. Peraslah jeruk lemon dan tempatkan dalam wadah bersih yang sudah disiapkan lalu tambahkan sedikit tetes air.

2. Aduklah air dan jeruk lemon memaki sendok.

3. Selanjutnya celupkan cottonbud untuk menulis pesan diatas kertas putih.

4. Setelah selesai menulis tunggulah beberapa saat sampai jeruk lemon tersebut sehingga tinta tidak terlihat.

5. Untuk membaca pesan rahasia bisa dilakukan dengan memanaskan kertas yang dipegang dekat bola lampu.

Hasil yang kami dapatkan

Setelah semua langkah diatas kami lakukan, kami menjadi tau bagaimana cara membuat tinta menjadi tidak terlihat. Kamu bisa menyampaikan pesan rahasia kepada temanmu dengan cara ini, ini merupakan reaksi kimia.

Kesimpulan Dari Percobaan ini

Jeruk lemon adalah senyawa organik yang bisa ter-oksidasi dan berubah warna menjadi cokelat saat dipanaskan. Bahan yang diencerkan ini akan membuat pesan sulit dibaca. Dengan demikian, tidak seorang pun yang akan menyadari bahwa ada tulisan didalam kertas.

Zat lain yang dapat bekerja dengan cara yang sama, antara lain, air jeruk, madu, jus bawang, susu, cuka, dan anggur. Tinta tidak terlihat juga bisa dibuat dengan menggunakan reaksi kimia atau melihat cairan tertentu melalui sinar ultraviolet (UV).


Contoh Teks Rekaman Percobaan Membuat Makanan – Es Krim Coklat


Tujuan Pembuatan Makanan Es Krim

Es krim yang enak dan nikmat adalah es krim yang mempunyai tekstur lembut karena diberi dengan campuran susu, apalagi cocok dinikmati bila cuaca panas, tetapi apakah kamu mengetahui bagaimana cara membuat es krim?

Terkadang kita sering mendengar bagaimana cara pembuatan es krim yang sangat susah untuk dilakukan. Pembuatan es krim yang ada di industri atau perusahaan es krim tentu sangatlah rumit dan mahal.

Sebetulnya ada cara yang sederhana untuk membuat es krim serta proses dari pembuatannya pun cukup mudah. Oleh sebab itu, berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara pembuatan es krim yang mudah dan sederhana.

Alat dan Bahan

  • Es batu
  • Susu cair coklat
  • Garam
  • 2 kantong plastik klip yang ukuran berbeda. 1 kantong plastik dengan ukuran kecil dan 1 kantong plastik dengan ukuran dua kali lebih besar dari yang kantong plastik yang pertama

Langkah-langkah Pembuatannya

  1. Tuangkan susu cair ke dalam kantong plastik kecil! Kemudian tutup dengan rapat!
  2. Masukkan es batu serta garam ke dalam kantong plastik kantong ukuran besar!
  3. Masukkan kantong plastik kecil yang berisi susu cair tadi ke kantong plastik besar!
  4. Kemudian kocok selama beberapa menit!

Hasil

Setelah bahan-bahnnya siap dan langkah-langkah sudah dilakukan, maka susu cair tadi akan berubah menjadi padat. Bentuk padat tersebut yang akan kamu nikmati, yakni es krim.

Simpulan

Ternyata membuat es krim tak rumit dan mahal. Kamu bisa menggunakan alat serta bahan yang bisa ditemukan sehari-hari. Bila kamu bisa membuat es krim, tentu kamu dapat memakannya dengan puas dengan harga pas.


Contoh Teks Rekaman Percobaan Membuat Lampion


Tujuan Pembuatan Lampion

Membuat lampion dengan menggunakan benang merupakan salah satu kerajinan tangan yang dapat dibuat sendiri dengan cukup mudah. Kamu dapat membuat prakarya yang satu ini untuk mengisi waktu luangmu.

Selain itu bisa dimanfaatkan sebagai peluang usaha yang sangat menjanjikan. Karena kerajinan yang satu ini selain menambah kreativita juga dapat dijual untuk menunjang pendapatan sehari-hari.

Alat Dan Bahan

  • Balon karet
  • Gunting
  • Benang warna
  • Lem kayu
  • Kuas
  • Kain flanel
  • Bola lampu

Langkah-Langkah Pembuatannya

Setelah semua alat serta bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan lampion benang sudah siap, maka sekarang kita akan lanjut ke langkah-langkah untuk membuatnya:

1. Ambil balon karet yang tadi sudah disiapkan, tiup atau bisa juga dengan isi angin sampai dengan ukuran yang kita inginkan. Usahakan jangan terlalu besar sebab akan memerlukan bahan dan waktu yang lebih banyak.

2. Masukan lem kayu dalam wadah, kemudian campur dengan sedikit air supaya lem lebih encer. Jangan terlalu encer sebab akan lama kering dan juga daya rekatnya berkurang.

3. Setelah lem telah tercampur sempurna, gunakanlah kuas untuk melapisi permukaan balon dengan lem tadi, hal ini dilakukan supaya benang dapat menempel pada balon dengan baik.

4. Setelah permukaan balon tadi dilapisi lem, baru kita lilitkan benang ke balon secara acak. Bila lilitan benang telah kelihatan rata dan tebal, lapisi kembali seluruh permukaannya dengan menggunakan lem serta lilitkan lagi benang ke balonnya. lakukan langkah ini berulan-ulang hingga tingkat ketebalan balon seperti kamu inginkan.

5. Setelah selesai melapisi balon, tunggu lem hingga mengering, usahakan dalam proses pengeringan lem balon di gantung dan juga hindarkan dari panas matahari sebab dikhawatirkan balon dapat meledak.

6. Setelah lem tadi benar-benar kering. kemudian potonglah pada bagian bawah balon untuk membuat lubangnya agar nantinya bisa dipasang lampu.

7. Kemduain langkah yang terakhir yakni satukan lampion yang sudah dibuat dengan bohlam lampu yang sudah disiapkan.

8. Suaya tampilan dari lampion benang ini semakin menarik, kamu dapat menghiasnya menggunakan kain flanel kemudian membentuk berbagai jenis karakter lucu yang kamu suka.

Kesimpulan

Dan lampion yang indah pun sudah selesai dibuat, meskipun sedikit susah tetapi jika kita ulet dan teliti dalam proses membuatnya maka akan terasa lebih mudah dan cepat dalam pembuatan lampion ini.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Contoh Teks Rekaman Percobaan mudah mudahan bisa bermanfaat untuk anda yang sedang membutuhkannya. Kurang lebihnya mohon maaf, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar pada form yang telah disediakan

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *