Gempa 7,9 SR Mengguncang Papua Nugini pada Tanggal 17 Desember 2016

gempa papua nugini 17 Desember 2016
gempa papua nugini
nasional.tempo.co

Gempa 7,9 SR Mengguncang Papua Nugini Berpotensi Tsunami – Gempa dengan kekuatan 7,9 skala Richter (SR) telah mengguncang lepas pantai yang berada di Papua Nugini, Sabtu, 17 Desember 2016 (17-12-2016), yang terjadi pada pukul 20.51 waktu setempat, atau jam 17.51 WIB.

Badan Survei Geologi Amerika Serikat atau yang sering disebut dengan USGS merevisi besaran dari kekuatan gempa di Papua Nugini ini. Yang pada awalnya tercatat dengan kekuatan 8 SR, kemudian diturunkan menjadi 7,9 SR, tetapi gempa ini masih tergolong kedalam gempa yang sangat kuat.

Keterangan yang di dapat dari Pacific Tsunami Warning Center, gempa tersebut berpotensi yang dapat menuebapkan tsunami di sejumlah pantai di Pasifik Selatan.

“Gelombang tsunami berbahaya kemungkinan dapat terjadi,” sebut Pacific Tsunami Warning Center, seperti yang dilansir dari Reuters. Gempa tersebut terjadi di 157 kilometer sebelah timur Rabaul, Papua Nugini.

Tsunami yang diperkirakan akan mulai terasa 3jam sejak gempa tersebut terjadi. Gelombang tsunami diperkirakan tidak hanya akan menyerang Papua Nugini saja.

Tetapi bisa juga menyerang sejumlah negara-negara tetangga, seperti Kepulauan Solomon, Indonesia, Chuuk, Pohnpei, Nauru, Kosrae sampai Vanuatu.

Tetapi disini PTWC tidak menyebukant lebih detail mengenai perkiraan ketinggian dari gelombang tsunami yang dipicu gempa bumi tersebut.

Baik itu tadi Sekilas Informasi mengenai Gempa 7,9 Skala Richter yang Mengguncang Papua Nugini. Kita doakan semoga tidak terjadi Tsunami dan semoga semuanya selamat.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *