Kumpulan Contoh Teks Tanggapan Kritis Singkat Beserta Strukturnya 2017

contoh teks tanggapan kritis

Contoh Teks Tanggapan Kritis – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Teks tanggapan kritis memang akhir-akhir ini banyak hal yang harus dipikirkan secara kritis hehe.

contoh teks tanggapan kritis
merenyaho.com

Buat kamu yang sedang mendapatkan tugas untuk mencari mengenai teks tanggapan kritis maka tepat sekali bila kamu membaca artikel ini.

Karena disini akan membahas teks tanggapan kritis mulai dari pengertian teks tanggapan kritis, ciri-ciri teks tanggapan krits sampai dengan kaidah kebahsaan dan contoh teks tanggapan kritis.


Pengertian Teks Tanggapan Kritis


pengertian teks tanggapan kritis
materikelas.com

Teks Tanggapan Kritis merupakan teks yang isinya membahas tentang suatu kritikan terhadap suatu hal yang terdapat kesalahan.

Biasanya penggunaan teks ini yakni pada event atau acara debat yang ada pada suatu forum. Kita juga dituntut untuk dapat menganalisis suatu pendapat serta kita juga harus menerima segala bentuk kritikan dari orang mengenai pendapat yang kita utarakan.


Struktur Teks Tanggapan Kritis


Struktur Teks tanggapan kritis
ramweb.org

Seperti yang ada pada jenis-jenis teks lainnya, teks tanggapan kritis memilki struktur yang harus kamu ketahui, berikut ini merupakan struktur dari teks tanggapan kritis

Evaluasi

yakni bagian awal yang di dalamnya berisi pernyataan umum yang disampaikan oleh si penulis.

Deskripsi Teks

yakni bagian isi yang didalamnya terdapat suatu informasi tentang data-data serta pendapat-pendapat yang mendukung ataupun melemahkan suatu teori atau suatu pendapat.

Penegasan Ulang

yakni bagia terakhir yang di dalamnya berisi mengenai penegasan ulang terhadap apa yang sudah dilakukan ataupun yang telah diputuskan.


Ciri-Ciri Teks Tanggapan Kritis


ciri-ciri teks kritis
rizqyal.blogspot.com
  1. Di dalamnya berisi mengenai tanggapan dari suatu fenomena yang terjadi dilingkungan sekitar kita beserta fakta dan alasan yang menguatkannya.
  2. Memiliki 3 struktur yang telah saya jelaskan diatas tadi
  3. Memiliki kaidah kebahasaan serta ciri kebahasaan.

Kaidah Kebahasaan Teks Tanggapan Kritis


kaidah kebahasaan teks tanggapan
bimagz.com
  1. Kalimat Kompleks, yakni kalimat yang terdiri dari dua verba serta dua struktur.
  2. Konjungsi, yakni kata yang berfungsi untuk menghubungkan kalimat satu dengan kalimat yang lainnya.
  3. Kata rujukan, yakni kalimat yang berfungsi untuk menguatkan pendapat dari orang yang memberikan pendapat.
  4. Pilihan kata, yakni penggunaan kata yang sesuai untuk digunakan di dalam teks.

Contoh Teks Tanggapan Kritis 1


contoh teks tanggapan kritis kebakaran
wisatagunung.com

Antara Kebakaran Hutan Dan Kebun Sawit

Evaluasi:

Dalam sektor bidang ekspor minyak kela[a sawit, memilki kebun sawit memang sangatmenguntungkan untuk pemasukan devisa negara.

Akan tetapi apakah hal itu sebanding dengan akibat yang akan dirasakan oleh penduduk Indonesia dan lingkugan yang ada? Butuh adanya kebijakan khusus agar terbentuk suatu hubungan yang saling menuntungkan diantara keduanya.

Deskripsi Teks:

Kebakaran hutan yang terjadi di negara kita telah menjadi fenomena yang tidak dapat dihindari pada setiap musim kemarau yang datang pertahunnya terlebih di pulau Kalimantan dan Sumatera.

Bahkan fenomena kebakaran ini berujung pada bencana kabut asap yang tidak hanya melanda kota-kota besar di Kalimantan dan Sumatera tapi dampaknya juga dirasakan sampai ke negara negara tetangga.

Disamping efek pencemaran lingkungan yang cukup parah, kerusakan lingkungan disebabkan kebakaran hutan ini juga tidak terhitung.

Dari sisi lain aktivitas perluasan perkebunan kelapa sawit yang banyak mendatangkan devisa bagi negara ini juga dirasa penting, selain itu, perluasan kebun sawit juga dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang tinggal disekitar perkebunan.

Akan tetapi keduanya ternyata tidak bisa berjalan sejajar dan saling menguntungkan, karena dari penyelidikan yang telah dilakukan terhadap salah satu faktor dari kebakaran hutan merupakan pembakaran secara langsung yang dilaksanakan oleh pemilik perusahaan sawit sendiri untuk perluasan lahan baru.

Disini berbagai pihak hingga bahakan dunia internasional pun turut mempertanyakan peran kerja pemerintah. Bagaimana pemerintah bisa membuat kebijakan terhadap usaha perkebunan sawit juga terhadap eksplorasi hutan yang ada di Indonesia.

Penegasan Ulang:

Penting peran pemerintah untuk bisa membuat suatu kebijakan yang dapat menguntungan bagi kedua belah pihak tetapi tidak juga menyebaban kerugian bagi penduduk Indonesia dan alam yang di eksploitasi.

Sikap dan kebijakan pemerintah yang tegas kepada para pelaku kejahatan dan kerusakan hutan serta membuat aturan dan ranah kerja yang jelas bagi para pengusaha perkebunan sawit sehingga keduanya dapat berjalan sejajar dan berkesinambungan.


Contoh Teks Tanggapan Kritis 2


contoh teks tanggapan kritis sma atau smk
youtube.com

Antara SMA atau SMK

Evaluasi:

Bagi kalian yang sudah menyelesaikan pendidikan di tingkat SMP, mungkin akan mengalami rasa gundah untuk memilih sekolah lanjutan, antara SMA ataupun SMK.

Setiap pilihan memiliki berbagai konsekuensi tertentu yang perlu dipertimbangkan. Memutuskan pilihan antara SMA atau SMK pastinya harus berdasarkan pada faktor yang dianggap penting.

Deskripsi:

Memilih sekolah di SMA akan memudahkan kita untuk melanjutkan ke bangku perkuliahan. Tentunya juga sesuai dengan bidang yang telah kita ambil ketika sekolah di SMA.

Misalnya saja ketika SMA, kita termasuk anak IPS, maka pilihan di perguruan tinggi juga berkaitan dengan ilmu Sosial.

Begitu juga dengan anak IPA dan Bahasa. Sedangkan apabila memilih untuk sekolah SMK, setelah lulus kita bisa langsung mencari pekerjaan yang sesuai dengan jurusan yang kita pelajari di sekolah.

Kemudian apabila dilihat dari segi prakteknya di lapangan. Sekolah SMA lebih menekankan pada teori, jika dibandingkan dengan praktek lapangan.

Kalaupun ada praktek, hal itu hanya terdapat pada mata pelajaran tertentu yang membutuhkan praktek. Sedangkan apabila di SMK, pelajaran yang diberikan lebih fokus pada kegiatan praktek jika dibandingkan teori.

Tidak hanya itu, sebenarnya sekolah di SMK pun juga bila melanjutkan ke perguruan tinggi,hanya saja mata pelajaran yang kita dapat cukup terbatas. Sedangkan untuk SMA memiliki bekal mata.

Penegasan Ulang:

Berdasarkan beberapa pertimbangan di atas bahwa sekolah di SMK bisa langsung bekerja setelah lulus, tetapi juga dapat kuliah. Hanya saja dalam bekal teori yang dimiliki masih terbatas sehingga harus belajar lebih.

Sedangkan sekolah SMA lebih mudah untuk melanjutkan kuliah karena bekal teori ilmu yang di dapat ketika sekolah lebih banyak.

Demikian tadi pembahasan kita mengenai teks tanggapan kritis yang telah diulas mulai dari ciri-ciri dari teks tanggapan kritis, kaidah kebahasaan, struktur hingga contoh teks tanggapan kritis itu sendiri.

Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *