manfaat tumbuhan eceng gondok

Kerajinan Tangan dan Manfaat Eceng Gondok yang Harus Kamu Ketahui

Kerajinan Eceng Gondok – Eceng gondok mempunyai nama latin Eichhornia crassipes yang merupakan jenis tumbuhan yang hidup diatas air. Selain dikenal dengan sebutan eceng gondok di beberapa daerah di Nusantara, eceng gondok juga memiliki sebutan lain.

manfaat tumbuhan eceng gondok
cafependidikan.com

Salah satunya di daerah palembang, di palembang eceng gondok disebut dengan Kelipuk, sementara di lampung disebut dengan Ringgak, kemudian di dayak biasa disebut denagn ilung-ilung, masih banyak lagi sebutan lain dari eceng gondok.

Yang unik dari tumbuhan eceng gondok adalah kecepatan tumbuhnya, tumbuhan ini sangat cepat sekali tumbuhnya, tumbuhan ini juga sering dianggap gulma yang bisa merusak lingkungan di perairan karena eceng gondok dapat dengan mudah menyebar.

Pada kali ini kita akan membahas mengenai kerajinan yang terbuat dari eceng gondok, tapi sebelum masuk ke sana kita akan sedikit mengulas mengenai eceng gondok.

Ciri-ciri Tumbuhan Eceng Gondok

1. Batang

Eceng gondok adalah tumbuhan air yang tidak mempunyai batang, tingginya hanya sekitar 0.3-0,8 meter dari permukaan air, sehingga tidak terlalu terlihat.

2. Daun

Eceng gondok memiliki ciri-ciri berdaun tunggal, bertangkai, mempunyai warna hijau, panjang daun 8-20 cm, berbentuk oval, ujungnya meruncing, pangkalnya juga meruncing, bagian tepi rata.

Pada bagian permukaan mengkilat, daun tangkainya menggelembung yang berfungsi sebagai penampung udara agar tanaman bisa mengapung di atas air dan daunnya licin.

3. Bunga

Jenis bunga pada eceng gondong termasuk jenis bunga majemuk, mempunyai bentuk bulir, kemudian panjang dari mahkotanya sekita 2-3 cm, kelopaknya berbentuk tabung.

4. Buah dan Biji

Buah dari eceng gendok berbentuk capsula. memiliki 3 ruang dan berwarna hijau, sedangkan bentuk dari biji eceng gondok adalah bulat dan berwarna hitam. Eceng gondok berkembang biak dengan metode generatif.

5. Akar

Seperti kebanyakan tanaman yang hidup di air, Tanaman eceng gondok memiliki ciri-ciri akar yang berserabut, ukuran akarnya relatif kecil dan tidak terlalu menancap.

Dan yang membuat unik dari akar eceng gondok adalah akarnya yang tidak bercabang, karena biasanya akar yang berserabut mempunyai bentuk akar yang bercabang-cabang.

Kandungan Zat Tumbuhan Eceng Gondok

Didalam eceng gondok terdapat kandungan Senyawa Kimia yaitu Kalsium(Ca), kalium(K), magnesium(Mg), klorida(Cl), ferum, natrium(Na), dan juga pada akarnya terdapat senyawa fosfat serta sulfat.

Khasiat dan Manfaat Eceng Gondok

Manfaat Eceng Gondok untuk Kesehatan

Kandungan ataupun senyawa yang terdapat pada tanaman eceng gondok dapat memabantu proses penyembuhan bagi orang-orang yang sedang mengalami gangguan buang air kecil.

Selain itu juga tumbuhan ini dapat mengobati panas yang di rasakan di tenggorokan. Eceng gondok juga dapat dijadikan obat gatal akibat ulat bulu atau hewan yang lainnya, selain itu bisa juga untuk obat bisul.

Manfaat Eceng Gondok selain Dijadikan Obat

1.  Eceng gondok dapat kita manfaatkan sebagai pakan ternak seperti halnya pakan ternak untuk kambing, bebek, itik, ikan lele, ikan nila dan lain-lain.

2. Eceng gondok dimanfaatkan sebagai pupuk organik

3. Eceng gondok digunakan untuk bahan bakar biogas

4. Eceng gondok di manfaatkan untuk penjernih air

5. Eceng gondok digunakan sebagai kerajinan (yang akan kita bahas)

6. Eceng gondok digunakan untuk menyerap logam berat.

Efek Negatif Tumbuhan Eceng Gondok

efek negatif eceng gondok merusak perairan
taufikurahman.wordpress.com

Seperti yang sudah kita bahas tadi bahwa eceng gondok ini juga di sebut sebagai tumbuhan gulma yang dapat merusak perairan jika tidak di kelola.

Menjadi Sampah

Eceng gondok yang telah mati maka dia akan tenggelam ke dalam dasar sungai sehingga hal itu akan ada penumpukkan sampah eceng gondok dibawah rawa/danau yang berakibat buruk bagi ekosistem perairan tersebut.

Mengganggun Ekosistem Air

Jika pertumbuhan dari eceng gondok ini tidak di kontrol maka kehidupan yang ada di bawah air bisa terganggu. Hal itu dikarenakan banyaknya eceng gondok dipermukaan air dapat menghalangi cahaya masuk ke air.

Selain itu rawa atau danau bisa menjadi dangkal akibat sampah dari eceng gondok yang mati yang bisa menyebabkan ikan-ikan mati seperti yang sudah saya jelaskan diatas tadi.

Menyumbat Saluran Air

Tanaman eceng gondok mempunyai pertumbuhan yang sangat cepat, jika hal ini tidak terkontrol maka dapat menyumbat saluran air yang ada.

maka dari itu kita harus dan perlu untuk mengelolanya dengan baik, sehingga nantinya tidak akan menimbulkan masalah yang serius.

Merusak Mesin Kapal

Karena banyaknya eceng gondok di perairan, ini bisa menghambat laju dari kapal dan bahanya adalah mesin kapan bisa rusak akibat eceng gondok ini.

Setelah kita mengenali tumbuhan eceng gondok mulai dari ciri-cirinya, kandungan senyawa yang ada di dalamnya samapi dengan khasiat dan manfaat yang terdapat pada eceng gondok, sekarang kita akan membahas macam-macam kerajinan yang terbuat dari eceng gondok.

Kerajinan dari Eceng Gondok

Banyak sekali kerajinan tangan yang terbuat dari tumbuhan eceng gondok, yang merupakan limbah organik, diantaranya kerajinan limbah oraganik sebagai berikut:

1. Sofa Eceng Gondok

kerajinan sofa dari eceng gondok
kerajinanambarawa.com

2. Tas Eceng Gondok

tas yang terbuat dari eceng gondok
lamonganoke.wordpress.com

3. Sandal Eceng Gondok

memanfaatkan eceng gondok untuk dibuat menjadi sendal
bengkellimbah.wordpress.com

4. Topi Eceng Gondok

memanfaatkan eceng gondok untuk dijadikan topi
tokopedia.com

5. Lampu Kamar Eceng Gondok

lampu kamar dari eceng gondok sangat bagus
andtulgallery.wordpress.com

Cara Membuat Kerajinan Eceng Gondok

1. Mencari Eceng Gondok

Untuk membuat kerajinan eceng gondok yang pertama kali kita lakukan adalah mencari terlebih dulu tumbuhan eceng gondok. Kita bisa mencari eceng gondok ini di rawa-rawa, kita bisa mendapatkan banyak disini.

Selain mencari eceng gondok untuk digunakan kerajinan, secara tidak langsung kita juga membantu membersihkan sungai dari eceng gondok, karena eceng gondok dianggap sebgai tanaman gulma.

2. Mencuci Eceng Gondok

Setelah kita mencari eceng gondok dan mengumpulkannya, sebelum di olah kita harus mencucinya agar kotoran dan bau yang tak sedap lainnya menghilang.

Cara mencucinya tidak menggunakan sabun, cukup dengan menyemprotnya dengan air saja dan kotoran yang menempel akan menghilang.

3. Memilih Eceng Gondok

Setelah kita cuci, kita harus memilih eceng gondok yang akan kita buat kerajinan, mana-mana saja bagian yang cocok untuk jenis kerajinan kita yang akan dibuat. Untuk pemisahan kita bisa menggunakan alat berupa pisau atau gunting.

4. Mengeringkan Eceng Gondok

Setelah kita membersihkan dan memilah-milah eceng gondok, tahap selanjutnya adalah mengeringkan eceng gondok cara menjemurnya dengan memanfaatkan sinar matahari.

Kita juga bisa mengeringkannya menggunakan oven, tapi kualitas dari eceng gondok akan lebih bagus jika kita menggunakan sinar matahari.

5. Membuat Pola Kerajinan Eceng Gondok

Setelah proses pengeringan selesai, maka proses yang selanjutnya adalah membuat pola kerajinan yang sesuai dengan keinginan kita. Jadi fungsi pola ini sebagai media untuk mempermudah proses mebuat kerajinan kita, nanti kita hanya cukup mengikuti pola ini saja.

6. Menganyam Eceng Gondok

Karena tadi kita sudah membuat polanya, jadi sekarang kita tinggal mengikutinya berdasarkan pola yang sudah kita buat. Akan tetapi kita tetap harus berhati-hati saat mengayam agar kerajinan yang kita buat hasilnya bagus dan rapi.

7. Tahap Akhir Kerajinan Eceng Gondok

Di tahap terakhir ini kita cukup menghias kerajinan, misal memberi warna atau aksesoris yang lain agar menambah nilai keindahan dari kerajinan ini, semakin bagus produk yang kita buat maka nantinya harga jual akan tinggi. Selain menghias kita juga harus mengecek hasil kerajinan kita, jangan sampai ada yang cacat.

Demikian tadi pembahasan kita mengenai Kerajinan Eceng Gondok, banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari tumbuhan yang satu ini, mulai dari mengelolah eceng gondok menjadi kerajinan tangan yang mempunyai nilai jual tinggi sampai menjadikannya obat herbal. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Comment