api unggun pramuka

Memeriahkan Pramuka dalam Rangka Hut Polri

Pada tahun 2011 aku mengikuti kegiatan pramuka dalam rangka Hut Polri di Desa Bauh Gunung Sari, Sekampung Udik, Lampung Timur. Acaranya sangat meriah karena di hadiri pelajar Smp, Mts, Sma, Smk, Ma Se-Lampung Timur.

Acara itu di selenggarakan 3 hari 2 malam dengan berbagai kegiatan dan juga lomba, Persiapan kami untuk acara tersebut sangat matang, karena kami di beri waktu yang cukup, lebih dari setengah bulan, sehingga kami benar-benar memanfaatkan waktu yang telah di berikan.

Sekolahku, Smp Muhisu mengirimkan 4 Regu yang terdiri dari 2 Regu Putra dan 2 Regu Putri. 1 regu Terdiri dari 13 orang, reguku di berinama Semut Merah.

Persiapan Hut Polri

latihan pramuka hut polri
gudepmtsnegerimodelpurwokerto.blogspot.com

Sebelum hari dilaksanakannya Hut Polri kami giat berlatih mulai pagi sampai sore, jadi selama kurang lebih 15 harian aku tidak masuk kelas, karena memang kegiatan pramuka sangat ketat dan juga sekolah kamu mempunyai target juara umum.

Sekolahku sudah terbiasa dengan kemenangan jadi setiap ada event pramuka, maka kami di tuntut berkomiten. Untuk itu kami berusaha keras setiap harinya.

Persiapan kami selain latihan yaitu menyiapkan barang-barang yang akan dibawa, dan juga membut barang yang kami butuhkan seperti tongkat, gudep, dan bambu untuk pagat area tenda.

Latihan untuk Perlombaan

lomba pramuka
fuu-snesala.blogspot.com

Karena sekolahku mempunyai target juara umum, sehingga kami harus menguasai dalam semua bidang perlombaan, bidang perlombaan diantaranya seperti PBB, Parade PBB, Hiking, Morse, Semaphore dan masih banyak lagi.

Kebeteluan aku ikut lomba PBB, Parade PBB dan Hiking. Aku tidak ikut lomba morse dan semphire karena pusing dengan kode-kode yang diberikan karena kurang memahaminya.

Mendirikan Tenda

mendirikan tenda pramuka
mendetail.com

Setelah melakukan persiapan dan latihan, hari yang ditunggu tiba, kami berangkat menggunakan 2 mobil truk menuju desa Bauh Gunung Sari, jarak yang ditempuh sekitar 1 jam dari sekolah.

Sesampainya ditempat, kami langsung mendirikan tenda, untuk mendirikan tenda membutuhkan waktu 30 menit, itu sudah termasuk memasang pagar pembatas.

Setelah selasai mendirikan tenda, tak lama kemudian semua peserta menghadiri upacara pembukaan yang bertanda resminya kegiatan pramuka dalam rangka memeriahkan Hut Polri di Desa Bauh.

Usai upacara pembukaan kami memulai kegiatan sesuai jadwal yang telah di tentukan panita penyelenggara.

Perlombaan yang Menegangkan

lomba hiking pramuka
smanduasungaitarab.sch.id

Keesokan harinya barulah semua perlombaan di mulai, mulai dari PBB sampai dengan lomba Semaphore. Di hari itu aku ikut lomba PBB, sangat di sayangkan dalam lomba tersebut kami hanya mendapat juara pertama harapan. Tapi kami tidak menyerah karena masih ada perlombaan yang lainnya.

Setelah perlombaan PBB di lantukan dengan lomba semaphore dan juga morse. Alhamdulillah dalam lomba tersebut sekolah kami mendapat juara pertama.

Kemudian di hari berikutnya kami mengikuti Hiking, jarak yang ditempuh dalam hiking tersebut sekitar 7 km, lumayan jauh dan akan sangat melelahkan mengingat kegiatan kami yang padat.

Dalam kegiatan Hiking ini kami dalam setiap pos di haruskan melapor dan akan di beri tugas untuk memecahkan kode-kode.  Pada Hiking tersebut reguku sangat bagus, karena bisa sampai tujuan nomor pertama dan meninggalkan jauh peserta yang lainnya.

Api Unggun di Malam Terakhir

api unggun pramuka
lobimesen.com

Dalam perjalanan Hiking kami di perintahkan untuk membawa kayu, yang mana kayu tersebut akan digunakan untuk bahan bakar api unggun. Selain dari kayu, bahan bakarnya juga menggunakan Ban mobil bekas, sehingga nyala api pun besar dan tinggi.

Sebelum menyalakan Api Unggun, terlebih dahulu melakukan upacara untuk menyalakan Api Unggunnya, dalam upacara tersebut di buat semenarik mungkin dalam pelaksanakaanya.

Api Unggun akhirnya menyala, apinya sangat besar dengan ketinggian sekitar 6 meter. Malam yang begitu gelap karena semua lampu dimatikan menjadi sangat terang.

Detik-detik Pengumuman Juara

detik-detik pengumuman juara
bizlady.jp

Setelah sebelumnya sudah di umumkan juaranya dari beberapa lomba, sekarang adalah penentuan juara dari keseluruhan kegiatan. Kami sangat cemas menunggu hasilnya, pertama yang disebutkan adalah peringkat 3, perngkat itu di raih sekolah lain, dan kemudian peringkat 2 itu juga di raih oleh sekolah lain.

Sekarang tinggal peringkat 1, apakah kami dapat meraih peringkat 1 atau justru tidak meraih sama sekali. Sangat menegangkan menuggu pengumuman peringkat 1 ini, bisa di katakan detik-detik yang menegangkan. Setelah menunggu beberapa detik yang membuat jantung kami berdebar kencang.

Akhirnya Peringkat 1 di umumkan dan yang menjadi pemenangnya adalah, Smp Muhamadiyah 1 Sekampung udik. iya itu adalah sekoalahku, jadi kami berhasil mendapat juara umum.

Tidak sia-sia latihan kami selama berhari-hari dan juga tidak ikut kelas, akhirnya bisa terbalaskan. Tapi sayang moment itu tak ku abadikan, karena aku tidak punya handphone.

Pulang

pulang kemah
sakobere.blogspot.com

Kami membereskan tenda dan bersiap pulang dengan membawa kebanggan, sangat senang membawa kemenangan, rasa lelah tak terasa. Pengalaman yang luar biasa, dan kami pun pergi meninggalkan Desa Bauh menuju sekolahanku.

Leave a Comment