Limbah dengan Nilai Jual Tinggi, Kerajinan dari Batok Kelapa yang Dapat Membuatmu Kaya

cara membuat kerajinan dari limbah batok kelapa

Kerajinan dari Batok Kelapa – Pohon kelapa adalah pohon yang memiliki beragam kegunaan, selain itu juga pohon kelapa sanga digemari karena mempunyai karakter yang khas.

kerajinan batok batok kelapa
jualkerajinanbatokkelapa.wordpress.com

Karena khas, maka pohon kelapa dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai kerajinan yang memiliki nilai jual tinggi, salah satu bagian pohon kelapa yang dapat dijadikan sebagai kerajinan adalah tempurung kelapa. Karena tempurung kelapa memiliki karakter yang khas, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai kerajinan.

Ada sebagian orang yang menganggapnya sebagai limbah, padahal tempurung kelapa dapat dijadikan sebagai aksesoris kerajinan yang unik, misalnya saja seperti gantungan kunci, tas, lampu dan juga kerinan tempurung kelapa lainnya yang memiliki karakter unik.

Kali ini kita akan belajar bagaimana cara Membuat Kerajinan dari bahan batok Kelapa yang nantinya disulap menjadi barang yang memiliki nilai seni tinggi dan beragam bentuk yang tentunya unik dan kreatif, sehingga menjadikannya banyak diburu oleh para konsumen yang berasal dari lokal maupun mancanegara.

Berikut ini adalah cara bagaimana cara membuat kerajinan dari batok kelapa yang dapat kamu ikuti dengan mudah, diantaranya sebagai berikut:


Mangkok Unik yang Terbuat dari Batok Kelapa


mangkok dari batok kelapa
olx.co.id

Alat dan Bahan:

  • Lem kayu
  • Amplas halus
  • Kuas kecil
  • Mineral oil
  • Batok kelapa tua
  • Gergaji besi
  • Katter dan juga sepidol

Cara Pembuatan :

  1. Pertama kita potong terlebih dulu batok kelapanya, dengan ukuran kira – kira 1/3 bagian dengan menggunakan gergaji besi supaya potongannya rapi.
  2. Kemudian bersihkan batok kelapa tadi menggunakan amplas pada bagian luar ataupun dalam, bila pada bagian luar masih terlalu banyak sabut yang tersisa, maka dapat kita bersihkan dengan cutter.
  3. Jadikan 1/3 bagian sisa tadi menjadi kaki mangkok, dengan cara memotong sedikit pada bagian cembung, supaya nanti kita mudah dalam merekatkan bagian kaki dan juga mangkoknya, kemudian baru kita haluskan.
  4. Bila ingin diberi hiasan atau di ukir agar terlihat semakin cantik silahkan saja, hiasan sesuai dengan selera masing-masing.
  5. Setelah itu kita laipisi 2 bagian tadi dengan menggunakan mineral oil yang di kuas supaya terlihat indah, lalu keringkan selama 24 jam.
  6. Kerajinan mangkok yang terbuat dari batok kelapa pun sudah jadi.

Lampu Hias dari Batok Kelapa


lampu hias batok kelapa
blogoinformasi.com

Alat dan Bahan:

  • 1 butir kelapa berukuran sedang
  • Kayu papan yang berukuran 12 x 12 cm
  • Besi yang berukuran kecil (sebesar kabel), panjang 30 cm
  • Tali anyaman yang terbuat dari pelepah pisang
  • Kabel dan juga lampu kecil warna warni
  • Amplas atau gurinda
  •  Pilok clear atau mineral oil
  • Gergaji besi
  • Golok atau Katter
  • Pensil atau sepidol

Cara pembuatan:

  1. Langkah pertama kita kupas terlebih dahulu sabut kelapanya, bersihkan sampai bersih, kemudian kerik menggunakan catter agar serabutnya hilang semua.
  2. Setelah itu barulah kita bersihkan dengan amplas samapi bersih dan mulus.
  3. Buatlah pola sesuai dengan seleramu senidiri menggunakan pensil maupaun alat lainnya.
  4. Lalu beri lubang pada batok kelapa dengan gergaji besi secukupnya, yang nantinya digunakan untuk memasukkan kabel dan lampu.
  5. Lubangi pola yang sudah di buat tadi menggunakan bor listrik.
  6. Keluarkanlah isi kelapa dengan cara mencongkel sedikit demi sedikit.
  7. Kemudian bila isi kelapa sudah bersih, selanjutnya kita akan membuat dudukan yang nantinya digunakan untuk menggantungkan lampu, caranya denga menancapkan besi tadi ke kayu yang sebelumnya sudah disiapkan dan kemudian lengkungkan besi tadi sampai terlihat seperti pohon.
  8. Barulah kita pasang kabel pada besi tadi, kemudian kita bungkus dengan menggunakan tali yang terbuat dari pelepah pisang.
  9. Kemudian kita pasang batok kelapa pada batang besi yang sudah dibuat sedemikian rupa seperti pohon dan dihiasi seperti dahan.
  10. Tahap yang terakhir adalah dengan cat batok kelapa menggunakan pilok clear atau bisa juga menggunakan mineral oil agar tampak alami.

Kerajinan Teko dari Batok Kelapa


teko dari batok kelapa
harian.analisadaily.com

Alat dan Bahan:

  • Kayu kelapa atau kayu lainnya
  • 2 buah batok kelapa yang masih utuh.
  • Lem kayu
  • Amplas/ gerinda.
  • Gergaji besi golok, kater dan alat lain jika dibutuhkan
  • Mineral oil / pilok clear.

Cara Pembuatan:

  1. Seperti biasa, pertama kita bersihkan terlebih dahulu semua batok kelapa menggunakan amplas atau gerinda agar bersih dan halus.
  2. Kemudian potonglah 1 buah batok pada bagian atas batok dengan ukuran sekitar ¼ bagian menggunakan gergaji, kemudian buatlah lobang kecil dibagian depan yang berfungsi sebagai saluran air.
  3. Setelah itu, potong lagi 1 buah batok menjadi dua bagian yang nantinya digunakan sebagai tutup dan kaki teko.
  4. Bersihkan semua sabut menggunakan cutter, setelah bersih gosok menggunakan amplas.
  5. barulah kita buat pegangan teko dan juga pegangan tutup teko dyang terbuat ari kayu yang sudah di sediakan tadi.
  6. Jangan lupa untuk membuat saluran yang nantinya digunakan untuk menuangkan air dari dalam teko, caranya yakni dengan menyiapkan 2 belah kayu dan bentuklah sesuai keinginan.
  7. Pada masing-masing bagia, kita buat lengkungan yang hendak di jadikan lubang yang menjadi jalan keluar air dari teko.
  8. Warnailah batok dan juga kayu menggunakan pilok clear supaya mengkilap atau mungkin bila lebih suka warna natural dari batok, cukup dengan menggunakan mineral air. Setelah itu kita jemur pada terik matahari sekitar 24 jam.
  9. Tahap selanjutany adalah menempelkan semua bagian pada letaknya masing-masing menggunakan lem kayu.
  10. Bila perlu kita bisa menghiasnya agar terlihat lebih menarik

Demikian tadi proses pembuatan limbah yang kemudian dijadikan Kerajinan dari Batok Kelapa, semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *