kunjungan

Kunjungan Industri SMK MUHIMA ke Yogyakarta dan Bandung

Pada pertengahan kelas 3, tepat nya pada tanggal 15 Desember 2014 sekolahanku, Smk Muhammadiyah 1 Marga Tiga akan mengadakan Kunjungan Industri ke Yogyakarta dan Bandung. Sejak tahun 1996, itu lah pertama kali sekolahanku mengadakan kunjungan industri ke luar Lampung.

Biasanya sekolahanku hanya mengadakan kunjungan industri di lampung, seperti mengunjungi pabrik Coca cola yang terletak di bandar lampung, tapi pada angkatanku, sekolahku bisa melakukan kunjungan industri ke luar lampung. Jadi itu adalah yang pertama kalinya sejak pertama di dirikan.

Untuk melakukan perjalanan kunjungan industri, di kenakan biaya sebesar Rp. 1.500.000, itu sudah termasuk makan dan penginapan.

kunjungan industri
alumnismk2015.blogspot.co.id

Waktu yang di nantikan pun tiba, pada pukul 8.00 wib 2 bus Armada Penantian pun datang, kami angkatan kelas 3 yang terdiri dari jurusan teknik komputer dan jaringan serta jurusan pemasaran yang juga di dampingi oleh para pembimbing bersiap menaikinya.

Perjalanan menuju kota tujuan pun di mulai, sepanjang perjalanan terasa dingin, karena memang saya tidak menggunakan sepatu, hanya beralaskan sendal jepit, Kaos pun tak luput ku gunakan untuk menutupi kaki yang serasa membeku.

Pada pukul 13.00 wib kami sampai di pelabuhan bakauheni, Lampung Selatan. Itukah pertama kali saya menginjakan kaki di pelabuhan, karena memang sebelumnya saya tidak pernah pergi ke luar Lampung. Jadi saya sangat senang dengan pengalaman saya.

Tidak lama kemudian, kami pun berlayar, belum sampai setengah perjalanan teman ku ada yang sudah di mabuk laut. Para pembimbing pun mengobatinya. Sedangkan yang terjadi dengan saya adalah mengabadikan moment, saya dan teman-teman yang lain nya asik foto bersama menikmati angin sepoi-sepoi.

Tiba waktu sore, tepatnya pukul 18.30 wib, kami sampai di pelabuhan merak dan melanjutkan perjalanan menuju kota tangerang untuk beristirahat sejenak. Setelah berisitrahat kami melanjutkan perjalanan menuju kota Yogyakarta.

Pada esok harinya, kami sampai di magelang, sebelum melanjutkan perjalanan menuju yogyakarta, kami mampir dulu ke wisata yang sangat terkenal di Indonesia maupun mancanegara, yaitu wisata Candi Borobudur yang sudah di tetapkan sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO.

Foto Candi Borobudur

Borobudur
travelmoodz.com

Saat berada di candi Borobudur saya sangat senang sekali menikmati ke indahan yang telah Tuhan ciptakan ini, sungguh luar biasa. Walau terik matahari bersinar terang saya tetap bersemangat mengelilingi candi ini. Selain itu juga asik berfoto dengan teman dan tak lupa juga dengan wisatawan mancanegara.

Beranjak dari candi Borobudur Magelang, kami meluncur ke Yogyakarta, sudah bersiap untuk menuju ke beberapa tempat yang memang sudah di jadwalkan, dan kami pun tiba di Yogyakarta yang selalu istimewa. Inilah beberapa tempat yang kami kunjungi:

#1 PT. Mirota KSM

mirota
mirotaksm.com

Tempat pertama yang kami kunjungi adalah Mirota KSM, perusahaan ini adalah perusahaan asli milik anak negeri ini, sudah 3 generasi yang memimpin perusahaan ini. Perusahaan ini mampu bertahan melawan krisis pada tahun 90an, yang kebanyakan perusahaan lain bangkrut karena tidak mampu bertahan.

#2 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

umy
dmss.umy.ac.id

Setelah dari Mirota KSM, kami melanjutkan kunjungan ke Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Kesan pertama saat menginjakan kaki di kampus ini, saya sangat kagum dengan lingkungan yang asri dan bersih, serta bangunan-bangunan yang besar.

Di sana kami di ajak berkeliling dan masuk Lab anak Teknik Informatika yang saat itu usai melakukan Ujian, kami  di sambut dengan ramah oleh mahasiswa UMY.

#3 Keraton Yogyakarta

keraton jogja
myclassixa.blogspot.com

Ke esokan harinya, kami melakukan perjalanan ke beberapa objek wisata tentunya juga ada edukasinya. Yang pertama adalah Keraton Yogyakarta. Kami berkeliling keraton sambil mendengarkan sejarah yang di sampaikan oleh juru kunci atau abdi dalem keraton yogyakarta.

Kami sangat berantusias untuk mendengarkan sejarah yang memukau ini. Selain itu juga kami mengabadikan momen yang luar biasa ini.

#4 Taman Pintar

taman pintar
mainmania.com

Tak jauh dari keraton, kami melanjutkan perjalanan wisata kami ke Taman Pintar, disana banyak sekali pengetahuan yang kami dapat, mulai dari sejarah Indonesia, zaman purbakala, ilmu sains, teknologi, hingga pengetahuan mengenai budaya indonesia sendiri.

#5 Malioboro

malioboro
drinkteatravel.com

Tak lengkap apabila ke Jogja tapi tidak mampir di Malioboro, disini terdapat pedang kaki lima yang menjual kerajinan dan juga warung lesehan yang membentang sepanjang jalan Malioboro, dengan harga yang relatif murah. Kami di sini berpencar mencari oleh-oleh untuk orang rumah.

Setelah melakukan kunjungan di Jogja kami pun akan pulang kembali ke Lampung, tapi sebelumnya kami harus menuju Bandung untuk berkunjung ke Telkom, karena memang ini adalah rangkain kunjungan industri yang telah di susun sebelumnya.

Sebelum ke Telkom kami mampir dulu ke Cibaduyut Mall. Karena cibaduyut terkenal dengan produksi sepatunya, jadi ada yang kurang jika kami belum beli sepatu di sana. Setelah kami mendapatkan apa yang di inginkan, kami melanjutkan perjalanan menuju Telkom.

telkom univiversity
telkomuniversity.ac.id

Sesampainya di Telkom, kami di sambut oleh perwakilan Telkom, kami pun mendengarkan sambutan di ruangan yang cukup luas. Di sana sangat seru karena juga terjadi obrolan yang serius mengenai jaringan telkom untuk wilayah pelosok nusantara, lalu mengenai Telkom ke depannya bagaimana, dan masih banyak lagi.

Setelah Rangkaian Kunjungan Industri yang menyenangkan telah usai, kami pun berangkat pulang menuju Lampung.

Leave a Comment