jenis ukran kertas f4

Jenis dan Ukuran Kertas F4 dan Cara Mengaturnya di MS. Word

UKURAN KERTAS F4 – Kertas adalah media utama yang digunakan untuk menulis, melukis, juga mencetak. Sebelum ditemukan kertas, masyarakat pada zaman dahulu menggunakan media lain untuk menulis, seperti daun lontar, batu, kayu, bambu, juga kulit binatang.

Bagi kamu yang masih sekolah atau seorang pekerja kantoran, kertas merupakan salah satu benda terpenting yang harus ada.

Jenis-jenis Kertas

jenis jenis kertas
niedesain.com

Ada banyak sekali jenis kertas yang bisa digunakan sesuai dengan fungsi dan kualitasnya. Art Karton adalah salah satu jenis kertas yang sering kita jumpai di tempat percetakan. Kertas ini biasanya digunakan untuk mencetak kartu nama, katalog, atau pun brosur.

Kertas duplex adalah kertas yang mempunyai warna putih dan abu-abu di masing-masing sisinya. Kertas ini biasanya digunakan untuk membuat box makanan karena harganya yang relatif lebih murah dibanding dengan kertas bahan lainnya.

Ada juga kertas HVS biasanya digunakan untuk media fotokopi atau printer dan mempunyai tekstur yang agak kasar.

Ukuran Kertas

ukuran kertas f4
dhika4print.com

Ada beberapa standar ukuran kertas yang digunakan di dunia, seperti standar ISO dan standar lokal Amerika Utara. Dalam standar internasional, terdapat ukuran kertas seri A, B, dan C. Sedangkan untuk seri R dan F disesuaikan dengan permintaan pasar.

Ukuran kertas seri A ini terdiri dari A0 yang merupakan ukuran kertas terbesar sampai A10 yang merupakan ukuran kertas terkecil. Begitu juga untuk ukuran seri B, C, dan R juga dimulai dari angka 0 – 10. Kertas dengan ukuran seri A biasanya digunakan untuk cetakan umum dan perkantoran.

Sedangkan, kertas dengan ukuran seri B biasanya digunakan untuk membuat poster dan lukisan dinding. Seri C adalah ukuran untuk kerts amplop, kartu pos, dan map. Untuk mencetak foto, biasanya digunakan kertas dengan ukuran seri R.

Untuk ukuran kertas yang lainnya, kadang memakai nama Letter, Legal, Kwarto, dan lain sebagainya. Di Indonesia dan beberapa negara Asia Tenggara lainnya, ada satu ukuran kertas yang dikenal dengan nama F4.

Ukuran Kertas F4

kertas f4
maxigraphink.com

Ukuran kertas yang satu ini cukup sering membuat kita kebingungan, karena dalam pengaturan Microsoft Office sendiri, ukuran kertas F4 tidak dicantumkan.

Karena tidak ada pada ukuran kertas F4 pada pengaturan Microsoft Word, banyak orang yang menganggap kalau F4 dan Legal memiliki ukuran yang sama. Nyatanya, kedua kertas ini mempunyai ukuran yang jauh berbeda. Kertas ukuran F4 ini juga sering disebut dengan nama Folio.

Kertas F4 ini mempunyai ukuran 21.5 cm x 33 cm. Walaupun tidak ada ukuran F4 pada pengaturan Microsoft Office, kita bisa mengakalinya dengan memilih ukuran kertas yang paling dekat dengan ukuran F4 ini. Kita juga bsia mengatur sendiri ukuran pada Microsoft Word agar sesuai dengan ukuran F4.

Cara Mengatur Ukuran Kertas F4 di Microsoft Office 2013

mengatur di word
tips-mengetik.com

Untuk mengatur sendiri ukuran kertas pada program Microsoft Word, caranya sangat mudah. Setelah menjalankan programnya, buka menu Page Layout.

Kamudian, klik tanda panah kecil di bawah submenu Size. Lalu, klik More Paper Size. Jiak kolom dialog sudah muncul, ketikkan ukuran kertas F4 atau yang kita inginkan pada kolom Width dan Length. Terakhir, klik OK, dan ukuran kertas F4 pun sudah selesai kita buat.

Perhatikan baik-baik jenis dan ukuran kertas yang kita butuhkan untuk mencetak. Jangan sampai salah memilih ukuran kertas saat akan mencetak, dan malah membuat file yang sudah kita siapkan menjadi kaua karena berbeda ukuran kertasnya.

Leave a Comment