gempa bumi aceh 07 november 2016

Gempa Bumi 6,4 SR Guncang Banda Aceh pada Tanggal 07 Desember 2016

Gempa Bumi 6,4 SR Guncang Banda Aceh – Gempa dengan getaran cukup kuat dirasakan oleh masyarakat mengguncang wilayah Banda Aceh dan sekitarnya, sekitar pada pukul 05.00 WIB subuh tadi.

gempa bumi aceh 07 november 2016
aceh.tribunnews.com

Getaran gempa tersebut dirasakan hampir 1 menit yang mengejutkan warga di ibu kota Provinsi Banda Aceh. Tetapi belum diketahui adanya kerusakan maupun korban jiwa atau tidaknya akibat gempa tersebut.

Gempa Bumi terjadi beberapa menit sebelum adzan Subuh, sehingga membuat sebagian warga Aceh keluar dari rumah untuk menghindari hal-hal berbahaya yang mungkin dapat terjadi.

Dari pengamatan yang dilakukan di Kecamatan Meuraxa, Banda Aceh, masyarakat yang berada di kawasan pesisir tersebut sempat waswas jika terjadi tsunami dikarenakan gempa ini. Sejumlah warga pun sempat hendak mengevakuasi diri dan menjauh dari pantai.

Tetapi, mereka belum bergerak dikarenakan menunggu informasi resminya. “Kami hendak evakuasi, tetapi masih menunggu. Gempanya terasa cukup kuat. Rumah sempat bergetar dan terasa seperti gempa akhir 2004 silam,” ungkap Nurfida yang merupakan ibu rumah tangga, di Kecamatan Meuraxa, Banda Aceh, hari Rabu (7/12/2016) atau 07 Desember 2016.

Sementara itu, informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menyebutkan jika gempa ini yang berkekuatan 6,4 skala richter (SR) terjadi di kedalaman 10 kilometer.

Gempa terjadi pada pukul 05.03 WIB tersebut berada pada 5.19 lintang utara (LU) dan 96.36 bujur timur (BT). Pusat gempa berlokasi di kawasan Kabupaten Pidie Jaya dan gempa ini tidak berpotensi tsunami.

3 thoughts on “Gempa Bumi 6,4 SR Guncang Banda Aceh pada Tanggal 07 Desember 2016

Leave a Comment