Cara Mudah Berkreasi Membuat Kerajinan dari Kain Flanel

KERAJINAN DARI KAIN FLANEL  – Kerajinan tangan dari tanah liat, origami, atau stik es krim? Itu sih biasa. Kamu pasti tahu kain flanel bukan? Yup, ternyata kain flanel bisa kamu jadikan bahan utama untuk membuat kerajinan tangan lho. Kerajinan dari kain flanel bisa kamu buat sendiri sesuai keinginanmu.

Selain tekstur kainnya yang lembut, warna kain flanel juga bervariasi lho. Dompet, gantungan kunci, hiasan dinding dan kerajinan tangan lainnya bisa kamu buat dengan kain flanel.

Bentuk-bentuk kerajinan dari kain flanel yang lucu dan unik juga semakin digemari banyak orang, terutama kaum hawa yang menyukai benda-benda menggemaskan. Untuk membuat kerajinan tangan kain flanel tidak sulit kok. Yuk, kita simak langkah-langkah membuat kerajinan tangan dari kain flanel.

Cara Membuat Gantungan Kunci dari Kain Flanel

dari kain flanel
tokopedia.com

Kain flanel memang mudah dikreasikan untuk membuat berbagai kerajinan tangan. Salah satu kerajinan dari kain flanel adalah gantungan kunci. Bahan yang bisa kamu gunakan untuk buat gantungan kunci adalah kain flanel. Yuk, simak cara buatnya.

  1. Langkah pertama, kamu harus buat sketsa diatas kain flanel sesuai keinginanmu. Buat dua pasang dengan bentuk yang sama, lalu gunting.
  2. Gabungkan kedua kain flanel dan jahit dibagian ujung kain.
  3. Kemudian isi kain flanel dengan dracon (bahan isian bantal) agar terlihat berisi, lalu jahit sisa kain yang terbuka karena dracon.
  4. Gunakan pernak-pernik sesuka hatimu, tunjukan kreativitas yang kamu punya.
  5. Langkah terakhir pasang rantai gantungan kunci.

Cara Membuat Dompet dari Kain Flanel

dari kain flanel
mymindmysoul.wordpress.com
dari kain flanel
tokopedia.com

Selain gantungan kunci, kamu juga bisa membuat dompet cantik dari kain flanel. Cara pembuatan dompet dari kain flanel hampir menyerupai gantungan kunci. Yuk kita simak cara pembuatannya.

  1. Pertama, pilihlah kain flanel kesukaanmu. Kamu bisa menggunakan warna kain flanel yang berbeda-beda untuk menghiasi dompetmu.
  2. Lalu buatlah pola dompet diatas kain sesuai keinginanmu.
  3. Kemudian gunting pola yang telah kamu buat pada kain flanel.
  4. Langkah selanjutnya, jahit bagian sisi kain.
  5. Gunakan kancing atau aksesoris lain untuk dijadikan penutup dompet.
  6. Lalu lubangi bagian kain flanel yang terhubung dengan kancing sebagai penutup dompet.
  7. Langkah terakhir gunakan pernak-pernik lucu untuk mempercantik dompetmu.

Kain flanel memang menarik untuk dikreasikan. Selain gantungan kunci dan dompet, kamu juga dapat memanfaatkan kain flanel untuk membuat benda-benda bermanfaat lainnya, seperti tas, bros, sepatu bayi, tempat pensil, tempat tisu dan ornamen-ornamen lucu lainnya.

Kerajinan dari kain flanel banyak kamu temukan di pasaran. Harga kerajinan dari kain flanel beragam sesuai dengan ukuran barangnya. Tapi akan lebih menarik lagi kalau kamu membuatnya sendiri agar sesuai dengan keinginan kamu.

Kamu juga bisa lebih menghemat uang jajan kamu lho. Cara pengerjaan kerajinan kain flanel juga bermacam-macam.

Tingkat kesulitannya menyesuaikan dengan barang apa yang akan kamu buat, semakin besar kerajinannya semakin sulit cara untuk membuatnnya, dan kamu hanya butuh kreatifitas dan imajinasi yang tinggi untuk membuat kerajinan dari kain flanel.

Kain flanel memang sangat menarik untuk kamu kreasikan. Untuk kamu yang masih pemula, kamu bisa mencoba membuat kerajinan dari kain flanel yang mudah terlebih dahulu, seperti membuat dompet, atau hiasan dinding.

Mungkin akan terasa sulit, tapi kamu bisa mencobanya berulang kali agar hasil kerajinan yang kamu buat akan terlihat maksimal. Jangan pernah berhenti mencoba. Semakin sering kamu membuat kerajinan kain flanel, semakin mudah pula kamu mengotak-atik kain flanel.

Apabila masih kesulitan, kamu bisa berkonsultasi dengan partner kamu yang ahli dalam membuat kerajinan, atau kamu juga bisa melihat video tutorial “cara membuat kerajinan kain flanel” di internet agar lebih jelas dan spesifik.

Leave a Comment