isi perjanjian saragosa di maluku

Sejarah dan Latar Belakang Isi Perjanjian Saragosa Tahun 1529

Isi Perjanjian Saragosa – Pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari ilmu pengetahuan sosial mengenai sejarah, tepatnya adalah Sejarah Perjanjian Saragosa: Isi, Tujuan dan Latar Belakang.

perjanjian bangsa spanyol dan portugis
tugassekolah.com

Sejarah Perjanjian Saragosa lahir dilatar belakangi oleh orang-orang Portugis dan Spanyol yang bertemu di Maluku, dan terjadilah persaingan.

Maka dari itu dibuatlah satu perjanjian internasional yang dapat menengahi persaingan perdagangan tersebut antara pedagang Spanyol dengan pedagan Portugis mengenai monopoli perdagangan terhadap rempah-rempah yang ada di wilayah Maluku.

Dimana pada saat sebelum adanya perjanjian Saragosa, pedagang Spanyol dan Portugis saling mengklaim satu sama lain atas hak penuh wilayah Maluku. Dari pertikaian ini maka dibuatlah suatu perjanjian yang kemudian membagi dua wilayah kekuasaan tersebut.

wilayah kepulauan maluku
divemaluku.thearenui.com

Dimana daerah bagian utara garis Saragosa adalah wilayah perdagangan pihak Spanyol dan bagian selatan adalah bagian wilayah perdagangan Portugis.

Untuk lebih jelas algi mengenai Perjanjian Saragosa, mulai dari isi perjanjian saragosa itu sendiri, sejarah, latar belakang, dan tujuan dari perjanjian saragosa, mari kita simak pembahasannya berikut ini.

Latar Belakang Perjanjian Saragosa

tempat strategis perdagangan
bjorngrotting.com

Sejarah Latar Belakang adanya Perjanjian Saragosa – Perjanjian Saragosa lahir dilatar belakangi kedatangnya pasukan bangsa Portugis ke Wilayah Maluku pada tahun 1512 Masehi yang pada saat itu dipimpin oleh Alfonso d’Albuquerque yang kemudian diterima baik oleh Raja Ternate.

Tujuan awal kedatangan meruka adalah untuk berdagang , karena pada saat itu Kerajaan Ternate sedang ada permusuhan dengan kerajaan Tidore.

Maka Raja Ternate meminta bantuan terhadap Portugis untuk membantu Ternate dengan membangun benteng yang berfungsi untuk melindungi dari serangan musuh. Dan imbalan yang diberikan oleh Raja Ternate kepada Portugis adalah kekuasaan perdagangan, sehingga portugis dapat memonopolinya.

monopoli perdagangan
4shareips.blogspot.co.id

Pada Tahun 1521 Masehi Spanyol memulai ekspedisi hingga sampai di Tidore. Datangnya bangsa Spanyol ke Tidore merupakan awal konflik dengan Portugis di Maluku.

Kedatangan Spanyol dan Portugis ke Maluku sama-sama menuding jika telah terjadi pelanggaran perjanjian yang sebelumnya Spanyol dengan Portugis telah membuat suatu kesepakatan melalui perjanjian yang disebut dengan Perjanjian Tordesillas.

Dan untuk menyelesaikan konflik saling tuding pelanggaran perjanjian Tordesillas tersebut, maka dibentuk lagi suatu perjanjian baru yang bertujuan untuk menyelesaikan sengketa saat itu, dimana perjanjian yang baru diberi nama dengan Perjanjian Saragosa.

Isi Perjanjian Saragosa

perjanjian di saragosa spanyol
1zoom.net

Pada tanggal 22 April 1529 Masehi adalah waktu dibentuknya Perjanjian Saragosa yang saat itu diadakan di kota Saragosa, Spanyol yang dibentuk atau diprakarsai oleh Paus. Perjanjian Saragosa tersebut ditandatangani oleh Raja John III serta Kaisar Charles V.

Perjanjian Saragosa atau disebut juga dengan Perjanjian Zaragosa adalah perjanjian yang menentukan kegiatan dibagian timur milik Spanyol dan bagian Selatan milik Maluku, dengan adanya batas garis bujur dari 297,5 marine leagues atau 17 derajat di sebelah timur Kepulauan Maluku.

alfonso portugis
kuwaiti-word-a-day.blogspot.co.id

kesepakatan dari Isi Perjanjian Saragosa

  • Bumi dibagi dalam dua pengaruh, yaitu pengaruh dari bangsa Spanyol serta Portugis.
  • Wilayah kekuasaan dari Spanyol membentang dari Meksiko hingga ke arah barat sampai dengan kepulauan Filipina serta wilayah kekuasaan Portugis membentang dari Brazil hingga ke arah timur sampai dengan kepada kepulauan Maluku. D
  • aerah di sebelah barat pada garis saragosa merupakan penguasaan Portugis.

Kesimpulan Isi Perjanjian Saragosa

  • Spanyol diharuskan untuk meninggalkan Wilayah Maluku dan menempati daerah kegiatannya yang berada di Filipina.
  • Maluku menjadi daerah kegiatan dari bagsa Portugis.

Kesimpulan: Tujuan Perjanjian Saragosa

  • Agar pasukan portugis dan juga spanyol tidak saling bersaing di dalam memperebutkan kerajaan serta koloni antara portugis dengan spanyol sehingga dibuatlah perjanjian dari kedua belah pihak, Spanyol dan Portugis yang telah di sepakati yang kemdian di kenal dengan perjajian Saragosa.

Demikian tadi pembahasan kita mengenai sejarah, latar belakang dan isi perjanjian saragosa. Jika ada yang kurang jelas bisa ditanyakan melalui form komentar dibawah. Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Leave a Comment