jenis jenis tanah di Indonesia

Jenis-Jenis Tanah dan Keterangannya yang Belum Kamu Ketahui

JENIS-JENIS TANAH – Salah satu cabang ilmu dalam geografi adalah ilmu tanah. Tentunya ilmu tanah yang dimaksud disini adalah ilmu yang mempelajari tentang tanah yang secara keseluruhan di dalamnya mencakup jenis-jenis tanah, struktur tanah, sifat fisik dan kimia tanah, persebaran jenis tanah, dan berbagai hal lain tentang tanah.

Negara kita sendiri adalah negara yang kaya akan berbagai jenis-jenis tanah. Ada banyak sekali jenis tanah yang bisa kita temukan di Indonesia. tentunya tiap jenis tanah mempunyai karakteristik atau ciri khasnya tersendiri. Tanah yang ada di indonesai terbentuk dari beberapa komponen.

Ada tanah yang terbentuk dari bebatuan yang telah lapuk. Lalu apa sajakah jenis-jneis tanah yang ada di Indonesia? berikut ini adalah daftar dari 5 jenis tanah yang yang bisa ditemukan di lapisan atas atau pedosfer di negara kita, Indonesia.

1. Tanah Aluvial

Tanah Aluvial indonesia
menarailmuku.blogspot.com

Tanah aluvial adalah tanah yang berasal dari sedimen lumpu yang terbawa oleh air sungai. Andabisa menemukan tanah aluvial di wilayah dataran rendah.

Di Indonesia sendiri, tanah aluvial berada di di wilayah utara Jawa, bagian timur Sumatera, Kalimantan bagian tengah dan selatan, serta Papua bagian utara dan selatan.

Tanah jenis ini adalah tanah yang merupakan hasil erosi dan diendapkan bersama dengan lumpur sungai. Karakteristik utama dari tanah aluvial adalah mempunyai warna tanah yang berwarna kelabu dan sifatnya subur.

2. Tanah Vulkanis

Tanah Vulkanis indonesia
puputwahyuni.wordpress.com

Sesuai dengan namanya, tanah vulkanis adalah tanah yang berasal dari abu gunung berapi atau vulkanis atau apapun yang mengandung material dari letusan gunung berapi yang sudah melalui proses pelapukan.

Tanah vulkanis adalah salah satu dari beberapajenis-jenis tanah yang bagus karena mengandung banyak unsur hara sehingga tanag vulkanis sangat subur.

Karena kesuburan tanah yang bagus inilah yang membuat tanah vulkanis sering dijadikan sebagai ladang pertanian. And abisa menemukan tanah vulkanis di daeraj Jawa terutama Bandung dan Garut. Adapun di luar Jawa berada di Bali dan Sumatera di daerah dekat dengan Danau Toba.

3. Tanah Humus

Tanah Humus indonesia
seputarpendidikansd.blogspot.co.id

Tanah humus adalah jenis tanah yang timbul akibat tumbuh-tumbuhan busuk yang berada di atas tanah ini. Tanah humus mengandung unsur hara yang tinggi karena berbagai tumbuhan yang membusuk di tanah tersebut. Karena itulah tanah humus mempunyai sifat yang sangat subur.

Tanah subur juga sering digolongkan dalam kategori tanah organosol yang berarti berasal dari bahan organik. Hanya saja, pembusukannya terjadi secara sempurna karena dari bahan organik sehingga sifatnya menjadi sangat subur.

Anda bisa menanam padi, kelapa, dan nanas di tanah humus. Tanah ini banyak terdapat di Pulau Jawa Barat, Sumatra, Sulawesi, Kalimantan, dan Papua.

4. Tanah Gambut

Tanah Gambut indonesia
wongtaniku.wordpress.com

Tanah gambut atau tanah organosol adalah tanah yang terbentuk dari proses pelapukan bahan-bahan organik. Tanah ini terbentuk akibat proses pelapukan bahan-bahan organik seperti sisa pembusukan dari tanaman rawa.

Pembusukan yang terjadi pada tanaman ini kurang sempurna karena adanya genangan air. Karena pembusukan yang kurang sempurna inilah, tanah gambut mempunyai sifat asam hingga sangat asam.

Tanah gambut tidak cocok untuk pertanian. Anda bisa menemukan tanah gambut di daerah pasang surut seperti pantai barat Sumatra, Jawa, Sumtra Timur, Papua Barat, dan pantai Kalimantan Timur.

5. Tanah Podzolik

Tanah Podzolik indonesia
artikel-kependidikan.blogspot.co.id

Tanah Podzolik adalah tanah yang dipengaruhi oleh suhu yang rendah dan curah hujan yang tinggi. Unsur hara dalam tanah podzolik sedikit sehingga cocok untuk tanaman kopi, teh, dan karet.

Anda bisa menemukan tanah podzolik di Papua, Kalimantan, Jawa Barat, Sulawesi. Sumatra, dan Maluku.

Demikian jenis-jenis tanah di Indonesia. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment