makanan khas banyuwangi

6 Makanan Khas Banyuwangi ini Wajib Kamu Coba, Ngga Nyoba Nyesel!

Makanan Khas Banyuwangi – Sebelum kita membahas makanan khas yang ada di Kabupaten Indramayu, mari kita menjelajah kuliner ke wilayah Jawa bagian timur, tepatnya di Banyuwanngi. Disini kita bisa menemui banyak kuliner yang tentunya sangat luar biasa!

Buat kamu yang melancong ke Banyuwangi, jangan sampai melewatkan masakan berikut ini? Karena sangat disayangkan bila jauh-jauh kesana tapi belum men-cicipinya. Apa sajakah itu? hehe

Yuk kita simak makanan khas banyuwangi yang unik dan menggugah selera berikut ini!

Makanan Khas Banyuwangi Sego Tempong

sego tempong
tribunnews.com

Makanan khas Banyuwangi yang pertama adalah Sego Tempong yang dihidangkan bersama dengan macam-macam sayuran seperti daun singkong, kacang panjang, terong, mentimun.

Biasanya juga ditambah lauk seperti tempe tahu goreng, ikan asin, dan juga perkedel jagung serta sambal khas yang bakal membuat siapa saja yang melihatnya ingin menyantapnya.

Makanan yang satu ini cocok bagi anda yang menyukai rasa peda karena sambalnya terkenal pedas sesuai dengan namanya Sego Tempong yang berarti nasi tempeleng. Maksudnya jika kita menyantap makanan ini setelahnya akan merasa ditempeleng karena kepedasannya.

Kuliner Khas Banyuwangi Rujak Soto

rujak soto
banyuwangibagus.com

Kuliner yang satu ini merupakan perpaduan dari 2 makanan yang berbeda yaitu ruja dan soto. Komposisi makanannya pun terdiri dari 2 jenis makanan tadi seperti aneka sayuran, tahu, tempe, lontong.

Kemudian disiram dengan bumbu kacang dan kuah soto berisi babat, kulit sapi serta cabe rawit yang menambah kepedasannya.Jika kamu bermalam di Banyuwangi, cobalah makanan khas Banyuwangi ini untuk menghangatkan tubuhmu.

Olahan Khas Banyuwangi Sego Cawuk

sego cawuk banyuwangi
travel.kompas.com

Sego cawuk adalah kebiasaan masyarakat ketika makan yaitu menggunakan tangan. Cara makan itu disebut cawuk oleh masyarakat Banyuwangi. Nah, nasi cawuk ini biasanya ditambahkan dengan kuah pindang yang diolah dengan menggunakan cara gendam.

Asal anda tahu saja cara memasak gendam ini hanya terdapat di Banyuwangi saja lho. Olahan ini akan menghasilkan citarasa yang kuah pindang manis dan bening karena menggunakan gula pasir ketika mengolahnya.

anda juga bisa meminta tambahan lauk seperti pepes ikan laut, pelasan, dendeng, kikil, atau telur pindang. Umumnya masyarakat Banyuwangi sarapan dengan sego cawuk ini.

Masakan Khas Banyuwangi Jangan Daun Kelor

jangan daun kelor
elmaaisyamaulidya.student.umm.ac.id

Makanan khas Banyuwangi berikutnya adalah Jangan Daun Kelor atau Sayur daun kelor. Biasanya daun kelor digunakan untuk kegiatan atau ritual yang berbau mistis dalam adat jawa sepeti memandikan mayat.

Namun di Banyuwangi daun ini dimanfaatkan untuk membuat sebuah masakan sehari-hari yang rasanya sangat enak. Daun kelor diolah menjadi sayur bening seperti halnya daun bayam.

Karena bentuk dan rasanya hampir mirip engan bayam, cara mengolahnya pun sama yaitu dimasak terlebih dahulu kemudian dimasukan bumbu. Sambel tempong dan ikan asin serta gimbal jagung adalah teman makan Jangan daun kelor ini.

Jajanan Khas banyuwangi Pecel Pitik

pecel pitik khas banyuwangi
palembang.tribunnews.com

Terbuat dari parutan kelapa muda yang dicampur bersama kacang yang sebelumnya telah dihaluskan. Lalu diaduk bersama bumbu pedas, semuanya disajikan bersama pitik atau ayam yang sudah dibakar agar dagingnya empuk.

Pitik yang dipakai adalah pitik yang usianya sekitar 8 bulan karena untuk menjaga citarasanya. Namun meskipun kita berkunjung ke Banyuwangi, makanan khas ini sangat susah ditemukan karena hanya disajikan ketika upacara adat atau ritual lainnya.

Hal ini dimaksudkan untuk menjaga teradisi yang sudah ada sejak zaman nenek moyang masyarakat Banyuwangi. Lalu bagaimana solusinya?

anda bisa datang ke Desa Adat Kemiren yang berada di Banyuwangi. Desa ini adalah desa wisata yang bisa membuatkan anda kuliner ini jika memesan sebelumnya.

Camilan Khas Banyuwangi Jangan Klentang

Jangan Klentang banyuwangi
cookpad.com

Makanan khas Banyuwangi yang terakhir adalah jangan klentang yang keberadaannya sudah tersebar di seluruh Banyuwangi.

Makanan ini terbuat dari daun buah daun kelor atau orang Banyuwangi menyebutnya klentang. Bumbunya terdiri dari lombok, terasi, laos, lengkuas dan belimbing wuluh. silahkan dicoba jika ke Banyuwangi

1 thought on “6 Makanan Khas Banyuwangi ini Wajib Kamu Coba, Ngga Nyoba Nyesel!

  1. Sayur daun kelor bisa di bening gitu ya? Klo gak salah sih dulu nenek pernah masakin tapi ditumis gitu, tetep enak kok rasanya.salam kenal

Leave a Comment