jenis penelitian kualitatif

Jenis-jenis Penelitian Kualitatif Beserta Contohnya yang Harus Kamu Ketahui

Jenis-jenis Penelitian Kualitatif – Ada banyak sekali Jenis-jenis penelitian kualitatif, tapi sebelum kita membahasnya terlebih dalu kita mengenal penelitian kualitatif,  pertama kita akan membahas pengertian peneletian kualitatif.

jenis penelitian kualitatif
aktual.com

Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang dilakukan dengan menggunakan riset yang mempunyai sifat deskriptif dan lebih cenderung menggunakan analisis.

Proses serta makna lebih cenderung didalam penelitian kualitatif, landasan dari sebuah teori dimanfaatkan untuk pemandu agar fokus dari penelitian sesuai dengan fakta yang ada di lapangan.

Selain itu landasan teori sangat bermanfaat untuk membantu memberikan gambaran umum mengenai latar belakang terjadinya penelitian dan sebagai bahan pembahasan dari hasil penelitian.

Jenis Pendekatan Kualitatif

Dalam penelitian kualitatif terdapat 5 jenis penelitian, diantaranya dalah penelitian historis, fenomenologi, grounded theory, etrnografi dan studi kasus. Untuk penjelasannya mari kita simak pembahasan di bawah ini.

1# Penelitian Kualitatif Historis

penelitian kualitatif historis
gold.ac.uk

Jenis jenis penelitian kualitatif yang selanjutnya adalah penelitian Historis, merupakan bentuk pembelajaran mengenai indivude dan pengalamannya yang harus dituliskan kembali dengan melakukan pengumpulan dokumen serta arsip-arsip.

Tujuan dari penelitian historis adalah untuk mengungkap turning point moment atau epipani, yaitu pengalaman yang menarik dan sangat mempengaruhi atau dapat mengubah hidup seseorang. Peneliti akan menginterprestai sang subjek seperti subjek tersebut dalam memposisikan darinya sendiri.

2# Penelitian Kualitatif Fenomenologi

penelitian kualitatif fenomenologi
pictures.4ever.eu

Penelitian Fenomenologi ini berfungsi untuk menjelaskan atau mengungkap makna dari sebuah konsep atau fenomena dari pengalaman yang sudah terjadi yang didasari oleh kesadaran yang dialami beberapa individu.

Penelitian ini akan dilakukan dalan situasi dan kondisi yang alami, sehingga tidak terjadi batasan dalam memaknai atau memahami fenomena yang sedang diteliti. Menurut Creswell pendektan secara Fenomenologi akan menunda semua penilaian mengenai sikap alami sampai ditemukannya dasar tertentu.

Penundaan ini bisa disebut dengan epoche (jangka waktu). Konsep epoche sendiri adalah membedakan wilayah dari data atau subjek dengan menggunakan intpretasi peneliti.

Konsep epoche bisa menjadi pusat bagi peneliti untuk menyusun dan mengelompokkan dugaan awal mengenai fenomena untuk memahami apa yang dikatakan oleh responden.

3# Penelitian Kualitatif Grounded Theory

penelitian kualitatif grounded theory
groundedtheoryonline.com

Meskipun salah satu studi pendekatan menekankan arti dari pengalaman sejumlah individu, tujuan dari pendekatan grounded theory adalah untuk menemukan suatu teori yang berkaitan dengan situasi dan kondisi tertentu.

Situasi dan kondisi dimana individu saling berkaitan atau terlibat dalam suatu prose yang merespon terhadap suatu peristiwa. Inti atau tujuan dari penelitian pendekatan Grounded Theory adalah untuk melakukan pengembangan terhadap suatu teori yang mempunyai hubungan erat terhadap peristiwa yang sedang dipelajari.

4# Penelitian Kualitatif Etnografi

penelitian kualitatif etnografi
artikel-pendidikan-sosial-ilmiah.blogspot.com

Jenis penelitian kualitatif ini merupakan urain dan penafsiran dari suatu budaya atau sistem dari kelompok sosial. Etnografi merupakan studi yang bisa dikatakan sangat mendalam terhadap yang terjadi secara alami pada sebuah budaya atau kelompok sosial untuk mampu memahami sebuah budaya tertentu dari sisi pandang pelakunya.

Disini para ahli menyebutnya sebagai peneliti lapangan, di karenakan memang pelaksanakannnya dilakukan dilapangan dalam latar alami. Peneliti melakukan pengamatan terhadap perilaku seseorang atau kelompok sebagamana adanya.

Peneliti melakikan pengamatan terhadap ciri atau kebiasaan yang sering terjadi dalam lingkunga masyarakt. Data yang diperoleh dari observasi sangat mendalam jadi untuk itu diperlukan waktu yang cukup lama di lapangan, dan juga melakukan wawancara dengan kelompok budaya tertentu secara mendalam.

Selain itu peneliti juga mempelajari dokumen atau artefak secara hati-hati, hal ini tidak sama dengan penelitian kualitatif yang lainnya, yang mana biasanya data analisis usai melakukan pengumpulan data di lapangan.

Data dari penelitian etnografi akan di lakukan penelitian di lapangan dengan situasi seperti yang sedang terjadi pada saat dikumpulkannya data. Penelitian Etnografi ini bersifat antropologis di karenakan akar-akar metodologi dari antropologi.

Para ahli pendidikan juga dapat menggunakan penelitian etnografi untuk penelitian pendidikan yang ada di sekolah-sekolah yang ada.

5# Penelitian Kualitatif dengan Studi Kasus

penelitian kualitatif studi kasus
vsocialize.com

Penelitian Studi Kasus merupakan jenis penelitian kualitatif yang dilakukan secara mendalam terhadap individu, satu kelompok, satu organisasi, satu kegiatan dan sebagainya dalam waktu yang ditentukan. Tujuan dari studi kasus agar dapat di peroleh deskripsi yang lengkap serta mendalam dari suatu entutas.

Studi kasus ini juga menghasilkan data yang selanjutnya akan dianalisis agar menghasilkan sebuah teori. Dari prosedur data kualitatif, data studi kasus dapat diperoleh dari kegiatan wawancara, observasi dan juga dari arsif. Studi kasus juga bisa digunakan dala penelitian di sekolahan.

6# Penelitian Kualitatif Deskriptif

penelitian kualitatif deskriptif
versesofuniverse.blogspot.com

Penelitian ini merupakan metode peneltian yang digunakan untuk menggambarkan atau menjelaskan fenomena yang terjadi saat ini atau yang sudah lalu. Penelitian Deskriptif tidak memerlukan manipulasi maupun perubahn terhadap variabel-variabel yang ada, namun menggambarkan atau menjelaskan suatu kondesi dengan apa adanya.

7# Eksperimen

penelitian kualitatif eksperimen
marketingland.com

Penelitian Kualtitatif Eksperimental adalah bentuk penelitian dari suatu percobaan yang berusaha untuk mengisolasi atau melakukan pengendalian terhadap kondisi yang relevan dengan situasi yang diteliti, selanjutnya melakukan pengamatan terhadap pengaruh terhadap kondisi tersebut sedang dilakukan manipulasi.

Hal ini bisa di katakan bahwa perubahan maupun manipulasi dilakukan kepada variabel bebas dan juga pengaruhnya tetap diamati pada variabel terikat.

Demikian tadi penjelasan mengenai Jenis-jenis penelitian kualitatif, didalamnya juga sudah di jelaskan mengenai tipe penelitian kualitatif beserta contoh jenis penelitian kualitatif, semoga bermanfaat.

1 thought on “Jenis-jenis Penelitian Kualitatif Beserta Contohnya yang Harus Kamu Ketahui

Leave a Comment